Mengenal istilah influencer

Smartphone dan sosial media

Pada zaman milenial seperti sekarang, sepertinya smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kaum milenial. Malah sempat kepikiran salah satu status teman di medsosnya kalau lebih panik ketinggalan handphone daripada dompet. Bagi para sosial media addict , melihat ulasan, foto, atau video menjadi hal yang sudah biasa. Ada sebagian orang yang menjadikan sosial media sebagai sebuah pekerjaan. Apa saja pekerjaan tersebut, yuk simak

Apa itu influencer?


Influencer atau pemengaruh adalah seorang atau sekelompok orang yang memiliki pengaruh. Influencer bisa seorang selebriti, politikus, atlet, blogger atau seorang ibu rumah tangga.
Biasanya influencer ditunjuk oleh brand atau agensi tertentu untuk mempromosikan produknya atau biasa dikenal dengan endorsment. Untuk menjadi influencer dibutuhkan follower, keaktifan bersosial media, Kebagusan konten, dan ER ( Engagement Rate yang dinilai dari banyak postingan  yang diberi like atau komentar sehingga mampu mewakili bahwa sosial media yang dimiliki dianggap menarik dan berpengaruh)

Influencer dibedakan berdasarkan jumlah followernya antara lain


- Nano Influencer ( kisaran follower  Kurang dari 1000 dan dianggap memiliki keterlibatan lebih dekat dengan followernya)
- Micro Influencer (kisaran follower 1000 - 100.000)
- Makro influencer (antara 100.000 - 1.000.000)
- Mega Influencer (follower diatasi 1.000.000)

Tugas influencer sendiri adalah sebagai bagian pemasaran atau marketing dengan tugas posting konten sesuai dengan keinginan brand dan selanjutnya melaporkan hasil berupa insight atau jumlah like dan komentar yang didapatkan.

Dalam dunia marketing, istilah influencer digital memiliki pengaruh yang cukup kuat dengan didukung mulai bergesernya kepentingan para milenial yang memiliki mobilitas tinggi sehingga membutuhkan informasi yang bisa diakses mana saja dan kapan saja. jadi, tertarik jadi influencer?

6 comments

  1. Wih kalau atta halilintar itu sih super mega proton influencer teladan kita.

    ReplyDelete
  2. Wah, benar-benar informatif sekali kakak. Terima kasih ilmunya ya kakak

    ReplyDelete
  3. kalau sekarang dengar kata influencer, somehow yang terlintas langsung nama Sherly Annavita...

    ReplyDelete