Rekomendasi Alat Penghilang Bulu Ketiak

Pernahkah kalian merasa terganggu dengan Bulu ketiak kalian? Pada dasarnya Bulu ketiak merupakan folikel rambut yang tumbuh ketika perempuan maupun laki-laki menunjukkan pubertas. Pubertas pada wanita ditandai dengan menstruasi.

Alat penghilang bulu ketiak yang bikin bersih dan enggak hitam

Dalam ajaran islam, seseorang disarankan untuk memotong bulu ketiak, mencukur rambut di sekitar miss v dan juga memotong kuku di hari jumat. Selain sunnah, terdapat banyak kebaikan dari bebersih diri tersebut, salah satunya untuk menghindari bau badan yang tak sedap. Ketiak merupakan tempat keluarnya keringat, sehingga selain lembab tentunya ketiak juga berpotensi sebagai tempat berkembang biaknya bakteri. Oleh karena itu, agar ketiak tidak berbau dan menghitam, maka area tersebut harus sering dibersihkan, minimal seminggu atau sebulan sekali.

Untuk membersihkan ketiak, ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari menggunakan pisau cukur, waxing hingga laser. Nah, di postingan kali ini aku ingin merekomendasikan beberapa alat penghilang bau ketiak yang efektif mengangkat bulu rambut di sekitar area tersebut, staf tuned yaa!

Rekomendasi Alat Penghilang Bulu Ketiak

Milenial angkatan 90an pasti nggak asing dengan istilah basket alias basah ketek atau buket (bubur ketek). Dulu, untuk menghindari bau badan, penggunaan bedak talc sangat populer karena wanginya, sayangnya bedak talc ini kalau bercampur keringat jadinya bikin nggak nyaman, istilah kerennya waktu itu burket.

Lalu bergeserlah produk talc tersebut dan berganti dengan roll on deodorant. Namun, roll on atau deodorant dalam wujud lain tak bisa efektif menghilangkan bau keti alias ketek kalau sumber penyebabnya nggak dihilangkan yaitu bulu ketek. Nah, berikut rekomendasi penghilang bulu ketiak untuk kamu yang pengen bebersih diri

1. Hair Removal Cream

Salah satu cara menghilangkan bulu ketiak adalah menggunakan hair removal. Di pasaran sendiri, banyak brand yang meliris produk hair removal ini, ada Veet hair removal cream, Lanbena, Senana, dan Nair. Tekstur dari hair removal ini biasanya mirip dengan lotion. Namun, saat ini ada pula produk hair removal dalam bentuk spray.

Pemakaian hair removal ini pun terbilang mudah, biasanya dalam satu kemasan disertakan spatula untuk mengaplikasikan hair removal cream tersebut ke ketek. Selanjutnya kita diminta menunggu beberapa saat lalu gunakan spatula tersebut untuk mengangkat cream tadi. Dan tara..bulu ketiak terangkat bersama cream tanpa menyebabkan ketiak menjadi hitam. Cream bisa digunakan kembali selang 2 minggu atau ketika bulu ketiak terasa mengganggu untuk segera dibersihkan. 

2. Wax

Waxing merupakan salah satu metode kuno namun masih dilakukan hingga sekarang. Dikenalkan oleh orang Mesir di tahun 3000 SM, waxing yang pertama kali digunakan menggunakan campuran gula dan lemon serta terkadang madu. Meskipun menyakitkan, wax cenderung disukai karena waxing efektif mengangkat bulu ketiak maupun bulu kaki hingga terangkat bersama akarnya. Sehingga rambut akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh kembali. Saat ini, wax sendiri sudah ada dalam bentuk strip dan juga sugar wax. Beberapa merk wax yang ada di pasaran antara lain Somethinc Manuka Sugar Honey, Mirael sugar wax, Mr. Epple Honey sugar, Loveli, This is Good Sugar Waxing dan Bio Shema.

3. Shaver

Shaver atau alat pencukur biasanya terdiri dari beberapa mata pisau silet tipis di dalamnya. Shaver ini ada yang manual maupun menggunakan listrik. Shaver atau alat pencukur manual umumnya berharga terjangkau. Untuk wanita, biasanya terdapat alat pencukur jenis khusus yang desainnya sedikit berbeda dengan laki-laki. 

Menggunakan pencukur ini cenderung mudah. Hanya saja kelemahan menggunakan shaver adalah luka yang diakibatkan dan terkadang meninggalkan bekas kehitaman pada ketiak. Selain itu bulu ketiak yang dipotong menggunakan shaver akan lebih cepat tumbuh ketimbang menggunakan sugar wax maupun hair removal cream.

Untuk menghindari luka pada ketiak, sebelum melakukan pencukuran kalian bisa gunakan krim pencukur terlebih dahulu.. Beberapa produk shaver yang direkomendasikan antara lain Philips Lady shaver, Gillete Venus shaver, Dorahomi epilator elektrik, body hair trimmer, senus, Schick, Miniso, dan Kemei.

4. Intense Pulse Light (IPL)

IPL merupakan metode penghilangan bulu ketiak menggunakan pulsa sinar laser pada rambut secara lembut. Dengan demikian, sel-sel rambut yang tumbuh akan terbunuh. Metode IPL ini sering digunakan di salon kecantikan karena keamanannya dan membuat ketiak bebas bulu rambut lebih lama. Hasilnya juga bagus karena tidak menyebabkan ketiak menjadi hitam seperti ketika menggunakan pisau cukur.

Nah, bagi kalian yang melakukannya di salon kecantikan, siap-siap merogoh saku lebih dalam ya, soalnya harga sekali perawatan IPL ini enggak murah. Mulai dari 200 ribu hingga 2 jutaan. Namun, jika kalian ingin membeli mesin IPL sendiri, di shopee alat IPL ini bermacam-macam harganya. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan seperti Smoothskin hair removal pure mini, Sauron Hair removal IPL 100w, Skincare IPL, Windland IPL, dan Remington Ultra Smoothskin IPL. 

5. Pinset

Pinset merupakan alat penjepit dan pencabut bulu ketiak yang cukup efektif untuk mengangkat bulu rambut ketiak hingga ke akar-akarnya. Cara ini cukup tradisional, hanya saja masih dilakukan banyak orang. Kelebihan menggunakan pinset ini, hasilnya memang ketiak benar-benar bersih dan lebih tahan lama dari tumbuh bulu baru, hanya saja proses pencabutan ini lumayan sakit dan menghabiskan banyak waktu.

Nah itu dia rekomendasi alat penghilang bulu ketiak yang ada di pasaran. Kalau kalian lebih suka menggunakan apa untuk membersihkan bulu rambut di ketiak?. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang Veet, kalian bisa mampir ke tulisan saya yang berjudul Review Veet Hair Removal Cream.

Next Post Previous Post
21 Comments
  • Nengsi
    Nengsi 13 Mei 2024 pukul 11.50

    Aku biasanya makai pinset. Dan selain itu aku juga taunya make Wax. Tapi pasti sakit ya kak. Hehe

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 13 Mei 2024 pukul 13.35

    Macam-macam ternyata alat untuk pembersih bulu ketiak ya. Selama ini belum pernah sih pakai cream atau alat khusus, mau coba ahh 😍

  • sudut pandang vina
    sudut pandang vina 14 Mei 2024 pukul 09.08

    Wahh,. kebetulan banget aku lagi nyari alat penghilang bulu ketiak yang aman dan enggak bikin sakit, tapi praktis. Kayaknya nanti aku bakal beli hair removal aja, deh, yaa. Sempet mikir mau pake Pinset aja, tapi bayanginnya udah pegel duluan wkwkwk

  • Wakhid Syamsudin
    Wakhid Syamsudin 14 Mei 2024 pukul 12.53

    Bulu ketek bagi sebagian orang bikin gak pede ya. Alat pembersih bulu keteknya rekomended itu. Ketek yang bersih menyehatkan jiwa. Hehehe.

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 14 Mei 2024 pukul 13.25

    bulu ketiak panjang memang agak mengganggu pemandangan saat seseorang pakai baju tanpa lengan. Dan katgana bulu ketiak jangan dicukur. Nanti malah kasar dan makin lebat hehehe. Tapi banyak yang menggunakan pinset, karena lebih ekonomis hehehe.

  • hani
    hani 14 Mei 2024 pukul 19.56

    Aku masih pakai shaver aja sih sampai sekarang. Pengen juga nih coba pakai hair removal. Dulu pernah mau pakai, tapi baunya engga enak...hehe...Mungkin ada merek-merek lain yang lebih nyaman...

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 14 Mei 2024 pukul 20.58

    Kalau saya kebetulan soal bulu-bulu tubuh tuh minim banget. Hampir di setiap sudut gersang aja hahahaha. Untungnya rambut kepala lumayan lebat meskipun di tempat lain kering kerontang.

  • Nanik nara
    Nanik nara 14 Mei 2024 pukul 23.12

    Ternyata ada macam-macam caranya ya, saya selama ini pakai shaver aja. Membaca tulisan ini, kayaknya kok lebih enak pakai hair removal cream, kapan-kapan mau cobain ah

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 15 Mei 2024 pukul 06.36

    Biasanya aku pakai shaver dan hair removal. Sekarang trendnya pakai IPL, tapi harganya mayan haha

  • Suci
    Suci 15 Mei 2024 pukul 08.16

    Aku tim pinset mbak... meski effort ya, bikin mata jereng dan leher pegel tapi puas aja gitu klo kecabut seakar2nya, hahaa. Solusinya ya jangan sampe banyak baru dicabutin biar ngga capek. Aku mau coba metode lain deh, yaa...

  • Heni Hikmayani Fauzia
    Heni Hikmayani Fauzia 15 Mei 2024 pukul 09.50

    Wiiih...banyak juga yaa ternyata alat-alat pencukur bulu ketiak. Kalau saya yang penting gak sakit dan gak perih setelah menggunakannya. Paling sering pakai shaver lebih nyaman

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 15 Mei 2024 pukul 10.04

    dari semua cara, hanya IPL yang belum saya coba
    Karena dulu belum ada, dan sekarang gak tau kenapa bulu ketiak saya gak tumbuh lagi
    Mungkin karena udah menopause ya?

  • Deeva Collection
    Deeva Collection 15 Mei 2024 pukul 10.54

    Mencukur atau membersihkan bulu ketiak dan yang lainnya memang ga boleh sembarangan, harus cari alat yang paling mudah digunakan, dan tidak mengganggu saat digunakan ya, Kak. Rekomendasinya banyak nih, tinggal dipilih

  • Tulisan MQ
    Tulisan MQ 15 Mei 2024 pukul 11.37

    Aku belum pernah nyobain waxing sama IPL sih..kalau yang lainnya udah pernah nyoba. Bulker emang bisa bikin nggak pede kalau udah bertubuh, apalagi kalau sampai meremang kayak hutan haha..masalah banget ya.

  • khairiah
    khairiah 15 Mei 2024 pukul 11.45

    ipl, wax, sama pinset belum pernah nyobain. memang nggak nyaman kalo bulu ketiak sampai panjang, aku praktisnya pakai shaver , hair removal rasanya kurang nendang

  • Asih Mufisya
    Asih Mufisya 15 Mei 2024 pukul 14.14

    Bulu ketiak yang berlebih memang bikin kurang nyaman jadinya perlu dibersihkan kurun waktu tertentu. Untuk itu alat yg aman dan nyaman sih yang saya pilih.

  • lendyagassi
    lendyagassi 15 Mei 2024 pukul 16.49

    Akutu penasaran sama IPL karena di orens banyak banget yang jual.
    Katanya mudah dan menghambat pertumbuhan bulu ketiak juga.
    Belum pernah juga menggunakan Veet. Waktu itu uda beli, tapi asa takut, lah.. lupa naro dimana, jadi belum kepake deh..

  • Okti Li
    Okti Li 15 Mei 2024 pukul 17.49

    Hihi, dulu saya sering pakai pinset cabut sendiri. Tapi sekarang udah gak lagi. Pakai alat cukur aja. Plus tabur bedak. Tradisional banget ya

  • Nanik K
    Nanik K 16 Mei 2024 pukul 05.15

    Cabut bulu biasanya manual pakai piset aja, kak.
    Tapi kalo pakai hair removel cream itu harus pakai spatula, ya kak? Kalo pakai tangan langsung nggak bisa, ya?

  • sylvianayy
    sylvianayy 17 Mei 2024 pukul 11.13

    rambut di ketiak ini memang bikin sebel lho karena kadang-kadang susah juga ngilanginnya, kadang bikin kulit item dan jadi malu, apalagi buat remaja, para orang tua harus bisa ngajarin biar anaknya jadi lebih pede juga.

  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas 20 Mei 2024 pukul 12.41

    Saya termasuk yang kurang paham dan kurang nyaman pakai pinset, Mba. Jadi sejauh ini memutuskan pakai cukur biasa saja. Sepertinya pakai hair removal cream bisa dicoba juga nih, ya, Mba.

Add Comment
comment url