4 Ide Melatih Life skill pada Anak Usia 5 tahun

Cara melatih life skill anak 5 tahun


Selama pandemi, karena semua kegiatan belajar kakak dilakukan di rumah dan masih belum mampu melakukan kegiatan belajar mandiri tanpa dampingan ibunya, kadang beberapa tugas agak terbengkalai dan baru bisa dikerjakan malam harinya sebelum tidur. Sepertinya mengharap anak tuntas belajar saat SFH (School from home) memang agak sulit. Akhirnya kegiatan tersebut saya alihkan ke kegiatan life skill atau keterampilan hidup yang bisa dilakukan bersama di rumah. Apa saja kegiatannya?

1. Membantu Ibu Memasak


Aslinya sekedar membantu potong-potong kacang panjang dan serabut buncis lalu belajar menggoreng tapi kegiatan ini sudah membuat anakku ketagihan ke dapur. Rasa ingin tahunya dan kepercayaan dirinya meningkat saat ia dipercaya ikut memasukkan lauk yang hendak digoreng.

2. Membantu melipat baju


Kegiatan sederhana namun menguras waktu karena cucian di rumah tiap hari menumpuk dan saya paling malas kalau setrika. Akhirnya saat cucian kering, kamipun melipat baju sembari ngobrol sana-sini dan kakak menyukainya meski hasilnya belum rapi tapi dia belajar banyak mengenai kebiasaan melipat baju saat cucian kering, melatih kesabaran sekaligus keterampilan motoriknya.

3. Mencuci piring


Karena alat makan yang dipakai kakak terbuat dari plastik yang gak gampang pecah, maka setiap kali makan saya berusaha membiasakan kakak menaruh piringnya di tempat cuci piring. Sesekali malah ikutan mencuci piring dan sembari cuci piring, ia juga bisa bermain gelembung sabun.

4. Membuat Minuman untuk takjil


Selama puasa, kadang kami membuat takjil dan menunya berganti-ganti. Kadang es buah, es dawet atau es cincau dan kakak lumayan senang diajak menyusun bahan dan memasukkannya ke mangkuk es.

Selama pagebluk ini, kegiatan sederhana yang kami lakukan bersama ini sudah cukup membuatnya bahagia meski terkadang bosan juga ketika ibu disibukkan kegiatan belajar juga. Kalau bunda, kegiatan apa nih yang dilakukan bersama anak selama WFH?

No comments