Tips Memilih Restoran Untuk Berbuka Puasa

Memasuki bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia akan melakukan puasa selama sebulan penuh. Puasa di sini adalah menahan diri dari makan, minum dan hal-hal yang dilarang mulai dari shubuh hingga maghrib. Tujuannya agar menambah ketakwaan bagi pemeluknya. Di bulan penuh kebaikan ini, kegiatan berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman menjadi momen yang sangat dinanti-nanti.

tips memilih resto untuk buka puasa bersama

Yang dinanti-nanti saat berbuka puasa adalah waktu berbuka. Saking spesialnya waktu berbuka ini bahkan ada perintah untuk menyegarkan waktu berbuka jika sudah tiba waktunya. Saat berbuka puasa jadi makin terasa menyenangkan jika dilakukan bareng keluarga atau teman. Biasanya kita akan mencari makanan yang enak dan menyegarkan untuk mengembalikan energi yang telah hilang sepanjang hari. Oleh karena itu, memilih restoran untuk berbuka puasa menjadi salah satu hal yang penting. Bagaimana cara memilih restoran yang tepat dengan lokasi yang mudah diakses?

Memilih Restoran untuk Berbuka Puasa dengan Lokasi yang Mudah Diakses

Berbuka puasa di luar bersama keluarga atau teman-teman dapat menjadi momen yang menyenangkan. Namun, seringkali sulit untuk memilih restoran yang tepat dengan lokasi yang mudah diakses. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Pastikan restoran yang dipilih memiliki akses yang mudah dijangkau dengan kendaraan atau transportasi umum

Lokasi restoran yang jauh dari rumah dapat mengurangi semangat untuk berbuka puasa bersama. Apabila kamu ingin mencari restoran dengan lokasi yang mudah diakses, kamu bisa menggunakan layanan internet IndiHome.

Layanan internet IndiHome dapat membantumu untuk mencari dan membandingkan restoran berbuka puasa dengan lokasi yang mudah diakses. Dengan menggunakan internet IndiHome, kamu bisa melihat daftar restoran dengan lokasi yang dekat dengan rumahmu.

2. Pastikan restoran yang dipilih memiliki mushola atau dekat dengan masjid

Waktu berbuka puasa ditandai dengan kumandang adzan mahgrib. Agar kegiatan shalat mahgrib dan berbuka puasa berjalan dengan baik, pastikan tersedia mushola di restoran atau minimal restoran berlokasi di dekat masjid. Sehingga hati tetap tenteram tanpa takut ketinggalan jam shalat ketika datang waktu berbuka puasa bersama. Shalat mahgrib dan berbuka puasa tetap berjalan beriringan tanpa ketinggalan salah satunya.

3. Pastikan restoran memiliki menu yang variatif dan sesuai dengan selera.

Pilih restoran yang menyajikan menu berbuka puasa yang sesuai dengan selera kamu dan keluarga atau teman-teman. Apabila kamu ingin mencoba menu baru, pastikan restoran memiliki menu yang variatif dan berkualitas.

Periksa harga makanan dan minuman di restoran serta promo yang sedang berlangsung.

Pastikan harga makanan dan minuman di restoran tidak terlalu mahal dan sesuai dengan anggaran kamu. Cari juga promo-promo menarik yang sedang berlangsung agar kamu bisa berhemat. 

Pastikan restoran memiliki tempat duduk yang cukup untuk rombongan yang akan berbuka puasa bersama. Tempat duduk yang cukup dan nyaman dapat menambah kenyamanan saat berbuka puasa bbersama. Kamu juga bisa mengkoordinir jumlah kursi ini ke pihak restoran agar pas dengan rombongan tim bukber kamu. Sehingga kamu bisa lebih nyaman dan menikmati makanan bersama keluarga dan teman-teman.

4. Cek review restoran.

Baca review dari pelanggan sebelumnya untuk mengetahui pengalaman mereka dan kualitas restoran. Kamu bisa mencari review-restoran di internet dan sosial media. Dari review tersebut, kamu bisa mengetahui apakah restoran tersebut sesuai dengan ekspektasi kamu.

cek review dan rating sebuah restoran di google map atau media sosial
Saat cek review, amati jumlah ulasan ranting di bawah bintang 3 dan isi ulasannya. Biasanya review di google map atau di media sosial berisi tentang service atau pelayanan resto hingga kepuasan pelanggan terhadap menu ataupun tempatnya.

Mulai dari lokasi, menu, hingga fasilitas yang ditawarkan bisa kamu lihat melalui review yang diberikan pelanggan yang pernah  berkunjung di restoran tersebut.

Setelah menemukan beberapa restoran yang potensial, pastikan untuk memperhatikan detailnya sebelum membuat keputusan akhir.

Sebagai bahan pertimbangan, kamu harus sudah melakukan riset terlebih dahulu mengenai restoran tersebut melalui internet, seperti website resminya, review dari pelanggan sebelumnya, atau media sosialnya. Hal ini bisa membantumu mengambil keputusan yang tepat, terutama jika kamu ingin menikmati pengalaman berbuka puasa yang sempurna.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan waktu dan jarak tempuh ke restoran yang dipilih. Pastikan waktu keberangkatan dan kedatangan sudah diatur dengan baik agar tidak terlambat dan terburu-buru dalam berbuka puasa.

Jika memungkinkan, pilih restoran yang lokasinya dekat dengan rumah atau tempat tinggalmu agar perjalanan menjadi lebih mudah dan tidak melelahkan.

Keuntungan Menggunakan Internet IndiHome untuk Memilih Restoran Berbuka Puasa

Menggunakan internet IndiHome dari Telkom Indonesia dalam mencari restoran untuk berbuka puasa dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi kamu.

Kamu bisa menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mencari restoran yang tepat dengan cara yang konvensional, seperti berkendara keliling kota atau bertanya-tanya pada orang lain. Dengan menggunakan internet, kamu bisa mencari informasi mengenai restoran dengan lokasi yang mudah diakses hanya dengan beberapa klik.

layanan internet indihome mempermudah menemukan rekomendasi resto dengan cepat
Berkat layanan internet dari Indihome, kamu bisa menemukan ulasan tentang rekomendasi restoran untuk buka bersama dengan cepat dan mudah
Image by Canva

Internet IndiHome juga memudahkanmu dalam membandingkan restoran yang ada di daerahmu. Kamu bisa memeriksa menu, harga, promo, dan review pelanggan sebelumnya dari beberapa restoran sekaligus tanpa harus pergi ke masing-masing tempat. Dengan mengakses review di google, youtube, blog, vlog tentang review resto yang diulas food blogger atau selebgram dan tiktoker misalnya, info praktis tersebut lebih menghemat waktu, tenaga dan tentunya uang untuk mencari tempat yang cocok untuk buka bersama. Dengan begitu, kamu bisa memilih restoran yang tepat dengan cepat dan mudah.

Kamu bisa mendapatkan informasi update mengenai restoran yang sedang promo atau menawarkan diskon melalui internet IndiHome. Kamu bisa memantau halaman media sosial atau website resmi dari restoran-restoran tersebut untuk melihat promo terbaru yang sedang berlangsung. Hal ini bisa membantumu menghemat biaya dan memilih restoran yang sesuai dengan anggaranmu.

Kamu bisa melihat review dari pelanggan sebelumnya mengenai restoran yang ingin kamu kunjungi. Review tersebut bisa membantumu mengetahui kualitas makanan, pelayanan, dan suasana di restoran tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan apakah restoran tersebut akan memenuhi ekspektasimu atau tidak.

Dengan menggunakan internet IndiHome, kamu dapat mencari dan membandingkan restoran berbuka puasa dengan lokasi yang mudah diakses.

Kamu juga dapat melihat menu, harga, promo, dan review pelanggan sebelumnya. Hal ini sesuai dengan salah satu artikel di media teknologi yang sama-sama memberikan informasi membantu memilih restoran yang sesuai dengan selera dan anggaran, serta memberikan pengalaman berbuka puasa yang menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman.

Next Post Previous Post
41 Comments
  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah 11 April 2023 pukul 14.09

    Emang musim bukber keramat lebih cape bukber diluar mana penuh dan macet, makanya mending cek sosmed dan di internet dulu ya ka biar pengalaman bukber lebih berkesan

  • Tetty
    Tetty 11 April 2023 pukul 20.22

    selama ramadan aku belum buka puasa di luar rumah, tapi emang bener sih, rekomendasi resto ini bisa dilihat di internet dan jadi referensi buat buka puasa di luar, kalau aku nyari yang kids/family friendly buat buka puasa supaya bisa tetap tenang juga buka puasa bareng anak2 yang masih kecil

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 11 April 2023 pukul 20.44

    beruntung ada internet cepat dari IndiHome ya?
    Karena pekerjaan rumah tersendiri menentukan resto untuk bukber
    Jangan sampai pas waktunya malah mengecewakan karena susah diakses, susah parkir, makanannya gak enak/mahal dll

  • Kang Ugi
    Kang Ugi 11 April 2023 pukul 20.45

    Setuju sekali, Kak, dengan adanya internet dari IndiHome kita makin kudah melakukan banyak hal termasuk milih restoran atau rumah makan. Bisa pilih tempat, makanan dan atuslr qaltu dengan mudaj

  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono 11 April 2023 pukul 22.16

    Bener nih pas mau ke resto atau warung makan dll saya selalu cek review atau rating dan ulasan dari pengguna yang datang di resto tersebut. Jika ulasannya bagus bisa jadi tempat rekomended tuk makan bareng saat bukber.

  • nurul rahma
    nurul rahma 12 April 2023 pukul 05.04

    kemarin anakku dan teman2nya bukber dan mereka terapkan tips ini. makasiii bngett
    sangat mencerahkan 😍

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 12 April 2023 pukul 05.34

    Cek review dari yang sudah pernah berkuunjung bis jadi patokan untuk booking tempat. Apalagi pas buat berbuka puasa wah bisa gak dapat tempat deh

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 12 April 2023 pukul 06.03

    Satu lagi yang paling menurut saya adalah lakukan reservasi terlebih dahulu. Supaya gak kerepotan mendapatkan tempat duduk. Karena terkadang tempatnya bisa mendadak penuh karena memang lagi musim makan diluar karena periode puasa.

  • hani
    hani 12 April 2023 pukul 06.28

    Pas banget nanti saya mau ikut bukber nih bersama teman kantor suami. Sebelumnya kami memang sudah diminta memilih menu dari resto yang ditentukan. Memang sekarang zamannya serba digital. Engga akan takut kehabisan makanan deh, kan udah pesen duluan...

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 12 April 2023 pukul 08.52

    Kalau buat berbuka puasa, selain memang lebih baik reservasi terlebih dahulu. Aku biasanya juga suka cek apa saja fasilitas yang dimiliki oleh resto tersebut. Beda kalau ke mall ya, karena beberapa fasilitas sudah disediakan oleh mallnya.

  • Jeanette Agatha
    Jeanette Agatha 12 April 2023 pukul 09.33

    Aku di rumah juga pakai Indohome nih mbak, lumayan selalu lancar jadi pekerjaan aku yang secara online juga selalu lancar. Semenjak uda memasuki new normal sekarang resto atau hotel selalu penuh untuk bukber ya mbak. Senang juga lihatnya mereka bs bangkit lagi 😊

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 12 April 2023 pukul 09.42

    IndiHome memudahkan segala urusan kita karena menyediakan layanan internet cepat dan stabil sih ya, termasuk untuk reservasi di tempat makan begini. Kalau aku pribadi, mungkin urutan poin yang pertama kali kuperhatikan sebelum reservasi itu, menu dan review dari pelanggan termasuk status halalnya, baru deh memikirkan urusan akses dan layanan lainnya.

  • Triani Retno A
    Triani Retno A 12 April 2023 pukul 10.17

    Yes banget buat poin 1 dan 2. Yang lain juga yes sih, tapi dua poin pertama jadi perhatian khusus buatku. Aku kan nggak punya kendaraan, ke mana-mana mengandalkan transportasi online. Jadi kalau tempatnya nggak terjangkai dengan kendaraan umum atuhlah...repot!

    Mushola juga penting banget. Percuma ikut bukber kalau shalat Magribnya malah kelewat. Udah bener banget, cek dulu di internet.

  • Meriska Putri
    Meriska Putri 12 April 2023 pukul 11.46

    Kalau aku pilih bukber di resto hotel aja yg sistem buffet. Gak usah nunggu menu, pilihan menunya banyak, gak perlu buru-buru buat gantian sama pengunjung lain, musala dan toiletnya juga oke. Internet cepat bermanfaat banget buat browsing resto hotel yang nyediain paket bukber dengan harga oke.

  • Okti Li
    Okti Li 12 April 2023 pukul 11.51

    Lokasi strategis dan fasilitas ibadahnya lengkap pasti jadi rujukan untuk acara berbuka puasa bersama udah pasti itu ya. Secara orang jaman sekarang kan inginnya dimudahkan. Apa apa bisa dilihat dari genggaman dengan modal smartphone yg koneksi dengan internet pastinya

  • lendyagassi
    lendyagassi 12 April 2023 pukul 16.53

    Dengan bantuan internet cepat, kita bisa gercep menemukan resto untuk berbuka yang sesuai dengan harapan. Selain itu juga bisa lebih berhemat dengan promo yang ditawarkan. INi sih menyenangkan sekali.

  • Cindy Vania
    Cindy Vania 12 April 2023 pukul 21.32

    nah iya nih. kalau mau buka di luar emang paling penting cek dulu reviewnya gimana. trus juga pastikan menunya sesuai atau nggak sama kalian. inet kenceng penting bgt kalau kayak gini yaa

  • hani
    hani 12 April 2023 pukul 22.19

    Baru aja pulang bukber nih, Hehe...Beruntungnya pakai wifi IndiHome, sebelumnya udah booking di resto. Sama temen yang koordinir, malah disodorin menu sekalian. Jadi begitu dateng, udah siap deh hidangan, tanpa takut kehabisan...

    • lendyagassi
      lendyagassi 24 April 2023 pukul 05.03

      Semakin nyaman di dunia digital karena adanya internet cepat yang memungkinkan memangkas banyak aktivitas online sehingga berbuka puasa di luar gak perlu mengantri lama buang-buang waktu. Cukup pesan online, beres.

  • Eka FL
    Eka FL 13 April 2023 pukul 01.24

    aku sih milih jalan ninja kalau mau nyari restoran untuk bukber, yaitu gugling! hehehe. udah pasti datanya lengkap, ada foto, review, harga, menu hingga rute. lengkap dan praktis ya

  • Anonim
    Anonim 13 April 2023 pukul 05.14

    Restoran yang dekat musala atau masjid, sepakat nih jadi pilihan untuk milih restoran. Apalagi saat Ramadan, ibarat habis buka bareng, kan butuh cari fasilitas ini ya. Dengan memanfaatkan IndiHome bisa jadi cara tepat memilih restoran.

  • Okti Li
    Okti Li 13 April 2023 pukul 12.13

    Pilihannya pasti jatuh ke lokasinya yg strategis dan fasilitasnya lengkap terutama buat ibadah.
    Ditambah kalau menu makan enak enak dan harganya terjangkau, bakalan jadi rujukan ya. Hehehe

  • Khoirur Rohmah
    Khoirur Rohmah 13 April 2023 pukul 12.23

    Ya ampun, beberapa tips di atas valid banget
    Susah kalau buka puasa di tempat yang tidak menyediakan mushola atau tempat ibadah
    Dan ini pernah terjadi saat aku buka puasa bareng teman-teman
    yang akhirnya harus cari masjid di sekitar untuk sholat maghrib

  • Phai Yunita S Wijaya
    Phai Yunita S Wijaya 14 April 2023 pukul 15.22

    Oh Iya sebelum memilih Resto aku pasti cari review Resto terkait di internet. Kalau ratingnya bagus, langsung go ahead. Untungnya sekarang ada internet IndiHome yang sangat membantu banget. Apalagi pas nyari Resto buat bukber seperti sekarang.

  • Yonal Regen
    Yonal Regen 15 April 2023 pukul 04.17

    Dengan adanya akses internet dan informasi yang upto date di dalamnya, sekarang kita bisa jadi lebih pintar memilih restoran buat buka bersama, jadi paham dulu menu apa saja yang tersedia sampai kisaran harga di tiap menunya

  • Tian lustiana
    Tian lustiana 15 April 2023 pukul 11.45

    Harus yang pas yah jangan asal nyari resto buat bukber, supaya makin nyaman makan dan ngobrol - ngobrolnya.

  • Muhammad Zaini
    Muhammad Zaini 16 April 2023 pukul 05.49

    Enak ya zaman sekarang untuk ngecek restoran bisa menggunakan internet dulu. Coba kalau dulu itu, yang namanya nyari makanan enak itu "perjuangan" banget. Bahkan, kita sangat percaya jika ada rekomendasi dari kawan-kawan kita yang dari mulut ke mulut. Beda sama sekarang yang lebih mudah ngecek rating suatu restoran menggunakan HP. Bahkan, dengan banyaknya food review, jadi makin memudahkan. Apalagi kalau food reviewnya itu memang food review jujur, bukan asal ngomong aja.

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 16 April 2023 pukul 20.00

    Sepakat nih untuk resto tempat berbuka harus ada musholla ahar ga kelewatan salat magribnya

  • Saĺly Fauzi
    Saĺly Fauzi 17 April 2023 pukul 10.29

    Kalau saya, sebelum datang ke resti, wajib cek review dan menu. Apalagi saat Ramadan begini, biasanya rame

  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah 17 April 2023 pukul 12.52

    Baru aja kemarin nyoba tempat bukber tapi g ada tempat sholat dan agak jauh dari musholla. Emang harus cek dulu restorannya via internet sih.

  • Andiyani Achmad
    Andiyani Achmad 17 April 2023 pukul 15.09

    baru aja kejadian kemarin, karena resto yang kami tuju gak terima booking dulu jadi kami harus standby jam stgh 5 di resto supaya bisa bukber di sana

  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai 17 April 2023 pukul 15.10

    Kalau harus berbuka puasa di luar, saya memilih di resto yang punya mushola sendiri. Karena pernah bukber di mall, mushollanya antre banget. Lagipula kalau restonya ada tempat shalat kan jadinya gak harus keluar dari resto dulu.

  • Antung apriana
    Antung apriana 18 April 2023 pukul 09.10

    jadi ingat dulu pernah bukber di mal pas sudah bedug eh makanannya nggak siap asli nunggu lama banget. bagusnya memng pilih resto yang ada musola dan makannya sudah ready gitu biar nggak nunggu lama

  • Rina s
    Rina s 18 April 2023 pukul 17.00

    Yg penting juga ada mushola nyaman dan toilet bersih ya, karena pasti kan harus sholat magrib, kalau perlu cari yy musholanya agak gedean biar ga ngantri hehehe

  • Maria Tanjung Sari
    Maria Tanjung Sari 20 April 2023 pukul 08.14

    Kalau mau makan di luar untung sekarang bisa browsing dulu ya kak. Jadi gak pusing mau makan dimana. apalagi pas lebaran, rumah makan pada rame

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 23 April 2023 pukul 22.14

    setuju nih dengan tipsnya Mbak, kalau mau cari resto untuk buka puasa itu cari yang mudah dijangkau baik kendaraan pribadi apalagi transportasi umum biar gak ribet dan habisin waktu di jalan gitu sih ya, paling penting lagi ada Mushola atau Masjid di dekatnya biar setelah batalin puasa bisa salat dulu, jadi gak keburu-buru gitu sih :D

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 25 April 2023 pukul 07.59

    Ceki-ceki dulu di internet biar sekalian juga tahu ulasannya apakah memang oke terus masih ada tempat atau nggak nya ya

  • Yanti
    Yanti 26 April 2023 pukul 20.05

    Alhamdulillah ya dengan adanya internet sangat memudahkan buat cari referensi tempat makan enak

  • duniaeni.com
    duniaeni.com 5 Mei 2023 pukul 19.23

    Penting cek review restoran karena biasanya mencakup semuanya, dari pelayanan, rasa menu, lokasi dan tempat kendaraan. Karena berbuka menguras energi, klo dapat resto gak rekomend kan prank banget

  • www.grandysofia.com
    www.grandysofia.com 5 Mei 2023 pukul 21.12

    penting banget dengan berbuka puasa di luar apalagi bareng2 sama keluarga besar, reservasi diperlukan dan hal2 yg sudah disebutkan di atas

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 11 Mei 2023 pukul 22.27

    Yang penting itu menunya harus variatif dan sesuai selera. Kalau bisa ada menu untuk anak anak yang gak pedes. Restoran harus tahu ini

Add Comment
comment url