Punya Hobi Musik? Miliki Studio Musikmu Sendiri di Rumah!

Jika kamu memiliki hobi musik, tentu memiliki studio musik sendiri di rumah akan sangat menyenangkan. Tentu kamu dapat bermain dan berlatih musik dengan lebih leluasa karena tidak perlu menyewa studio musik yang tentunya sangat terbatas. 

instrumen di studio musik
ruangan yang kedap suara, atap yang rendah di studio musik membuat noise bisa dikurangi dan musik bisa dinikmati dengan baik. imaged by pexels

Tidak perlu khawatir soal budget, karena kamu bisa menggunakan pengajuan kta online untuk membeli alat-alat di dalam studio milikmu. Sehingga mimpi memiliki studio sendiri pun bisa segera kamu wujudkan. 

Studio musik dapat dijadikan sebagai ruang personal yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu berkreasi dengan alat-alat musik dan mengeksplorasi kemampuan bermusik kamu. 

Namun perlu kamu ingat, alat musik yang kamu miliki juga harus disimpan di tempat yang tepat agar terhindar dari air atau kotoran agar tetap dalam kondisi prima. Lalu bagaimana caranya untuk membuat studio musik yang bagus? Simak selengkapnya di bawah ini. 

3 Tips Membuat Studio Musik di Rumah

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan jika ingin membuat studio musik di rumah : 

Gunakan Ruangan Tak Terpakai di Rumah

Kamu perlu menyiapkan ruangan yang sekiranya tak terpakai yang ada di dalam  rumah untuk diubah menjadi studio musik pribadi. Usahakan untuk memilih ruangan yang paling sedikit diakses dan dilewati oleh anggota keluarga. 

Selain itu, pastikan ruangan tersebut memiliki ukuran yang cukup untuk menyimpan semua alat musik yang dimiliki dan dapat digunakan untuk berlatih. Untuk membuat kualitas suara yang dihasilkan lebih maksimal, kamu dapat membuat atap ruangan tersebut lebih rendah. 

Kamu juga perlu memastikan akses listrik dalam ruangan stabil dan tidak mengganggu kondisi listrik ke ruangan lain. 

Buatlah Ruangan Menjadi Kedap Suara

Pada saat digunakan, studio musik tentu akan menghasilkan suara yang cukup keras. Agar tidak mengganggu anggota keluarga lain yang ada di rumah, kamu perlu melapisi dinding studio menggunakan alat peredam suara. 

Terdapat banyak jenis peredam suara yang beredar di pasaran. Semakin bagus bahan yang digunakan, maka semakin baik pula dalam meredam suara dari ruangan tersebut, 

Menata Alat Musik 

Agar studio musik kamu terasa nyaman dan terlihat rapi, kamu perlu menata alat musik dengan baik dan rapi. Ada baiknya kamu menaruh alat musik di bagian pojok ruangan. Jangan lupa untuk memberikan ruang gerak bagi kamu atau orang lain yang berkunjung. 

Selain alat musik, kamu dapat melengkapi studio musikmu dengan berbagai pilihan furniture yang cocok dan tentunya fungsional. Buatlah ruangan senyaman mungkin dan tambahkan pernak-pernik lain yang sekiranya cocok dengan konsep studio musik yang kamu inginkan. 

Alat Musik yang Wajib Dimiliki di Studio Pribadi

Setelah mengetahui tips membuat studio musik sendiri di rumah, kini kamu perlu mengetahui alat musik esensial apa saja yang harus ada di studio pribadi milikmu. Simak ulasannya di bawah ini.

Perkusi

Instrumen dasar yang perlu kamu miliki untuk menciptakan beat atau irama pada musik adalah alat perkusi seperti drum atau cajon. Kamu dapat membeli satu set drum yang terdiri dari cymbal, snare, hi-hats, toms, dan kick. Atau jika kamu ingin menciptakan musik akustik, kamu dapat menggunakan cajon.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, bahkan saat ini sudah ada drum elektrik yang ukurannya lebih kecil. Drum semacam ini akan menghasilkan suara sintetis yang dapat diganti sesuai keinginan. 

Gitar

Alat musik satu ini menjadi salah satu yang paling wajib berada di studio musik pribadi milikmu. Kamu dapat menyediakan gitar elektrik dan gitar akustik untuk menghasilkan instrumen yang berbeda. 

Cukup banyak merek gitar terkenal yang dapat kamu pilih. Tentu harganya pun sangat beragam dan sebanding dengan kualitas suara yang dihasilkan. 

Bass Gitar

Secara bentuk, bass gitar memang menyerupai gitar pada umumnya. Namun alat satu ini akan memberikan irama dasar pada beat musik. Suara yang dihasilkan akan terdengar berat. Cara memainkan alat ini yaitu dipetik. 

Keyboard

Layaknya piano, keyboard merupakan versi modernnya yang memiliki sound bank yang sangat beragam sehingga dapat dimainkan pada berbagai jenis musik. Ukurannya pun sangat beragam sehingga lebih fleksibel untuk disimpan di studio dengan ukuran yang minimalis. 

Setiap aturan memiliki jumlah tuts dan jangkauan tangga nada yang berbeda. Kamu dapat menemukan berbagai merek keyboard yang terkenal. 

mikrofon silver
mikrofon silver. imaged by pexels

Microphone

Di dalam studio musik tentu diperlukan kualitas microphone yang baik. Tentu untuk menghasilkan suara vokal yang baik. Dengan menggunakan microphone yang berkualitas, tentu akan mendukung suara vokalis menjadi lebih merdu dan tidak tertutupi oleh instrumen musik lainnya. 

Sound System

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah menyediakan sound system yang berkualitas. Mulai dari kabel hingga speaker. Sound system yang berkualitas tentu akan membuat instrumen musik terdengar lebih merdu. 

Untuk membuat studio musik yang nyaman dan berkualitas, kamu akan membutuhkan dana sekitar Rp100 hingga Rp200 juta rupiah. Biaya tersebut termasuk renovasi ruangan hingga pembelian alat-alat musik. 

Buat Studio Musik Pribadi Pakai Pengajuan KTA Online

Kamu dapat membuat studio musik sendiri di rumah dengan mengajukan kta bunga rendah dari digibank KTA. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  • Proses Online 24 Jam
  • Approval 60 Detik
  • Dana Cair Hingga 200 juta
  • Atur Jumlah Pinjaman Sendiri
  • Tenor Cicilan hingga 36 bulan
  • Tidak Perlu Dokumen Fisik, hanya perlu menyiapkan e-KTP dan NPWP.
  • Persyaratan yang Mudah

Bila akan mengajukan pinjaman, kamu hanya perlu pastikan e-KTP berdomisili Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang dan mempunyai penghasilan minimal 5 juta Rupiah.

Ketahui cara ajukan pinjaman ini, dengan akses laman berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan. Segera lakukan pengajuan KTA online dari digibank KTA dan wujudkan keinginan miliki studio musikmu sendiri di rumah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url