Sunday, May 17, 2020

Menjelang Akhir Ramadan, Ini doa yang kupanjatkan

Idul Fitri sudah di depan mata, tinggal hitungan hari Ramadan akan usai. Sedih rasanya, Ramadan di tengah pandemi seperti ini. Ada banyak doa yang ingin kupanjatkan. Semoga wabah Covid-19 segera berakhir.

Menjelang akhir Ramadhan ini doa yang kupanjatkan

Kesan Ramadan Kali ini


Terasa beda memang, tak ada tarawih, tilawah dan salat berjamaah di masjid. Biasanya, ada lembaran kertas jadwal takjil yang dibagikan tapi kali ini ditiadakan. Penerimaan Zakat dilakukan jauh di awal Ramadan.

Kesan berbeda di Ramadan kali ini, mungkin terasa aneh bahkan sebagian berasumsi bahwa Ramadan terasa seperti hari biasa pada umumnya. Semua orang berjaga dan menjaga jarak dari kerumunan, jalan terasa lengang selepas Maghrib. Gang-gang ditutup, beberapa berjaga tiap malam. Tenaga medis masih disibukkan dengan tugasnya menangani pasien Covid-19, tak ada gelaran operasi ketupat, yang ada kepolisian berjaga ketat bukan lagi menyambut pemudik tapi mengawasi masuknya, termasuk soal kriminalitas yang kabarnya meningkat. Masyarakat panik, BPJS dikabarkan akan naik sementara PHK dimana-mana. Sedih melihat kondisi ini, jangankan mudik, bepergian keluar rumah juga terbatas.

Doaku kali ini untuk Ramadan ini


Memasuki 10 hari terakhir, beberapa memutuskan mudik, sebagian tetap bertahan. Bekerja dan beribadah, semua dilakukan di rumah. Beberapa pusat perbelanjaan justru ramai, pasar jauh lebih ramai. Sampai bingung, apalagi 2 hari terakhir info terbaru bahwa salah satu pedagang di pasar pagi pingsan dan ternyata positif Corona. Beliau tertular putranya yang baru saja mudik dari Jakarta. Tinggal di Kabupaten tetapi berjualan di Kota Salatiga, dan sebenarnya ini yang bikin aku sedih. Banyak yang tak mempedulikan kesehatan keluarganya hanya karena ingin mudik dan akibatnya semua orang termasuk keluarga terdekatnya kena imbas. Semoga Allah menyadarkan dan membuka hati orang yang masih se-egois ini. Mementingkan dirinya sendiri tanpa mengukur resikonya.

Semoga wabah ini segera berakhir, kami rindu beraktivitas seperti sedia kala. Ya Rabb..ampuni dosa kami, terimalah ibadah kami dan pertemukan kami dengan Ramadan berikutnya, jika Ramadan tak ada lagi untukku, jadikan amalan Ramadan kami kali ini sebaik-baiknya amalan. Ada beberapa harapan dan doa yang kupanjatkan di Ramadhan kali ini :

1. Allah menerima semua amal ibadah kami di bulan Ramadhan
2. Allah melindungi kami dan keluarga kami dari wabah dan segala penyakit
3. Allah memberi kesehatan kepada kami semua
4. Allah mengampuni segala dosa dan kesalahan kami
5. Allah menunjukkan hidayahnya agar tetap berada di jalan yang diridhoiNYA
6. Sakinah mawaddah wa rahmah dalam tujuan yang sama, ke SurgaNYA
7. Pandemi segera usai dan Allah ijinkan kami menuju baitullah
8. Allah melapangkan rejeki kami dan memudahkan urusan kami


Allahuma innaka afuwun kariim..tuhibbul afwa wa fuanna yaa kariim , doa akhir Ramadhan
Allahuma innaka afuwun kariim..tuhibbul afwa wa fuanna yaa kariim



Minal Aidin Wal Faidzin, Shiyamana wa shiyamakum
Mohon maaf lahir dan batin ya teman-teman..semoga Allah menerima semua amal ibadah kita..aamiin




No comments:

Post a Comment

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts