Atasi Mata Minus Dengan Ortho K di Vio Optical

Semester ini nilai Fahri, anak Anita menurun. Saat penerimaan rapor, Anita berkonsultasi dengan guru Fahri di sekolah. Di rumah terlihat tidak ada yang berbeda dengan aktivitas Fahri, hanya terkadang Fahri merasakan pusing di kepalanya. Guru Fahri bercerita kalau Fahri sering kesulitan mengamati tulisan di papan tulis. Anita kemudian memeriksakan Fahri ke klinik mata. Saat ini, banyak sekali klinik mata yang bisa teman-teman pilih untuk berkonsultasi. Vio Optical, merupakan salah satu klinik mata terkemuka di Indonesia yang sudah tersebar di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung hingga Semarang. Diketahui bahwa Fahri ternyata mengalami miopi. Mungkin penggunaan gadget yang terlalu lama menjadi penyebabnya. Ditambah kedua orangtua Fahri, Anita dan Bambang juga menggunakan kacamata minus.

Layanan terapi ortho k di vio Optical
Miopi progresif atau mata minus yang bertambah dari waktu ke waktu bisa ditekan dan bahkan dikurangi dengan metode ortho k ini. Image : Website Vio Optical

Miopi (rabun jauh) atau mata minus merupakan kelainan refraksi mata yang disebabkan karena kornea mata lebih lonjong, sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina. Hal ini mengakibatkan seseorang yang mengalami mata minus akan mengalami kesulitan mengamati objek yang jauh. Seperti pada tulisanku sebelumnya mengenai berbagai cara mengatasi mata minus, orangtua terkadang tidak menyadari kalau anaknya mengalami rabun jauh.

Bentuk bola mata minus
Bentuk kornea mata minus yang lebih lonjong mengakibatkan sinar atau cahaya yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina sehingga pandangan menjadi buram saat melihat objek yang posisinya jauh
Image : website vio optical

Biasanya anak yang mengalami rabun jauh ditandai dengan sering mengernyit ketika melihat objek yang jauh, sakit kepala,cepat mengantuk dan pegal. Hal ini disebabkan karena banyak faktor, bisa karena keturunan dan kebiasaan kurang baik seperti membaca sambil tiduran, membaca dengan penerangan minim, bermain gadget sambil tiduran, kebiasaan melihat dari jarak dekat terus menerus atau bisa juga karena kekurangan vitamin A.

Penanganan Mata Minus Berdasarkan Penyebabnya

Jika anak mengalami miopi biasanya dokter akan menyarankan treatment sesuai dengan penyebabnya. Jika minusnya masih ringan, dokter mungkin akan menyarankan atau meresepkan vitamin A untuk dikonsumsi. Namun terkadang, karena faktor lain dokter juga menyarankan penggunaan kacamata. Untuk miopi ringan, bisa diatasi dengan penggunaan kacamata berukuran - 0,25 sampai -3 Dioptri, sedang -3,25 sampai - 6 Dioptri dan yang berat membutuhkan lensa berkekuatan lebih besar dari -6 Dioptri. 

Bagi anak berusia 8-12 tahun yang kurang nyaman menggunakan kacamata dan memiliki kecenderungan mengalami mata minus progresif, dokter akan menyarankan terapi ortho K alih-alih menggunakan metode LASIK. Hal ini dikarenakan mata anak masih mengalami pertumbuhan. Metode ortho k atau Orthokeratology memungkinkan mengurangi minus anak dengan cara yang lebih nyaman ketimbang menggunakan lensa kontak biasa. 

Terapi Ortho K di Klinik Vio Optical

Ortho K atau orthokeratology merupakan metode terapi mata dengan cara membentuk ulang permukaan kornea mata menggunakan lensa kontak khusus bernama lensa ortho-k. Tujuannya agar kondisi rabun jauh yang dialami anak minus progresif tidak memburuk dari waktu ke waktu. Agar efektif, lensa ortho k harus digunakan secara teratur sesuai petunjuk dokter dan terapis. Metode ini terbilang aman karena tidak melewati tindakan operasi, lensa ortho k digunakan saat tidur sehingga bentuk kornea akan pulih kembali setelah penggunaan secara teratur. Tujuannya agar minus mata tidak bertambah bahkan bisa berkurang secara signifikan.

benefit treatment mata minus dengan ortho k di vio optical
Keuntungan terapi mata minus dengan lensa ortho k di Vio Optical, silahkan kunjungi website Vio Optical untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang metode ortho k ini ya!

Hardlens ortho k ini biasanya digunakan ketika malam hari sehingga ketika bangun pagi,  mata menjadi lebih nyaman untuk memandang.  Metode ortho k ini aman dan alami, karena tanpa melewati proses operasi, tidak mengganggu aktivitas karena digunakan ketika malam hari ketika tidur serta tidak menyebabkan iritasi. Biaya terapinya juga lebih terjangkau ketimbang LASIK yang menghabiskan puluhan juta untuk operasi. Agar terapi yang dilakukan ini efektif, sebaiknya teman-teman dukung juga dengan gaya hidup sehat, kurangi begadang jaga kebersihan lensa kontak serta menggunakannya sesuai petunjuk dokter mata.

Nah, bagi teman-teman yang memiliki anak bermata minus, teman-teman bisa mengkonsultasikannya lebih dulu ke Vio Optical ya! Vio Optical merupakan salah satu klinik mata yang melayani terapi ortho k ini mampu menangani berbagai macam gangguan mata. Mulai dari mata minus, silindris, low vision hingga mata malas. Untuk mendapatkan layanan ortho k di Vio optical, teman-teman cukup menghubungi nomor whatsapp yang tertera di website Vio Optical. Teman-teman akan ditangani oleh dokter mata yang profesional di bidangnya.

Besarnya biaya penanganan menggunakan terapi ortho k ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 13 hingga 15 juta rupiah. Dari biaya tersebut, pasien akan mendapatkan fasilitas berisi biaya pemeriksaan awal, sepasang alat terapi lensa Ortho K dan check up rutin selama 2 tahun. Pembayarannya bisa dicicil 12 x dengan cash atau credit menggunakan kartu kredit BCA/Mandiri atau Permata.

Vio Optical sendiri sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia seperti Tangerang, Bekasi, Semarang, Depok, Bandung, Semarang dan Surabaya. Nah, bagi teman-teman yang penasaran, silahkan kunjungi Vio Optical terdekat atau hubungi akun instagram atau nomor whatsapp yang tersedia di websitenya.

Next Post Previous Post
13 Comments
  • Cinantya
    Cinantya 29 Januari 2024 pukul 14.50

    Wah ada pilihan lagi ya selain lasik untuk mengkoreksi mata minus. Perlu dipelajari lebih lanjut nih.

  • Heni Hikmayani Fauzia
    Heni Hikmayani Fauzia 1 Februari 2024 pukul 09.06

    Anak saya keduanya minus. Semoga bisa segera merasakan layanan ortho K Vio Optical di kota saya yaa

  • Phai Yunita S Wijaya
    Phai Yunita S Wijaya 1 Februari 2024 pukul 15.27

    Menarik sekali terapi Ortho K di Klinik Vio Optical ini. Bisa operasinya juga jauh lebih terjangkau dibanding lasik. Dengan metode pembayaran yang ditawarkanmemudahkan banget ini.

  • Amelia
    Amelia 1 Februari 2024 pukul 22.15

    Beruntung banget ketemu artikel yang bahas tentang miopi. Karena qodarullah aku menderita miopi. Tapi untuk saat ini Vio Optical belum ada di wilayahku. Yaudah deh, berdoa aja semoga nanti-nanti ada rezeki ke Vio Optical.

  • Elin DS
    Elin DS 1 Februari 2024 pukul 23.21

    Wah, infonya bermanfaat sekali mbak. Karena setahu saya mata minus tidak bisa disembuhkan, harus operasi dan katanya itu pun tidak menjamin. Soalnya mata anak saya minus sedikit. Jadi, tahu kisaran biayanya kalau terapi.

  • Perahu Kertas
    Perahu Kertas 2 Februari 2024 pukul 09.45

    Nah ini akuuu banget lah pokoknya karena mata kanan kirimi minus 2. Melihat benda dengan jarak jauh rasanya blur alias buram abis

  • Reza Liswara
    Reza Liswara 2 Februari 2024 pukul 10.16

    Wah aku baru tahu ada cara selain lasik untuk mengatasi mata minus. Apakah ada batas minimum atau maksimumnya kah kak?

  • Dyah Kusumastuti Utari
    Dyah Kusumastuti Utari 2 Februari 2024 pukul 14.40

    Menarik nih metode yang ditawarkan, memang usia anak-anak masih dalam proses pertumbuhan sehingga minus pun juga masih nambah ya, ini lensanya dipasang sendiri oleh anak-anak ya dan harus hati-hati kan ya

  • Alfa Anisa
    Alfa Anisa 2 Februari 2024 pukul 19.10

    Wah, ternyata ada metode menyembuhkan mata rabun sselain pake Lasik, ya. Jadi pengen rekomendasiin keponakanku yang mulai kena gejala minus.

  • Deeva Collection
    Deeva Collection 2 Februari 2024 pukul 20.07

    Sayang di Jember masih belum ada ini Vio Optical. Kalau ada sebenarnya mau cobain untuk mengatasi masalah penglihatan ini

  • Simiati257
    Simiati257 2 Februari 2024 pukul 21.02

    Aku sebenarnya minus tapi udah lama banget ga pakai kacamata, jadi pengen terapi deh biar minusnya berkurang

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 2 Februari 2024 pukul 23.40

    Kasian ya kalau anak masih kecil udah minus, pasti nggak nyaman banget. Alhamdulillah adanya Vio Optical yang bisa melakukan konsultasi dulu sebelum pemeriksaan lebih lanjut.

  • Windi astuti
    Windi astuti 3 Februari 2024 pukul 04.11

    masih ada metode lain untuk mengurangi mata minus ya. Setahuku LASIK, dan kini dengan terapi Orto K justru biayanya sangat hemat. Noted

Add Comment
comment url