Resep Tongseng Kambing , Masakan Olahan Daging Kala Idul Adha

Siapa yang sudah masak daging sapi atau kambing di lebaran idul Adha ini? Tongseng kambing yang aku buat ini cukup mudah dan simpel.  Resep masakan Idul Adha ini bisa jadi penghangat badan karena pedas dan bumbu rempahnya yang nikmat. Tanpa tambahan santan yang bikin was-was kolesterol naik, menu masakan idul qurban siap tersaji di meja makan dengan cara yang gampil.

resep tongseng


Lebaran haji tahun-tahun sebelum pandemi biasanya saya rayakan bersama orangtua atau mertua.

Sayangnya semenjak negara api menyerang, kebiasaan itu tertunda. Jadi untuk sementara kami tidak mudik maupun berkunjung ke tempat orangtua. Sudah dua kali shalat Idul Adha kami laksanakan di rumah. Rasanya udah kangen sama menu olahan daging yang biasa ibu atau mertuaku masak. 

Buat kalian yang mengurangi daging, bisa baca postinganku soal Menu lebaran non daging.

Kemarin aku menerima daging qurban dari masjid dekat rumah embah dan hari ini aku kebagian rezeki dari mushola Al Aqsa yang tak jauh dari rumah kontrakan. Selang sebentar, datang lagi hantaran dari saudara. Jadi mellimpah deh isi freezer oleh daging sapi dan kambing. 

Bingung sebenarnya mau dimasak apa, karena suami sedang di luar kota dan anak-anak belum bisa makan pedas. Sebagai solusi, aku potong sejumput daging sapi dan aku marinasi dengan garam dan bawang lalu kugoreng untuk makan malam.

Tiba-tiba aku jadi teringat kalau tahun lalu kami bikin tongseng kambing yang rasanya seger karena aku buat tanpa santan. Yuk teman-teman, siapkan bahan dan peralatan dapurnya. 

Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan


Bahan

1/2 kg daging kambing
4 lembar kubis atau sesuai selera
1 buah tomat
1 batang serai
500 cc air
minyak untuk menumis

Bumbu 

1 sdm merica
7 siung bawang putih
8 siung bawang merah
2 butir kemiri
1 ruas jahe
1 ruas laos/lengkuas
3 lembar daun jeruk
4 buah cabe rawit merah ( bisa diskip)
1 sdt gula jawa
1/2 sendok teh kaldu bubuk
3 sdm kecap manis
garam secukupnya

Cara Memasak

  1. Haluskan merica, bawang putih, bawang merah, kemiri lalu geprek jahe.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama jahe, lengkuas, daun jeruk, cabe hingga harum
  3. Masukkan potongan daging kambing, kecap manis, gula jawa, garam dan kaldu bubuk
  4. Tuang air, masak hingga daging empuk dan kuah berkurang
  5. Masukkan kol dan tomat dan masak hingga layu
  6. Angkat dan hidangkan selagi masih hangat.
Gampang kan cara memasaknya, Tongseng kambing tanpa santan siap dinikmati.

tongseng kambing
Tongseng
Dokumen pribadi

Tongseng, Ternyata Berasal Dari Jawa Tengah

Dilansir dari Kompas.com, tongseng ini merupakan makanan khas yang berasal dari Klego Boyolali Jawa Tengah yang kemudian menyebar ke selurun nusantara. Selain daging kambing, teman-teman bisa membuat hidangan tongseng ini dengan daging sapi maupun kerbau. Yang pasti banyak menu enak yang bisa teman-teman buat dengan kambing. 

rempah
Masakan olahan daging biasanya kaya akan bumbu rempah, khas makanan Timur Tengah
Source : Canva


Jika berkunjung ke Salatiga, teman-teman bisa menikmati sajian nikmat tongseng dari beberapa lokasi seperti 

1. Resto Sate Kantil Haji

Berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, depan masjid Pandawa, resto ini menyediakan bermacam menu dari daging kambing seperti sate kambing, sate ayam, sate sapi, tongseng, gule, tengkleng dan gado-gado.

2. Sate Kambing Pak H Yono

Berada di depan RS DKT, tepatnya di Jalan Dr Muwardi, warung makan ini menyediakan menu serba olahan daging seperti sate kambing, sate ayam, tongseng, gecok, gule, tengkleng dan ayam bakar.
Oiya, di bulan Mei kemarin Salatiga baru saja diusulkan menjadi nominasi kota gastronomi karena  masakan khasnya yang tercipta akibat hasil akulturasi berbagai budaya. Makanan khas berbahan daging yang diusulkan ke UNESCO tersebut adalah sate sapi dan gecok.

Oiya jangan lupa mampir di tulisan Makanan khas tradisional Salatiga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kudapan lezat di Salatiga.

3. Sate Kambing Cempe Pak Dar

Berkendara di jalur Semarang -Solo rasanya tak lengkap kalau tak mampir di sebuah warung yang berlokasi di Jalan Fatmawati Blotongan Salatiga. Blotongan memang pusatnya kuliner berbahan kambing dan yang paling terkenal adalah sate cempe ( kambing muda) Pak Dar. Sama seperti warung sate kebanyakan, warung sate pak Dar juga menyediakan beraneka menu kambing dan melayani pemesanan untuk aqiqah.

Boleh intip masterpiece  yang suka berbagi resep andalan juga di artikel Akun Instagram masakan

Nah, itu tadi resep tongseng tanpa santan sekaligus beberapa rekomendasi tempat makan serba daging kambing di Salatiga. Semoga resepnya bermanfaat yaa

1 komentar

  1. Waah ini makanan fav ku, apalagi kalo mudik ke solo mba. Pasti yg dicari tongseng dulu . Aku pernah coba yg tanpa santan, dan pake santan. Suka semuanya sih, yg penting rada kuah dan dagingnya ga alot. JD mau pale santan ATO ga, pasti enak.

    Resepnya bisa aku save nih :). Kalo kepengen masak tengkleng tanpa santan, aku mau pake resep ini :)

    BalasHapus