Kenapa menentukan target menjadi penting

Kenapa menentukan target itu jadi penting? Apa saja yang perlu kamu lakukan agar kamu makin produktif dan target yang kamu buat tercapai? Berikut ulasannya

Pentingnya menentukan target

Sebagai seorang pengajar, ibu rumah tangga dan blogger, menulis dan membaca adalah hal yang rutin aku lakukan meski kadang hanya satu halaman atau sekedar membaca postingan blog teman. Manajemen waktu dan pembagian tugas serta menyusun target menjadi penting buatku apalagi karena ada duo krucil yang bisa dibilang kurang suka tidur siang. 

Tujuan Membuat Target, Makin Produktif

Tentunya, bukan hanya aku yang ingin merasakan kesenangan bahwa kegiatan ataupun impian yang diidamkan dapat terlaksana dengan baik, dibutuhkan pemikiran matang dan penyusunan target dan strategi yang jelas dan tak lupa doa tentunya. Bukan hanya target harian, tetapi bulanan bahkan 5 tahunan menjadi penting buatku agar kedepannya aku punya pandangan dalam menyusun aktivitas. Kenapa target itu jadi penting? Menyusun target itu penting karena :

1. Dengan target, pekerjaan menjadi jelas kapan harus diselesaikan


Pekerjaan sehari-hari menurutku butuh ditarget juga lho meski tak terfokus pada waktu pelaksanaanya tetapi dengan target yang disusun malam harinya, pekerjaan menjadi terpantau dan lebih banyak berhasilnya. Jadi otomatis seneng deh bisa kasih centang pada list pekerjaan. Dan impian besar serta target 5 tahunan akan bisa terlaksana dengan melakukan langkah-langkah kecil semacam ini.

2. Dengan target, kita bisa menentukan prioritas


Berselancar di internet maupun sosial media mungkin menjadi hal penting ketika kita melakukannya karena sebuah tujuan penting, semisal mencari atau mengumpulkan informasi tetapi jika hanya sekedar kesenangan dan stalking kegiatan selebriti, tetangga, apalagi mantan berarti kita sama saja membuang waktu untuk kegiatan yang sia-sia.

3. Dengan target, penundaan melakukan pekerjaan bisa dikurangi


Jika sehari saja tanpa target pekerjaan yang membuat kita produktif dan bermanfaat, tentunya kita akan terarah melakukan pekerjaan tidak penting dan menunda pekerjaan penting yang harusnya dilakukan. Alhasil, di lain waktu pekerjaan yang tertunda tersebut akan berubah menjadi hal yang mendesak dan kewajiban kita menjadi bertumpuk.

4. Dengan target, stress karena penundaan pekerjaan bisa dikurangi


Penumpukan kewajiban akibat terlupa atau tertunda melakukannya tentunya akan memicu stress. Dengan demikian, target menjadi penting meskipun kadang dengan target sekalipun tidak semua yang kita targetkan akan terlaksana. Target hanya lebih membuat kita fokus pada apa yang akan kita lakukan sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan dan jelas arahnya.





Next Post Previous Post
13 Comments
  • Lilis Fauzi-Odop7
    Lilis Fauzi-Odop7 9 Desember 2019 pukul 23.02

    Hiks, aku blm menentukan target. Terimakasih kak

  • mardanurdin.com
    mardanurdin.com 10 Desember 2019 pukul 15.01

    Nah ini nih kekurangan saya. Suka sih buat target, tapi lebih seringnya melenceng dari target. Huaa... saya harus segera tobat ini.

  • Arif Rudiantoro
    Arif Rudiantoro 11 Desember 2019 pukul 19.05

    Bener Mbak segala sesuatu haarus di landasi dg terget agar bisa lancar, saya pun begitu hari-hari tidak menentukan target pasti terbengkalai dan ahirnya numpuk akhirnya kita sendiri yang susah,

    Misalnya jadwal hari minggu Nyuci baju, bila itu tidak di lakukan pasti repot karena hari senin sudah masuk kerja, terkadang pun pakaian bersih sudah tidak ada ahirnya seragam kerja pun tidak sesuai dg harinya :)

  • Irena Faisal
    Irena Faisal 13 Desember 2019 pukul 07.52

    Hidup memang harus ada tujuan dan target supaya lebih terarah dan pencapaiannya bisa di rasakan :)

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 13 Desember 2019 pukul 21.19

    Setuju, Mbak punya terget itu penting. Apalgi di tengah segala aktivitas yang mesti dikerjakan. Kalau enggak ada target pasti ada yang akan tertunda atau bisa jadi lupa. Apalgi soal target hidup, adanya target bikin kita makin semangat menjalani dan meraihnya

  • misdar murni
    misdar murni 14 Desember 2019 pukul 23.30

    Wah, saya suka lupa target kalau udah nggak tercapai langsung loyo aja

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 15 Desember 2019 pukul 16.25

    Menentukan target perlu juga memang agar bisa ada tujuan yang hendak dicapai. Siapa tahu malah melebihi target ya

  • Meykke Santoso
    Meykke Santoso 15 Desember 2019 pukul 21.33

    Betuuul mbak, menentukan target itu bikin semuanya bisa terencana dengan baik walau emang kadang suka adda aja yang miss atau terlewat tapi at lleast kita jadi punya guidance what to do next.

  • Eva
    Eva 15 Desember 2019 pukul 21.40

    Betul banget, dengan adanya target yang jelas, maka akan terus mengingatkan kita untuk mencapainya

  • Dyah
    Dyah 15 Desember 2019 pukul 22.26

    Iya dalam kerjaan RT juga harus ditarget yaa. Dalam semua aspek, rasanya memang harus ditarget seperti mba info
    Sukses ya mba

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 15 Desember 2019 pukul 22.36

    Awalnya saya adalah orang yg takut sekali dgn target. Sampai akhirnya belajar tentang target saat menekuni bisnis online, bahwa target membantu kita mencapai tujuan secara lebih terarah. Ternyata semua yg kita lakukan sehari-hari seperti bekerja, urus anak, memasak, dll pasti menggunakan target, meskipun mungkin secara tdk tertulis.

  • Dewiana
    Dewiana 18 Desember 2019 pukul 05.49

    Makasih sharingnya Mba, aku masih susah untuk nerapin target, mesti bisa nih aku

  • Nadella | Taruih Baraja
    Nadella | Taruih Baraja 23 Desember 2019 pukul 20.38

    Jadi, apa targetmu di 2020? Ea

Add Comment
comment url