6 Makanan khas Daerah Jawa Tengah Berbahan Dasar Singkong

Di Jawa Tengah, terutama di Salatiga makanan khas berbahan dasar singkong begitu banyak dijumpai. Mulai dari Lepet, Combro, Sawut, Ondol, Gethuk, Klenyem, bahkan makanan hits singkong keju D-9 yang terkenal itu.

makanan khas jawa tengah berbahan singkong


Indonesia  kaya akan keanekaragaman suku dan budayanya termasuk dalam hal penganan. Ada beragam makanan khas daerah yang begitu populer dengan citarasanya. Seperti makanan khas Padang yang cenderung pedas, makanan khas Yogyakarta yang cenderung manis, makanan khas Medan dan Sumatera Utara yang berbahan dasar ikan dan masih banyak lagi jenis makanan khas dari Indonesia yang menjanjikan untuk dicicipi. Di postingan ku kali ini, aku akan membahas 5 makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari singkong. Apa saja hidangan berbahan umbi ketela pohon tersebut. 

1. Lemet Singkong

Kudapan khas Jawa Tengah ini sangat cocok disantap ketika sore hari atau saat berbuka puasa karena rasanya yang manis. Camilan ini juga cocok untuk teman Medang (istilah Jawa untuk menikmati minuman atau wedang sambil mengobrol yang biasa dilakukan ketika pagi sebelum beraktivitas atau sore setelah bekerja seharian. Tujuannya adalah untuk napak tilas dan relaksasi). Cara membuat lemet ini ternyata  cukup mudah. Aku akan tuliskan juga resep lemet singkong disini ya. 

Lemet jajanan pasar yang manis legit
Panganan lemet yang dibungkus daun pisang'
image : lifestyle/okezone

Resep Lemet Singkong

Bahan 

1/2 kg Singkong parut

250 gr kelapa parut setengah tua

200 gr gula Jawa hancurkan

1/2 sdt garam

Gula pasir secukupnya

Daun pandan

Daun pisang untuk membungkus


Cara Membuat Lemet Singkong

1. Campurkan garam, gula pasir, kelapa parut dan singkong parut

2. Atur dan tata dalam daun pisang, bubuhi sedikit gula Jawa  dan potongan daun pandan diatasnya lalu bungkus

3. Ulangi untuk adonan yang sama hingga semua bahan habis

4. Siapkan dandang untuk mengukus

5. Kukus Lemet kurang lebih 20 menit

6. Angkat dan hidangkan

Baca juga : 5 Makanan Tradisional Khas Salatiga

2. Cimplung

cimplung singkong gula merah
Cimplung dari gula merah
foto : Cookpad/ Fita Prasetyani


Makanan tradisional Banjarnegara ini tak sengaja aku temui kala seorang saudara mampir di tempat mertua. Kala itu beliau yang mengajar di pelosok pegunungan mendapatkan oleh-oleh begitu banyak dari wali murid dan dibagikannya pula pada kami sekeluarga. Makanan berbahan singkong dan air nira kelapa yang memang cukup melimpah di daerah ngapak ( Banjarnegara, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Banyumas) ini memiliki citarasa manis dan lebih condong ke gurih. Tak seperti Lemet yang manis, manisnya cimplung terasa lebih legit karena memang air nira tersebut digunakan untuk merebus Singkong ini hingga lunak. Di daerah lain, karena air nira kelapa memang tak mudah didapatkan biasanya untuk pemanis digantikan dari gula merah yang tentu saja citarasanya jadi sedikit berbeda.

Baca juga : 5 Makanan khas Salatiga Yang Perlu Kamu Coba

3. Klenyem

Klenyem
Foto : Cookpad/Rinaku


Camilan berbahan singkong ini bentuknya mirip bitterballen atau kroket sekilas, tapi rasanya cenderung manis. Berbahan dasar yang sama dengan Lemet.  Bedanya cara membuat dan penyajiannya yang berbeda. Kalau Lemet merupakan panganan basah, klenyem ini masuk makanan kategori gorengan. 

Resep klenyem

1/2 kg ketela pohon parut

200 gr kelapa parut setengah tua

1/2 sdt garam

Gula Jawa secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

1. Campurkan semua bahan kecuali gula Jawa

2. Bentuk menyerupai bola dan isi tengahnya dengan gula Jawa

3. Goreng hingga kuning keemasan

4. Angkat

5. Sajikan selagi hangat

Mudah kan, cara membuatnya. Dan ternyata makanan ini beda daerah beda pula penyebutannya. Kalau di Jawa barat makanan ini terkenal dengan sebutan misro. Di beberapa daerah di Jawa, kudapan ini biasa disebut Jemblem.

4. Sawut


Sawut ketela pohon
Sawut
Image : Instagram/Tutisetyawatis


Sawut sendiri lebih populer sebagai makanan tradisional Yogyakarta. Jajanan pasar berbahan singkong  diparut kasar, gula Jawa dan parutan kelapa untuk toping alias taburan. Cara membuat awug-awug sangat simpel. Siapkan kukusan, kukus singkong yang telah diparut  dan ditaburi gula Jawa. Setelah matang, hidangkan dengan taburan parutan kelapa.

5. Gemblong Cotot

Bahan Yang Perlu dipersiapkan

1/2 kg Ketela kukus

1/2 sdt Garam

Gula pasir secukupnya

Vanili

Cara membuat Gemblong Cotot

Cara membuat gemblong Cotot cukup mudah. Kukus ketela yang sudah dikupas sekitar 15-20 menit. Setelah lunak, lumatkan singkong hingga lembut. Bubuhi sedikit garam dan vanili. Bentuk adonan menjadi bulat dan isi bagian tengahnya dengan gula pasir. Goreng hingga empuk. Dinamakan gemblong Cotot karena mirip klepon, ketika dimakan akan ada lelehan gula pasir yang  mecotot (bahasa Jawa untuk menyebut kata menyembur keluar). Citarasa makanan ini gurih diluar dan manis di dalam. Nikmat disantap saat sore sambil minum teh manis. 

6. Gethuk


Satu lagi menu berbahan singkong juga, gethuk begitu disukai dan menjadi panganan oleh-oleh dari Salatiga. Di Salatiga ada oleh-oleh khas berupa gethuk bernama gethuk kethek satu rasa. Di kemasan terdapat gambar kethek (monyet) yang menjadi ikon karena produsennya memiliki monyet di depan rumahnya. Masih satu sentra dengan singkong keju D-9. Kawasan ABC Salatiga ini menjadi pusat oleh-oleh makanan yang sebagian besar terbuat dari ketela. Gethuk sendiri bahannya cukup sederhana antara lain singkong, vanili, kelapa parut, gula pasir. Tekstur makanan berwarna putih lembut dan terasa manis dan cara  Membuatnya cukup mudah. Jika teman-teman ingin mencoba membuat resepnya sendiri di  rumah. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Ada singkong, vanili, gula pasir, kelapa parut dan sedikit garam. 

Cara Membuat gethuk satu rasa

Kukus  terlebih dahulu singkong. Setelah empuk lalu lumatkan hingga lembut. Campurkan dengan kukusan kelapa parut, gula dan sedikit garam. Aduk adonan hingga tercampur rata lalu cetak dalam loyang kotak. Selanjutnya potong-potong sesuai selera.

Gethuk satu rasa
Gethuk satu rasa
Dok : Instagram/ meisita_ningrum


Nah..itu tadi resep masakan khas Jawa Tengah berbahan singkong yang sederhana dan mudah cara membuatnya. Coba di rumah yuk teman-teman.

8 comments

  1. Wah jam segini bahas makanan. Mingin-mingini....

    ReplyDelete
  2. aduh jadi kangen nih jajanan pasar gara'-gara mbaknya bikin artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap hari kalau di rumah ibuku, jajanan macam ini ada karena embahku suka bebikinan mba. Yuk mampir

      Delete
  3. Duh bikin ngiler. Btw, lemet singkong itu emang asal Jawa Tengah ya, Kak. Di kampung saya, Sumatra Utara juga banyak soalnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klaimnya gitu mba, tapi asli Sumatera atau Jawa yang pasti ini kuliner Nusantara yang wajib kita lestarikan. Kalau bisa malah didaftarkan ke paten bahwa ini makanan otentik kita

      Delete
  4. Kalo lihat sekilas, nomor 1-3 ada di Sulsel, Mbak. No 4,5, gak tahu ya. Khawatirnya khazanah makanan khas daerah milik saya kurang jadi gak tahu 😅.

    Kalo no 1-3, saya sering menemukan.

    ReplyDelete
  5. Kalau aku paling suka dengan kolak singkong, srawut singkong, dan tape singkong. Singkong memang enak dibikin berbagai macam jenis makanan ya.

    ReplyDelete