5 Aplikasi Terbaik yang Menemani Saat WFH

Aplikasi terbaik kumparan, WhatsApp, canva, zoom, Instagram

Ketika pemerintah mulai memberlakukan pembatasan sosial dan membuat kita harus beraktivitas di rumah (WFH), rasa bosan dan jenuh menghinggapi karena tiba-tiba semua rencana berubah. Kegiatan sekolah dan bekerja kemudian dilakukan di rumah. Mencari solusi mengatasi rasa bosan tersebut, aku kemudian berburu beragam kegiatan positif yang bisa dilakukan walau hanya di rumah. Ada 5 aplikasi terbaik yang menemaniku berkegiatan sehingga aku tetap produktif dan nyaman di rumah.

5 Aplikasi Terbaik Saat Pandemi Covid-19


Di saat pandemi seperti ini, meminimalisir kegiatan di luar rumah adalah hal yang utama aku lakukan. Selain mengikuti anjuran pemerintah, dengan berada di rumah kita bisa memastikan bahwa keluarga tetap terlindungi dari penularan virus corona. Keterbatasan untuk bertatap muka dengan orang lain membuatku awalnya kurang informasi. Tapi kemudian, aku menemukan beberapa aplikasi yang membuatku tetap tenang dengan beredarnya beragam hoaks dan tetap produktif menjalani aktivitas di tengah pandemi, apa saja aplikasinya?

1. Canva


Canva adalah sebuah aplikasi infografis yang membuat blog dan postingan instagramku tampil menarik. Dengan Canva, aku bisa membuat bermacam grafis seperi banner blog, desain feed dan story instagram, desain postingan sosial media dan curriculum vitae sehingga tampilannya makin menarik.

2. Spotify

Suka dengerin radio atau musik kah? Ketika bosan dan merasa boros kuota *ups, maka biasanya aku dengerin podcast kajian, parenting atau musik lewat Spotify. Tapi sayangnya untuk menikmati musik yang jauh lebih baik, kita diwajibkan berlangganan Spotify premium yang berbayar.

3. Instagram


Bagi blogger sepertiku, inspirasi bisa datang dari mana saja termasuk dari sosial media. Salah satu aplikasi yang menemaniku agar tetap produktif di rumah adalah Instagram. Fitur IG Live dan story yang ada di instagram memungkinkanku mengikuti bermacam webinar termasuk update berita dari influencer dan informasi terkini dari situs berita. Selama pandemi ini, ada beragam kegiatan yang diadakan selebgram dan  situs berita seperti memasak, konser musik dan seminar bisa dinikmati melalui IG Live. Akhirnya pandemi justru membuatku semakin kreatif dan mahir.

4. Zoom


Di tengah pandemi seperti ini, kita dianjurkan untuk membatasi bertemu dengan banyak orang secara langsung. Akhirnya rapatpun dilakukan secara online. Salah satu aplikasi video conference yang digunakan untuk rapat maupun kelas online adalah Zoom. Aku memakainya saat mengikuti beberapa kelas online seperti kelas kesehatan mental yang diadakan APDC, kelas menulis sesuai SEO  yang diadakan Kumparan dengan pemateri Erwin Petas dan beberapa kelas menulis online.

5. Whatsapp


Whatsapp memungkinkanku untuk mendapatkan berita dan informasi terkini dengan lingkungan sekitar dan memastikan keluargaku selalu sehat meski dengan keterbatasan untuk bertemu langsung. Dengan bertukar informasi tentang kesehatan dan saling memberi semangat membuat kita tetap merasa tenang. Pertahankan untuk selalu menyaring berita yang beredar dan pastikan informasi yang kita bagikan benar ya.

Nah, ini 5 aplikasi favoritku, beda orang pastinya beda ceritanya kan? Kalau kalian apa aplikasi favoritnya?


No comments