Komitmen Blackmores Untuk Menjaga Kelestarian Laut

Laut merupakan sebuah ekosistem besar tempat beragam organisme hidup, mulai dari hewan hingga tumbuhan. Enggak cuma hewan seperti penyu dan beragam ikan saja yang menggantungkan hidupnya pada laut. Tetapi juga banyak tumbuhan seperti ganggang, rumput laut hingga manusia. Sekitar 2/3 luas wilayah Indonesia terdiri dari laut. Dari laut, kita mememanfaatkan hasilnya menjadi bahan konsumsi hingga untuk keperluan industri. Karena manfaatnya yang begitu besar, sudah sepantasnya kita menjaganya. 

blackmores peduli tukar botol

Sayangnya, enggak semua orang peduli terhadap lingkungan laut ini. Dilansir dari Katadata, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan bahwa lautan Indonesia sudah tercemar oleh sekitar 1772,7 gram sampah per meter persegi pada tahun 2020 atau sekitar setengah juta ton yang masuk ke laut tiap tahunnya. Diantara jutaan ton sampah itu, ada plastik yang menyumbang cukup besar masalah sampah dan kerusakan ekosistem yang diakibatkannya. Apalagi sampah plastik ini butuh ratusan tahun untuk terurai bukan?

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Konferensi Laut PBB di New York 2017, limbah plastik telah mengakibatkan matinya 1 juta butung laut, ratusan ribu mamalia, kura-kura laut hingga ikan-ikan besar tiap tahunnya. Dalam jangka panjang, tentu kerusakan dan tercemarnya laut akibat limbah plastik ini akan berimbas pada manusia, terutama mereka yang mengandalkan konsumsinya dari sektor laut. Jika terus menerus dibiarkan, bukan saja mahluk hidup yang ada di dalamnya tetapi manusiapun akan terkena dampaknya.

Blackmores Berkomitmen Menjaga Kelestarian Laut Lewat Pengurangan Sampah Plastik

Sejalan dengan target pemerintah untuk mengatasi persoalan sampah di laut hingga berkurang 70 % pada tahun 2025, PT. Kalbe Blackmores Nutrition  (Blackmores Indonesia) melalui produk unggulannya, Blackmores Odourless Fish Oil meluncurkan kembali program "Blackmores Peduli Tukar Botol" yang berlangsung dari 1 September hinga 30 November 2022. Program ini merupakan wujud komitmen Blackmores terhadap kebersihan laut, khususnya demi menjaga ekosistem laut.

Badan Pusat Statistik di tahun 2021 juga menyebutkan setengah juta ton sampah di Indonesia yang tidak diolah dengan baik ini dibuang ke laut setiap tahunnya. Karena data tersebut, Blackmores tergerak untuk ikut berkontribusi membawa perubahan baik dengan mengurangi jumlah sampah botol plastik yang dapat mengotori laut demi lingkungan yang bersih dan sehat.

Apa Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengurangi Sampah Plastik di Laut

Hal yang kecil, jika dilakukan bersama-sama akan memberikan dampak yang besar. Sejalan dengan pemikiran tersebut, kita juga bisa ikutan mengurangi sampah plastik ini dengan mengubah beberapa kebiasaan kita. Sehingga nanti impactnya bisa dirasakan banyak orang jika banyak yang melakukannya.

Tidak menutup kemungkinan, nanti pada akhirnya semua usaha akan menjalankan circular economy. Sebuah alternatif dari kegiatan ekonomi untuk menjaga selama mungkin keberlangsungan sumber daya yang dimanfaatkan di dalamnya secara maksimal sehingga menghasilkan sampah atau limbah seminimal mungkin menggunakan konsep 5R  (Reduce, Reuse, Recycle, Recovery and Repair). Namun sebelum hal tersebut terwujud, perlu peran kita untuk mengatasi dampak yang mungkin dari sistem ekonomi linear yang saat ini dijalankan. 

Saya pikir, saat ini kita belum bisa membebaskan seluruh hidup kita tanpa penggunaan bahan plastik. Bungkus makanan, snack, minuman dan suplemen yang kita konsumsi misalnya, telah turut menyumbang sampah plastik dalam jumlah yang besar tiap tahunnya, terlebih jika tidak ada gerakan nyata untuk mengurangi penggunaannya atau mengolahnya agar lebih bermanfaat. Tetapi, kita bisa kok memulai melakukan langkah sederhana untuk menguranginya mulai dari sekarang, caranya

1. Menggunakan Tumbler

Tumbler atau botol minum memang rata-rata bahan bakunya terbuat dari plastik. Namun penggunaannya telah menghemat jutaan sampah air mineral jika kita membiasakannya dari sekarang. Misal, pemanfaatan tumbler minimal bisa menghemat pengeluaran sekaligus turut mengurangi sampah plastik yang jauh lebih banyak

2. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Banyak tempat makan yanng kini beralih menggunakan sedotan dari stainless steel untuk menyajikan minumannya. Selain menghemat pengeluaran dalam jangka panjang, penggunaan sedotan stainless juga telah mengurangi sampah dari sedotan plastik. 

3. Menggunakan atau Memanfaatkan Kembali (Reuse)

Setelah upaya untuk mengurangi sampah (reduce) di rumah dilakukan,kita bisa juga memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi baranng bermanfaat. Seperti menggunakan ember cat untuk pot, jar sambal untuk tempat bumbu, kertas bekas untuk catatan atau karya seni, cup makanan untuk tempat pensil atau juga botol air mineral untuk tempat guntingan sachet yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kerajinan DIY.

4. Kurangi Penggunaan Microbeads dan Glitter

Microbeads yang biasa terkandung dalam produk perawatan kulit ini ternyata menyebabkan pencemaran laut.  Begitu juga dengan glitter. Hindari pemakaian produk skincare yang mengandung polietilen (PE), polipropilen (PP), Polietilen tereftalat (PET), Politetrafluoroethylene (PTFE) dan Polimetil Metakrilat (PMMA)

5.  Ikut Berperan dalam Kampanye Lingkungan dari Blackmores

Agar program pelestarian laut dari Blackmores melalui kegiatan tukar botol ini berhasil, maka butuh partisipasi semua orang. Teman-teman bisa ikutan mendukung kegiatannya dengan ikutan menukarkan botol plastik bekas vitamin dengan merk apapun ke dropbox yang disediakan Blackmores dalam apotek independent atau store Blackmores yang tersedia di beberapa titik mall di Indonesia. Sebagai wujud partisipasinya, teman-teman akan mendapatkan voucher belanja pada setiap botol plastik yang teman-teman masukkan ke dropbox.

Voucher potongan harga Blackmores untuk partisipan tukar botol plastik vitamin
Voucher potongan harga untuk partisipan campaign Blackmores tukar botol plastik sebagai wujud kepedulian terhadap ekosistem laut

Blackmores juga bekerjasama dengan e-recycle untuk pengelolaan daur ulangnya. Seperti yang dilakukan Diana Agustina, konsumen Blackmores berusia 36 tahun ini juga turut berpartisipasi dalam program tukar botol Blackmores ini. Diana mengaku senang berpartisipasi dalam program ini. Karena menyadari kalau banyak sumber alami dari laut yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti minyak ikan dan omega 3. 

Partisipan campaign menukar botol plastik bekas vitamin di gerai Blackmores
Diana Agustina, seorang konsumen Blackmores sekaligus partisipan campaign menukarkan botol plastik vitamin bekas miliknya di gerai Blackmores di salah satu mall

Astrid Prasetyo, Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition mengatakan, secara global selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan turut menjaga kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Melalui program Blackmores Peduli 'Tukar Botol' menjadi komitmen dan harapan agar semua pihak dapat berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, terutama lingkungan laut, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan mayarakat Indonesia akan dapat terjaga, imbuhnya.

Nah, dengan adanya program Blackmores Tukar Botol Plastik ini, kita bisa banget berperan mengurangi sampah plastik botol vitamin kita di rumah dan mendapatkan keuntungan ganda. Sampah botol vitamin di rumah berkurang dan kita dapat voucher potongan belanja vitamin dari Blackmores. Menarik bukan? Yuk mumpung periode campaign ya masih berlangsung, ikutan tukarkan botolmu di Apotek atau Mall yang ditunjuk Blackmores yah teman-teman. Informasi tempat penukaran botol plastiknya silahkan cek di postingan story Instagram Blackmores Indonesia. Selamat Berpartisipasi!! 



Referensi :

Indonesiabaik.co.id/infografis/sampah-plastik-laut-mengancam-dan-berbahaya

sehataqua.co.id/cara-mengurangi-sampah-plastik

Next Post Previous Post
20 Comments
  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 14 September 2022 16.40

    Halo mba Sari. Aku setuju dengan tips atau saran yang mba berikan untuk kurangin sampah sehingga berdampak juga pada pelestarian laut. Aku pun pakai tumbler dan berusaha tak gunakan sedotan plastik

  • Ratna Dewi
    Ratna Dewi 15 September 2022 19.50

    Ini di store blackmores di mall mana aja mba kita bisa menukarkan botol bekasnya?

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 21 September 2022 13.43

      Kalau di Jabodetabek bisa mampir ke Lippo Mall Puri, Mall Kelapa Gading dan Mall Gandaria, mall Summarecon Serpong dan Summarecon Mall Bekasi. Di Surabaya ada di Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall. Juga di banyak apotek baik di Jakarta, Bandung, Jogja hingga kota lainnya. Bisa dicek di story Instagramnya Blackmores Indonesia untuk lokasi-lokasinya

  • lendyagassi
    lendyagassi 15 September 2022 20.18

    Mulai konsisten menjaga alam dengan mengurangi penggunaan plastik.
    Semoga dengan adanya peduli lingkungan tukar botol dari Blackmores ini menjadi trigger bagi perusahaan lain untuk melakukan aktivitas yang sama.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 21 September 2022 13.44

      Benar mba, agar green economic bisa terwujud yaa

  • Antung apriana
    Antung apriana 15 September 2022 23.43

    Alhamdulillah ya untuk urusan botol begini sudah banyak brand atau lembaga yang menerima seuingga kita tidak perlu membuangnya ke tempat sampah. Kira-kira di Banjarmasin ada nggak ya Dropbox blackmores inj

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 21 September 2022 13.45

      Bisa dicek langsung di story Instagram Blackmores mba

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 17 September 2022 17.46

    Saya sudah mengurangi sampah plastik juga mbak di rumah. Memang harus aware sih mulai sekarang untuk perduli terhadap lingkungan. Gak cuma sampah plastik, bahkan air saja harus hemat. Semoga makin banyak juga nih perusahaan yang mulai peduli terhadap lingkungan. Terlebih ada program untuk bisa tukar botol bekas dan biasanya selalu dapat point juga untuk menukar ke produk.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 17 September 2022 19.58

    Optimis ya kita bisa dengan saling bekerja semua pihak untuk menjaga lingkungan, dan cuss ikutan kontribusi juga nih. Coba ceki-ceki ah di deketku ada Dropbox nya gak ya

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 21 September 2022 13.48

      Siap mba, lumayan ada potongan 50 ribu dari Blackmores lho

  • Reyne Raea / Rey
    Reyne Raea / Rey 17 September 2022 20.40

    Keren nih komitmen blackmores untuk kelestarian laut, setuju banget nih, udah seharusnya semua pihak sama-sama menyerukan agar kita bisa lebih bijak mengurangi hal-hal yang menambah sampah di laut :)

  • Maria G
    Maria G 18 September 2022 08.33

    suka banget dengan kampanye ini
    dulu saya sempat pesimis, perilaku masyarakat Indonesia dalam emmbuang sampah akan berubah
    namun kembali optimis dengan kampanye yang diselenggarakan Blackmores

  • Nanik nara
    Nanik nara 18 September 2022 11.30

    Setengah juta ton sampah yang masuk laut setiap tahunnya, ini jumlah yang sangat besar sekali ya mbak. Semoga makin banyak orang yang sadar untuk tak seenaknya saja membuat sampah secara sembarangan. Semoga makin banyak juga yang mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 21 September 2022 13.48

      Benar mba, gak kebayang jumlahnya seperti apa jika terus-terusan tidak ada yang peduli

  • Mpo Ratne
    Mpo Ratne 18 September 2022 12.32

    Komitmen ini membuat kita sehat badan tapi juga bikin sehat biota laut, gak usah makan plastik lagi.

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 18 September 2022 13.04

    keren nih blackmores yang berkomitmen menjaga kelestarian hutan. semoga akan semakin banyak perusahaan-perusahaan lain mengikuti jejak baik ini

  • Eureka-pedia
    Eureka-pedia 18 September 2022 13.34

    Blackmores memberikan sosialisasi kepedulian keberadaan lingkungan berkelanjutan buat antar generasi.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 18 September 2022 16.42

    Iya, kondisi laut Indonesia memang memprihatinkan
    Banyak sampah plastik
    Senang melihat komitmen Blackmores ini
    Program tukar botol ikut serta menjaga laut dari sampah plastik

  • lendyagassi
    lendyagassi 18 September 2022 19.41

    Aku baru tahu banget kalau produk perawatan kulit ada yang mengandung Microbeads. Karena biasanya aku pikir Microbeads dan Glitter adalah bahan mainan anak-anak.
    Tapi meski kecil, namun kalau dalam jumlah banyak, bisa membahayakan ekosistem laut juga yaa..
    Bersama Blackmores, mari kita bersama jaga laut dari bahaya plastik.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 21 September 2022 13.47

      Benar mba..untunglah ada kampanye hijau semacam ini yaa

Add Comment
comment url