Jagat App, Aplikasi Live Location, Bisa Pantau HP Hilang

Sudah kali kedua suamiku kehilangan smartphonenya. Kejadian pertamanya dulu disebabkan hpnya terjatuh diantara jalan Salatiga-Semarang. Waktu putar balik untuk mengambil hpnya, ternyata hp tersebut telah raib. Di masa itu, kami belum begitu paham kalau ada aplikasi yang digunakan untuk melacak hp. Selain itu, hpku ketika itu belum support untuk download aplikasi pelacak hp. HP kentangku waktu itu memang belum proper untuk download banyak aplikasi. Kali kedua, hampir sama kejadiannya. HP yang dia kantongi di saku celana terperosot tanpa ia sadari. Ketika sampai ke toko kami, beliau baru sadar kalau hpnya tidak ada di saku. 

Jagat App, aplikasi live location yang bisa pantau hp hilang
Aplikasi live location, Jagat App ini juga bisa dimanfaatkan untuk memantau lokasi hp hilang dan lokasi pasangan

Buru-buru suami pulang, tidak jadi membuka toko. Ketika sampai rumah dan memberi kabar, bergegas aku download aplikasi pelacak lokasi. Sayangnya, usaha tersebut sia-sia. HPnya tidak bisa dilacak lewat laptop, menggunakan google my finderpun bisa dibilang sia-sia karena beliau lupa password akun googlenya. Dengan segenap kemampuan, aku mengunduh beberapa aplikasi, namun sayangnya hp tersebut sudah tidak ada di lokasi. Sama dengan kehilangan sebelumnya, hp berpindah tangan begitu cepat, ketika ditelepon ataupun dicek lokasi, hp tersebut sudah tidak aktif lagi. Hmm, pelajaran berharga, memang ada baiknya kami menginstal sebuah aplikasi yang membuat kami sekeluarga saling bertaut. Andaikan waktu itu kami sudah kenal Jagat App, huhuhu

Kenalan Sama Jagat App,  Aplikasi Share Loc Sekaligus Social Map 

Aku berkenalan dengan Jagat App di Google play. Jagat App adalah aplikasi pelacak lokasi pasangan, teman saudara sekaligus berfungsi sebagai social map. Hampir mirip dengan Zenly, aplikasi sebelum Jagat yang baru saja tutup aplikasi di bulan Februari 2023, Jagat App sebagai pengganti Zenly berperan sebagai sosial media yang menghadirkan kesan berbeda dengan aplikasi sosial media yang sudah ada. Dirancang oleh PT. Avatara Jagat Nusantara, ketika teman-teman mencobanya, aplikasi ini bisa terbilang unik. Memadukan share map seperti di google map, namun terkoneksi dengan banyak teman dalam dunia atau kegemaran yang sama.  

Fitur-fitur Unik Jagat App, Membuat Aplikasi Ini Semakin Istimewa

Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan aplikasi Jagat ini. Mulai dari fitur planet, live location, Cheers hingga NOW

fitur-fitur yang tersedia di jagat app
Banyak fitur menarik yang ditawarkan aplikasi Jagat, selain mudah pengoperasiannya, aplikasi ini menawarkan cara bersosial media dengan cara yang unik

Location Sharing

Fitur utama dari Jagat App ini adalah map pelacak lokasi yang membuat kita bisa mengetahui lokasi dan gerak teman kita secara real time. Kalian yang biasa menggunakan aplikasi ojek online atau online buyer toko oren itu pasti tidak asing dengan fitur pelacak lokasi ini. Dengan fitur ini, kita juga bisa memantau pasangan berapa lama berhenti di suatu lokasi, memperkirakan kapan teman kalian akan sampai di lokasi tujuan, hingga mengamati berapa persen daya baterai handphone teman yang masih tersisa secara real time. Bagi kalian yang ragu memberikan atau menunjukan live location sharing kalian, Jagat juga menyediakan ghost mode sehingga posisi kita tidak ditampilkan di aplikasi.

Planet

Nah, bagi kalian yang gemar mencari teman baru, Jagat App juga menyediakan fitur planet dimana pengguna bisa bergabung dan mengumpulkan foto-foto dengan hastag yang sama seperti misalnya hastag #Foodies, #Planet Event hingga #Cat Lovers. Dengan demikian, kalian yang memiliki kegemaran atau hobi yang sama bisa berkumpul, membagikan foto dan mengadakan event bersama dengan sesama anggota komunitas.

Cheers Feature

Cheers merupakan sebuah fitur pencari teman. Dengan menekan button invite/undang , maka pengguna akan diarahkan menambah teman dari kontak, share ID, share kode QR hingga fitur cheers ini. Cheers ini bisa dilakukan dengan berhadap-hadapan atau dalam jarak dekat dalam radius sekitar 50 meter dari lokasi.

Fitur  NOW

NOW adalah fitur dimana kalian bisa upload foto atau video secara real time. Gampangnya, NOW ini kayak Instagram story. Ketika kalian nemuin postingan NOW, kalian bisa melihat visualisasi foto atau video yang dibagikan sekaligus menemukan penggunanya. Di fitur tersebut kalian bisa menanggapi atau memberikan react emoji, memberikan komentar, menyimpan image hingga meneruskan link foto yang dibagikan ke sosial media lain seperti whatsapp, facebook, Instagram maupun X.

Lifetime Footprint

Bagi kalian yang hobi traveling, fitur ini bisa kalian manfaatkan untuk menandai lokasi di berbagai belahan tempat yang pernah kalian kunjungi. Seru bukan?

Kelemahan dan Kelebihan Jagat App

Dari pengalamanku beberapa waktu menggunakan Jagat App ini, aku jadi merasa terbantu untuk
Terhubung dengan keluarga dan mengetahui posisi terkini mereka tanpa repot menanyakan, melacak posisi hp ketika lupa meletakkan, menemukan cara berbagi dan berteman dengan suasana yang lebih seru dan menantang serta bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minatku. Namun kelemahan aplikasi ini, karena tetap bekerja di latar belakang, aplikasi ini lumayan menyedot kuota dan daya baterai. Saranku sih, semoga aplikasi ini bekerja lebih efektif sehingga bisa menghemat daya baterai. Dengan berbagai manfaat yang ada di aplikasi ini, aku berharap akan lebih banyak lagi yang menggunakan aplikasi ini sehingga kita bisa berbagi banyak hal yang bermanfaat ke lebih banyak orang di belahan dunia.

Cara Menggunakan Aplikasi Jagat

cara menggunakan aplikasi jagat
Sign up bisa dilakukan dengan akun gmail atau facebook kalian, nyalakan GPS dan ijinkan aplikasi berjalan di latar belakang, atur mode, kemudian temukan tantangan!

  • Download aplikasi Jagat di Google play untuk pengguna android dan di Appstore untuk pengguna IOS. Kalian bisa search via aplikasi di atas atau melalui link berikut
  • Lakukan pendaftaran atau sign up. Bisa menggunakan akun gmail maupun facebook kalian
  • Isikan identitas yang diminta, username dan jenis kelamin
  • Ijinkan aplikasi berjalan di latar belakang, aktifkan juga GPS dan ijinkan GPS berjalan sepanjang waktu
  • Pilih mode yang akan digunakan. Jika kalian ingin menggunakan aplikasi ini secara privat dan hanya membagikan apa yang sedang kalian lakukan ke teman tertentu, pasangan atau keluarga, sebaiknya aktifkan Mode Hantu. Namun jika ingin berbagi ke banyak orang, abaikan dan teruskan ke pengaturan selanjutnya
  • Tambahkan teman, baik melalui QR code, ID sharing ataupun melalui fitur cheers
  • Aktifkan radar, temukan berbagai hal menarik melalui fitur-fitur yang bisa kalian coba di kanan atas layar
  • Ingin profil atau visualmu dilihat lebih banyak orang, bagikan postingan foto atau video pertamamu lewat fitur NOW
  • Kamu akan mudah memantau live location pengguna lain yang sudah terhubung dengan akunmu
Nah, menurut kalian bagaimana teman-teman? Menarik bukan aplikasi Jagat ini? Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut perihal aplikasi Jagat ini, silahkan kunjungi officialnya ya di
Instagram     : @Jagatapp_id
Tiktok          : @Jagatapp_id
Website        : https://www.jagat.io/ atau blog.jagat.io

Selamat Mencoba!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url