Kenapa menentukan target menjadi penting

Pentingnya menentukan target
Sebagai seorang pengajar, ibu rumah tangga dan blogger, menulis dan membaca adalah hal yang rutin aku lakukan meski kadang hanya satu halaman atau sekedar membaca postingan blog teman. Manajemen waktu dan pembagian tugas serta menyusun target menjadi penting buatku apalagi karena ada duo krucil yang bisa dibilang kurang suka tidur siang. Tentunya, bukan hanya aku yang ingin merasakan kesenangan bahwa kegiatan ataupun impian yang diidamkan dapat terlaksana dengan baik, dibutuhkan pemikiran matang dan penyusunan target dan strategi yang jelas dan tak lupa doa tentunya. Bukan hanya target harian, tetapi bulanan bahkan 5 tahunan menjadi penting buatku agar kedepannya aku punya pandangan dalam menyusun aktivitas. Kenapa target itu jadi penting? Menyusun target itu penting karena :

1. Dengan target, pekerjaan menjadi jelas kapan harus diselesaikan

Pekerjaan sehari-hari menurutku butuh ditarget juga lho meski tak terfokus pada waktu pelaksanaanya tetapi dengan target yang disusun malam harinya, pekerjaan menjadi terpantau dan lebih banyak berhasilnya. Jadi otomatis seneng deh bisa kasih centang pada list pekerjaan. Dan impian besar serta target 5 tahunan akan bisa terlaksana dengan melakukan langkah-langkah kecil semacam ini.

2. Dengan target, kita bisa menentukan mana pekerjaan mendesak, penting dan tidak penting

Berselancar di internet maupun sosial media mungkin menjadi hal penting ketika kita melakukannya karena sebuah tujuan penting, semisal mencari atau mengumpulkan informasi tetapi jika hanya sekedar kesenangan dan stalking kegiatan selebriti, tetangga, apalagi mantan berarti kita sama saja membuang waktu untuk kegiatan yang sia-sia.

3. Dengan target, penundaan melakukan pekerjaan bisa dikurangi

Jika sehari saja tanpa target pekerjaan yang membuat kita produktif dan bermanfaat, tentunya kita akan terarah melakukan pekerjaan tidak penting dan menunda pekerjaan penting yang harusnya dilakukan. Alhasil, di lain waktu pekerjaan yang tertunda tersebut akan berubah menjadi hal yang mendesak dan kewajiban kita menjadi bertumpuk.

4. Dengan target, stress karena penundaan pekerjaan bisa dikurangi

Penumpukan kewajiban akibat terlupa atau tertunda melakukannya tentunya akan memicu stress. Dengan demikian, target menjadi penting meskipun kadang dengan target sekalipun tidak semua yang kita targetkan akan terlaksana. Target hanya lebih membuat kita fokus pada apa yang akan kita lakukan sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan dan jelas arahnya.




13 comments

  1. Hiks, aku blm menentukan target. Terimakasih kak

    ReplyDelete
  2. Nah ini nih kekurangan saya. Suka sih buat target, tapi lebih seringnya melenceng dari target. Huaa... saya harus segera tobat ini.

    ReplyDelete
  3. Bener Mbak segala sesuatu haarus di landasi dg terget agar bisa lancar, saya pun begitu hari-hari tidak menentukan target pasti terbengkalai dan ahirnya numpuk akhirnya kita sendiri yang susah,

    Misalnya jadwal hari minggu Nyuci baju, bila itu tidak di lakukan pasti repot karena hari senin sudah masuk kerja, terkadang pun pakaian bersih sudah tidak ada ahirnya seragam kerja pun tidak sesuai dg harinya :)

    ReplyDelete
  4. Hidup memang harus ada tujuan dan target supaya lebih terarah dan pencapaiannya bisa di rasakan :)

    ReplyDelete
  5. Setuju, Mbak punya terget itu penting. Apalgi di tengah segala aktivitas yang mesti dikerjakan. Kalau enggak ada target pasti ada yang akan tertunda atau bisa jadi lupa. Apalgi soal target hidup, adanya target bikin kita makin semangat menjalani dan meraihnya

    ReplyDelete
  6. Wah, saya suka lupa target kalau udah nggak tercapai langsung loyo aja

    ReplyDelete
  7. Menentukan target perlu juga memang agar bisa ada tujuan yang hendak dicapai. Siapa tahu malah melebihi target ya

    ReplyDelete
  8. Betuuul mbak, menentukan target itu bikin semuanya bisa terencana dengan baik walau emang kadang suka adda aja yang miss atau terlewat tapi at lleast kita jadi punya guidance what to do next.

    ReplyDelete
  9. Betul banget, dengan adanya target yang jelas, maka akan terus mengingatkan kita untuk mencapainya

    ReplyDelete
  10. Iya dalam kerjaan RT juga harus ditarget yaa. Dalam semua aspek, rasanya memang harus ditarget seperti mba info
    Sukses ya mba

    ReplyDelete
  11. Awalnya saya adalah orang yg takut sekali dgn target. Sampai akhirnya belajar tentang target saat menekuni bisnis online, bahwa target membantu kita mencapai tujuan secara lebih terarah. Ternyata semua yg kita lakukan sehari-hari seperti bekerja, urus anak, memasak, dll pasti menggunakan target, meskipun mungkin secara tdk tertulis.

    ReplyDelete
  12. Makasih sharingnya Mba, aku masih susah untuk nerapin target, mesti bisa nih aku

    ReplyDelete
  13. Jadi, apa targetmu di 2020? Ea

    ReplyDelete