Belajar SEO On Page di Kala Ramadan

Belajar SEO On Page

Sebagai pendatang baru di dunia blogging dan menulis, prioritas utama yang perlu aku kembangkan saat ini adalah menulis konten yang menarik, sesuai PUEBI, dan bisa dinikmati pembaca. Agar tulisanku bisa dijangkau semua orang, dibutuhkan optimasi blog sehingga mudah ditelusuri oleh mesin pencari. Akhirnya, aku memutuskan berburu bermacam kelas menulis baik yang berbayar maupun yang gratis.

Apa saja SEO On Page yang kupelajari?

7 Pilar SEO on page
7 Pilar SEO On Page
SEO (Search Engine Optimation) adalah sebuah sarana untuk meningkatkan performa blog agar mudah ditemukan mesin telusur bahkan muncul di halaman utama. Ada 7 Pilar yang harus diperhatikan dalam belajar SEO, antara lain

1. Header Tag

Blog yang baik, berisi struktur minimal H1-H3. Untuk mengeceknya, bisa menggunakan SEO 1 Click. Template yang kita pakai untuk blog ternyata juga mempengaruhi struktur H1-H3 punya kita, jadi pilihlah template yang responsif dan SEO friendly. Perhatikan bahwa H1 berisi judul, H2 berisi sub judul dan H3 sub dari sub judul.

2. Meta Description Tag

Untuk mensetting meta deskripsi, posisinya ada di bawah  judul/title. Meta description menjelaskan tentang isi atau konten blog kita lebih lengkap. Misal jika header kita isi dengan "Techno Blogger" , maka meta deskripsi diisi dengan apa yang ada di dalam blog kita yang bertema teknologi misal review aplikasi, update gadget terkini dan lainnya. Meta deskripsi yang ideal berisi 120 - 350 karakter.

3. Title Tag

Jadi penting sebenarnya antara judul yang kita usung untuk blog kita dengan konten atau isi blog itu sendiri. Biasanya judul yang baik berisi antara 30 - 35 karakter (huruf dan spasinya). Untuk mensetting judul blog di blogspot silahkan menuju setting- basic- title  (setelan-dasar-judul).

4. Alt Tag

Sebaiknya ketika posting sebuah gambar di blog, isilah properti Alt Image itu dengan kata kunci yang sesuai dengan judul dan isi artikel yang kita posting sehingga mudah ditemukan mesin pencari.

5. Keyword

Kata kunci atau keyword adalah hal penting yang ada dalam sebuah konten. Untuk membuat konten, sebaiknya rencanakan dahulu isi konten dengan memilih kata kunci utama, kata kunci turunan dan kata kunci yang berhubungan dengan isi konten. Kita bisa memakai Ubbersuggest atau keywordtool.io, cara manualnya bisa dengan cara mengetik keyword yang kita pakai di mesin pencari dan catat berapa banyak pengguna serta kata kunci apa saja yang terkait dengan kata kunci yang kita ketikkan tadi. Buatlah judul yang terdiri dari 3-4 kata kunci.

6. Konten Tulisan

Konten yang baik membuat pembaca betah berlama-lama membaca isi blog kita, untuk itu perhatikan PUEBI, tata bahasa dan berilah infografis atau  video yang menarik.

7.  Internal Link

Internal link adalah link atau tautan terkait dengan postingan yang kita tulis. Misal, jika kita menulis postingan tentang "Cara mendidik anak yang tepat" ,  maka tautan dalam postingan ini bisa misalnya "Mendidik dengan kasih sayang" atau "Review buku cara mendidik anak"misalnya.

Ketuju hal ini menjadi pilar penting SEO yang ada di blog kita (On Page) selain nanti bagian Off Page yang juga penting kita pelajari. Selamat belajar juga ya teman-teman.


No comments