NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Makanan Sehat Untuk Lansia Agar Kesehatan Terjaga

Agar terjaga kesehatannya, sebaiknya menu makanan untuk orangtua terutama yang sudah lanjut usia diperhatikan. Menurut teman-teman, makanan seperti apa yang baik untuk lansia?

makanan sehat lansia

Heho teman perjalananku, apa kabar?

Saat sedang mengetik postingan ini, saya jadi teringat ibu dan salah seorang kerabat yang lanjut usia. Qodarullah, ibu saya memiliki riwayat diabetes yang diturunkan dari kakek dan kerabat saya memiliki darah tinggi. Karena penyakit komorbid ini, ibu saya hingga saat ini belum mendapatkan giliran vaksin dikarenakan kadar gula darah yang masih tinggi, begitu pula dengan saudara saya yang sudah  3x mendaftar vaksin ternyata saat di tensi, tekanan darahnya cukup tinggi. Padahal kesempatan vaksin untuk lansia sebetulnya terbuka lebar dan lebih mudah mendaftarnya baik secara online maupun dengan datang langsung ke pusat kesehatan sesuai jadwal yang tersedia.

Menurut WHO, Lansia adalah seseorang yang telah berusia 60 tahun keatas, sementara pra lansia usianya berada pada rentang 45 - 59 tahun. Syarat untuk mendapatkan vaksin covid-19 untuk lansia ini cukup mudah, selain kemampuan fisik yang masih prima, mampu berjalan dan bebas penyakit kronis dan komorbid, juga tidak mengalami penurunan berat badan maupun kelelahan berlebihan.

Agar bisa vaksin, otomatis ibu dan saudara saya harus melakukan diet agar gula darah dan tekanan darahnya normal. Lalu, makanan sehat apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sekaligus menyukseskan program diet agar lansia tetap sehat?

Makanan Sehat Untuk Lansia

Bagi para orangtua yang sudah lanjut usia, menjaga pola makan dan aktivitas dibutuhkan agar selalu sehat. Berikut beberapa makanan yang wajib dikonsumsi agar kesehatan terjaga, 

1. Makanan Tinggi Serat

berry tinggi serat

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari makanan kaya serat. Selain berfungsi melancarkan pencernaan, terutama bagi manula yang susah BAB, makanan kaya serat juga dapat menjaga imun tubuh, menurunkan resiko jantung dan diabetes. Serat ini juga baik jika dimanfaatkan sebagai makanan diet untuk lansia. Beberapa contoh makanan yang mengandung banyak serat antara lain 

  • sayur-sayuran seperti bayam, lobak, brokoli, kacang panjang, sawi, pokcoy, selada, wortel
  • buah-buahan seperti pisang, pepaya, bermacam buah berry, mangga, apel, pir, alpukat
  • biji-bijian seperti oat, chia seed
Saya menuliskan juga resep makanan sehat yang disukai anak untuk referensi teman-teman juga.

2. Makanan rendah garam

Pada orang normal, kebutuhan garam setiap harinya adalah 1 sendok teh. Pemberian garam yang terlalu banyak memiliki efek kurang baik terutama bagi lansia yang memiliki penyakit jantung dan darah tinggi. Teman-teman bisa mengganti garam meja menjadi garam diet yang lebih rendah natrium atau menggantinya dengan margarin.

3. Makanan kaya kalsium

Ketika memasuki usia lanjut, kepadatan tulang mengalami penurunan sehingga diperlukan makanan yang kaya kalsium seperti produk olahan susu, brokoli, sayuran hijau, salmon. Agar penyerapan kalsium ke tubuh bagus, sebaiknya imbangi dengan olahraga ringan dan konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin D.

4. Makanan rendah gula

Mengkonsumsi gula yang berlebih selain dapat meningkatkan kadar gula dalam darah juga membuat kita mudah lapar. Ada baiknya hindari makanan yang mengandung gula tinggi seperti soda, roti tawar, minuman ringan, buah kalengan dan kue terutama bagi mereka yang perlu benar-benar menjaga gula darahnya seperti penderita diabetes.

5. Makanan Protein Tinggi

Tuna, Salmon, bandeng adalah contoh makanan yang kaya protein hewani tetapi lebih rendah lemak sehingga aman bagi mereka yang menjaga kolesterol. Protein nabati bisa didapatkan dari sumber makanan seperti kedelai, almond, dan kacang tanah.  

Karena diabetes, ibu saya memiliki masalah dalam hal mengunyah makanan dikarenakan kadar gula yang tinggi dalam tubuh mempercepat kerusakan gigi. Hal ini cukup menyulitkan beliau mengkonsumsi makanan yang sedikit keras, sementara proses pasang gigi palsu baru bisa dilakukan ketika gula darah dalam keadaan normal.

 Beliau mengatasi kesulitan konsumsi sayur dengan memasaknya hingga lunak. Namun, hal ini menyebabkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran yang dimasak tersebut menjadi berkurang.

Lalu, bagaimana solusi memberikan makanan sehat untuk lansia yang sudah ompong (gigi sudah tidak lengkap) dan memiliki kesulitan menelan? Teman-teman bisa mengolahnya menjadi sup, bubur, jus, atau memberikan makanan tambahan berupa susu dan suplemen. Oiya, teman-teman boleh mampir juga ke postingan saya tentang vitamin untuk imunitas.

Semoga rekomendasi makanan yang sehat untuk manula di atas membantu ya, salam sehat.

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005