NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Liburan Seru Ke Planet Mochi Bersama Paddle Pop : Main Yuk!

liburan ke planet mochi

Hai mak, semenjak terjadi pandemi, banyak sekali ya kebiasaan kita yang berubah. Tahun lalu, ketika lonjakan jumlah warga yang terpapar covid-19 nggak sebanyak sekarang, kami masih sempat mengajak anak mudik ke rumah eyangnya yang sama-sama berzona hijau. Tetapi sayang, jatah liburan sekolah selama 3 pekan kali ini berbeda. Jangankan pergi ke luar kota, semua tempat dijaga ketat dan disemat pita kuning pertanda tidak boleh dilintasi. Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai diterapkan demi keselamatan bersama.

Emak mulai putar otak, mencari ide bermain agar anak tetap betah di rumah. Lantas, seorang teman memberi tahu ada event seru yang bisa diikuti anak selama di rumah. Yes!! Saat Ibuk bisikin ke Uty kalau kita bakalan liburan, wajahnya langsung sumringah. Antusias, ia menjawab "Mauuuu...  liburan kemana buk?"

Serunya Liburan Ke Planet Mochi : Main Yuk!!

Yuhuuu... Liburan kita kali ini adalah menjelajah antariksa dalam kegiatan virtual bernama "Liburan Ke Planet Mochi". Liburan Ke Planet Mochi merupakan event virtual yang digagas Paddle Pop. Bertujuan mengisi liburan sekolah dengan kegiatan edukasi yang bermanfaat. Program ini dikemas dalam sesi permainan dan prakarya (DIY) yang disukai anak.

Saya mendaftar acara tersebut melalui Instagram @paddlepop.idn. Ada 4 tema event yang emak bisa pilih lewat link yang tersemat di bio profil Paddle Pop.

cara mendaftar liburan
Langkah-langkah mendaftar Paddle pop Main Yuk!

Fix, kami memilih event di tanggal 17 Juli 2021 bertema "Main ke Planet Jupiter Bareng kak Melky Bajaj dan Buumi Playscape". Antusiasme anak-anak mengikuti kegiatan ini ternyata luar biasa. Saya kalah cepet dan nggak kebagian play kit yang dibagikan gratis untuk 100 pendaftar pertama setiap temanya. Ternyata untuk bermain ke Planet Jupiter, perlu kesigapan buat ngedaftar. Termasuk saat memasuki ruang bermain virtual. Kalau kalah sigap, antrean di zoom bakal ke-skip. Meski begitu, emak masih bisa mengikuti siaran langsungnya via Youtube Paddle Pop.

Banyak Hal Baik Dimulai Dari Bermain


Play is where great things happen. Itulah kalimat yang disampaikan kak Diana Rikasari, seorang perancang busana terkemuka dalam sebuah tulisan di blognya. Saya dibuat merinding ketika menyaksikan tayangan  pembukanya yang menceritakan kisah nyata kak Diana Rikasari bisa sesukses sekarang. Bermain ternyata bisa menginspirasi untuk berkarya. 

Menurut John Holt dalam bukunya yang berjudul Belajar Sepanjang Waktu, kreativitas itu berkembang ketika anak bermain mengikuti rasa ingin tahunya. Dari kegiatan bermain, anak berlatih koordinasi, mencoba lagi ketika gagal, dan ingin mencari tahu. Anak jadi tumbuh lebih percaya diri dan rela bersabar mendapatkan sesuatu yang mereka ingin tahu.

Ada banyak gagasan menarik dan kreativitas yang muncul dari kegiatan bermain. Semangat inilah yang diusung Paddle Pop saat mempersembahkan Paddle Pop Main Yuk! . Paddle Pop berharap bisa menghadirkan kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk anak-anak.  


Dipandu kak Nurul, sang Astronot yang mengajak kita mengenal lebih dekat Planet Jupiter, kak Lintang yang membawa kami terbang dengan gerakan menari bersama roketnya dan kak Ninda yang mengajak kami mengarungi antariksa lewat misi dari bahan-bahan yang telah kami persiapkan.

"Yuk..yuk..main yuk..bareng paddle pop..
Paddle Pop..Super Super Yummy..
Aku senang jadi semangat.."

Uty menirukan gerakan menari bersama roket yang dipandu kak Lintang. Diiringi jingle paddle pop, tangan dan kaki digerakkan.

Sebelum menjalankan misi, kak Nurul memandu kita ke Planet Jupiter. Planet terbesar dalam tata surya kita. Planet dalam urutan kelima setelah bumi dan mars. Emak yang pengajar fisika dapat insight baru saat menemani Uty yang lagi fokus menyimak. Jupiter ternyata memiliki cincin seperti Saturnus tetapi sulit dilihat. 

Moon Dough Pottery

Misi pertama kali Uty adalah moon dough pottery. Sebelum menjalankan misi, kak Ninda menambahkan informasi tentang Jupiter yang ternyata punya banyak satelit. 

fakta tentang jupiter

Dalam misi moon Dough ini, teman-teman bisa mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, antara lain

moon dough pottery
Bahan DIY moon dough pottery

"Wuihh..seru...!!" celetuk Uty ketika memasukkan kopi dalam adonan yang telah disiapkan. Adonan yang tadinya lengket menjadi mudah dipipihkan, diremas dan ditekan setelah ditambahkan kopi. Aromanya doughnya jadi wangi. Kak Ninda memandu kegiatan ini dengan sabar dan telaten. Bermain Moon Dough Pottery ini ternyata banyak manfaatnya. Selain melatih motorik halus, gerakan meremas, menekan dan membentuk dough ini juga mengembangkan kecepatan gerakan tangan, koordinasi, fungsi otak serta melatih kekuatan otot.

moon dough pottery
Hasil Dough buatan Uty. Anak-anak bebas berkreasi dengan berbagai bentuk cetakan.


Alien Egg Game

Alat dan bahan untuk menjalankan misi kedua yaitu menemukan telur alien antara lain

alien egg game

Senyuman tersungging di bibir Uty saat 10 balon warna-warni yang diisi air selesai disiapkan. Setelah memasukkan glitter yang kelap-kelip seperti bintang, Uty memasukkan telur alien satu persatu.

Hap..!! Sambil berhitung, kakinya mengapit telur Alien. Dengan hati-hati Uty memindahkan balon telur agar tidak terlepas. 

Done! Misi menyelamatkan 10 telur Alien selesai. Uty kegirangan melihat balon-balon tersebut berpindah ke wadah lain. 

telur alien sudah siap
Senangnya menjalankan misi kedua

Permainan Alien egg game ini memanfaatkan koordinasi mata dan kaki, kemampuan berhitung serta kekuatan otot. Faedahnya, anak jadi lancar berhitung dan terlatih motoriknya.

Mochi Sugar Swirl

Misi terakhir kita di planet Jupiter adalah yang paling membuat excited. Kenapa? Karena Uty menjalankan misi yang paling disukainya yaitu menghias Es krim Mochi Paddle Pop. Bahan topingnya bisa disesuaikan dengan selera anak-anak ya mak!

mochi sugar swirl

Dari bahan-bahan yang ada, Uty memilih pewarna makanan kuning dan hijau untuk membuat topingnya. Meniru kak Ninda, Uty dengan cekatan menambah sedikit air dan pewarna pada gula halus yang telah disiapkan. Dibentuknya gula kuning dan hijau mirip daun dan kelopak bunga. Sementara,  kental manis coklatnya dituang di bagian atas. Idenya mirip bentuk bunga matahari.

menghias es krim mochi
Hasil kreativitas Uty, ide membuat bunga matahari dari es krim mochi paddle pop

Melihat papa Melky yang melahap es krim mochi-nya, Uty jadi nggak sabar ikut menikmati karyanya. Setelah berhasil didokumentasikan, tangannya sigap meraih sendok teh untuk menikmati es krim mochi. Nyam..nyam.. Dua es krim mochi melelehkan suasana. "Nyess ibuuk..seger, hehe.." begitu kata Uty

Permainan mochi sugar swirl ini memang paling dinanti. Anak bisa melatih kreativitas dan motorik halusnya dalam menghias es krim mochi. Sebuah jurnal pendidikan anak tahun 2018 menyebutkan, motorik halus yang dilatih dengan baik membuat anak akan lebih fokus, sabar dan memiliki kemampuan menolong dirinya sendiri. Yup,  Anak bakal terlatih mandiri dan percaya diri.

Rasanya beruntung mendapatkan kesempatan bermain ke Planet Mochi Bareng Paddle Pop.

Paddle Pop, Rekomendasi Cemilan Enak dan Bergizi

Hayo ngaku, siapa yang jaman kecilnya suka memberhentikan abang es krim Walls kalau lewat? Atau masih suka melipir ke minimarket buat nyari Paddle pop?

Es krim legendaris yang hadir saat usiaku 8 tahun ini memang jadi favorit segala usia. Enggak cuma bentuk dan warnanya yang menarik, tapi rasa dan kandungan nutrisinya memang juara.

Emak nggak perlu khawatir tentang kandungan gula dan kalorinya. Rata-rata kadar gula pada es krim paddle pop cukup rendah, kurang dari 12g. Emak bisa bandingkan besaran kalorinya dengan cemilan lain berdasarkan tabel berikut :

perbandingan kalori makanan ringan
sumber : @paddlepop.id
melansir dari USDA, PASARA & FATSECRET

Agar emak nggak salah pilih cemilan, ada 5 tips  memilih cemilan yang baik untuk kesehatan anak :

1. Perhatikan Kalorinya

Menurut WHO, Kebutuhan kalori anak usia 6-12 tahun adalah 1885 kalori per hari. Pilih kudapan yang rendah kalori sehingga emak nggak perlu khawatir anak mengalami obesitas.

2. Perhatikan Kadar Gula

Pilih cemilan yang rendah gula  dan menyehatkan seperti susu, yoghurt dan buah. Jika anak menyukai jus, perhatikan penambahan gulanya ya mak..

3. Lolos Uji BPOM dan Mendapat Sertifikat Halal MUI

Pilih makanan yang terbuat dari bahan pilihan, bebas pewarna dan perisa buatan, mendapat sertifikat halal MUI dan telah melewati uji keamanan pangan oleh BPOM.

4. Nutrisinya lengkap

Enggak cuma rendah kalori, pilih cemilan yang memiliki kandungan gizi yang komplit serta kaya nutrisi.

5. Perhatikan Kebersihan Makanan

Hindari jajan di tempat yang terpapar debu dan pilih makanan yang dikemas aman untuk menghindari masuknya kuman.

Jangan sampai karena ingin praktis, kita jadi abai soal gizinya ya mak.. Saya bersyukur, Uty menyukai es krim Paddle Pop ini karena warna dan bentuknya yang menarik menarik, rasanya enak dan rendah kalori. Tersedia banyak varian Paddle Pop yang siap menemani anak berkegiatan di rumah. Beberapa varian yang mengandung susu adalah Paddle Pop Choco Magma, Rainbow, Mochi dan Milky Duo. Lalu yang dibuat dengan buah , emak bisa pilih Paddle Pop Trico, Yummy Melon atau Twister Mermaid.

paddle pop


O iya, untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas dan event seru bersama Paddle Pop, jangan lupa follow instagramnya mak, di @paddlepop.idn


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan Paddle Pop dan bekerja sama dengan Kumpulan Emak Blogger

Referensi : 
Dokumen Pribadi
Screenshoot Tayangan Zoom Paddle Pop Main Yuk!
IG Paddle Pop
Pdf Paddle Pop Main yuk
Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 11 Comments:

  1. Aku muter-muter di Kudus malah dapatnya MOCHI rasa MOCHA. Huhuhu.. maunya yang rasa chocolate atau vanilla kok.

    BalasHapus
  2. Anak² butuh bgt kegiatan seperti ini ya Bund.

    Yg bikin ngga bosan... walo d rumah aja most of the time

    BalasHapus
  3. Asyik ya Uty liburan ke planet mochi, bisa bikin aneka kreativitas pula. Liburan seru yang bermanfaat buat anak-anak ya mbak, menambah pengetahuan dan dengan mengerjakan misinya, bisa melatih motorik anak juga

    BalasHapus
  4. seru banget yaaa, jadi bisa main bareng anak-anak juga yaaa mba, wiken jadi family time edukatif dan berkualitas deh

    BalasHapus
  5. Kreatif banget ya Paddle Pop
    Sangat membantu anak anak agar terhindar learning loss
    Caranya nampak mudah namun esensinya dalem banget

    BalasHapus
  6. Program yang diusung Paddle Pop MainYuk bener-bener menginspirasi para orangtua ya apalagi selama situasi sekarang ini anak-anak biar gampang gak bosen dengan bermain tapi anak tetap kreatif dan happy

    BalasHapus
  7. Paddle pop mochi ini es krim kesukaan anakku
    paling suka yang rasa cokelat

    BalasHapus
  8. Wah asyiknya bisa liburan bareng Paddle Pop pasti seru ya.. btw Paddle Pop es krim nih kesukaan saya lho hehehe

    BalasHapus
  9. Berasa benar-benar kayak di ruang angkasa ya Mba. Pasti have fun banget anak-anak degan acara seperti ini.

    BalasHapus
  10. Seneng banget ya kalau bisa main sambil belajar bareng anak meski selalu di rumah aja.

    BalasHapus
  11. Huhu petualangan edukatif menjelajah antariksa virtual "Liburan Ke Planet Mochi" sama Paddle Pop mengasah ide anak-anak ya, jadinya bisa bermimpi besar nih anak anak

    BalasHapus
141222861953258005