Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

Kalian setuju nggak, kalau bau badan itu mirip seperti rokok, bisa ganggu banget orang di sekitarnya. Ramadhan lalu, aku dengerin youtubenya bang Abdur dan Ustadz Salim yang ketika itu bahas tentang bau badan gak sedap seorang jamaah shalat jumat yang ganggu jamaah di sebelah-sebelahnya. Gara-gara bahasan itu, aku jadi teringat beberapa pengalamanku dengan orang-orang yang bau badannya lumayan mengganggu. 

penyebab dan cara menghilangkan bau ketiak



Pernah suatu ketika naik bis jurusan Solo-Salatiga, aku pernah juga papasan dengan wanita berhijab yang bau badannya juga gak ketulungan, bau banget pokoknya. Juga bau badan seorang teman sekelasku dulu yang cukup mengganggu kalau papasan atau duduk bareng dia. Saya jadi ngerasa insecure kalau sudah gitu, jadi ikutan overthinking jangan-jangan badanku juga bau dan bikin gak nyaman teman-teman. Kadang saya mikir, apa mereka gak merasakan kalau badannya bau ya?

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Selain basket alias basah ketek (ketiak basah), bau badan itu sangat mengganggu. Tentu saja, selain mengurangi percaya diri, bau badan ini juga merupakan polusi, bikin gak nyaman orang-orang di sekitar sumber bau. Ada beberapa penyebab bau badan yang perlu teman-teman ketahui, antara lain

1. Keringat Yang Bercampur Kuman

Dilansir dari Halodoc, kelenjar apokrin yang berhubungan dengan folikel rambut atau bulu ketiak ini aktif ketika puber. Kelenjar ini bertanggung jawab dalam menghasilkan keringat. Keringat yang dihasilkan sendiri sebenarnya tidak berbau, namun kuman dan bakterilah yang menyebabkan ketiak menjadi bau. Itulah alasan kenapa mencukur bulu ketiak disunnahkan dalam islam. Bulu ketiak yang kotor dan lembab ini menjadi tempat yang nyaman bakteri untuk berkembang biak. Bakteri tersebut memecah protein dan menghasilkan bau ketiak yang tidak sedap.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengasilkan Bau

Benarlah ungkapan "you are what you eat" , kamu adalah apa yang kamu makan. Makanan tertentu bisa menimbulkan aroma tertentu pada badan, seperti bawang-bawangan misalnya yang tidak hanya menimbulkan bau mulut tetapi juga membuat keringat menjadi bau. Contoh lainnya, sayur-sayuran yang mengandung gas sulfur seperti kol, brokoli, pokcoy dan kembang kol. Ikan seperti sarden, teri dan mackarel juga menghasilkan zat yang menimbulkan bau badan tak sedap.

3. Pengaruh Sakit Tertentu

Seseorang dengan riwayat penyakit tertentu seperti penyakit ginjal dan diabetes terkadang juga memiliki bau badan akibat tubuhnya tidak bisa mengolah senyawa keton yang menumpuk dalam tubuh. Keton pada orang yang sehat seharusnya diolah tubuh menjadi bentuk energi.

Cara Mengatasi Bau Badan

Bau badan ini memang tricky, bikin malu dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasi bau badan, teman-teman bisa melakukan hal berikut 


1. Rajin Mandi 

Tinggal di daerah tropis dengan suhu dan kelembaban yang cukup tinggi bikin badan kita mudah berkeringat. Jangan lupa, mandi 2x sehari dan gunakan sabun mandi yang bisa mengatasi bau keringat. 

2. Cukur Bulu Ketiak

Bulu ketiak merupakan tempat kuman bersarang dan tumbuh subur. Oleh karenanya, rajin-rajinlah mencukur bulu ketiak dan vagina setidaknya seminggu sekali.

3. Gunakan Pakaian Bersih

Sebaiknya hindari menggunakan baju lebih dari 2x. Terutama baju yang digunakan saat aktivitas siang hari. Baju yang kotor tentunya sudah terkontaminasi kuman. Teman-teman gak mau kan, , badan kita yang sudah bersih jadi bau lagi gara-gara baju kotor?

4. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Seringkali, jenis pakaian berbahan tertentu yang tidak menyerap keringat juga menimbulkan bau badan. Jenis bahan Pakaian seperti moscrepe, rib, polyester, airflow crinkle, satin yang tidak menyerap keringat akan membuat pemakainya gak nyaman dan bikin gerah. Ada baiknya, gunakan Pakaian longgar dan berbahan katun, linen, rayon, dan tencel yang menyerap keringat.

5. Gunakan Antiperspirant Deodoran

Deodorant dengan antiperspirant mencegah badan mengeluarkan keringat berlebih sehingga tetap nyaman beraktivitas seharian tanpa bau badan. O iya, jangan gunakan deodoran saat badanmu keringetan ya, soalnya deodoranmu akan tercampur dengan bakteri dan akhirnya tidak efektif menghilangkan bau badan. Gunakan deodoran sesudah mandi dan pastikan ketiak dalam kondisi kering. Kalian bisa pilih deodeoran dalam bentuk serum, lotion, gel, spray maupun cream yang minim zat kimia berbahaya. 

6. Hindari Makanan Yang Menimbulkan Bau Badan

Sebaiknya, hindari makanan yang bisa memicu bau badan seperti bawang-bawangan,  brokoli dan kol. Jauhi juga alkohol dan kafein, karena bisa memicu bau badan.

7. Konsumsi Minuman Herbal

Minuman herbal seperti jamu dan teh hijau membantu mengurangi badan berlebih. Jamu kunyit asam, rebusan daun kemangi, rebusan daun sirih mengandung antiseptic yang bisa digunakan untuk mengatasi bau badan.

8. Lakukan Detoks Alami

Soda kue dipercaya menetralkan asam penyebab bau badan. Soda kue juga seringkali jadi bahan tambahan yang dipakai deodoran berbahan herbal untuk mengatasi bau keti. Untuk menghilangkan bau badan menggunakan Soda kue, teman-teman bisa mencampurkannya dengan perasan lemon lalu dioleskan ke ketiak selama beberapa saat. Selanjutnya bersihkan. 

9. Rutin Olahraga

Rasa cemas dan stres dapat memicu bau badan tak sedap. Dengan rutin berolahraga, badan akan menghasilkan hormon endorfin dan dopamin yang meningkatkan mood, mengurangi rasa cemas dan meningkatkan imun tubuh. 

Nah, itu dia penyebab dan cara mengatasi bau badan tidak sedap. Apakah teman-teman juga terganggu dengan bau badan tak sedap? Yuk ceritakan gimana cara teman-teman mengatasi hal tersebut di komentar ya! 

Buat kalian yang sedang mencari produk deodorant penghilang bau badan, kalian bisa baca postingan tentang rekomendasi deodorant penghilang bau badan.
Next Post Previous Post
13 Comments
  • Müzeyyen Salik
    Müzeyyen Salik 1 Mei 2024 pukul 14.12

    Masalah bau badan memang sangat menganggu, dan bikin ngga percaya diri. Klo aku ada kondisi tertentu yang bisa bikin keringatan, panik. Cuma ngga tau kenapa ya, aku kira orang luar itu bebas dari bau badan, tapi ternyata bau badan orang-orang sini luar biasa. Sampe bikin kliyengan apalagi klo cuaca terik auto nampol aromanya.

  • Okti Li
    Okti Li 3 Mei 2024 pukul 18.44

    Keringat saya ga bau bau amat sih, tapi penasaran itu pengen coba detoks alami yg disarankan
    Pakai soda kue ya sama lemon

  • Nurul Mutiara R.A
    Nurul Mutiara R.A 3 Mei 2024 pukul 20.54

    Aku juga pernah mbak nemu temen yang emang lumayan sering berkeringat, mungkin karena badannya berisi juga. Kalau lewat, baunya cukup kerasa. Apalagi dia juga suka pakai parfum jadi kek gimana gitu aroma parfum campur keringat. Paling bener emang kudu nemu deodorant yang tepat

  • Lala
    Lala 4 Mei 2024 pukul 05.20

    Nah iya bau badan itu beneran ngeganggu banget banyak orang di sekitar sudah gitu bikin penderita jadi makin enggak pede. Penting banget buat jaga asupan atau makanan apa yang kita konsumsj serta pemakaian deodorant dan mandi yang bersih.

  • Ariefpokto
    Ariefpokto 4 Mei 2024 pukul 05.57

    Masalah bau badan walau tampak sepele tapi penting bagi kehidupan sehari-hari dan kadang yang memiliki bau badan suka lupa atau tidak sadar bahwa dirinya punya bau badan sehingga itu menjadi salah satu masalah dalam masyarakat

  • Ririn Erviana
    Ririn Erviana 5 Mei 2024 pukul 18.36

    Keringat aku bau banget. Sampe bingung cara mengatasinya. Mana bulu ketek juga tumbuhnya cepet banget. Kalau pakai baju harus pilih-pilih bahan dengan tepat karena kalau enggak ya bau banget

  • Eka FL
    Eka FL 6 Mei 2024 pukul 00.48

    sebagai penyuka bawang dan kol harus selalu waspada dan extra sih, deodorant dan parfum its a must pakai setiap hari. tapi begimana ya, kol goreng tuh sulit di tolak apalagi cocol sambal, hihihi

  • Endah Kurnia Wirawati
    Endah Kurnia Wirawati 6 Mei 2024 pukul 12.24

    sebagai orang yang bisa lepas dari bawang, brokoli, teh, dan kopi, masalah bau badan memang jadi masalah. Makanya gak boleh malas mandi. Untungnya saya juga penggemar lalapan daun kemangi yang katanya bisa sedikit menekan bau badan.

    intinya sih sehabis aktivitas yang membuat keringat mengalir deras, wajib mandi dan ganti dengan pakaian yang bersih.

  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas 7 Mei 2024 pukul 23.53

    9 cara ini sebenarnya termasuk gampang, ya, Kak. Cuma ya itu kadang kurang pas aja pelaksanaannya. Contohnya kayak hindari makanan yang menimbulkan bau badan yang suka aja nih konsumsinya.

  • Nanik nara
    Nanik nara 8 Mei 2024 pukul 08.06

    kol, brokoli, pokcoy dan kembang kol, wah ini sayur kesukaanku semua. ternyata mengkonsumsinya berpotensi untuk membuat badan bau ya.
    Selama ini waspadanya cuma sama pete dan jengkol saja.

    Basket, duh pas paca kirain mau nulis tentang olahraga basket yang membuat badan berkeringat, lalu menimbulkan bau badan. Lah ternyata basket kependekan dari basah ketek

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah 9 Mei 2024 pukul 02.52

    Bagi yang memiliki masalah bau badan, menjaga dan merawat kondisi tubuh ini memang harus ekstra. Karena ada tipe tubuh yang tidak berbau meskipun tidak mandi selama 1 hari full, dan nggak pake parfum. Namun, sebaliknya, ada yg udah mandi pun tetep berbau. Jadi harus ekstra merawatnya.

  • Simiati257
    Simiati257 9 Mei 2024 pukul 11.28

    Setelah melahirkan aku merasa volume keringat dan bau badan lebih meningkat, apalagi skrg bayinya udah toddler pula lebih banyak menghabiskan energi. Jadi mau coba saran-sarannya deh biar mengurangi bau badanku

  • Sitatur Rohmah
    Sitatur Rohmah 10 Mei 2024 pukul 12.37

    yang dominan jadi penyebab bau badan adalah pola hidup sehat dan pola makan sehat, ya? dulu ada teman aku yang punya problem ini, terus sama teman-teman kantor dikasih saran mengubah pola hidup dan pola makan. ya mungkin sebagai anak kost awalnya dia mandi sehari sekali, nggak lama berselang mulai ada perbaikan juga kok

Add Comment
comment url