Destinasi Wisata di Solo, Traveling Bareng Keluarga Kesini Yuk!

Sebagai kota yang menjaga tradisi dan budaya keraton yang kuat, Solo menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Dari wisata sejarah, seni dan cagar budayanya, kuliner khas yak nikmat hingga wisata belanja tersedia di Solo. Jika kamu pernah ke Solo dan berkunjung ke Pasar Klewer, Keraton, Kalitan, kini saatnya kamu berkunjung ke lokasi wisata baru di Solo.

wisata keluarga di  kota surakarta
Traveling ke Solo bareng keluarga, mungkin lokasi di bawah ini cocok buat tamasya bareng keluarga
image: Instagram The Heritage Palace, website Pandawa Water World dan Instagram Tumurun Private Museum

Guna menjaring semakin banyak turis lokal dan mancanegara, kini Solo semakin berbenah dengan berdirinya banyak tempat wisata baru yang instagramabel, menarik dengan harga tiket yang lumayan terjangkau.  Berikut destinasi wisata di Solo yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga saat liburan maupun akhir pekan

1. De Tjolomadoe

Solo dan Klaten di jaman dahulu terkenal dengan tembakau dan tebu. Oleh karenanya banyak pabrik gula kuno di sekitaran Solo jaman dulu. Seperti De' Tjolomadoe, pabrik gula tua yang kini berubah menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang cocok untuk keluarga. Selain sebagai tempat wisata sejarah dan cagar budaya, De Tjolomadoe juga mengusung konsep wisata kekinian. Ruangan-ruangannya terbagi menjadi ruang pamer museum pabrik gula, tempat kulineran, ruang pameran seni dan cinderamata yang glow in the dark ditambah hall yang bisa disewa untuk tempat konser. Tak jarang juga dipakai mereka yang akan menikah untuk melakukan sesi foto pre wedding karena banyak spot foto yang menarik.

wisata cagar budaya bekas pabrik gula kuno Colomadu
Dari kiri atas searah jarum jam, salah satu spot glow in the dark yang menyala dan mati tiap 15 detik, stasiun ketelan, view sore hari di bagian outdoor De Tjolomadoe
image : Instagram @detjolomadoe_official 

Lokasinya tidak jauh dari Bandara Adi Sumarmo. Berada di Jl. Adisucipto 1 Paulan Wetan, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Sekitar 10 - 15 menit dari Bandara. Kalau kamu traveler yang berasal dari Semarang, Jogja atau dari kota lain yang memanfaatkan jalur udara dan mendarat di bandara Adi Sumarmo, De' Tjolomadoe bisa kamu jadi pilihan pertama untuk dikunjungi. Jika kamu menggunakan bus trans, kamu bisa memilih jalur Bandara - Palur menuju tempat ini atau melalui aplikasi ojek online. Teman-teman juga bisa memilih penginapan atau hotel di Solo sebelum atau sesudah dari De Tjolomadoe ini. Ada banyak pilihan tempat bermalam dari kost, homestay, apartemen, hotel melati, hingga hotel berbintang.

Harga tiket masuk De' Tjolomadoe dibanderol seharga 35 ribu rupiah yang bisa kamu beli melalui websitenya atau langung menuju lokasi dan buka tiap selasa hingga minggu (senin tutup) dari pukul 10 pagi hingga 5 sore. Di tempat ini kamu juga bisa menyewa otoped maupun harley. 

2. The Heritage Palace

Dekat dengan De Tjolomadoe, ada sebuah pabrik gula kuno yang juga diubah menjadi tempat wisata namun dengan konsep yang berbeda. Nama tempat wisatanya adalah The Heritage Palace. Lokasinya dekat dengan kampus UMS, tepatnya di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo Honggobayan, Pabelan Kartasura. Sekitar 4 km dari De' Tjolomadoe. 

The Heritage Palace merupakan bangunan cagar budaya yang diubah menjadi tempat wisata instagramabel di Solo dengan konsep bangunan klasik bergaya Eropa dan menawarkan banyak spot foto menarik baik di indoor maupun outdoornya. Ada museum transportasi hingga 3D Trick Art Museum yang bikin kamu betah berselfie di banyak lokasi, apalagi efek 3D dari masing-masing wall atau tembok yang seperti nyata, misal 3D tembok Cina, jurang, pantai, hingga image berupa satwa seperti sapi, panda hingga gorila.

Jika kamu butuh penginapan, di depan pintu masuk The Heritage Palace tersedia apartemen yang disediakan RedDoorz. Jadi, ketika ke Solo, teman-teman bisa booking tempat mengenai melalui aplikasi jauh hari dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

The Heritage Palace buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 16.00 dengan harga tiket bervariasi mulai dari 30 ribu rupiah di outdoor dan 55 ribu rupiah di bagian indoor saat weekdays dan 65 ribu saat weekend.

3. Tumurun Private Museum

Kawasan Sriwedari memang ngangenin, terkenal sebagai taman rakyatnya kota Solo jaman dahulu. Di kawasan Sriwedari, banyak lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi.  Mulai dari Taman Sriwedari yang saat ini sedang berbenah, Museum Radya Pustaka, pasar buku bekas hingga yang terbaru ada Tumurun Private Museum.

tumurun private museum
Dari kiri searah jarum jam. Salah satu event minum teh di Tumurun, lantai 1 untuk pameran dan kegiatan publik, seorang pengunjung mengamati lukisan di salah satu ruangan Tumurun Private Museum
image : Instagram @tumurunmuseum 

Tumurun Private Museum merupakan museum seni milik keluarga Iwan K Lukminto, Wakil Direktur Utama Sritex. Tumurun berasal dari kata Turun temurun, menyiratkan maknanya mengenai tempat ini. Dilansir dari website resminya, Tumurun mengadakan pameran besar 2x dalam setahun. Meski begitu, Tumurun tetap bisa dikunjungi di waktu-waktu tertentu. Untuk berkunjung ke Tumurun, pengunjung tidak dikenakan biaya namun sebaiknya sebelum berkunjung, kalian melakukan reservasi dahulu melalui website atau instagramnya. Registrasinya dibuka tiap 10 jam dan bisa dikinjungi segala usia. Di Tumurun, kalian bisa menikmati berbagai lukisan karya pelukis terkenal seperti Afandi, Basuki Abdoellah, Raden Saleh hingga Antonio Blanco. Juga bisa dilihat berbagai karya seni lain bernuansa modern seperti floating eyes karya Wedhar Riyadi.

Tumurun Private Museum ini berlokasi di pusat kota Solo di Jalan Kebangkitan Nasional 8, dekat dengan Museum Batik House of Danar Hadi. Juga dekat dengan banyak hotel seperti The Margangsa Hotel, Novotel, Hotel Amaris, Ibis Style Solo, dan Solo Tiara Hotel. 

4. Museum Batik House of Danar Hadi

Masih di Sriwedari, Museum Batik, House of Danar Hadi berlokasi di jalan Slamet Riyadi 261, tepat di jantung kota Surakarta. Sehingga mudah dikunjungi jika kamu turun dari stasiun Purwosari atau menggunakan moda transportasi bus trans dari Solo Square. House of Danar Hadi berlokasi di bangunan cagar budaya milik Belanda yang dibeli Santosa Doellah, pendiri Danar Hadi.

Dilansir dari websitenya, museum ini menyimpan berbagai koleksi batik kuno yang jumlahnya mencapai 10.000 helai dan menerima rekor MURI. Di museum ini, selain disuguhi edukasi berbagai corak batik yang dipengaruhi banyak budaya, pengunjung juga akan mendapatkan pengalaman membatik, belanja batik, souvenir, dan oleh-oleh. Museum Batik ini buka dari jam 10.00 hingga 16.30 WIB dengan tiket seharga 35.000 rupiah untuk umum dan 15.000 untuk pelajar.

5. Kuliner di Pasar Gedhe

Selain menyajikan wisata sejarah dan budaya yang lengkap, Solo juga menawarkan kuliner yang nikmat dan ngangenin sekaligus belanja oleh-oleh makanan. Seperti roti Mandarin milik Orion Bakery, Timlo Sastro, Serabi Notosuman, Selat Solo hingga tahu kupatnya yang lezat. 

Tetapi jika kamu ingin mengenal makanan khas Surakarta, Pasar Gedhe pusatnya. Ada berbagai suguhan makanan yang enak di lokasi ini. Ada lenjongan, makanan khas Jawa Tengah yang terdiri dari ketan putih, ketan ireng, lopis, grontol jagung, cenil, getuk, klepon, tiwul dan sawut yang diberi topping juruh atau kinca dan bubuk kedelai yang rasanya nikmat dan mengenyangkan. Juga es dawet telasih milik Bu Darmi yang rasanya manis, gurih dan segar berpadu jadi satu. Ada lagi tengkleng dari daging kambing yang kaya rempah, brambang asem, cabuk rambak, hingga makanan oriental seperti tahook, dimsum dan beberapa makanan non halal.

Kawasan Pasar Gedhe ini juga dekat dengan tempat wisata sejarah Benteng Vastenburg, Pusat Grosir Solo, Beteng Trade Center, Pasar Klewer dan Balai Kota Surakarta. Untuk mencapai tempat ini sangat mudah, teman-teman bisa naik bus BST koridor 1.

6. Solo Safari

Taman Satwa Taru Jurug kini berbenah, dikelola langsung oleh Taman Safari, kini koleksi satwa dan tempatnya semakin menarik. Berlokasi di pinggir sungai Bengawan Solo, berada di perbatasan Solo di Jalan Ir Sutarmi, dekat dengan Universitas Sebelas Maret, Solo Safari menawarkan rekreasi flora dan fauna dan wahana permainan yang bisa dikunjungi segala usia. Di Solo Safari, kita akan disuguhi berbagai koleksi satwa Asia, Afrika hingga menyaksikan pertunjukan hewan, menikmati banyak wahana permainan dan tentu saja spot foto yang instagramabel. 

Untuk mencapai tempat ini, teman-teman bisa menggunakan moda transportasi bus jalur 1 dan 2 jika dari arah Semarang maupun Jogja. Solo Safari buka dari hari Senin hingga Minggu dari jam 08.00 - 16.30 WIB. HTM ke Solo Safari Rp. 30.000,- untuk anak-anak saat weekdays dan Rp. 45.000 saat weekend dan untuk orang dewasa Rp. 45.000 saat weekdays dan Rp. 60.000 saat weekend.

7. Pandawa Water World

Pandawa water world merupakan kolam renang terbesar se-Jawa Tengah. Wahana wisata air Pandawa ini berlokasi di Komplek Pandawa, Jalan Cemara Raya Gedangan Grogol Solo Baru, Sukoharjo. Sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi jika dari jalan Slamet Riyadi. Dari Solo Grand Mall, teman-teman bisa ambil arah ke Jalan Bhayangkara yang berada di sisi kanan jalan Slamet Riyadi jika dari arah Semarang. Lalu, di pertigaan Makro, kalian bisa belok ke kiri ke arah Jalan Veteran dan mentok ke perempatan Jalan Yos Sudarso dan ambil arah kanan mentok hingga Carefour.

Pandawa water world Solo Baru
Wave pool, kolam khusus anak dan salah satu water slide di Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World buka setiap hari kecuali selasa. Ada beberapa wahana yang menarik di tempat ini, mulai dari wave pool, kolam ombak yang membuat kamu merasa seperti di pantai dengan gelombang ombak, water slide atau seluncuran panjang dan berkelok yang menambah keseruan kamu berenang, action river, kolam khusus anak dan dilengkapi fasilitas seperti mushala, aerated spa,tempat gym, lapangan futsal, lapangan tennis serta food court, lengkap banget kan?

Di Januari 2023 ini, HTM Pandawa Water World tergolong murah. Dengan tiket masuk 35.000 saat weekdays dan 50.000 saat weekend, atau dengan menambah 10 ribu rupiah teman-teman bisa menikmati lunch boxnya juga. Worth to buy pastinya. Di sekitar tempat ini juga banyak terdapat hotel budget, hotel berbintang dan penginapan. Cek langsung melalui aplikasi booking hotel seperti redDoorz agar teman-teman menemukan harga yang cocok. 

Nah, itu dia 7 lokasi wisata yang bisa teman-teman kunjungi bareng keluarga saat liburan. Tinggalin komentar yuk buat kamu yang pernah ke Solo dan pengen merekomendasikan destinasi wisata di Solo yang tidak ada dalam list yang saya sebutkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url