Resep Nasi goreng simpel nan praktis

Nasi goreng adalah salah satu menu praktis yang bisa dibuat sendiri dengan mudah, siapkan bahan-bahan dan begini cara membuatnya!


Cara membuat nasi goreng enak
Resep Nasi Goreng
Gambar : Canva

Di Salatiga yang cuacanya dingin kalau malam, maka kuliner yang mengenyangkan jadi pilihan buat menemaniku yang hobinya kulineran kaki lima. Biasanya kalau perginya sama pak suami, maka menu yang paling sering dicoba adalah nasi goreng. Aku bagikan resep cara membuat nasi goreng yang enak disini. 

Nasi Goreng Yang Enak di Salatiga

Di Salatiga, ada beberapa penjual nasi goreng yang menurutku selalu ramai pembeli dan rasanya nikmat, apalagi jika disantap bareng keluarga, berikut daftar nasi goreng enak di Salatiga

1.Nasi goreng blora

Lokasinya ada di jalan Jensud tepatnya di kanan tanjakan setelah Superindo. Kalau pengen cari nasi goreng yang harganya terjangkau, lebih murah dari tempat lain dan rasanya lumayan disini tempatnya. Di tempat ini, teman-teman bisa memesan nasi goreng dengan isian ayam atau babat iso. Menu lain yang disediakan tempat ini adalah ayam gongso, babat iso gongso, capcay Blora, bakmi goreng dan bakmi rebus. Di sediakan pula menu tambahan seperti teh hangat, minuman jeruk dan kerupuk. Kalau cuaca sedang bagus dan pembeli banyak yang makan di tempat, disediakan tikar tambahan di luar tenda.

2. Nasi Goreng pak Joko

Letaknya di jalan Pattimura persis di depan SMP 4 Salatiga. Super jumbo kalau buatku porsinya dan suwiran ayamnya gedhe-gedhe. Nasi gorengnya lumayan enak tapi menurutku satu porsi nasi goreng yang pak Joko jual bisa untuk makan 2 orang perempuan saking jumbonya ukurannya. Dimasaknya juga menggunakan bara api sehingga meninggalkan kesan khas agak sangit yang justru menambah nikmat makan nasi goreng di tempat ini.

Pak Joko sedang membuat nasi goreng pakai arang
Nasi goreng Pak Joko
Sumber : Twitter Hasbi


3. Nasi Goreng Pak Minto

Di pertigaan Nanggulan yaitu di depan Toko Bahan Roti Cozy terdapat penjual nasi goreng yang menggunakan pikulan dan tenda, namanya Pak Minto. Nasi gorengnya biasanya digoreng diatasi tungku arang jadi memasaknya emang agak lama dan antreannya lumayan banyak.

nasi goreng pak minto
Nasi goreng pak Minto Nanggulan
Sumber : Foursquare Budi Umar

Kalau tempat makan ini ramai, biasanya aku cari tempat lain lagi atau kalau adekku yang lebih suka persen lewat aplikasi pesan antar makanan biasanya di Ranies' kitchen. Tapi kalau lagi bulan puasa gini, pengennya yang seger-seger dan biasanya aku bikin sendiri nasi goreng buat menu sahur biar ceper dan gak ribet. Gampang kok, cuma cari bahan-bahan yang ready di kulkas.

Cara Membuat Nasi Goreng Sendiri Yang Enak dan Simpel

Saat mager keluar rumah atau sisa nasi di rumah masih banyak, salah satu cara menyelamatkan nasi agar bisa habis adalah dengan mengolahnya menjadi nasi goreng, berikut cara membuatnya

Bahan :

  • 2 piring nasi
  • 1 butir telur
  • Ayam goreng, suwir kecil kecil
  • Bakso atau sosis yang tersisa di kulkas (goreng sosis terlebih dahulu ya)
  • 2 sendok makan minyak

Bumbu :

  • 3 siung bawah putih
  • 1 siung bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica
  2. Goreng telur terlebih dahulu sambil orak arik
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, ayam, dan sosis tumis hingga harum
  4. Masukkan nasi, kecap ikan dan kecap manis sambil diaduk agar bumbu merata
  5. Beri garam dan penyedap rasa
  6. Koreksi rasa, jika sudah pas hidangkan
Nah, simpel kan cara membuatnya. Kamu bisa berkreasi dengan mengganti ayam dengan seafood atau iso babat misalnya. Yang pasti, menu ini nolong banget di saat sahur. Yuk coba di rumah..
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Dewi Apriliana
    Dewi Apriliana 28 Mei 2019 19.02

    Enaak nih buat dicoba.
    Dulu saya kuliah disemarang. Seneeng kalau bisnya pas liwat salatiga

Add Comment
comment url