NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Tips Memilih Shower Kamar Mandi Yang Bagus

tips memilih shower kamar mandi



Suatu hari, shower kamar mandi di rumah embah merembes. Setelah saya amati, ternyata di lubang pancuran terdapat limescale yang lumayan ukurannya. Di sambungan antara selang dan kepala shower warnanya juga sudah mulai kecoklatan. Limescale adalah istilah untuk menyebut material endapan pada logam seperti di shower, kran air, ketel, atau di pipa yang telah mengerak. Awalnya berwarna putih seperti lemak sabun, tapi lama-kelamaan bisa menjadi kecoklatan.

Saya menduga, penyebabnya karena laju tekanan air yang kencang saat shower dipakai dan lubang kepala shower yang terlalu besar menyebabkan kotoran atau sedimen yang mungkin terbawa air belum sempat tersaring dengan baik. Duh, saya menduga selama ini mungkin air yang lolos dari shower itu enggak benar-benar bersih.  Akhirnya bapak memutuskan untuk memutus sambungan airnya dan otomatis shower tersebut akhirnya mangkrak, nggak digunakan dan nggak diganti yang baru akibat tagihan air beberapa waktu membengkak.

Ketika memutuskan mulai mandiri dan tak tinggal serumah dengan orangtua, saya punya keinginan untuk memasang kembali shower mandi. Saya merasa bahwa mandi dengan shower itu bikin rileks dan badan jadi lebih segar setelah
nya. Saya jadi berpikir, ada nggak ya sih shower yang hemat air sekaligus aman untuk anak-anak. Dan mungkin gak sih, dengan tekanan air yang lembut dari shower, tubuh bisa beneran bersih sehabis mandi? Dalam perjalanan mencari informasi  jenis pancuran mandi yang bagus dan terjangkau, saya menemukan beberapa tips dalam memilih shower yang mungkin bermanfaat untuk teman-teman.

Baca juga : Mengatur anggaran keuangan rumah tangga saat pandemi

Tips Memilih Shower Kamar Mandi

Ada beberapa tips memilih shower kamar mandi, antara lain

1. Pilihlah Shower Yang Nyaman

Kepala shower umumnya diganti antara 6 hingga 1 tahun, tetapi terkadang bisa lebih lama tergantung pada kualitasnya. Pilihlah kepala shower yang lubangnya kecil dan pancaran airnya lembut jika di rumah terdapat orangtua lanjut usia dan anak-anak karena pada umunya mereka lebih nyaman dengan tekanan air yang tak terlalu besar ketika mandi. Tetapi jika lebih banyak orang dewasa di rumah, teman-teman bisa memilih shower yang tekanannya tinggi.

2. Pilihlah Yang Bebas Bakteri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih mendorong setiap orang berinovasi, termasuk ketika mendesain shower ini. Pilih shower yang mampu menyaring sedimen atau endapan mineral dengan baik karena endapan ini jika dibiarkan menumpuk akan menjadi sarang perkembangbiakan bakteri dan jamur.

3.  Pilih Desain Shower Yang Cocok

Ada beragam model shower yang ditawarkan di pasaran saat ini. Pilihlah yang desainnya pas untuk kamar mandi teman-teman ya. Sesuaikan dengan interior kamar mandi. Jika kamar mandimu bergaya minimalis, sebaiknya hindari memilih shower yang diameternya lebar dan pemasangannya terlalu tinggi. 

4. Usahakan Sesuai Budget 

 Ada harga ada kualitas. Semakin bagus kualitasnya, tentu harga yang ditawarkan juga tinggi. Jadi ada baiknya pilih shower set sesuai dana yang dimiliki, perhatikan pula material yang dipakai, apakah akan tahan lama atau tidak.

5. Pilihlah Shower Yang Eco Friendly

Beberapa shower kini didesain lebih ramah lingkungan sehingga kita nggak merasa bersalah ketika mandi. Dengan menghemat pemakaian air, berarti kita juga turut melindungi bumi sekaligus menghemat tagihan PAM.

Setelah akhir-akhir ini sering mengikuti perkuliahan tentang perubahan iklim, rasa-rasanya saya jadi merasa berdosa jika meninggalkan banyak sampah, baik ketika mandi atau beraktivitas dalam rumah tangga. Sebisa mungkin, pemakaian air dihemat dan beberapa sampah organik diolah atau dimanfaatkan lagi.

Dari hasil berburu informasi, ketemulah saya dengan sebuah brand shower head dari Korea. Nama brand tersebut adalah Skin Apple.

Baca juga : Perjuangan menjadi ibu rumah tangga minimalis

Review Tentang Skin Apple Shower Head

Skin Apple Anion Shower adalah sebuah merk kepala shower yang diproduksi oleh Boti.Co,Ltd , sebuah produsen yang fokus mengembangkan produk kesehatan dari Korea Selatan. Berikut data spesifikasi skin apple  shower head

Spesifikasi Skin Apple Shower

Spesifikasi
MaterialGagang : Polypropylene , Head : Stailess steel
Diameter  Kepala 10,3 cm
Mode SemprotanLembut
Berat480 gr
Fitur tambahanFilter sedimen mikro & Bola Anti bakteri
InstalasiMudah
     

Bagian Shower tersusun dari 3 lapisan filter , yaitu:

1. Lapisan Pertama (Filter Shower)


Tersusun dari plat pancuran berbahan stainless stell berkualitas tinggi. Terdapat 375 lubang berdiameter 0,2 mm yang berfungsi sebagai filter sedimen mikro sehingga menghasilkan pancaran air yang lebih bersih, tipis dan lembut.

2. Lapisan Kedua (Ceramic Silver Nano Ball)


Di lapisan kedua ini, terdapat bola nano perak keramik dengan daya sterilisasi kuat menyaring zat penjernih (klorin) yang biasa terkandung di air. Mampu memproduksi anion (ion negatif) yang mampu menghambat perkembangbiakan bakteri dan jamur sekaligus .
Review Skin Apple Anion Shower  Head

3. Filter Sedimen

Di gagang kepala shower ini, terdapat filter mikro yang mampu menyaring endapan dan sisa karat hingga 5 mikron. Sehingga otomatis air yang masuk melalui gagang terbebas dari zat asing berbahaya.

Kelebihan 

Kelebihan Skin Apple Anion Shower ini antara lain

  • Cocok untuk keluarga

Tekanan air yang tipis dan lembut serta daya sterilisasinya yang kuat membuat skin apple shower ini cocok digunakan orang dewasa maupun anak kecil.

  • Cara instalasinya mudah

Cukup mudah memasang kepala shower maupun penyaringnya. Untuk mengganti kepala pancuran, teman-teman cukup mengulir kepala shower lama kemudian menggantinya dengan skin apple. Sedangkan untuk mengganti filternya, caranya

- Lepaskan kepala gagang shower dengan memutar ke kanan

- Lepaskan filter lama dari gagang shower

- Ganti dengan filter yang baru

- Satukan kembali gagang dan kepala pancuran dengan memutar ke kiri

Cara memasang shower


  • Hemat Air

Laju air yang tipis memungkinkan penggunaan air seminimal mungkin

  • Baik Untuk Kesehatan

Selain air yang dihasilkan lebih jernih dan steril, ion negatif yang dihasilkan ternyata mampu mengikat vitamin C lebih baik sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Harga

Di shopee, Skin Apple ini dijual seharga 712.309 rupiah, tetapi dengan diskon 30% kepala shower ini berhasil ku check out seharga 498.000 rupiah plus memanfaatkan bonus gratis ongkir shopee. Teman-teman akan mendapatkan 1 shower head include 1 filter di dalamnya ditambah 4 bonus isi ulang filter. Skin Apple ini bisa diorder melalui link di bawah ini ya teman-teman


Klaim

Kepala shower pada umumnya memancarkan air dengan tekanan cukup tinggi sehingga lumayan boros air. Tetapi di Skin Apple, lubang-lubangnya yang berukuran mikro ini membuat air lebih lembut menyentuh kulit.  Anak mandi dengan bahagia dan sayapun ngerasa aman karena perlindungan ganda dari dobel filter dan bola silver ceramicnya yang diklaim mampu membunuh kuman. 
Mandi dengan Skin Apple Shower



Pada akhirnya memilih kepala shower memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman. Seperti kata Audrey Hepburn, artis kenamaan Hollywood yang meninggal tahun 1993 berikut

Air adalah kehidupan dan air bersih adalah kesehatan

Tak ada salahnya kan, kita melindungi kesehatan keluarga dengan memastikan kebersihan air termasuk ketika mandi. Sharing yuk di kolom komentar !


Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005