Rekomendasi Wisata Menarik di Cirebon, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Secara popularitas, Cirebon memang kalah pamor dari Bandung dan Bogor. Orang mungkin lebih mengenal Bogor dan Bandung sebagai daerah wisata di Jawa Barat. Namun, ternyata daerah berjulukan Kota Udang ini mempunyai segudang destinasi wisata menarik. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata religi ada di daerah ini.


destinasi wisata cirebon
Cirebon punya banyak destinasi menarik yang bisa kalian kunjungi 

Banyaknya tempat wisata di Cirebon membuat orang Jakarta dan sekitarnya mulai melirik daerah ini sebagai destinasi wisata. Mereka biasanya datang ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kereta api. Untuk kereta api, tiket KA Jakarta-Cirebon bisa didapat dengan mudah melalui aplikasi.

Destinasi Wisata Menarik di Cirebon

Apa saja objek wisata yang ada di Cirebon? Berikut ini beberapa rekomendasinya

1. Makam Sunan Gunung Jati

Selain disebut sebagai kota udang, Cirebon juga dijuluki sebagai kota Wali. Hal ini karena pada zaman dulu Cirebon sering disinggahi dan ditempati oleh para wali, salah satunya Sunan Gunung Jati. Tidak hanya itu, makam Sunan Gunung Jati pun ada di daerah ini.

Hingga kini makam Sunan Gunung Jati menjadi salah satu destinasi wisata religi yang selalu ramai oleh pengunjung, khususnya pada hari-hari besar agama Islam. Selain mengunjungi makam, wisatawan yang datang ke sini juga akan disuguhkan bangunan dengan arsitektur Jawa, Arab, dan juga China. Destinasi ini berlokasi di Jalan Alun-alun Ciledug No. 53, Astana, Cirebon.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Selain Makam Sunan Gunung Jati, Masjid Agung Sang Cipta Rasa juga menjadi destinasi wisata religi yang wajib kamu datangi. Masjid tertua di Cirebon ini berada di kompleks Keraton Kasepuhan. Masjid ini memiliki arsitektur yang dipengaruhi oleh kerajaan Islam masa lalu. Hal ini terlihat dari atap masjid yang tidak mempunyai kemuncak seperti masjid lain di Pulau Jawa.

Satu hal yang menarik dari masjid ini adalah mereka masih mempertahankan beberapa tradisi yang sudah ada dari zaman dulu, seperti azan pitu. Azan pitu merupakan ritual azan yang dilakukan oleh tujuh orang muazin secara bersamaan. Biasanya tradisi ini dilakukan setiap Salat Jumat.

3. Telaga Remis

Setelah wisata religi, kita beralih ke wisata alam. Salah satu wisata alam populer di sini adalah Telaga Remis. Berada di kaki Gunung Ciremai, destinasi ini menawarkan pemandangan alam yang menyegarkan. Kamu akan melihat banyak yang hijau-hijau di sekitar telaga. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Cirebon, kamu bisa menghabiskan waktu liburan di sini sambil menenangkan pikiran.

Konon kabarnya tempat ini dulu merupakan tempat pertapaan Raja Siliwangi. Saat bertapa, raja seringkali memanfaatkan embun yang ada di sini untuk minum. Kemudian suatu waktu Sang Prabu membuang sisa embun sambil berdoa agar kelak daerah tersebut menjadi telaga. Oleh karena ini tempat ini dinamakan Telaga Remis yang dalam bahasa Sunda artinya embun.

4. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong merupakan salah satu destinasi wisata kekinian yang merupakan tempat nongkrong anak muda Cirebon dan sekitarnya. Untuk mendapatkan pemandangan yang memukau, kamu bisa datang ke sini pada malam hari. Dari atas bukit kamu akan melihat keindahan Kota Cirebon. 

Untuk menunjang kegiatan para pengunjung, di tempat ini sudah banyak tersedia restoran dan penginapan yang menawarkan pemandangan alam. Bagi kamu yang sudah punya keluarga, tempat ini sangat cocok untuk destinasi liburan.

5. Situ Cicerem

Masih wisata alam, Cirebon juga punya Situ Cicerem. Ini merupakan danau buatan yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memanjakan mata. Di dalam danau ini terdapat banyak ikan yang bisa terlihat langsung dari daratan. Tingkah laku ikan tersebut menjadi pemandangan menarik di tempat ini. Satu hal yang perlu diperhatikan, ikan yang ada di dalam danau tersebut tidak diperbolehkan untuk ditangkap atau dipancing. 

Keindahan alam di Situ Cicerem membuat orang nyaman untuk berlama-lama di tempat ini. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan atau sekedar berbicara dengan teman atau keluarga.

6. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Cirebon. Keraton ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin. Beliau adalah cicit dari Sunan Gunung Jati. 

Dulunya keraton ini bernama Keraton Pakungwati yang difungsikan sebagai pusat pemerintahan Cirebon. Namun kemudian nama tersebut diubah menjadi Keraton Kasepuhan lantaran adanya pembagian wilayah keraton pada masa pemerintahan Pangeran Mertawijaya.

Saat kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan melihat berbagai peninggalan sejarah Cirebon, seperti kereta kencana, gamelan dari tahun 1426, lukisan antik Prabu Siliwangi, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, meriam mini, dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan keraton yang mempunyai nilai filosofi tinggi.

Demikian beberapa pilihan destinasi wisata menarik yang ada di Cirebon. Selain objek wisata di atas, Cirebon masih punya banyak tempat wisata, seperti Keraton Kanoman, Wanawisata Ciwaringin, Taman Sari Gua Sunyaragi, dan masih banyak yang lain. 

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Wak Lat
    Wak Lat 19 November 2022 pukul 04.16

    wahh menarik juga kota cirebon inih.. 😅

  • Climate4life
    Climate4life 28 November 2022 pukul 08.41

    Beberapa kali pengen main ke Crb gagal mulu, nice posting mb

Add Comment
comment url