Makanan Favorit Dari Kreasi Resep Tiga Sapi : Garang Asem

Salah satu makanan favorit keluarga kami adalah garang asem. Makanan tradisional khas Jawa Tengah ini nikmat dimakan dengan nasi hangat, tempe goreng dan kerupuk putih. Ditambah segelas es teh manis yang menambah kenikmatan memakannya di siang terik. Bikin lidah gak berhenti mengunyah saking nikmatnya.

Challenge Cerita Tiga Sapi , bikin garang Asem
Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa diolah menjadi menu garang asem favorit keluarga

Menurut Wikipedia, Garang Asem adalah makanan warisan asli Grobogan yang sangat populer di Kudus, Jogja, Semarang dan Solo. Dulu, bapak sering memesan garang asem ini ketika berkunjung di salah satu warung makan di Ngasem Boyolali. Di sebagian besar daerah Jawa Tengah, Garang Asem ini dibuat dengan menggunakan santan encer dan bumbu-bumbu yang dibungkus menggunakan daun pisang. Bahan utama Ayam kampung, santan encer, cabe, tomat dan belimbing wuluh menghasilkan cita rasa gurih, asam dan pedas. Di Pekalongan, Garang Asem biasa dimasak tanpa menggunakan daun pisang. Olahan ini terus mengalami adaptasi, bahkan ada yang menghapus santan di resepnya.

Aku sendiri lebih menyukai Garang Asem yang diolah menggunakan santan encer. Namun santan ini memiliki kalori yang tinggi. Enggak baik jika terlalu banyak dikonsumsi untuk penderita diabetes maupun manula yang harus mengurangi kalori dan lemak jenuh. Sebagai pengganti santan, teman-teman bisa menggantinya dengan susu evaporasi. Susu Evaporasi merupakan susu segar yang kadar airnya dikurangi hingga 60%, memiliki kandungan lemak nabati dan hewani yang jauh lebih rendah dibanding santan sehingga tak perlu khawatir jika di rumah ada lansia yang juga ikut mengonsumsi.

Challenge Cerita Tiga Sapi

Kebetulan brand susu Tiga Sapi akan mengadakan kompetisi foto Instagram Kreasi Resep Tiga Sapi, jadi sebagai pemanasan aku mencoba membuat resep garang asem menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi.  Kompetisi Instagram photo ini akan berlangsung dari tanggal 9 - 30 September 2022 di official Instagram Tiga Sapi.

Syarat dan ketentuan mengikuti kompetisi foto Kreasi Resep Tiga Sapi sangat mudah, teman-teman cukup mematuhi ketentuan berikut
  • Follow akun instagram @lezatnyatigasapi dan fanpage Facebook Tiga Sapi
  • Pilih olahan masakanmu yang berbahan produk Tiga Sapi, bisa Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi. 
  • Upload foto Kreasi Resep Tiga Sapi kamu sambil menunjukkan produk Tiga Sapi yang kamu gunakan dan berikan testimoninya
  • Jangan lupa mention dan tag @lezatnyatigasapi dan 3 teman lain agar mereka juga ikutan
  • Gunakan hastag #ceritatigasapi 
  • Pemenang yang beruntung akan mendapat e-wallet senilai 5 juta rupiah dan hampers dari Tiga Sapi
Gampang kan, persyaratannya? Untuk mengakses informasi lengkapnya, silahkan klik link berikut ini ==>> Challenge Cerita Tiga Sapi

Garang Asem , Kreasi Resep Tiga Sapi
Ini hasil Kreasi Resep Tiga Sapi olahanku, Garang Asem yang gurih, asem dan pedasnya bikin pengen nambah nasi terus

Sekilas Tentang Tiga Sapi

Tiga Sapi merupakan sebuah brand produk olahan susu milik PT. Indolakto, anak perusahaan PT. Indofood, Tbk. Ada 3 varian produk olahan susu dari Tiga Sapi, antara lain

Tiga Sapi Susu Evaporasi 500g

Susu evaporasi merupakan susu skim atau tanpa lemak yang dilarutkan dalam air sampai kekentalannya cukup tinggi. Terdapat tambahan lemak nabati dan bahan makanan lainnya. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini merupakan susu evaporasi dengan kemasan kotak pertama di Indonesia yang mudah dibuka tutup untuk menjaga higienitasnya. Memiliki cita rasa yang lembut, creamy dan gurih. Cocok sebagai bahan masakan atau campuran berbagai minuman seperti roti, kopi, puding, thai tea, dan soto ayam. Bisa digunakan sebagai pengganti santan. Karena susu evaporasi lebih rendah kalori dan kolesterol dengan isi yang lebih banyak namun harganya terjangkau. 

Nah jika kamu berkeinginan membuat penganan maupun minuman dari produk susu evaporasi, jangan lupa gunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi yang harganya cuma 15 ribu rupiah. Harga lebih hemat dan isi lebih banyak, gak rugi pakai Tiga Sapi ini. Kalian bisa order di e-commerce, toko bahan roti atau minimarket terdekat di kota kamu. Yang jelas, kemasan kotak susu evaporasi dari Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Tiga Sapi Kental Manis 490g

Tiga Sapi Kental Manis dengan komposisi gula, lemak nabati, dan susu bubuk rendah lemak ini mengandung vitamin A, vitamin B1 , vitamin D3 serta kalsium yang cocok untuk campuran minuman maupun makanan seperti kopi, teh tarik, es teler, dan juga cocok untuk toping maupun campuran membuat puding, kue, martabak terang bulan dan roti. Lebih praktis dan ekonomis.

Beda kental manis dengan susu evaporasi terletak pada rasa dan kandungannya. Kental Manis memiliki rasa yang manis, tekstur yang lebih kental dan memiliki kandungan gula sedangkan susu evaporasi berbahan utama susu rendah lemak, lemak nabati dan campuran lainnya dengan tekstur yang lebih encer namun lebih kental dan creamy dari UHT. Rasanya gurih dan nikmat. Kalian bisa bikin Kreasi Resep Tiga Sapi kesukaan dengan Tiga Sapi Kental Manis yang harganya terjangkau, berkisar 12 ribu di minimarket.

Tiga Sapi Kental Manis 370g

Di kemasan hemat 370g ini, Tiga Sapi memiliki varian plain dan coklat yang ekonomis. Rasanya yang manis dan lebih gurih membuat hidangan kamu lebih nikmat dan lezat. Cocok untuk membuat kopi krimer, campuran es krim, puding maupun kue. Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis buat kallian yang membuka usaha makanan seperti martabak terang bulan, thai tea, boba, pukis, es buah maupun makanan kekinian seperti banana crispy, crepes atau lekker

Produk Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini bisa didapatkan di toko bahan roti dan kue, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, grosir maupun e-commerce favorit kamu. Aku sendiri membelinya di Indomaret dan Toko bahan roti lokal di Salatiga. Tinggalkan komentar di bawah ya, jika teman-teman penasaran di toko bahan roti dan kue mana aku beli.

Resep Garang Asem Tanpa Bungkus Daun. Ini Kreasi Resep Tiga Sapi Susu Evaporasi Yang Kubuat

Beberapa waktu lalu, aku melihat postingan temanku yang membuat kreasi makanan dengan produk Tiga Sapi ini. Lantas aku penasaran soalnya beliau membuat soto betawi menggunakan  susu ini. Hmm, memang sih creamy-nya susu evaporasi bisa dimanfaatkan untuk mengolah masakan. Jadi, bukan hanya kue atau roti saja yang bisa dibuat dari susu evaporasi ini. 

Akhirnya aku berkesempatan mengolah susu evaporasi menjadi garang asem. Garang Asem ini sebenarnya mudah dibuat. Namun agak ribet memang jika harus pakai bungkus daun pisang. Harus nempil/ minta daun pisang ke tetangga atau membeli di pasar tradisional dulu. Garang Asem yang dibungkus daun pisang biasanya melewati proses dikukus, seperti bikin botok. Ayam kampung direbus dahulu menggunakan santan dan daun salam hingga empuk. Lalu dikukus dengan bumbu iris yang ada. Biasanya saat dikukus, lemak yang tekandung dalam ayam kampung ini keluar membuat garang asem semakin gurih. 

Teman-teman yang tak punya daun pisang tak perlu khawatir, karena garang asem juga bisa dimasak tanpa menggunakan daun pisang. Meski proses memasaknya sedikit berbeda, tetapi rasa yang dihasilkan tak kalah nikmatnya. Cara membuatnya tidak melewati proses kukus dan dimasak seperti kita menyiapkan tumisan atau opor. Berikut resep dan langkah-langkah membuat Garang Asem tanpa daun pisang pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi 

Bahan Garang Asem

gambar bahan bumbu garang asem, belimbing sayur kuncinya. Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis
Kunci gurihnya ada di Tiga Sapi Susu Evaporasi, Asem diwakilkan oleh tomat dan belimbing sayur sedangkan rasa pedas oleh cabai rawitnya. Kadang saya menyajikan cabai rawit utuh dalam masakan tanpa mengirisnya.

  • 1/2 kg ayam ( aku pakai ayam negeri)
  • 200 cc Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • 500 cc air
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 6 buah cabe rawit (bisa ditambah jika suka pedas)
  • 4 buah cabe teropong hijau
  • 7 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 6-8 buah belimbing wuluh
  • 2 batang serai
  • 4 butir kemiri (aku skip)
  • 4 buah tomat hijau ( aku ganti dg tomat yang ada di rumah)
  • 3 - 4 cm jahe atau sesuai selera
  • 3 - 4 cm lengkuas
  • 2 -3 lembar daun salam
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat

  • Bersihkan ayam
  • Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe teropong, cabe rawit, tomat dan belimbing wuluh lalu geprek lengkuas dan serai
  • Siapkan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah lalu masukkan cabe merah, cabe rawit dan cabe teropong. 
  • Masukkan ayam, daun salam, lengkuas, aduk
proses menumis bumbu hingga layu
setelah layu, masukkan ayamnya gaess!!

  • Masukkan air dan Tiga Sapi Susu Evaporasi, setelah mendidih masukkan tomat dan belimbing wuluh
  • Tambahkan gula, garam dan penyedap, aduk semua bahan hingga tercampur dan ayam jadi matang. 
proses menuangkan Tiga Sapi Susu Evaporasi , tomat dan belimbing sayur
Susu Evaporasinya aku tuangkan setelah ayam sudah kehilangan air setelah ditumis, kemudian setelah mendidih baru diikuti tomat dan belimbing wuluhnya

Mudah dan simpel kan cara membuatnya? Selain menggunakan ayam, resep ini bisa dimodifikasi dengan daging sapi juga lho gaess. Yuk buat juga kreasi masakan favoritmu dengan menggunakan Tiga Sapi dan ikutan Challenge Cerita Tiga Sapi di Instagram. Jangan sampai ketinggalan kompetisinya karena hadiah gedhenya menanti kamu!!
Previous Post
24 Comments
  • Ammi
    Ammi 25 Agustus 2022 20.40

    Enak ni…rasanya ammi semenjak usia menginjak 40an ini suka makan juadah yg ada rasa masem2

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 25 Agustus 2022 21.52

      nikmat ya Ammi ? membuat nambah-nambah nasi

  • http://www.inatanaya.com
    http://www.inatanaya.com 29 Agustus 2022 15.08

    Jadi fungsi dari Tiga Sapi Evaporasi itu seperti pengganti santan? Perlu dicoba menu baru ini kelihatannya yummy.

  • Ririn Erviana
    Ririn Erviana 30 Agustus 2022 08.21

    Kalau liat menu garang asem ini saya jadi ingat ibu saya, beliau suka sekali dengan menu ini. Sektika saya jadi rindu rumah, rindu masakan ibu saya.

  • Maria G
    Maria G 31 Agustus 2022 13.01

    huhuuuu sedang ngidam garang asem, tapi malas marut kelapa
    padahal bisa pakai susu 3 sapi ya?
    besok bikin ah, mau pesan belimbing wuluh dulu ke tukang sayur

  • Ova forlendy
    Ova forlendy 2 September 2022 19.38

    Aku belum pernah mencoba makanan ini tapi membaca ulasan kakak dan melihat gambarnya, aku penasaran ama rasa makanannya.

  • Eka FL
    Eka FL 2 September 2022 21.59

    aaaah thank you resepnya mba, suamiku pengen banget nyobain garang asem. karena sering lihat video makanannya dii youtube, hahaha. ternyata pakai santan ya, hhmmmm auto nyobain resepnya mba karena pakai susu evaporasi sebagai pengganti santan nih

  • Titis Ayuningsih
    Titis Ayuningsih 3 September 2022 17.52

    Garang asam pakai susu, pasti rasanya menggoda di lidah nih. Pengganti susu di sini buat santan gitu ya mbak?

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 3 September 2022 18.26

    Aku sering denger tentang garang asem tapi jujur kupikir itu tuh sama kayak sayur asem. Pas baca postingan ini ealah baru tahu ternyata beda hehe banget malah.

  • Syarifani
    Syarifani 4 September 2022 17.10

    Sejak ibu suka masak pakai susu untuk pengganti santan, saya pun jadi ikutan ganti susu buat masakan yang biasa pakai santan.
    Tapi belum pernah pakai susu efaporasi, next pengen coba biar masakan tambah mantull

  • Herva Yulyanti
    Herva Yulyanti 5 September 2022 16.33

    aku belum pernah nih mba coba masak ganti santan dengan susu evaporasi begini jadi penasaran gimana ya rasanya :)

  • Nyonya Faruq
    Nyonya Faruq 17 September 2022 03.16

    Jadi pengen coba juga deh recook dan pakai produk tiga sapi makanan keluarga jadi makin enaak dehh

  • soviisniardila.blogspot.com
    soviisniardila.blogspot.com 17 September 2022 22.18

    Ini paket komplit banget deh. Aku jadi pengen langsung bikin garang asem. Dan beli susu evaporasinya. Thanks infonya ya kak

  • Aliyatus sa'diyah
    Aliyatus sa'diyah 19 September 2022 07.52

    wah makasih nih bisa jadi resep yang aku simpen nih belum pernah coba masak garang asem soalnya

  • Duwi Lestari
    Duwi Lestari 19 September 2022 08.44

    Makasih banyak lho, aku punya inspirasi menu masakan, jadi selalu cari artikel2 buat ide masak 😁

  • nurvita indarini
    nurvita indarini 19 September 2022 09.34

    Belum pernah cba nih ganti santan pakai susu evaporasi. Rasanya segurih dan sewangi santan juga Mbak? Btw garang asemnya bikin ngiler euy..

    Vita mamanesia.com

  • Afifah Haq
    Afifah Haq 21 September 2022 16.55

    Seger banget rasanya garang asam ini. Asem pedes gurih. Cuma garang asam versiku kuahnya bening sih mbak hehe. Kapan-kapan mau ah kuahnya pake susu evaporasi tiga sapi.

  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 21 September 2022 18.59

    Wih, garang asem ini favorit alm bapak saya. Awalnya saya nggak suka, tapi karena bapak suka makan akhirnya ikutan icip-icip juga dan terbiasa sama rasanya. Cocok ya dipakein susu evaporasi tiga sapi ternyata! Pasti makin gurih dan endulita tuh..

  • Rizkhaandhini
    Rizkhaandhini 22 September 2022 07.06

    Auto ngiler liat ini, nanti pengen coba recook dirumah, thanks ya

  • Renayku
    Renayku 22 September 2022 09.46

    Aku suka banget garang asam ayam tapi belum pernah bikin sendiri, seringnya beli di warung deket rumah. Jadi penasaran pengen coba masak pake susu tiga sapi nih.

  • Antung apriana
    Antung apriana 22 September 2022 13.14

    wah aku juga suka garang asem ini rasanya segar. jadi pengen bikin nih garang asem pakai susu evaporasi tiga sapi

  • Tri Ayu
    Tri Ayu 22 September 2022 18.38

    Wahh, masih ada kesempatan nih buat ikutan lomba fotonya. Ikutan ahh.

  • Mutia Nurul Rahmah
    Mutia Nurul Rahmah 25 September 2022 14.45

    mumpung libur mau coba bikin garang asem ah, lumayan juga nih buat dimakan bersama keluarga...

  • nyakizza.blogspot.com
    nyakizza.blogspot.com 26 September 2022 09.06

    Garang asem ini salah satu makanan favoritku apalagi waktu tinggal di semarang. Mantep sih. Kalo kangen coba masak sendiri deh pake resep mbak

Add Comment
comment url