Daftar Perusahaan Venture Capital Indonesia yang Berinvestasi di Singapura

Pada dasarnya, setiap negara memiliki pergerakan ekonomi yang selalu bergejolak. Pergerakan ekonomi tersebut dapat mempengaruhi banyak hal, termasuk indeks pembangunan masyarakat, standar hidup masyarakat, kualitas hidup, kemudahan dalam menjalankan usaha, pembayaran usaha, pembayaran perpajakan hingga pendapatan perkapita suatu negara.

venture capital Indonesia di Singapura

Salah satu negara Asia yang mempunyai pergerakan ekonomi yang tinggi dan juga stabil di dunia adalah Singapura. Oleh sebab itu, tidak mengherankan kalau banyak perusahaan top venture capital Asia yang mau menanam investasi di sana. Menggiurkan bukan? Apalagi pergerakan startup di Singapura yang berkembang pesat mendukung venture capital untuk berinvestasi.

Di antara perusahaan top venture capital Asia, ada yang berasal dari Indonesia. Untuk mengetahui mana saja perusahaan Indonesia yang memberikan investasi di Singapura, simak ulasannya di bawah ini.

1. Alpha JWC Ventures

Salah satu top venture capital in Asia pertama adalah Alpha JWC. Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita boleh berbangga. Hal itu dikarenakan Alpha JWC merupakan perusahaan modal ventura yang didirikan oleh orang Indonesia. Para pendirinya antara lain, Chandra Tjan dan Jefrey Joe yang berkolaborasi dengan William Ongkowidjaja

Alpha JWC Ventures juga merupakan perusahaan modal ventura independen dan institusional pertama di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada awal tahun 2015 dan memasuki tahun 2016, Alpha JWC meluncurkan dana pertamanya sebesar US$ 50 juta.

Dana kedua perusahaan ini sudah diumumkan pada tahun 2019. Pendanaan ini bernilai total US$ 123 juta dan didukung oleh mitra terbatas dari Asia, Amerika Serikat, dan juga Eropa. Kemudian pada tahun 2021, Alpha JWC Ventures meluncurkan pendanaan ketiganya senilai US$ 433 juta. Jumlah tersebut sudah  mengamankan tempatnya sebagai modal ventura terbesar di Asia Tenggara yang menargetkan perusahaan tahap awal.

Beberapa contoh perusahaan yang sudah menerima pendanaan Alpha JWC antara lain Ajaib, Carro, Finaccel, Kopi Kenangan, Lemonilo, Gudangada, dan masih banyak lagi.

2. East Venture

Bisa dikatakan, Venture Capital ini adalah perusahaan yang paling sering terlibat pendanaan startup besar di Singapura maupun Indonesia. East Venture sendiri didirikan oleh Batara Eto, Willson Cuaca, dan Chandra Tjan. Perusahaan tersebut bahkan sering menanamkan modal mereka ke berbagai jenis startup. Di antaranya adalah Tokopedia, AppsFoundry, BerryKitchen, Berrybenka, Traveloka, hingga Bilna. Besaran dana yang digelontorkan ada di angka $100.000 – $21 juta.

East Venture bisa dianggap sebagai salah satu Venture Capital pertama yang merintis di Indonesia. Hal itu dikarenakan perusahaan dengan jenis venture capital masih belum ada dan banyak risikonya. Namun, East Ventures berani melakukannya untuk menemukan startup berpotensi di masa depan.

Perusahaan ini lebih banyak berinvestasi pada banyak tahap startup, mulai dari tahap awal startup dibangun (easly stage seed capital), Seed, Seri A, Seri B, Seri C, hingga Seri D dengan nilai investasi mulai dari Rp 1,5 miliar hingga Rp 280 miliar.

3. 500 Startup

500 startups juga salah satu perusahan venture capital Indonesia yang cukup dikenal dunia investasi internasional. Salah satu negara yang mendapatkan modal dari perusahaan ini adalah Singapura. 500 Startups sudah mulai berinvestasi pada tahun 2013 yang lalu dan cukup banyak memberikan efek luar biasa pada dunia bisnis Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan Singapura.

500 Startups selalu memberikan pendanaan dari tahap seed fungsinya hingga Seri D. Terdapat beberapa startup Indonesia yang mendapatkan modal investasi dari 500 Startups. Salah satu perusahaan yang mendapatkan dana dari 500 Startup adalah Bukalapak. Perlu kamu ketahui bahwa Bukalapak adalah salah satu perusahaan e-commerce awal yang dimiliki Indonesia.

4. Skystar Capital

Pada dasarnya, Skystar Capital adalah perusahaan Venture Capital lokal yang baru berdiri 2 tahun di Indonesia. Walaupun usianya masih tergolong muda, Skystar Capital merupakan satu-satunya Venture Capital dan bisnis inkubator pertama yang sudah resmi terdaftar menjadi anggota Asosiasi Akselerator Terbesar di Dunia yaitu Global Accelerator Network (GAN).

Hal itulah yang membuat nama Skystar Capital ini cukup dicari oleh para pengusaha startup. Perusahan ini juga lebih fokus pada pendanaan investasi startup tahap awal dan pengembangan awal alias seed funding dan Seri A. Selain bantuan dana, Skystar Capital juga akan membantu para startup terhubung dengan berbagai relasi bisnis yang cocok untuk mereka. Dana investasi yang digelontorkan Skystar Capital adalah sekitar Rp 11 miliar untuk setiap startup.

5. MDI Ventures

Berikutnya MDI Ventures atau Metra Digital Inovasi merupakan perusahaan Venture Capital milik BUMN Telkom. Perusahaan ini didirikan sejak Agustus 2015 lalu. Venture capital ini dipimpin oleh Nicko Widjaja  dan diketahui telah mendanai beberapa startup. Beberapa perusahaan itu antara lain  Kredivo, Qlue, dan Payfazz.

Perlu kamu ketahui bahwa Qlue sendiri merupakan perusahaan yang bekerja sama langsung dengan Pemprov DKI Jakarta.

6. Ideosource

Venture capital selanjutnya yang juga berbasis di Indonesia adalah Ideosource. Perusahaan ini lebih banyak berfokus startup yang bergerak di bidang media, e-commerce, konten, internet, hingga pembangunan infrastruktur.

Ideosource sendiri telah didirikan oleh Andi Surja Boediman dan Edward Ismawan Chamdani pada tahun 2011. berbagai Perusahaan startup yang sudah didanai oleh Ideosource antara lain Acommerce, FemaleDaily, KapanLagi Network, Touchten games, dan bahkan 8Wood.

7. Convergence Ventures

Dari namanya mungkin kamu mengira ini adalah venture capital milik asing. Padahal, perusahaan ini justru berasal dari Indonesia. Convergence Ventures didirikan oleh Adrian Li dan Donald Wihardja sejak November 2014. 

Beberapa startup yang sudah didanai oleh Convergence Ventures antara lain MOKA, Sorabel, Kata.ai, Xendit, Qraved, Get Craft, Julo, Carsome, dan beberapa perusahaan lainnya.

Demikian daftar perusahaan Venture Capital Indonesia yang memberikan Investasi di Singapura. Semoga Informasi ini bermanfaat.

Sumber Gambar:

https://unsplash.com/photos/QBpZGqEMsKg


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url