Sunday, May 12, 2019

7 Tips menghilangkan ketombe yang wajib kamu coba


Wanita berhijab dan ketombe
Wanita berhijab
Credits : canva
Cantik itu relatif emang, apalagi buat wanita berhijab sepertiku. Menurutku, kecantikan perempuan bukan hanya dinilai dari keindahan fisik saja, tetapi juga dari akhlak yang terpuji dan kecerdasannya. Akan tetapi sebagai muslimah, selain menempa diri agar baik di mata Allah, kita juga perlu menambah pengetahuan dan menjaga fisik yang dikaruniakan olehNya dengan baik termasuk salah satunya rambut. Bagi wanita yang berhijab, tentu merawat rambut bisa jadi gampang-gampang susah. Lho, kok gampang-gampang susah? Lha iya, lha wong kalau berjilbab wong rambutnya gak kelihatan, kalau sudah gitu, ada yang jadi creambath atau sekedar nyisir aja, akhirnya rambut kesannya jadi dikesampingkan. Padahal kalau sudah gitu, dampak yang muncul bisa beragam. Mulai dari rambut kering, lepek, bercabang, rontok, terlalu berminyak bahkan ketombe.
OMG, ketombe? Lha iya, idealnya buat yang berhijab kita juga perlu memberi nafas buat rambut dengan tidak berhijab selama 24 jam gitu, malah batas idealnya hanya 8 jam. Terus, kalau yang kegiatannya banyak, jadwal padat merayap akhirnya rambut jadi dikesampingkan.

Penyebab ketombe


Sebetulnya, ketombe yang normal merupakan lapisan kulit terluar rambut yang berganti dan kadang menimbulkan sisik dan bisa dihilangkan dengan rajin keramas alias shampoan. Tapi, kadang kulit kepala yang terlalu berminyak dan terpapar debu membuatnya jadi sasaran empuk tempat bertumbuhnya jamur. So, ketombe itu ada yang disebabkan karena proses alami rambut dan ada pula yang disebabkan oleh jamur. Jadi beda kasus, beda pula cara mengatasinya

Cara Mengatasi Ketombe


Bagi kamu yang ketombean, aku bagi tips agar ketombe bisa dicegah atau dihilangkan.

1.  Keramas 2 hari sekali


Agar tetap terjaga kelembabannya, idealnya keramas bisa dilakukan tiap 2 hari sekali bahkan lebih tergantung kebutuhan

2. Memakai kondisioner dengan benar


Kondisioner biasanya dipakad agar rambut kuat, lembut dan gak mudah rontok. Pakailah kondisioner setelah keramas dengan menggunakannya di rambut saja, bukan di kulit kepala. Kulit kepala yang terkena kondisioner akan mudah berminyak dan kotor yang tentunya menyebabkan ketombe.

Rambut sehat, kuat, lembut terurai
Rambut sehat
Credits : canva


3. Gunakan jeruk nipis


Jika ketombemu cukup mengganggu, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Cara pakainya, potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosok-gosokkan di kepala. Tunggu sekitar 10 menit lalu keramas. Lakukan seminggu sekali.

4. Gunakan buah Pace atau mengkudu


Caranya dengan mengupas mengkudu dan mengoleskannya ke rambut. Tetapi biasanya cara ini jarang dilakukan mengingat aromanya yang menyengat.

5. Lidah buaya


Nilai plus lidah buaya, selain membantu mengatasi jerawat. Lidah buaya juga membantu menyuburkan rambut dan membuatnya jadi halus. Cara memakainya adalah dengan mengupas kulit lidah buaya dan menggosokkannya ke kulit kepala dilanjutkan dengan keramas setelahnya.

6. Gunakan shampo anti ketombe yang sesuai jenis rambut kamu


7. Jika ketombemu itu jamur, maka gunakan shampoo anti jamur


Beberapa waktu lalu suami juga pernah ketombean parah dan akhirnya oleh teman apoteker ku disarankan memakai shampo khusus jamur yang mengandung ketoconazole, bahan aktif pembasmi jamur dan Alhamdulilah ketombenya bisa teratasi.

8. Periksakan ke dokter

Jika emang sudah parah banget dan dicoba treatment macem-macem gak ngefek juga, maka segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit yaa karena dokter insyaAllah lebih paham penyebab ketombemu. Jangan sampai dibiarkan karena bisa bertambah parah dan salah-salah bisa bikin rambut rontok.



No comments:

Post a Comment

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts