Jelajah Keindahan Wisata Jogja, Lihat Dunia Lagi Bersama Teman Hidup Traveloka

Dulu banget, ketika jaman masih kuliah saya pernah bercita-cita punya rumah di Jogja. Pengennya sih agar bisa selalu menikmati keindahan pantainya dan keramahan kotanya. Saya udah ngebayangin, punya rumah di Jogja sepertinya ayem, hati tenteram dan damai. 

Bolak-balik Jogja gak ada bosannya, padahal sekedar cari bahan referensi skripsi dan mampir kulineran sekitar UGM, atau  mendatangi wawancara kerja di UMY sambil merasakan keliling Jogja pakai bus trans Jogja aja senengnya minta ampun. Belum lagi kalau perginya bareng teman-teman seperjuangan.

Sebagai kota budaya dan destinasi wisata, setiap sudut Jogja memang ngangenin. Dari kulinernya yang lezat dan terjangkau. dari suasananya, dan banyak menu and venue seru yang bisa dikunjungi. Tak ada kata bosan, meski berulang kali  datang lagi.

keindahan wisata candi prambanan jogja

Seperti kesempatan ketika magang kerja dulu, saya beranikan keluar malam untuk hunting foto di Tugu Nol Kilometer yang iconic itu. 

Tahun 2019 lalu kamipun sempat membuat rencana liburan ke Jogja. Dimulai dari menyusun budget dan mulai menabung untuk melancong ke Jogja. Sayangnya, pandemi datang dan akhirnya pemerintah menutup akses pariwisata. Tabungan yang semula kami siapkan untuk ke Jogjapun malah akhirnya terpakai untuk kebutuhan lain selama pandemi.  

Kamipun memutuskan piknik di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal kami, Salatiga. Tujuannya ke Bandungan, tepatnya ke Candi Gedong Songo. Tempat wisata alam, budaya dan kuliner menjadi satu. Jadi anak-anakpun belajar sejarah dan itung-itung melemaskan kaki setelah sekian lama work from home. Untunglah meski sudah diterapkan protokol kesehatan, kami masih berkesempatan ke Bandungan karena sebulan setelahnya, social distancing diperketat. 


Sudah hampir dua tahun kami tidak berekreasi. Terakhir kami hanya mengunjungi rumah ibu mertua di Banjarnegara. Itupun hanya di rumah, tak sempat melipir ke tempat wisata atau mampir belanja dan kulineran karena masih banyaknya pasien terinfeksi covid-19. Rasanya sumpek, butuh tempat membuang penat akibat pandemi.

Menurut data WHO, selain orang dengan usia produktif, anak-anak dan remaja juga rentan stress dan depresi akibat pandemi. Pada akhir kuartal 2021 lalu WHO bahkan melaporkan, tingkat kecemasan, dan depresi meningkat sebanyak 8% selama tahun pertama pandemi. Akhirnya kami mulai mempersiapkan rencana dan mulai nabung lagi. Sudah saatnya kini kita #LihatDuniaLagi !!

Berwisata dengan keluarga itu selain bisa meningkatkan bonding, melepas stress dan penat ternyata juga menambah kebahagiaan. Kami ingin menabung kebahagiaan itu dengan menciptakan kenangan yang indah untuk anak kami. 

Jelajah Wisata Jogja, Inilah Wishlist Sekaligus Itinerary Kami

Jogja, terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan
- Joko Pinurbo - 

Penggalan sajak Joko Pinurbo itu terpampang dalam teras 1 Malioboro. Begitu banyak kata-kata yang menggambarkan kalau Jogja itu mengandung candu, bikin rindu setiap orang yang pernah berkunjung ke sana. Suasananya, keramahannya, warisan budayanya yang masih terjaga hingga sekarang dan kulinernya yang nikmat emang bikin kangen.

Jogja jadi travel wishlist kami terdekat. Apalagi selama 2 tahun bersekolah di TK, Uty belum sempat merasakan piknik, terhalang oleh pandemi. Jadilah kami membuat Itinerary untuk akhir tahun nanti, ketika libur sekolah tiba. Kami berharap impian ini tercapai, udah gak sabar ingin berkeliling Jogja. Sedikit memaksakan memang, tapi wishlist akan jadi kenyataan jika kami mempersiapkan perjalanannya dengan matang. Jadilah kami membuat itinerary untuk 2 hari 1 malam di Jogja. Agar bisa booking hotel lebih cepat. Karena biasanya Jogja akan full dengan turis di bulan Desember. Untuk sampai ke Jogja, kami merencanakan berangkat dari Salatiga dengan naik bus menuju Solo. Lalu naik kereta ke Jogja. Biar anak merasakan pengalaman naik kereta juga seperti kami dulu.

Mengunjungi Wisata Ramah Anak di Jogja

Jogja memiliki beragam tempat wisata. Mulai dari wisata bernuansa alam, budaya, maupun yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kamipun akhirnya menetapkan beberapa lokasi tujuan wisata yang menurut kami aman untuk anak, antara lain

1. Gembira Loka Zoo

Kebun binatang Gembira Loka berdiri atas ide Sultan Hamengkubuwono IX dan terealisasi di tahun 1959. Sebagai kebun binatang yang cukup tua usianya, Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa dan wahana permainan yang lengkap seperti Perahu Katamaran, speed boat, ATV, kolam sentuh hingga terapi ikan. Cocok untuk segala usia. HTM Gembira Loka Rp. 60.000 untuk weekdays dan Rp. 75.000 untuk weekend.

Selain menikmati banyak wahana, di Gembira Loka, anak akan mengenal dan mengamati langsung satwa yang pernah mereka pelajari via YouTube dan buku bacaan.

2. Taman Pintar

Taman Pintar berlokasi tak jauh dari Gembira Loka. Tak sampai 15 menit perjalanan dengan bis trans atau taksi online. Berlokasi di Jalan Panembahan Senopati 1-3 Gondomanan Jogja, taman pintar menawarkan beragam wahana permainan edukatif di zona peraga sains dan teknologi seperti pipa bercerita, cakram spektrum warna, tapak pintar, istana pasir, jembatan goyang, parabola berbisik hingga dinding berdendang. Ada pula planetarium serta wahana bahari. Komplit bukan?

3. Malioboro

Kuliner di Jogja cukup menjanjikan, selain gudeg ada banyak tempat yang bisa kalian kunjungi. Beberapa kuliner yang lumayan populer seperti bakmi mbah Gito, Gudeg Yu Jum, sate kere hingga es krim dan angkringan bisa kalian coba di sini gaess. Nah Malioboro selain menawarkan wisata belanjanya di malam hari, kuliner di sekitar Malioboro ini enak-enak, sepertinya perlu teman-teman coba deh kalau kemari.

4. Monggo Chocolate Museum

Membeli coklat di Jogja rasanya kurang lengkap kalau kita tak mengunjungi pabrik pembuatan coklatnya juga. Ada 3 lokasi toko coklat milik Moggo coklat ini, namun jika kamu ingin melihat pembuatan coklatnya, silahkan kunjungi Jalan Tugu Gentong Bantul DIY yah!

5. Pasar Beringharjo

Rasanya kurang komplit kalau mengunjungi Jogja namun tak mampir ke Pasar Beringharjo. Jika teman-teman belanja tas atau pakaian, pasar Beringharjo menawarkan harga yang lumayan terjangkau, dengan catatan kalau kalian pandai menawar ya! 

Sepertinya memang setiap sudut Jogja itu keren, kalau di pinggir kota, kita bisa menambahkan list berkunjung ke Bunker Kali Adem, Museum  Gunung Api Merapi dan Ledok Sambi yang berada di daerah Sleman. Atau yang bernuansa pantai di daerah Gunung Kidul seperti pantai Watulawang, Baron maupun Kukup. Nah sudah komplit bukan? Ada wisata edukasi, sejarah, kuliner dan belanja. Kalau kalian masih pengen menikmati wisata alamnya, boleh banget list di kolom komentar ya! 

Itinerary Wisata 2 Hari 1 Malam Ramah Anak di Jogja

Hari Pertama

09.37 Sampai di Stasiun Lempuyangan Jogja
09.40 Naik bus trans
10.15 Gembira Loka Zoo
12.30 Makan Siang dan Shalat
13.35 Taman Pintar 
16.00 Shalat
16.15 Menuju Hotel Untuk Check In (Grand Malioboro)
18.00 Kulineran dan jalan-jalan ke Malioboro
21.00 Istirahat

Hari Kedua

06.00 Mandi
07.00 Sarapan
08.00 Check out
09.00 Museum Monggo Coklat
11.00 Pasar Beringharjo
12.00 Shalat dan Pulang
Atau masih bisa nambah tempat wisata lain sekitar 2-3 jam sebelum balik ke rumah.


Jadi Teman Traveloka, Mudahnya Bikin Rencana Perjalanan dan Booking Hotel Jauh Sebelum Keberangkatan

Keuntungan membuat itinerary itu banyak. Rencana perjalanan kita jadi lebih teratur, biaya lebih bisa ditekan, dan kita bisa memperhitungkan mau menginap dimana dan kapan jauh sebelum harga hotelnya naik pas musim liburan.
Karena tamasya yang kami lakukan berlangsung 2 hari 1 malam, maka kami merencanakan untuk booking hotel murah dan dekat dengan Malioboro melalui Traveloka. Beberapa rekomendasi hotel di sekitar Malioboro ini bisa kalian pilih kalau niatnya pengen belanja malam dan kulineran di sekitar Malioboro.

1. Aveta Hotel Malioboro

staycation di aveta hotel malioboro lewat traveloka


Berlokasi di Jaln Malioboro 42 Yogyakarta, Aveta Hotel menawarkan failitas lengkap seperti ruangan ber-AC, restoran dalam hotel, kolam renang, resepsionis 24 jam, parkir yang luas dan dekat dengan berbagai layanan publik seperti stasiun Tugu, ATM, salon, toko hingga supermarket. Terdapat fasilitas tambahan seperti pengering rambut, kulkas, dan kolam renang anak dan include makan siang-malam.

Posisi hotelnya yang strategis bikin gampang kemana-mana. Pilihan kamarnya juga lumayan banyak, cocok untuk keluarga.

2. D'Senopati Malioboro Grand Hotel

booking hotel d'senopati malioboro via traveloka



D'Senopati Malioboro Grand Hotel menawarkan fasilitas lengkap mulai dari kolam renang outdoor, menu makan pagi, siang dan malam, alat pemanas, kamar dengan pintu penghubung, ruang santai dan mudah diakses disabilitas. Bahkan jika diperlukan, hotel juga menyediakan fasilitas bisnis seperti ruang rapat, fotocopy, LCD Proyektor dan printer

3. Grand Malioboro Hotel

grand malioboro hotel di traveloka app


Dekat dengan stasiun Tugu, tempat wisata candi Donotirto dan berlokasi tepat di Jalan Malioboro membuat Grand Hotel Malioboro ini mudah diakses. Harganya yang terjangkau bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin backpakeran. Dekat dengan tempat laundry, ATM, toko dan supermarket.

Kalau kamu sudah niat ngebolang, jangan lupa cek booking untuk staycation hotel.

Menurutku,  semenjak ada Traveloka, semua perencanaan perjalanan liburan terasa gampang, soalnya Traveloka punya banyak fitur yang memudahkan mencari penginapan, resto, hingga tempat liburan dan sewa kendaraan. Booking tiket pesawat dan hotelpun gampang dan cepat, semudah mengetik pesan di smartphone. Keuntungan menggunakan traveloka ini sangat banyak,

1. Praktis, tanpa repot

Traveloka memberi banyak kemudahan saat dibutuhkan. Kita bisa melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun dan bisa booking hotel sebelum hari H. Bisa melalui website maupun aplikasi yang bisa didownload di  smartphone

2. Terpercaya

Traveloka menjadi salah satu travel app yang terbesar dan terpercaya. Kamu tidak perlu khawatir uangmu akan hilang setelah transaksi pembayaran karena didukung dengan sistem keamanan yang tinggi.

3. Banyak Pilihan Pembayaran


Bayar booking hotel atau pesawat jadi mudah karena bisa dilakukan secara tunai, lewat ATM, Kartu kredit, maupun internet banking

4. Jaminan Keamanan Transaksi

Data pengguna yang ada di aplikasi Traveloka terjamin keamanannya karena dilengkapi dengan sertifikat SSL.

Dengan Traveloka app, perjalanan liburan dan #Staycationjadi mudah dan praktis. Buat kamu yang hobi ngebolang dan 
staycation, Yuk #LihatDuniaLagi dan bikin liburan kamu makin menyenangkan dengan Traveloka. Kalau kamu penasaran dan pengen banget tau fitur-fitur kerennya Traveloka dan pengen segera cek atau cari diskon hotelnya, cuss langsung klik link ini ya..!! ==>> https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan



Referensi : https://amari.itb.ac.id/pandemi-bukan-hanya-tentang-sakit-fisik-serangan-mental-dari-pandemi-covid-19/

Next Post Previous Post
43 Comments
  • Aisyah
    Aisyah 13 Oktober 2022 pukul 14.04

    jadi kangen Jogja juga, semoga suatu saat bisa jalan2 ke sana bawa anak2 juga, trmksh rekomendasi tempat tujuan yg ramah anak di Jogjanya mba.....

  • Han
    Han 14 Oktober 2022 pukul 11.18

    Waahh Jogja emang never ending story yaa mba, aku beberapa kali kesana ngga bosen2nyaa dan pengen balik kesana lagi hahaa.

  • Idah Ceris
    Idah Ceris 14 Oktober 2022 pukul 14.20

    Aku sepakat banget, sih, kalau yogya emang ngangenin, mbak. suasana malam di malioboro, sampai dengan wisata pantai-nya.

    Ehem...kalau pakai Traveloka kemana aja udah enggak bingung. Buth akomadasi buat liburan, tinggal klik, pesan sesuai budget!

  • Mas Prim
    Mas Prim 17 Oktober 2022 pukul 21.00

    Aku pernah denger tentang taman pintar ini, dan sepertinya ini masuk ke dalam wishlist-ku buat ke jogja. Seru sepertinya main sambil belajar.

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 19 Oktober 2022 pukul 18.35

    Ke Jogja itu gak bisa ya kalau sehari. Bakal kurang dan rasanya kesusu. Kujuga pengen ke Jogja lagi. Destinasinya emang yang dekat aja sih. Terus emang kudu booking tempat nginap. Kapan hari modal iseng, eh gak ada tempat kosong buat tidur gara-gara barengan anak-anak pada tes kuliah

  • kang ᗪirman
    kang ᗪirman 20 Oktober 2022 pukul 07.04

    Saya yang tinggal di Jogja dan kebetulan dekat ke wilayah Bantul, belum pernah berkunjung ke Monggo Chocolate Museum :D

    Nanti kesana, ah.. biar bisa bercerita juga di blog.

  • Okti Li
    Okti Li 20 Oktober 2022 pukul 08.10

    Yogyakarta selalu ngangenin emang ... Ga bosan datang dan datang lagi ke sana. Sampai kepikiran pindah saja ya kalau ga seribet yg dibayangkan. Hehehe ...
    Yogyakarta memang memiliki daya tarik tersendiri

  • Donasaurus
    Donasaurus 20 Oktober 2022 pukul 08.45

    Thanks banget intenary Jogja Tournya beneran membantu membuat perjalanan jadi efektif dan efisien selama di jogja.Semoga bisa dapet tiket diskon dari Travel cusss kita ke Jogja

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 20 Oktober 2022 pukul 11.12

    Gimana ya? Jogja tuh kayak punya magnet gitu nggak sih? Kita kayak terpanggil buat berkunjung lagi dan lagi. Asli sih. Aku juga punya mimpi untuk tinggal di Jogja. Hehhee

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 20 Oktober 2022 pukul 17.12

    Senang ya bisa lihat dunia lagi
    Bisa jalan-jalan lagi
    Termasuk menikmati keindahan wisata Yogyakarta
    Apalagi kalau kesananya sama teman hidup
    Pasti makin hepi

  • Duwi Lestari
    Duwi Lestari 20 Oktober 2022 pukul 21.04

    Sudah pernah ke Jogjakarta tapi baru sekali dan masih pingin banget keliling jogjakarta lagi

  • Mami muda anak dua
    Mami muda anak dua 20 Oktober 2022 pukul 23.15

    Waaah aku langsung rindu banget sama jogja. Kapan ya bisa ke jogja lagi pengen bgt ke jogja bawa anak2 dan staycation di hotel yang direkomendasi diatas

  • Rifqi Fauzan Sholeh
    Rifqi Fauzan Sholeh 21 Oktober 2022 pukul 06.02

    Apakah itinerary wisata 2 hari 1 malam ramah anak di jogja masih berlaku kak?

  • sarrahgita
    sarrahgita 21 Oktober 2022 pukul 08.36

    Baca tulisan ini saya jadi kangen Jogja juga, semoga tahun depan bisa segera berkunjung ke Jogja lagi, Aamiin. Dan pengen banget jalan-jalan ke tempat yang disebutin di atas kayak Taman Pintar, Museum Coklat Monggo sama Pasar Beringharjo

  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 21 Oktober 2022 pukul 16.55

    Jogjaaa my favorite city. Selain karena mamah dan adik-adik di sana semua, banyak momen menyenangkan yang dilalui di sana. Terutama momen kuliah bareng teman-teman, ikut organisasi, ngebolang sana sini, bikin event. Duh kangen banget deh!

  • Aliyatus sa'diyah
    Aliyatus sa'diyah 21 Oktober 2022 pukul 21.10

    wow ngebantu banget nih rekomendasi hotel dan tempat yang wajib dikunjungi, makasih mbak infonya

  • Nyonya Faruq
    Nyonya Faruq 21 Oktober 2022 pukul 23.06

    Jadi pengen traveling lagi coba pakai traveloka nanti siap deh

  • Hetty
    Hetty 22 Oktober 2022 pukul 09.41

    Ah andalan banget nih Traveloka. Beneran deh bikin semuanya jadi lebih praktis dan mudah.

  • Sabrina
    Sabrina 22 Oktober 2022 pukul 11.15

    saya pengguna setia Traveloka juga mba, wah baca ini jadi kangen Jogja deh pengen ke sana balik lagi buat liburan

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 22 Oktober 2022 pukul 13.26

    Mbak sampai sekarang kalau boleh memiliki wish list rumah Saya tetap Memilih jogja. Karena begitu banyak Kenangan tempat wisata yang sering dikunjungi dulu.

  • Siwi Ragil
    Siwi Ragil 23 Oktober 2022 pukul 10.48

    Salah satu kota yang gak pernah bosen buat didatangin.. Yogya emang selalu ngangenin🥰 semoga next bisa ke jogya lagi

  • Antung apriana
    Antung apriana 23 Oktober 2022 pukul 16.51

    jogja kayaknya termasuk kota yang selalu bikin rindu mereka yang pernah ke sana ya, mbak. saya pernah sih ke sana tapi itu 20 tahun yang lalu. he

  • Antung apriana
    Antung apriana 23 Oktober 2022 pukul 17.04

    jogja kayaknya termasuk kota yang selalu bikin rindu mereka yang pernah ke sana ya, mbak. saya pernah sih ke sana tapi itu 20 tahun yang lalu. he

  • Nur Asiyah
    Nur Asiyah 23 Oktober 2022 pukul 22.11

    Semoga aku bisa liburan lagi ke Jogja. Terakhir ke sana pas bulan madu sebelum pandemi. Sekarang jadi kangen. Ke Malioboro aja rasanya udah seneng banget. Nanti kalau bisa ke sana, boleh lah intip-intip promo di Traveloka.

  • Fitri Areta
    Fitri Areta 24 Oktober 2022 pukul 06.52

    Wah jadi kangen pengen ke Jogja. Jogja selalu di hati, gak bosan-bosan kalau ke sana. Banyak sekali tempat wisata yang dituju.
    Saya juga biasanya pake Traveloka soalnya mudah dan aman digunakan.

  • Oktavian
    Oktavian 24 Oktober 2022 pukul 09.11

    Aku suka banget sama coklat Monggo. Enak. Manisnya gak bikin eneg. Dark chocolatnya mantap.

  • Laksmipaopao
    Laksmipaopao 24 Oktober 2022 pukul 09.25

    Experience staycation di hotel yg fasilitasnya lengkap emang jd kenyamanan tersendiri. Aku juga suka apalagi cari promo bazarnya

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 24 Oktober 2022 pukul 12.36

    Kota Jogja memang kota impian para traveler buat dikunjungi view alamnya indah kulinernya juga enak2 dan pastinya bkin ketagihan buat datang dan pakai traveloka buat dampingin kita jalan2 karna lengkap pilihan Hotelnya

  • Nur Asiyah
    Nur Asiyah 24 Oktober 2022 pukul 12.48

    Pakai Traveloka emang mudah dan nyaman ya kak. Pembayarannya enggak ribet. Dulu pas liburan ke Jogja juga pakai layanan pemesanan hotel sama tiket kereta di Traveloka. Manteplah.

  • Tysa G
    Tysa G 24 Oktober 2022 pukul 13.06

    ngomongin jogja jadi kangen banget buat balik lagi jalan-jalan ke kota ini, jogja bener-bener ngangenin bangettt..
    rekomendasi tempat wisatannya juga buanyakkk dan yang pentingnya itu harganya affordable hihi

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 24 Oktober 2022 pukul 14.01

    Wisata 2 hari 1 malam jadi hal yang mengasikkan, karena juga penginapannya pesan di traveloka yang bisa dipilih sesuai bujet

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 24 Oktober 2022 pukul 16.25

    Rekomendasinya ciamik ya mba terstruktur, jadi banyak belajar diriku. Belum bisa dolan sementara karena ada bayik. Kangen Jogja pol.

  • Tetty Hermawati
    Tetty Hermawati 25 Oktober 2022 pukul 17.47

    kangen aku mbak buat liat dunia lagi, pengen ke bandara bawa koper sm ransel, naik kereta, pesawat, jajan di pinggir jalan, bawa kamera, beneran kangen buat liat dunia lagi karena covid

  • nyakizza.blogspot.com
    nyakizza.blogspot.com 25 Oktober 2022 pukul 22.05

    Mom Sari keren tulisannya. Aku dulu sering bolak balik ke jogja dsri semarang karena adikku ngekos disana. Emang setiap sudut jogja itu ngangeni

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 26 Oktober 2022 pukul 00.37

    Terakhir kali saya ke Jogja tahun 2018 karena ada workshop menulis bersama FLP dan Inovasi, sayangnya karena acaranya padat banget, jadi gak bisa kemana-mana kecuali ke candi prambanan, itu pun singkat banget. insyaAllah pengen juga pakai ittinerarynya mbak, siapa tahu rezeki ke jogja lagi. thanks ya mbak

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 26 Oktober 2022 pukul 08.27

    Rapi banget itinerary kegiatannya kalau sukses seseruan liburan ke jogja ya. Semoga keinginan untuk ke sana bareng anak anak lekas terlaksana. Lokasi wisata pilihannya yang pada bisa dijelajah dekat ya ini. Apalagi Beringharjo sekarang banyak berubah, dari yang kubaca di beberapa artikel.

  • Widya Herma
    Widya Herma 26 Oktober 2022 pukul 14.06

    Jalan-jalan di jogja emang ga pernah ngebosenin, apalagi kalau udah pakai apps nya Traveloka, kebutuhan apapun selama jalan2 bisa langsung diakses via smartphone. Mulai dari kebutuhan akomodasinya, hingga transportasinya.

  • Han
    Han 27 Oktober 2022 pukul 07.39

    Wah mbaa Jogja emang jadi salah satu yang bikin kangeenn di aku sih.. suka banget sama suasananyaa

  • Idah Ceris
    Idah Ceris 27 Oktober 2022 pukul 11.09

    Baca rencana perjalanannya saja udah senang banget, nih. Mengajak Uty juga. Semoga rencananya terwujud ya, Mbak. Anak pasti happy bangett. Apalagi mampir ke Monggo. Hihihih

  • Ning!
    Ning! 27 Oktober 2022 pukul 15.09

    Duh, jadi kangen jogja. Dulu pernah setahun di Jogja, dan emang jogja tuh bikin kangen buat balik lagi.

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 28 Oktober 2022 pukul 14.32

    yogya memang destinasi liburan paling favorit sih mbak bagiku dan suami. Kotanya tenang dan kulinernya itu lho enak semua. Traveloka juga jadi aplikasi langganan tempat saya pesan tiket kereta api

  • Marantina
    Marantina 29 Oktober 2022 pukul 17.44

    Anakku cuman mau nginep di East Parc kalau ke Jogja.. Memang gak pernah ngebosenin sih provinsi satu ini

  • Dian farida ismyama
    Dian farida ismyama 31 Oktober 2022 pukul 17.25

    Wah ayo mba ke Jogja. Skrg banyak destinasi wisata di Jogja utara juga. Pantai sebenarnya bagus2 juga tapi sayang mayan jauh dari kota

Add Comment
comment url