Manfaat Dan Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya dikenal sebagai tanaman penuh manfaat. Enggak cuma untuk membuat kudapan, lidah buaya juga difungsikan untuk merawat kulit, rambut, bibir bahkan untuk kesehatan. Beberapa brand skincare bahkan memanfaatkan lidah buaya ini sebagai bahan masker wajah. Dalam dunia kesehatan, lidah buaya juga biasa diekstrak untuk bahan antiseptik.

manfaat lidah buaya


Sewaktu kecil, rambut saya yang tipis kala itu seringkali diberi olesan lidah buaya 2 jam menjelang mandi sore. Alasanya agar rambut tumbuh lebat. Ketika SMA pun saya sering menggunakan lidah buaya ini untuk melembutkan rambut. Seorang teman juga bercerita kalau lidah buaya bisa menghentikan luka teriris pisau saat memasak. Benarkah manfaatnya demikian? Amankah?

Kalau kita perhatikan, tanaman lidah buaya enggak cuma bisa dimanfaatkan menjadi dessert nata de aloe vera, tetapi ekstraknya sering digunakan sebagai bahan dasar skin care seperti aloe vera hidrating gel, lotion, serum, masker dan lip balm. 

Manfaat 

Lidah buaya punya segudang manfaat. Dalam sejarah sekitar 1500 SM orang Mesir telah mencatat fungsi lidah buaya untuk mengobati luka bakar dan infeksi. 

Saya jadi penasaran dengan rahasia kecantikan Ratu Cleopatra, jangan-jangan aloe vera ini juga dipakai sebagai perawatan wajah, rambut dan kulitnya karena manfaat aloe vera sudah dikenal berabad-abad lampau. Lidah buaya yang masuk dalam keluarga tanaman sukulen/kaktus ini termasuk tanaman yang mudah perawatannya, bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti India, Indonesia dan daratan Afrika. 

Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

1. Menjaga Kelembaban

aloe vera
sumber : pixabay

Kandungan saponin dalam gel lidah buaya memiliki fungsi melembabkan dan melembutkan kulit. Lidah buaya sendiri kandungan airnya sangat tinggi sehingga bermanfaat menghidrasi kulit tangan dan wajah.

Kandungan saponin pada aloe vera ini juga membantu membersihkan riasan make up dan sering dimanfaatkan sebagai bahan antiseptik. Lignin pada lidah buaya juga memudahkan peresapan gel ke kulit dan menjaga kulit agar tidak kering.

Ekstrak aloe vera barbandesis juga sering terdaftar dalam komposisi bahan masker wajah dan pelembab bibir. Dengan komposisi ekstrak aloe vera,  manfaat masker lidah buaya yang berfungsi melembabkan, membantu menghilangkan flek atau noda hitam di wajah, dan membantu mengurangi jerawat akan lebih maksimal jika cara penggunaannya tepat.

baca juga : review scarlett lotion, scrub and body wash

2. Sunblock

UV sunburn merupakan kondisi terbakarnya kulit akibat sinar matahari yang ditandai dengan memerahnya kulit disertai rasa sakit. Kandungan acemannan  dalam lidah buaya mengatasi uv sunburn, anti inflamasi (anti peradangan), mempercepat penyembuhan luka dan anti kanker.

3. Antioksidan Alami

Kandungan vitamin dan mineral pada lidah buaya sama dengan sayuran hijau pada umumnya. Mengandung vitamin A, B, C, E dan mineral penting. Bermanfaat sebagai antioksidan melindungi dari penyakit jantung dan penuaan dini.

4. Menghilangkan flek hitam

Kandungan gel pada lidah buaya juga menekan proses hiperpigmentasi sehingga bermanfaat mengatasi flek hitam pada wajah. Teman-teman bisa langsung mencobanya dengan mengoleskan daging lidah buaya berwarna bening pada wajah secara merata lalu biarkan kering kemudian bilas hingga bersih.  

5. Mengatasi Jerawat

Kandungan acemannan, lectin dan beberapa enzim pada lidah buaya juga mengatasi peradangan yang timbul akibat jerawat. 

Manfaat lidah buaya untuk wajah sangat bagus jika digunakan tiap hari. Teman-teman bisa mengaplikasikan pagi dan sore menjelang mandi

baca juga : skincare aman untuk ibu hamil

6. Membantu menyembuhkan luka

Kandungan  lectin, acemannan dan  beberapa bahan lainnya mampu membantu menyembuhkan luka sayatan lebih cepat. Dilansir dari mayoclinic, aplikasi gel lidah buaya mampu memperpendek penyembuhan luka bakar ringan dan luka.

Cara membuat masker lidah buaya

Masker lidah buaya bisa digunakan secara langsung tanpa campuran apapun atau dengan tambahan bahan tertentu seperti jeruk nipis, madu atau telur.

1. Masker lidah buaya

lidah buaya
sumber : pixabay


Secara kimia, lidah buaya terdiri dari 90% air, 4 % karbohidrat, mineral seperti kalsium, besi, kolin dan asam amino yang bermanfaat. Cara membuat masker lidah buaya sangat mudah. cuci bersih lidah buaya, hilangkan bagian duri dan hilangkan kulit bagian atasnya. Oleskan bagian daging putih tersebut secara merata di kulit. Masker lidah buaya bisa digunakan setiap pagi dan sore sebelum mandi atau bisa digunakan malam sebelum tidur.

2. Masker lidah buaya madu

Madu dan lidah buaya sama-sama memiliki manfaat anti mikroba, wound healing dan anti jamur. Campuran lidah buaya dan madu akan efektif mengurangi jerawat pada wajah. Cara membuatnya, siapkan 1 sendok madu dan kerok daging lidah buaya sehingga menghasilkan gel. Campurkan keduanya lalu aplikasikan di wajah dan diamkan hingga kering. Setelah kering, bilas wajah hingga bersih.

3. Masker lidah buaya telur

Telur kaya akan nutrisi dan berfungsi mengencangkan dan menghaluskan kulit. Cara membuat masker lidah buaya telur sangat mudah. Siapkan 1 kuning telur, kocok dan campurkan dengan 1 sendok makan gel lidah buaya. Gunakan kuas untuk menyapu seluruh wajah dengan masker lidah buaya telur. Diamkan selama 15 menit atau hingga kering lalu bilas hingga bersih. 

Nah itu tadi tips cara membuat masker lidah buaya yang bisa teman-teman coba di rumah. Semoga informasi mengenai manfaat lidah buaya yang bisa diaplikasikan tanpa campuran kimia tertentu di atas bermanfaat ya!

Referensi :

Melliawati,Ruth. 2018. Potensi tanaman lidah buaya (aloe pubescens) dan keunikan kapang endofit yang berasal dari jaringannya : Bio Trends Vol 1 No 1. Bogor : Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

Tidak ada komentar