Belajar bisnis bareng Google

Kegiatan google go digital women Will semarang
Women  Will Semarang yang diadakan di Impala Space
Source : IG Digital Bebarengan

Semakin berkembangnya dunia digital memiliki sisi positif dan negatif bagi pelaku usaha. Beberapa lini usaha seperti online shop, makanan cepat saji dan bisnis terkait jasa seperti taksi online dan jasa pemesanan tiket pesawat atau hotel justru semakin bertumbuh dengan semakin berkembangnya dunia digital tapi di lini lain justru menunjukkan kelesuan. Sebagai contoh, beberapa mall baik di Jakarta maupun kota besar lainnya justru gulung tikar karena tak mampu menghadapi persaingan bisnis yang semakin tinggi. Di lain pihak, banyaknya PHK yang terjadi akhirnya memaksa masyarakat bertumbuh dengan mendirikan UKM (Usaha Kecil Menengah). Apalagi ketersediaan aplikasi online yang semakin memudahkan seperti bisnis pesan antar makanan secara online, jasa reparasi online membuat Google Indonesia keinginan memajukan Usaha Kecil. Google Indonesia berinisiatif untuk memajukan UKM dengan programnya yang bertema "Go Digital". Program yang ditujukan untuk pemilik UKM yang ingin produknya dikenal secara luas ini diinisiasi oleh Google karena melihat potensi  pasar yang begitu luas di Indonesia namun belum terkelola secara maksimal karena banyak pelaku usaha terutama kelas menengah yang belum melek digital.

Diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Malang, Lombok, Solo, Palembang, Semarang, Medan dan beberapa kota lainnya pemilik usaha bisa mendaftarkan diri dan memperoleh sertifikat dari Google tanpa dipungut biaya alias gratis. Cara pendaftarannyapun cukup mudah. Hanya dengan mengakses link gapura digital  yang muncul di bawah kolom pencarian google dan mengisi formulir online maka otomatis kita telah terdaftar sebagai peserta setelah mendapatkan email undangan dari google.

Gapura digital Semarang di Citradream hotel
Source : IG digital Bebarengan

Seperti di Kota Semarang, Google membuka beberapa kelas Gapura Digital dari tingkat dasar hingga mahir dan juga kelas women Will yang diperuntukkan bagi wanita yang baru atau sedang merintis usahanya agar semakin berkembang. Diselenggarakan tiap hari Sabtu dan Minggu sepanjang tahun ini, sudah banyak pelaku usaha yang merasakan keuntungan belajar digital bareng Google. Untuk mengikuti kelas ini, peserta diharapkan telah memiliki akun Gmail yang aktif. Ada beberapa tahapan yang bisa dipelajari. Di  tingkat dasar atau kelas Siap Digital, peserta menerima beberapa materi terkait  strategi pemasaran, pengenalan  dan pengembangan bisnis, tren terbaru dan juga beberapa produk Google yang dapat membantu mengembangkan usaha seperti Google Map, Google Bisnisku dan Google Primer. Di kelas lanjutan bernama Handal digital, peserta akan belajar bagaimana membuat website yang efektif, membuat konten dan video produk untuk membangun merk. Di kelas selanjutnya bernama Mahir digital, peserta akan  belajar apa itu SEO, strategi iklan dan semacamnya. Setelah mengikuti minimal 4 kali kelas yang diadakan Google, maka peserta berhak menerima sertifikat dari Google.

Bagi pelaku usaha yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang dunia usaha digital tetapi tak memiliki waktu tak perlu khawatir karena Produk Google seperti Google Primer, Google Analitycs, Google Ads juga bisa dipelajari sendiri dengan mendownload aplikasinya di Playstore. Di Google Primer, pelaku usaha dilatih merancang, mengembangkan dan memasarkan bisnis dengan tahapan yang jelas dan terstruktur serta diberikan bermacam contoh sehingga mudah dipelajari dan diaplikasikan untuk bisnis kita.  Bagi kamu yang tertarik, yuk daftar juga.

5 comments

  1. Waahhh aku tertarik, kelasnya offline ya mba, d mojokerto blm ada sepertnya

    ReplyDelete
  2. Keren mbak. Belum pernah ikut acara seperti ini ^^

    ReplyDelete
  3. Waah
    ternyata kakak pernah ke kelas ini?
    qku pernah sekali, pas materi SEO kayaknya😁

    ReplyDelete