5 Aplikasi Buku Digital Gratis

Aplikasi buku digital gratis

Di zaman serba digital ini, orang semakin membutuhkan sesuatu yang bisa dibawa mobile karena alasan kepraktisan, ringkas dan tak banyak beban. Dengan alasan itulah, beberapa situs membaca kini mengemasnya lebih ringkas dalam bentuk aplikasi di smartphone yang tentunya bisa dibuka kapan saja dan dimana saja, saat naik kendaraan umum misalnya atau saat berada dalam antrean.

5 Aplikasi Digital Yang Ciamik


Jika kamu suka membaca namun tak suka menenteng buku yang berat kemana-mana, ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu download agar kebiasaan membaca kamu bisa terpenuhi meski tengah berada di tempat umum, yuk simak

  • iPusnas

Perpustakaan Nasional Indonesia kini memiliki aplikasi peminjaman buku online bernama iPusnas. iPusnas merupakan sebuah aplikasi peminjaman buku digital yang utamanya mengedepankan keringkasan peminjaman. Langkah pertama memakai aplikasi ini adalah mendownloadnya di Playstore selanjutnya buat akun iPusnas untuk bisa menikmati buku digital yang ada. Setelah buku dipilih, selanjutnya kita perlu melakukan otorisasi peminjaman agar bukunya terdownload. Masa peminjaman buku berlangsung selama 3 hari dan setelah masa itu, folder peminjaman di aplikasi kita akan kosong karena buku dikembalikan secara otomatis. 

  • iJak

iJak merupakan aplikasi serupa dengan iPusnas yang dikelola Perpustakaan daerah DKI Jakarta. Jika buku yang dicari di iPusnas tak tersedia, aplikasi digital ini bisa jadi semacam pelengkap untuk mencari buku yang tidak tersedia di iPusnas tadi karena kadang justru buku tersebut ditemukan di iJak. Sama seperti iPusnas, ada bermacam buku yang tersedia mulai dari buku non-fiksi, buku fiksi seperti novel, komik, cerita bergambar untuk anak, karya ilmiah dan buku-buku terbitan pemerintah.

  • Wattpad

Jika kamu pecinta bacaan fiksi terutama novel, maka Wattpad bisa jadi solusi untuk mencari bacaan terbaru. Ada beragam genre novel seperti Sci-Fi, thriller, horror, religi ,hingga romance. Tidaks seperti iPusnas, iJak atau aplikasi yang diterbitkan perpusda lain, dalam aplikasi ini, user ternyata juga bisa membuat karya tulisannya sendiri untuk diterbitkan. Bahan bacaan yang ditawarkan pun bukan berwujud file semacam pdf seperti di iPusnas tetapi berbentuk teks. Hampir mirip dengan media sosial, di aplikasi ini kita bisa memberi dan menerima bintang atau memberi rate terhadap bagus atau tidaknya bacaan yang ada. Beberapa penulis bahkan memanfaatkan wattpad untuk media menulis sebelum ke penerbit untuk mengetahui rating tulisan sekaligus media promosi.

  • Google playbook

Google juga meliris aplikasi baca buku bernama playbook. Karena berskala global, buku dengan genre dan bahasa beragam juga tersedia. Namun sayangnya tidak semua buku yang bisa didownload untuk dibaca di aplikasi ini gratis. Sama seperti toko buku pada umumnya, buku yang tersedia sebagian harus dibeli agar bisa dibaca. Hanya saja, harga bukunya pun lebih terjangkau karena paperless alias berbentuk file digital.

  • Storial.co

Sama seperti wattpad, sebagian besar buku yang ditulis berupa novel. Sebagian ada yang gratis dan sebagian berbayar. Sistem pembayaran yang dipakai di Storial.co ini berupa bitcoin dan seorang yang memiliki akun di storial.co ini selain bisa membaca karya orang lain juga berhak menulis dan mempromosikan tulisannya.

Dari 5 aplikasi diatas, kita bisa memilih yang cocok dan bisa membuat kita produktif dan sesuai dengan minat bacaan kita. Selamat membaca, salam literasi.

6 comments

  1. wah makasih banyak infonyaaa bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Informatif banget ini, harus dicatat. Makasih akak ...

    ReplyDelete
  3. Sebenernya tiap perpusda kalo punya kayak gini enak yah

    ReplyDelete
  4. Ipusnas kmren dah login pkai fb eh ga mau lagi harus email dan harus stabil jaringan jd milih ijak dulu

    ReplyDelete
  5. ipusnas dan playbook yg sudah kudownload

    ReplyDelete