8 Kegiatan Agar Anak Betah Di Rumah

6 kegiatan agar anak betah di rumah bermain lego


Sudah dua bulan kebijakan pembatasan sosial oleh pemerintah diberlakukan. Agar tak bosan di rumah, sebisa mungkin ragam kegiatan disusun agar anak tetap sibuk dan tetap belajar sambil bermain rumah.

Keinginan Main di Luar


Seperti orang dewasa, anakpun ternyata juga memiliki rasa bosan, apalagi jika kegiatannya monoton yang berimbas menurunnya semangat anak termasuk mengerjakan  tugas yang diberikan  gurunya.  Dunia bermain masih begitu melekat pada diri anak, apalagi anakku usianya belum ada lima tahun. Jadi, cara belajarnya pun tak jauh dari kegiatan bermain. Adanya wabah Covid-19 membuat semua aktivitas yang tadinya bisa dilakukan di luar ruangan harus dikurangi, apalagi anak-anak imunnya belum sebagus orang dewasa sehingga lebih rentan terpapar virus. Memberi pengertian dan menemani anak bermain bisa jadi solusi. Tapi kegiatan seperti apa yang kira-kira bagus untuk anak dan membuatnya kerasan di rumah? Aku punya 5 ide aktivitas yang bisa dilakukan nih.

Ada 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan agar anak nyaman  di rumah, antara lain


1. Bermain Playdough

Aktivitas seru agar anak betah di rumah yaitu bermain playdough
Homemade playdough

Playdough yang dimainkan bisa dibuat sendiri dari bahan sederhana seperti tepung dan garam. Membentuk bermacam-macam benda dari playdough ini membuat anak betah memainkannya. Uty dan Tito bisa bermain bersama karena mainan ini aman untuk anak karena bahan yang digunakan minim bahan kimia berbahaya.

2. Bermain Sains


Pada dasarnya anak sangat senang belajar sesuatu yang baru termasuk belajar sains di rumah. Belajar sains banyak macamnya dan bisa dilakukan dengan bahan yang ada di sekitar kita. Misal, belajar melihat fenomena es mencair dengan memberi pewarna pada es yang akan dibekukan dan menyelipkan mainan di dalamnya, atau bermain warna dengan pewarna makanan yang biasa kita gunakan di dapur.

3. Bermain Gelembung Naga


Dengan menggunakan botol kemasan air mineral yang dilubangi bagian bawahnya dan membuat gelembung sabun dengannya anak jadi betah bermain air sekaligus mandi.

4. Mendongeng atau membacakan buku


Pada dasarnya, setiap anak sangat senang ditemani bermain. Apalagi jika kita juga aktif bermain bersamanya. Mendongeng atau membacakan buku selain bermanfaat menambah kosa kata dan imajinasi anak juga bermanfaat dalam pembangunan karakter positif anak.

5. Bermain Peran


Kegiatan ini bermanfaat menjelaskan beragam profesi, mengokohkan karakter anak dan sekaligus menguatkan ikatan anak dengan orang tua.

6. Mewarnai dan menempel

Aktivitas seru agar anak betah di rumah
Mewarnai dan menempel

Mewarnai dan menempel selain melatih motorik halus, juga berfungsi melatih fokus, kreativitas dan ketekunan. 

7. Olahraga bareng anak


Berolah raga bareng anak mampu meningkatkan rasa percaya diri, semangat dan membuat badan tetap fit di kala pandemi seperti ini. Bisa dengan gerakan sederhana seperti lari di tempat atau senam yang bisa kita dapatkan via youtube misalnya.

8. Memasak bersama


Memasak bersama anak berfungsi menanamkan life skill, kemandirian sekaligus melatih motorik anak. Anak jadi tahu berbagai macam sayuran, bumbu, dan cara mengolah masakan dengan praktik langsung. Gunakan alat memasak yang aman untuk anak.

Nah, itu tadi 8 ide beraktivitas bareng anak saat di rumah aja, semoga anak-anak tetap bisa bermain dan belajar meski berada di rumah. Kalau bunda, punya ide apa? Silahkan sisipkan idenya di kolom komentar yaa..

No comments