Ide Kreatif Galang Dana, Salah Satunya Lelang Barang untuk Donasi

Penggalangan dana adalah salah satu bentuk kegiatan sosial dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Pengumpulan dana ini biasa dilakukan oleh organisasi maupun pribadi. Sebagai bagian dari kegiatan filantropi, sebetulnya kegiatan ini mulia, Sayangnya, hal tersebut kerap kali dipandang sebelah mata. Mungkin, kamu sering melihat orang-orang di lampu merah atau di tempat yang ramai pengunjung untuk meminta dana. Nah, kegiatan semacam ini terkadang menimbulkan kesan kurag baik.

pemberian bantuan dan penggalangan dana

Sebenarnya, ada banyak cara yang lebih kreatif dan bisa mendatangkan banyak orang untuk ikut galang dana, misalnya membuat acara yang seru seperti jalan santai bertajuk galang dana atau lelang barang untuk donasi. Bahkan, sekarang galang dana secara online bisa dilakukan dengan mudah, apalagi adanya platform donasi online sebagai jembatan antara donatur dan orang yang membutuhkan. 

Pilihan Ide Kreatif Untuk Penggalangan Dana

Beberapa kegiatan di bawah ini, bisa kamu jadikan ide untuk acara galang dana yang dapat mendatangkan banyak donatur. Sehingga, kamu bisa membantu orang yang membutuhkan dengan cara yang lebih seru. 

Garage Sale di Bazar

Ide seru yang pertama adalah mengadakan garage sale di bazar. Kamu bisa mencari bazar yang akan diadakan di sekitar tempat tinggal dan mendaftarlah menjadi salah satu penjual di bazar agar mendapatkan tempat.

Sebagai penjual, tentunya harus memiliki barang dagangan bukan? Ada banyak rekomendasi, mulai dari merchandise acara galang kamu, jual makanan yang mengambil dari beberapa UMKM, atau lainnya. 

Garage sale barang thrift shop atau preloved pun bisa kamu jadikan ide untuk barang yang bisa dijual di bazar. Pakaian preloved saat ini memiliki penggemar yang sangat banyak. Hal tersebut karena mereka bisa mendapatkan pakaian bermerek dengan harga yang jauh lebih murah. Selain bisa menghasilkan dana untuk acara sosialmu, cara ini juga bisa kamu jadikan latihan berjualan dan memasarkan produk. 

Bikin Acara Seni

Membuat acara seni bisa mendatangkan banyak donatur dengan jumlah banyak. Beberapa orang menghadiri acara seni untuk mencari hiburan. Kamu bisa mengajak para pengamen jalanan atau memberikan ruang untuk bakat-bakat terpendam tim-mu. 

Ada banyak acara seni yang biasa digelar untuk galang dana, mulai dari musik, melukis, fotografi, atau kemampuan seni lainnya yang indah untuk ditonton. Bahkan, kamu bisa melakukan lelang dari beberapa lukisan yang nantinya dapat dijadikan dana donasi. 

Acara seni tidak hanya bisa dilakukan secara langsung atau offline. Sejak pandemi COVID-19 menyerang dunia, semua kegiatan dilakukan dari tempat masing-masing. Beberapa organisasi pun memutar cara agar acara seni untuk galang dana tetap dapat dilaksanakan secara online. 

Acara musik secara online adalah yang paling sering dilakukan, mereka akan membagikan link untuk penonton acara seni agar dapat menyaksikan pertunjukkan. Kemudian, dari acara tersebut, penonton bisa memberikan sumbangan. 

Donasi dengan Blockchain

Akhir-akhir ini, dunia kriptografi sangat populer hingga banyak orang yang berlomba-lomba memasarkan karya mereka secara digital. Ternyata, blockchain, yang populer di dunia kriptografi ini, bisa dipakai untuk metode donasi yang unik dan kreatif. 

Bagi yang belum tahu, blockchain adalah sebuah metode yang dipakai untuk menyimpan data di bank. Blockchain dipercaya lebih aman dan transparan sebagai metode transaksi, sehingga tidak akan ada penyelewengan dana donasi yang dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. 

Salah satu platform galang dana dan donasi online di Indonesia, Ayobantu, beberapa waktu lalu membantu Wahid Foundation, untuk melelang NFT berupa hasil karya lukis Yenny Wahid. Karya lukis tersebut berupa figur CEO Indodax, Oscar Darmawan. Hasil pelelangan karya NFT tersebut pada akhirnya disalurkan ke pesantren Qoryatussalam yang berada di bawah naungan Wahid Foundation. 

Sebagai platform donasi digital yang menggunakan blockchain, Ayobantu tidak sendiri. Ada pula BeKind, sebuah start up yang bahkan meluncurkan aset digital NFT milik mereka sendiri, sebagai media untuk lelang barang untuk donasi. Hasil penjualan aset digital NFT di BeKind ini menjadi salah satu metode galang dana untuk donasi dalam bentuk mata uang blockchain. 

Lelang Barang untuk Donasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu ide kreatif untuk pengumpulan dana adalah lelang barang untuk donasi. Lelang barang di sini maksudnya menjual barang dengan nilai tersendiri. Nantinya, pemilik barang akan menentukan harga awal dan beberapa orang berbondong-bondong untuk mendapatkan barang tersebut dengan terus menaikkan harganya. Cara mencari dana satu ini bisa dikatakan dapat menghasilkan uang yang sangat besar dalam waktu sebentar saja. 

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, lelang barang untuk donasi bisa dilakukan secara online. Kamu bisa memanfaatkan platform Ayobantu untuk lelang barang kamu demi kebutuhan donasi. Tidak hanya Ayobantu, kamu juga dapat memanfaatkan Lelang Indonesia, yang merupakan suatu kegiatan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yang digunakan untuk melakukan lelang barang, baik secara online maupun offline.   

Jadi, apa kamu sudah tertarik untuk melakukan galang dana dari inspirasi kreatif galang dana pada penjelasan di atas? Yuk, ulurkan bantuan tanganmu sekarang juga, agar semakin banyak orang bisa mendapatkan hak-hak mereka dengan segera. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url