Tips Mengatasi Pilek pada Balita di rumah

Cuaca yang dingin dan hujan setiap hari membuat tubuh yang kurang fit rentan terkena flu, apalagi anak kecil ya mak..Dan karena kami tinggal di daerah yang cukup dingin serta efek cuaca yang kadang kurang bersahabat membuat kakak dan adek pilek bebarengan. Alhamdulillah, kakak sudah bisa mengeluarkan ingusnya ketika diminta. Tetapi, untuk bayi berusia 6 bulan seperti adek yang belum bisa mengeluarkan sendiri ingusnya jadi tantangan tersendiri buat saya karena otomatis akan membuat saluran pernafasan jadi tersumbat. Berikut saya bagikan tips mengatasi pilek pada bayi di rumah dengan cepat dan mudah.

Tips Mengatasi Pilek


Ketika batuk dan pilek melanda, adek jadi sering menangis dan minta gendong. Jadilah emaknya ikut begadang menggendong adek karena tak mau ditidurkan dalam posisi terlentang. Bersyukur,ada tips dari teman fisioterapi untuk mengatasi pilek pada balita di rumah :

  1. Menjemur bayi

Kegiatan ini dilakukan di pagi hari,saat sinar matahari tidak terlalu terik yaitu sekitar pukul 07.30 hingga 08.30 WIB. Tujuannya adalah untuk menghangatkan tubuh bayi sehingga peredaran darah menjadi lancar yang tentunya membuat kerja jantung lebih ringan. Dengan lancarnya peredaran darah membuat saluran pernafasan menjadi lega dan cairan ingus /mukus terbantu keluar.

     2. Memijat Dada dan Punggung  Bayi

Tujuan dari memijat dada dan punggung bayi adalah membantu ingus/mukus keluar dari hidung. Langkah-langkahnya yaitu:


  • Pijat dada anak dengan minyak telon, atau balsam khusus anak atau bayi. Caranya adalah dengan metakkan anak pada posisi yang nyaman, untuk anak yang usianya lebih dari 1 tahun dapat dilakukan dengan duduk dan untuk bayi bisa dilakukan dengan berbaring lalu pijat lembut dada bayi menggunakan kedua telapak tangan dimulai dari arah tengah atas ke bawah. 
  • Pastikan saat memijat, anak dalam kondisi perut yang kosong ya makk..sehingga anak tidak muntah ketika dipijat. . Tujuan dari pemijatan ini adalah untuk melancarkan jalan nafas dan membantu mengeluarkan lendir. 
  • Lanjutkan dengan pijatan lembut di bahu dari arah atas ke bawah
  • Pijat punggung bayi dengan arah yang sama dari bagian tengah atas ke bawah
  • Lakukan gerakan Cupping di punggung anak

mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan pijat cupping
Posisi tangan saat cupping
Sumber : Fairview.org
Cupping adalah memposisikan tangan berbentuk seperti cup atau cawan terbalik. Caranya adalah dengan memposisikan kepala anak dalam keadaan tengkurap dan kepala lebih rendah dari punggung sehingga cairan lendir leluasa untuk mengalir keluar hidung. Hal ini bisa dilakukan dengan memangku atau meletakkannya tidur di atas bantal dan buatlah anak senyaman mungkin semisal dengan memberikannya mainan. Selanjutnya tepukkan tangan (cupping) ke punggung selama beberapa menit. Biasanya gerakan ini menimbulkan suara puk puk pada punggung anak. Posisi tangan yang benar tidak mengakibatkan punggung anak sakit.Setelah ingus mengalir, segera bersihkan. 

      3. Terapi Uap


Agar jalan nafasnya semakin lega, emak bisa melakukan terapi uap. Yang dilakukan adalah dengan menyiapkan air panas dalam wadah yang cukup aman dan beri beberapa tetes minyak kayu putih dan dekatkan sekitar 30 cm dari hidung bayi. Harap awasi tangan atau gerakan anak yang mengakibatkan anak terkena air panas ya makk..karena tujuan utamanya adalah menghirup uap untuk memperlancar pernafasan. 
Jika terapi ini membuat ribet, emak bisa melakukannya dengan memasang diffuser atau aromaterapi di pojok ruangan. Aroma mint atau daun herbal mampu melegakan pernafasan si kecil.


     4.  Menjaga badan anak tetap hangat


Bisa dilakukan dengan cara membalurkan bawang merah yang dicampur minyak telon atau minyak kelapa

     5. Jaga Anak dari dehidrasi


Beri minum yang cukup pada anak. Jika masih bayi, maka akan lebih baik jika emak memberikan asi.


   6. Gunakan masker


Jika emak dan bapaknya juga ikutan flu, maka sebaiknya gunakan masker agar penularan virus tak berlanjut.


 7. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C

Berilah anak buah yang disukai dan mengandung tinggi vitamin C seperti jeruk.

Nah, itu tadi tips dari saya..Jika dalam seminggu batuk dan pileknya tak kunjung sembuh, jangan abaikan ya makk...sebaiknya segera rujuk ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih maksimal.





23 comments

  1. Anakku langganan pilek nih. Dan mmg cara2 ini sdh kutempuh selama ini krn dia alergi berat.
    Mmg klo anak pilek itu kasian bgt ya...jd ga bs tidur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba..kalo lagi pilek suka gak tega liatnya

      Delete
  2. Bagus ni untuk perawatan di rumah, iya harus dijaga jangan sampai dehidrasi ya..

    ReplyDelete
  3. Kalo aku yg susah jaga supaya ga dehidrasi soalnya kalo udh pilek batuk tu jd mogok makan. Swdih deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kalo hidung mampet, selera makan jadi hilang dan berjuang juga untuk bernafas ys mbak..kalo masih asi..diberi asi yang banyak..

      Delete
  4. tipsnya ini aku terapin juga buat orang dewasa. Soalnya kalo pilek pengennya berjemur

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess mba..berjemur bikin hidung cepet plong rasane dan badan jadi anget

      Delete
  5. Tips yg bagus ni mba.. Oya jadi ingat ponakan saya waktu kecil suka banget kalau di-cupping bgtu.. boboknya jadi pules..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Mechta, bayi sering kebangun pas pilek gara2 susah nafasnya dan diperparah peningnya dan buat saya cupping ngebantu banget pas pilek

      Delete
  6. Tips-tips nya oke mbak. Aku tambahin makan makanan bergizi dg banyak sayur nih buat nambah pertahanan tubuh.
    Pergi deh pilek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..juara banget...emang sebaiknya pencegahan lebih diutamakan ketimbang mengobati, apalagi dengan cuaca tak tentu kayak gini

      Delete
  7. Seringnya menjemur sama mengurut di bagian punggung mbak. Kalo yg pake uap belum pernah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya nyoba pake uap kalo mau tidur malem mba, soale kalo dingin dan hidung mampet anak jadi susah tidurnya

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk...emang sedih kalo anak sakit maknya juga ikutan stress mba..sehat terus yaa si K :)

      Delete
  9. Balita yang sedang pilek tuh beneran bikin sedih. Kadang anak kita juga tak tau harus bagaimana, jadinya dia reweeelll terus. Kasihan banget ya. Semoga tips ini banyak dibaca oleh ibu2 yang pada punya balita agar dipraktekkan.

    ReplyDelete
  10. aamiin...terimakasih mba Uniek..semoga kita semua selalu sehat di cuaca yang tak menentu sperti sekarangini

    ReplyDelete
  11. Aku selalu biasakan anakku kalau tidur pakai kaos kaki, Mbak. Dalam keadaan apapun, karena kipas angin di rumah nggak pernah berhenti. Alhamdulillah, sejak membiasakan hal itu, batuk pilek jarang mampir.

    ReplyDelete
  12. Anak pertama kalo lg pilek dulu saya pasti pake uap.. anak kedua malah losss nggak pernah...soalnya ga parah ky anak pertama jg sih heehe

    ReplyDelete
  13. Si Kakak kalau pilek manjurnya dipijat ama dibalur irisan bawang dan minyak telon, terapi uap itu juga bagus. :)

    Moga anak-anak selalu sehat ya Mbak ;)

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Aamiin..makasih mba Diah..
    Kalo Anakku dibalur kalo pas mau bobok malem biasanya mba..kalo pas pilek

    ReplyDelete