Yogyakarta Independent School : Sekolah Internasional di Jogja

Jika seorang anak memiliki mimpi besar, apa yang bisa kita lakukan sebagai orangtua? Pertanyaan ini mengusik hati saya saat mendengarkan paparan dalam Webinar mengenai YIS yang disampaikan Kimberly Kingry, Kepala Sekolah Yogyakarta Independent School. Sebuah sekolah Internasional di Yogyakarta yang mengadopsi kurikulum International Baccalaureate untuk menjalankan visi dan misi mereka dalam membentuk siswa yang berpikiran terbuka, kritis dan memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat dunia.

memilih sekolah internasional

Dalam pemaparannya tersebut, Kimberly Kingry menerangkan bagaimana peran orangtua sebagai mitra pendidikan sangat krusial dalam menentukan sekolah agar anak bisa mencapai impiannya untuk sukses di masa depan.

Saya jadi ingat bagaimana Mauren Jasmedi, ibunda Maudy Ayunda mempersiapkan pendidikan anaknya tersebut sedari dini hingga Maudy bisa memperoleh 2 gelar sekaligus dalam waktu bersamaan. Tak tanggung-tanggung, Maudy lulus dari Stanford University yang merupakan Universitas bergengsi di kancah Internasional.

Jika kita berharap anak-anak kita seperti Maudy yang bisa menikmati pendidikan di Universitas terkemuka di dunia, tentu perjuangan tersebut dimulai dari sekarang. Dengan memilihkan mereka sekolah dengan kurikulum yang mendukung pendidikan mereka nantinya di ranah global. Salah satu rekomendasi sekolah Internasional yang bisa teman-teman jadikan pertimbangan adalah Yogyakarta Independent School (YIS).

Mengenal YIS, Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School, biasa disebut YIS adalah sebuah sekolah Internasional di Yogyakarta. Namanya saja sekolah Internasional, tentu kurikulum yang digunakan juga kurikulum yang sifatnya global sehingga memudahkan siswa jika nantinya ingin melanjutkan pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. 

Ada beberapa kurikulum yang dipakai dalam sekolah internasional yang ada di Indonesia seperti kurikulum International Cambridge, Montessori, Singaporean Primary School Currirulum, International Primary Curriculum dan International Baccalaureate.

YIS sendiri menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) yang diakui Kemendikbud, mendapatkan sertifikasi dari International Baccalaureate Organization serta merupakan anggota East Asia Regional Council of School (EARCOS). Kurikulum IB sendiri sudah dipakai lebih dari 5000 sekolah di 150 negara di dunia. YIS menerapkan pendidikan berbasis inkuiri, dengan mengajak siswanya aktif dalam kegiatan belajar mengajar, mendorong siswa untuk berpikir kritis, independen dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. 

siswa yis merawat alam

Siswa dari YIS beragam, nggak hanya berasal dari luar negeri, tetapi YIS juga menerima siswa Indonesia. Karena sudah terintegrasi dengan pendidikan nasional, siswa WNI juga akan menerima tambahan materi seperti agama , PPKn dan materi sekolah nasional lainnya serta wajib mengikuti ujian nasional (UN). 

Jenjang Pendidikan

YIS memiliki 3 jenjang pendidikan antara lain

Primary Years Program (PYP) untuk usia 3 hingga 12 tahun

Sebelum konsep merdeka belajar muncul, YIS telah lebih dulu menerapkan prinsip belajar tersebut. IB curriculum menerapkan student centered learning, artinya proses pembelajaran dengan kurikulum IB akan lebih banyak fokus kepada siswa. Siswa akan lebih banyak aktif dalam kegiatan belajar mengajar, bukan lagi berpusat pada pengajarnya. Di fase yang setara TK dan SD ini, IB lebih berfokus membangun 

  • Kemandirian belajar dan rasa tanggung jawab
  • Menggali potensi yang dimiliki siswa dan membangkitkan rasa ingin tahunya
  • Kesadaran mengenali sekitar, kemampuan beradaptasi dan berjuang
  • Kemampuan berbahasa

sekolah inquiry

Di usia 7 tahun, siswa akan memperoleh pelajaran bahasa tambahan selain bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar di YIS.

Middle Years Program (MYP) untuk usia 11-14 tahun (setara SMP)

Dalam MYP ini, ada 8 kelompok mata pelajaran utama yang akan dipelajari, antara lain

  • Language Acquisition
  • Language & Literature
  • Individuals & Societies
  • Sciences (Fisika,Kimia dan Biologi)
  • Mathematics
  • Design Technology
  • Arts
  • Physical and health education

Dalam MYP, siswa akan dilatih belajar dalam konteks global yang akan membantu siswa memahami dan mengeksplor kemampuan berbahasa, memahami konsep materi yang diajarkan dengan lebih mendalam dan mengasah keterampilan berkomunikasi, melakukan proyek penelitian secara independen, membuat penelitian makalah, mengasah kemampuan presentasi, proyek personal dan pelayanan komunitas.  

praktik laboratorium

Dalam jenjang ini, penilaian siswa didasarkan pada portofolio siswa selama proses belajar dan ujian eksternal untuk mempersiapkan seleksi ketat masuk tingkat setara SMA (DP). 

Diploma Program (DP) untuk usia 15 hingga 18 tahun (setara SMA)

Ada 6 kelompok mata pelajaran dalam DP antara lain

  • Studies in language and literature
  • Language acquisition
  • Individuals and Societies
  • Sciences
  • Mathematics
  • The Arts
Dalam tingkat Diploma Program ini siswa akan mendapatkan pelajaran bahasa asing tambahan secara lebih mendalam seperti bahasa Prancis, Spanyol dan Indonesia. Dalam sains, enggak cuma fisika, biologi dan kimia, tetapi siswa juga menerima desain sains. 

Kenapa Memilih YIS?

Bukan hanya fasilitas berwujud fisik saja, tetapi dalam bidang pendidikan, anak-anak yang bersekolah di YIS akan mendapatkan
  • Kurikulumnya lebih menantang
  • Sistem Pendidikan yang berfokus pada siswa
  • Diakui secara Internasional
  • Berfokus pada wawasan Internasional
Bu Kimberly menjelaskan, ada banyak lulusan program diploma yang diterima di berbagai universitas luar negeri seperti
  • Beberapa universitas  Amerika. 
Universitas Amerika bahkan mengijinkan lulusan IB masuk sebagai mahasiswa tahun kedua sehingga kuliah lebih cepat diselesaikan.
  • Universitas Kanada. 
Dalam Universitas Kanada, lulusan IBDP siswa tak perlu lagi mencantumkan skor bahasa seperti TOEFL, tak perlu mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru seperti SAT dan ACT, tidak perlu mengerjakan essay sebagai tambahan.
  • Di Universitas Australia dan Universitas Melbourne, tersedia tawaran beasiswa untuk lulusan diploma Program dari sekolah berkurikulum IB.
  • Monash University Malaysia


Oiya, beberapa fasilitas fisik yang dapat menjadi acuan orangtua untuk menyekolahkan putra-putrinya di YIS, antara lain

  • Area sekolah yang luas dan rindang
  • Ruang kelas yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang mendukung
  • Lapangan sepakbola berstandar Internasional

Cara Mendaftar Yogyakarta Independent School

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang YIS ini, teman-teman dapat langsung menghubungi kantornya di bawah ini

Yogyakarta Independent School (YIS)

Jl. Tegal Mlati 1 Jombor Lor Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta, Indonesia 55284
Telepon/WA : +628112632442 atau (0274) 5305147 - (0274) 5305148
Website : https://yis-edu.org
Instagram : https://www.instagram.com/yogyakartaindependentschool



37 komentar

  1. Memilih sekolah yang bagus kualitasnya juga menjadi penunjang untuk masa depan anak selain pendidikan dari rumah ya, Mbak Sari.

    Bung tabung agar bisa masuk kesekolah yang bagus kualitasnya, seperti YIS ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tetep madrasah utama itu dari rumah.

      Hapus
  2. Aku iri nih sama warga Jogja karena ada sekolah sebagus YIS ini loh, aku baca detail tadi di tulisanmu mba, ngiler asli kalo aku stay di Jogja, anakku tak pindahin langsung ke YIS deh hihihihi

    BalasHapus
  3. Pendidikan dasar memang harus dipertimbangkan. Kalau sudah ada sekolah yang memfasilitasi semua, orang tua jadi lebih terbantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Orangtua bantu support lewat penanaman akhlak yang baik dan sekolah lewat ilmunya

      Hapus
  4. Menarik ya. Saya juga baca cerita Ibu Maudy Ayunda itu . Tapi di masa pandemi ini, apa YIS tetap bertatap muka sistem belajarnya?

    BalasHapus
  5. Pernah lihat sekilas sekolah YIS ini, keren banget sekolahnya. Semoga dari segi budget masih ramah kantong, biar bisa jadi calon sekolah juga buat saudara yang di Jogja. Rekomendasi sekolah yang keren ini.

    BalasHapus
  6. Sering lewat depan YIS kalo lagi mampir ke Jogja hihi. Ternyata setelah dibaca-baca, bagus juga ya program2nya. Keliatan berkualitas dan bagus. Terima kasih rekomendasinya~

    BalasHapus
  7. Sekolah yang keren banget .. apalagi lingkungan di Jogja emang asik ya... jadi pengen pindah ke Jogja dan anak2 sekolah di Jogja huhuhu...

    BalasHapus
  8. Keren ya mbak di Yogyakarta ada sekolah internasional seperti ini. Cocok sekali dengan julukan Yogya sebagai kota pelajar. Sudah gitu fasilitasnya juga bagus banget kalau dari gambar-gambar yang ditampilkan

    BalasHapus
  9. Impian banget ya sekolah di international school gini, karena biasanya lebih bisa menggali potensi anak yang ada, dan yang pasti secara nggak langsung membiasakan anak-anak bisa multi languange :)

    Sekolah impian di Jogja nih ya, rekomendasi banget buat ortu di sana :)

    BalasHapus
  10. Wah enak banget sekola di YIS udah ada kurikulum IB. Jadi gampang melanjutkan study ke luar negeri. Ada yang mulai dari setara TK. Wah ada beasiswa juga ga ya?

    BalasHapus
  11. Saya baru dengar nama sekolah ini tapi hebat ya bisa melahirkan alumnus yang mampu melanjutkan ke jenjang lebih tinggi di tempat ternama keren deh

    BalasHapus
  12. Keren ya konsepnya kayak di luar negeri gitu. Terfokus juga mapelnya

    BalasHapus
  13. Penjurusan untuk tingkat diploma dilakukan saat year berapa?

    BalasHapus
  14. Luar biasa nih YIS, lengkap jenjang pendidikannya dan fasilitasnya juga oke punya

    BalasHapus
  15. Kebetulan anakku yang kecil udah cas-cis-cus bahasa Inggris lebih cepat dari dugaanku, kusempat mikir untuk menyekolahkannya ke international school. Biar kemampuan bahasanya nggak menguap kalau dimasukkan ke sekolah biasa. Hmm, coba di Yogya, pasti YIS jadi salah satu sekolah yang bakal kusurvey sih, hehe.

    BalasHapus
  16. Oh Jombor, dekat kost anakku waktu masih kuliah di UGM

    bagus sekali sekolah seperti YIS ini ya?

    sangat membantu orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di luar negeri

    ngirit tapi dengan kualitas yang gak kalah bagus

    BalasHapus
  17. Wah jadi pengen nyekolahin anak di sana, hehe belum ada cabangnya ya di kota lain huhu.. bagusss ini :)

    BalasHapus
  18. Wow istimewa ya. Fasilitasnya ssmpai bisa nembus kuliah tanpa tes.

    Aku tertarik sama kurikulumnya. Keren uey lihat uraian dr fokua belajarnya beda ya orientasi akademikmya.

    Layak dia mengclaim diri sudah menerapkan merdeka belajar.

    Keren2

    BalasHapus
  19. masyaallah keren ya. aku kok baca ini malah jadi semangat berasa pengen sekolah lagi ya hahaha akupun pernah liat kisah videonya ibunda maudy keren sih menurutku.

    BalasHapus
  20. sepertinya lebih enak sekolah di YIS ini ya
    pelajarannya nggak begitu banyak daripada sekolah umum tapi justru pengembangannya lebih bagus ya
    kurikulumnya bikin penasaran, hoho

    BalasHapus
  21. Kalau berfokus pada wawasan Internasional, brrti YIS memang memiliki kurikulum yang sangat bagus. Wah recomended nih

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah ada sekolah bertaraf internasional seperti YIS Yogya ini. Siapapun pendiri yayasan ini pastinya positif untuk kontribusi terhadap pendidikan di Indonesia. Saya mendukung YIS ini ada, karena bisa menciptakan putera/i bangsa yang bisa berpikir kritis dan berjiwa sosial tinggi.

    BalasHapus
  23. Wow keren banget nih sekolahnya. Kalau aja di dekat rumah ada skul macam ini

    BalasHapus
  24. Benar banget, jika ingin anak sukses dalam pendidikannya memang harus dipersiapkan sejak dini. Hanya saja terkadang orang tua tidak mendapat informasi dini tentang pentingnya hal ini, dn sekolah mana saja yang bis mewujudkan mimpi ini.

    BalasHapus
  25. Sekolah internasional mungkin dambaan setiap orang tua dalam menyekolahkan anak. Pasti orang tua ingin yg terbaik bagi pendidikan anak ya mbak.

    BalasHapus
  26. Mbak sari Yogyakarta Independent School (YIS) ini sangat recomended sekali ya mbak. Artikel Ini Cocok banget buat ortu yang memperhatikan pendidikan putra putrinya nih

    BalasHapus
  27. Andai di Bandung ada ya. Program dari YIS ini bagus sekali jadi bisa membuka pola pikir anak juga. Penasaran juga sama biaya sekolah tiap bulannya, hehehe

    BalasHapus
  28. Kualitas pendidikan sekolah internasional seperti YIS ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi, jika orang tua punya dana pendidikan yang cukup, tidak ada salahnya mencoba menyekolahkan anak di sana.

    BalasHapus
  29. Sekolahnya kerennn, siswanya juga jadi lebih kreatif dan berwawasan luas ya soalnya pembelajarannya berpusat pada siswa. Ada bocoran biayanya berapa ngga ya :D

    BalasHapus
  30. Konsep sistem Pendidikan yang berfokus pada siswa inilah yang sangat dicari oleh orang yang sadar dengan bagaimana pemaknaan pendidikan. Recommended banget lah Yogyakarta Independen School ini ya.

    BalasHapus
  31. Wah primary year program bisa dimulai sejak umur 3 tahun ya. Menarik sekali. Selain itu di tiap programnya terlihat menarik dan memiliki keunggulan yang oke.

    BalasHapus
  32. Wah di Yogyakarata ada ya sekolah Internasional..semakin lengkap saja ya ..informasi ini kuteruskan pada kakak ku yg lagi cari sekolah Internasional di Yogyakarta

    BalasHapus
  33. Saya rekomendasikan sekolah ini ke beberapa teman ah mbak. Banyak temanku yang tinggal di Yogya siapa tahu ingin menyekolahkan anaknya disini

    BalasHapus
  34. Pendidikn memang penting dan harus dipersiapkan oleh orang tua untuk anak dengan baik. Wah YIS ini fokusnya ke siswa ya, bagus ya jadi membangun kemampuan anak

    BalasHapus
  35. Nah, orangtua memang harus menyiapkan yang terbaik untuk pendidikan anak sejak dini. Salah satunya dengan menyekolahkan ke sekolah internasional seperti YIS. Keren banget itu diploma program (setara SMA) nya dibekali pembelajaran bahasa Prancis, dll

    BalasHapus