7 Wisata Religi di Turki, Liburan Muslim Jelang Ramadan!

Pinjaman uang bisa menjadi salah satu sumber dana untuk berlibur ke luar negeri. Salah satu opsi destinasi yang menarik untuk dikunjungi adalah Turki. Selain karena kotanya yang indah, Turki juga diketahui berperan penting bagi sejarah peradaban Islam yang istimewa.

wisata religi di turki menjelang ramadhan, hagia sophia

Dahulu, Republik Turki merupakan wilayah kekuasaan Ottoman Empire, atau yang dalam sejarah Islam dikenal sebagai Kekhalifahan Utsmani. Kekhalifahan ini pernah menjadi salah satu pusat pemerintahan Islam yang paling disegani, bahkan di seluruh dunia pada masa itu.

Nikmati Liburan Islami dengan 7 Wisata Religi Turki

Selain menjadi waktu khusus untuk fokus beribadah, Ramadhan juga banyak dimanfaatkan oleh warga muslim untuk berlibur dan berwisata religi. Tertarik berlibur ke Turki bersama keluarga? Jika iya, sebaiknya siapkan budget liburan minimal sebesar Rp100-300 juta, untuk keperluan tiket perjalanan, akomodasi, konsumsi, transportasi di Turki, dan lain sebagainya.

Apabila menggunakan dana pinjaman, sebaiknya pilihlah yang memiliki bunga pinjaman bank rendah.  Setelah dana terkumpul dan Anda siap berkunjung ke Turki, jangan lupa kunjungi 7 destinasi berikut ini:

Masjid Selimiye

Sekitar 260 km di barat laut Istanbul, tepatnya di kota Edirne, Anda dapat mengunjungi Masjid Selimiye. Salah satu keunikannya yaitu masjid ini dikenal sebagai bangunan dengan menara tertinggi di dunia setelah Menara Othenar India.

Sesuai namanya, masjid berarsitektur megah ini dibangun atas perintah Sultan Selim II, sejak tahun 1568 hingga 1574. Sebagai bagian dari kompleks masjid peninggalan Kesultanan Utsmaniyah, Masjid Selim di Edirne bahkan pernah ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2011.

Masjid Fatih

Selanjutnya, ada Masjid Fatih yang biasa juga disebut sebagai Masjid Penakluk atau Masjid Kemenangan Istanbul. Masjid ini juga merupakan salah satu peninggalan dari Kekhalifahan Utsmaniyah yang dibangun pada tahun 550, tepat di situs bekas Gereja Para Rasul Suci (The Church of the Holy Apostles).

Dari segi arsitektur, bangunannya mencerminkan perpaduan antara seni arsitektur Islam di Istanbul dengan representasi gaya Turki yang klasik. Kini, kompleks Masjid Al-Fatih telah berkembang menjadi pusat berbagai kegiatan masyarakat setempat.

Masjid Sulaimaniyah

Masih dari peninggalan Kekaisaran Ottoman atau Utsmaniyah, berikutnya ada Masjid Sulaimaniyah, salah satu masjid terbesar dan tertua di Istanbul. Masjid megah ini sudah dibangun sejak 5 abad lalu, dan dikenal sebagai salah satu landmark dari Kota Tua Istanbul, Turki.

Masjid ini dibangun di bawah pimpinan Sultan Sulaiman I. Terletak tepat di atas bukit belakang Universitas Istanbul, Masjid Sulaimaniyah kini juga difungsikan sebagai rumah sakit, sekolah, universitas, hingga dapur bagi warga yang membutuhkan.

Masjid Biru

Kemudian ada Masjid Biru (Blue Mosque), salah satu tempat wisata religi yang sampai sekarang masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah, sehingga para pengunjung wajib mengenakan pakaian tertutup dan penutup kepala bagi wanita. Seperti 3 masjid di atas, masjid ini juga adalah peninggalan Kesultanan Utsmaniyah.

Sesuai namanya, arsitektur dari Masjid Biru dilengkapi oleh lantai berwarna biru yang indah dan elegan. Selain itu, dari seluruh masjid peninggalan Kekaisaran Ottoman lainnya, masjid inilah yang halamannya paling besar.

Istana Topkapi

Selain masjid, Anda juga bisa mengunjungi Topkapi Palace, sebuah istana di Istanbul Turki yang dahulu merupakan kediaman resmi Kesultanan Utsmaniyah hingga 600 tahun. Selain sebagai tempat tinggal, dahulu istana ini juga digunakan sebagai tempat mengadakan acara kenegaraan serta berbagai hiburan kerjaan.

Sekarang, Istana Topkapi telah dijadikan sebagai museum yang berisi berbagai peninggalan penting dari sejarah Islam, termasuk jubah dan pedang Nabi Muhammad. Selain itu, istana ini juga dikenal sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Hagia Sophia

masjid hagia sophia turki

Berkunjung ke Turki rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi Hagia Sophia. Dahulu masjid berarsitektur indah nan megah ini merupakan sebuah katedral, salah satu bangunan gereja paling penting dalam sejarah Kekaisaran Bizantium Roma.

Selain Katolik Roma, masjid ini juga pernah menjadi gereja bersejarah bagi umat Kristen Ortodoks Yunani. Setelah penaklukan Konstantinopel oleh Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1453, Hagia Sophia akhirnya difungsikan sebagai masjid.

Museum Mevlana

Pernah mendengar nama Jalaluddin Rumi? Beliau merupakan salah seorang tokoh sufi Islam yang terkenal. Adapun Museum Mevlana adalah tempat tinggal sekaligus makam Jalaluddin Rumi, yang hingga kini rutin dikunjungi sebagai tempat ziarah.

Ciri khas arsitektur bangunannya ditandai dengan kerucut dari keramik berwarna hijau kebiruan di bagian tengah, dikelilingi oleh kubah-kubah bundar. Di dalamnya, terdapat tempat berwudhu yang segar, kuburan Rumi, kuburan para murid beserta putranya, hingga berbagai koleksi syair karya Sang Sufi Jalaluddin Rumi.

Kunjungi Destinasi Wisata Religi Turki dengan KTA

Berlibur ke Turki memang butuh biaya yang tidak sedikit, mulai dari kebutuhan untuk transportasi hingga akomodasi. Sebagai solusi untuk mengunjungi destinasi favorit, Anda dapat memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan bunga pinjaman bank rendah dari DBS KTA.

Dengan memanfaatkan produk pinjaman dari DBS KTA, Anda dapat memperoleh total pinjaman hingga Rp300 juta tanpa jaminan dengan bunga flat mulai 0,88% per bulan, dan tenor hingga 36 bulan. Approval-nya juga sangat singkat, hanya butuh 3-5 hari kerja dengan persyaratan sederhana, sama sekali tidak memerlukan dokumen fisik.

Untuk mengajukan pinjaman, Anda hanya perlu berdomisili di area Jabodetabek, memiliki  e-KTP & NPWP, berpenghasilan minimum Rp5 juta per bulan, serta kredit di bank lain minimal Rp10 juta. Kunjungi https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page  sekarang, dan segera dapatkan pinjaman uang untuk berwisata religi di Turki!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url