NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Review Shampo Wardah Anti Ketombe Dengan Scalpcare Technology

Masalah utama yang sering dihadapi wanita berhijab adalah rambut rontok dan berketombe. Terlebih jika dalam jangka waktu lama tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik, rambut jadi mudah lepek dan berminyak. 

review wardah anti dandruff
Wardah sampo anti ketombe dan rambut rontok

Aku mulai mengalami masalah ketombe dan rambut rontok setelah bekerja. Alasannya karena selama hampir 10 jam di luar rumah aku memakai hijab. Bukan salah hijabnya sih, tapi semenjak memakai hijab aku jadi sedikit abai urusan rambut. Toh enggak terpapar debu dan paparan sinar matahari langsung, begitu pikirku waktu itu. 

Pikiran tersebut ternyata salah, justru karena menggunakan hijab kita perlu lebih perhatian kepada mahkota kita. Kulit kepala yang lembab menyebabkan terganggunya keseimbangan microbacteria dalam kulit kepala sehingga menyebabkan berbagai masalah rambut. Seringkali kulit kepala jadi kering, rambut rapuh dan mudah patah, berketombe dan rontok. Agar rambut tetap terjaga kesehatannya, dibutuhkan perawatan rambut intensif sesuai dengan jenis rambut berhijab.

Tips Agar Rambut  Bebas Ketombe dan Rontok Meski Pakai Hijab

Agar rambut tetap sehat, tidak rapuh dan bebas ketombe, ada beberapa kiat yang bisa teman-teman ikuti

1. Keramas Minimal 2-3 X Seminggu

Agar rambut tetap bersih dan sehat, usahakan untuk mencuci rambut minimal 2-3x seminggu. Jika terbiasa keramas setiap hari, pilih merk shampo yang terpercaya dan bisa menjaga kelembaban kulit kepala dengan baik sehingga rambut tidak mudah rontok, rapuh dan kering

2. Jika Memungkinkan, Gunakan hijab maksimal 12 jam sehari

Aktivitas yang padat dan seharian mengenakan hijab membuat rambut kehilangan air dan kulit kepala terasa berminyak karena keringat. Untuk menjaga sirkulasi udara dan mencegah rambut jadi lepek, usahakan segera melepas jilbab ketika sampai di rumah. Jika memungkinkan, hindari mengenakan hijab lebih dari 12 jam sehari

3. Tidak Mengenakan Hijab Saat Rambut Basah

Mengenakan hijab saat rambut basah akan membuat rambut lembab dan berbau. Untuk mengatasinya, cucilah rambut ketika tidak ada aktivitas mendesak. Keringkan rambut dengan hair dryer bersuhu rendah untuk mengatasi rambut kering.

4. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Agar rambut tetap sehat dan tidak mudah rontok, hindari mengikat rambut terlalu kencang. Berilah istirahat kulit kepala dengan membuka ikatan rambut saat di rumah.

5. Hindari Menyisir Rambut Saat Rambut Masih Basah

Menyisir rambut setelah keramas justru memicu kerontokan rambut lebih banyak, untuk menghindarinya sisirlah rambut setelah agak kering.

6. Lakukan Perawatan Rambut Rutin

Agar kulit kepala tetap sehat dan bebas ketombe, lakukan perawatan rambut rutin. Teman-teman bisa menggunakan jasa perawatan rambut atau melakukannya sendiri di rumah. Gunakan vitamin atau masker rambut 1-2x sebulan. 

7. Pilih Shampo dan Perawatan Rambut Yang Tepat

Agar rambut bebas ketombe dan rontok, pilih shampo, conditioner dan masker yang sesuai dengan jenis rambut kamu. 

Masalah Ketombe Dan Shampo Wardah Anti Dandruff 

Memilih shampo memang gampang-gampang susah. Pernah, karena rambutku gampang berketombe aku mencari shampoo anti ketombe yang klaimnya bagus untuk rambut. Ketombe sendiri ada yang disebabkan kulit kepala terlalu kering atau memang karena bakteri atau jamur, sementara beberapa kali mencoba shampo anti ketombe yang ada justru muncul masalah baru. Ketombe teratasi, kulit kepala justru jadi kering, rambut rapuh dan mudah rontok. Aku sampai googling artikel tentang cara mengatasi rambut rontok berlebihan, tetapi isinya kurang lebih seperti yang aku tuliskan di atas. 

Ada beberapa faktor penyebab rambut rontok parah, antara lain pengaruh hormon ketika melahirkan, stress, kurang nutrisi, ketombe, efek kimia obat-obatan kemoterapi atau karena shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut. Oleh karena itu, aku berusaha selektif memilih shampo anti ketombe yang bagus buat rambutku.

Saat Wardah meliris shampoo hijabnya, aku penasaran namun baru kesampaian sekarang mencobanya. Ada 4 varian produk Shampoo Wardah yang bisa disesuaikan jenis rambut seperti 

Wardah Hairfall Treatment Shampoo 

Shampoo Wardah ini memiliki kandungan ginseng, rosemary extract dan keratin untuk mengurangi rambut patah. Wardah, as The Real Hijab Shampoo Expert ini juga mengklaim produknya menggunakan Scalp Care Technology yang menjaga keseimbangan micro bacteria pada kulit sehingga kulit kepala tetap sehat sehingga terbebas dari bau, rasa gatal, lepek dan rontok. Varian ini juga telah dilengkapi dengan formula yang mengandung Amino Micellar Cleansing dan natural antibacterial yang menjadikannya sebagai sebagai shampo penghilang gatal dan pencegah kerontokan terbaik di kelasnya.

Wardah Anti Dandruff Shampoo 

Wardah shampo berbahan peppermint extract, tea tree oil dan double zinc active ini efektif untuk mengatasi ketombe yang mengganggu kenyamanan dan terkadang menyebabkan gatal di kulit. 

Wardah Nutri Shine Shampoo

Nutrishine shampoo ini memiliki kandungan argan oil, grapseed extract dan ceramide untuk mengatasi rambut kusam dan kering. Untuk kamu yang sering melakukan catok, bleaching atau mengenakan cat rambut bisa banget dirawat dengan wardah nutrishine shampo.

Wardah Daily Fresh Shampoo 

Wardah Daily Fresh Sampo ini berbahan aloe vera extract, seaweed extract dan wheat protein yang bisa digunakan setiap hari agar rambut tetap segar dan lembut.

varian sampo wardah
4 varian shampoo Wardah,
Kiri ke Kanan, Daily Fresh, Hairfall Treatment, Nutri Shine, Anti Dandruff

Karena kulit kepalaku mudah berminyak dan berketombe, aku mencoba varian Shampoo Wardah Anti Dandruff, yang dikhususkan buat mereka yang mengalami masalah rambut berketombe. Sengaja aku pilih produk dari Wardah ini karena produknya terkenal dengan label halalnya. Biar kalian tahu lebih banyak, yuk kita review varian Anti Dandruff ini.

Review Wardah Anti Dandruff

wardah anti ketombe
Wardah anti Dandruff Shampoo, untuk rambut berketombe dan rontok

Wardah berusaha memahami kebutuhan wanita berhijab dengan mengeluarkan beberapa produk body care seperti shampo, sabun cair, minyak zaitun, body scrub, parfum dan deodorant. Nah, buat kamu yang punya masalah ketombe dan rambut rontok, simak review berikut sebelum membeli

Packaging

packaging shampoo wardah
Packaging shampo Wardah dan teksturnya

Kemasan Wardah Anti Dandruff shampoo ini berwarna biru dengan tutup botol fliptop berwarna putih. Terdapat informasi terkait fungsi produk, bahan utama dan komposisi yang terkandung, cara pemakaian, kode BPOM NA18171002274 dan label halal MUI. Kemasannya cukup langsing dan mudah digenggam, akan mudah jika nanti dimasukkan tas saat traveling

Klaim


Shampo buat ketombe ini klaimnya mengandung TTO dan peppermint extract yang memberikan sensasi dingin dan menyegarkan sekaligus anti bacteri, tea tree oil yang membantu mengatasi ketombe dan double zinc active untuk melindungi dari ketombe dengan mengontrol sebum/ minyak, menyerap bau tak sedap dan anti bakteri.

Wardah juga melengkapi komposisinya dengan Scentlock fragrance yang mengunci kesegaran dan wangi agar tahan lama

Komposisi

Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Dimethicone, Glycol Distearate, Sodium Lauryl Sulfate, Sodium Chloride, Fragrance, Polyquaternium-10, Cocamidopropyl Betaine, DMDM Hydantoin, Zinc Pyrithione,Zinc PCA, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Disodium EDTA, Glycerin, Mentha Piperita (Leaf) Extract, Zinc Oxide, Polysorbate 60, Acrylates Copolymer , Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Potassium Sorbate , Sodium Benzoate, Laureth-23, Laureth-3,Propylene Glycol.

Petunjuk Penggunaan

Basahi rambut kemudian tuangkan shampoo ke tangan. Pijat lembut kulit kepala dengan shampo Wardah. Bilas hingga bersih. Jika dibutuhkan, tambahkan kondisioner untuk menjaga kelembaban rambut dan mencegah rambut bercabang.

Review Keseluruhan

Menurutku, Wardah terbilang berani meliris produk shampo penghilang ketombe dan mengklaim produknya bagus untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe bagi wanita berhijab. Kemasan Shampo Wardah Anti Dandruff ini lumayan eye-catching, berwarna biru tosca mirip skincare brightening seriesnya. Ketika dituangkan ke tangan teksturnya agak kental, sama seperti shampo pada umumnya namun aroma wanginya seger, seperti bunga chamomile namun creamy. 

wardah shampo hijab series
Wardah Shampo Hijab Series dengan Scalpcare Technology

Meski mengklaim sebagai produk shampo tanpa SLS, namun busa yang dihasilkan shampo Wardah ini masih tetap banyak. Mungkin karena ada komposisi SLES yang tercantum dalam kemasan. Saat penggunaan, rambut terasa lebih halus dan aroma wanginya masih terjaga meski sudah berwujud busa.

Setelah keramas dan rambut kering, aku merasakan kalau kulit kepalaku terasa bersih dan sejuk dan tidak sekering biasanya. Rambut juga terasa halus dan lembut, tidak terlalu mengembang namun tidak lepek. Biasanya sih rambutku mengembang karena efek shampo yang benar-benar membuat kulit kepala kering. Aroma wanginya juga tahan lama. Kalau dari segi kerontokan rambut, aku belum benar-benar yakin sih, tapi semoga ulasanku  tentang shampo wardah anti ketombe di atas membantu teman-teman memahami produknya.

Harga dan Tempat Pembelian

Shampo Wardah ini dibanderol seharga 25.000 rupiah dan dapat dibeli di minimarket, swalayan maupun marketplace. Buat kalian yang ingin mengetahui informasi lebih banyak tentang shampo Wardah anti ketombe ini, silahkan kunjungi web atau media sosialnya yaa.
Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 39 Comments:

  1. Bener sekali kak Masalah utama yang sering dihadapi wanita berhijab adalah rambut rontok dan berketombe, sayapun begitu kak. Untung Ada shampoo Wardah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya kak, sekarang Wardah scalpcare technology ini udah bisa ngatasin masalah ketombe dan rambut rontok. Kimianya aman

      Hapus
  2. harumnya shampoo wardah hmmm. jadi senang nyiumnya, ringan juga di rambut, sy juga menggunakan produk wardah yang lain lo, memang wardah cocok di kulit saya

    BalasHapus
  3. Problemku juga, rambut rontok. Kalau ini bisa digunakan setiap hari berarti ya. Aku ngga pede soalnya kalau keramas enggak setiap hari. Dan masih PR banget buat ngga langsung pakai hijab pas rambut basah. Soalnya sering buru2 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, akupun terkadang masih melakukannya kalau terburu-buru dan sorenya gak sempat keramas

      Hapus
  4. Shampoo wardah ini mudah dibeli di beberapa supermarket ya mbak. Saya sering menemukan produk ini kalau lagi ke supermarket dekat rumah. Memang sebagai wanita berhijab kita harus aware dengan rambut

    BalasHapus
  5. Sampo wardah ini cocok banget buat rambutq kak, ketombeq juga berkurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak, terbukti efektif berarti kan ya?

      Hapus
  6. Saya juga pakai dong Wardah Shampoo. Bukan cuma buat ngillangin ketombe aja tapi juga bikin rambut jadi lembut dan wangi banget.

    BalasHapus
  7. Berhijab memang rawan ketombean. Saya juga kena. Produk Wardah ini ada scalpcare-nya. Jadi perawatannya lebih menyeluruh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, apalagi buat iklim tropis seperti Indonesia ya. Alhamdulillah tambah lengkap kandungannya

      Hapus
  8. Itu produk baru dari wardah ya mbak kok baru tau soalnya apa udah dari dulu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama sih kak produknya, cuma ini ada pengembangan teknologinya. Sekarang dengan scalpcare technology yg ampuh mencegah rambut rontok

      Hapus
  9. Suka sama produknya wardah karena selalu memberikan inovasi terbaiknya terutama untuk solusi wanita berhijab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, ngertiin banget kebutuhan wanita berhijab ya..

      Hapus
  10. Nah. bener banget. Kadang karena pemikiran bahwa rambut nggak terpapar sinar matahari dan debu-debu langsung karena tertutup hijab, kita jadi menyepelekan. Terus abai sama masalah perawatan rambut.

    Kita lupa kalau masalah rambut bukan hanya kotor oleh debu saja. Duh, Yuni minta dijitak nih.

    Mau nyobain shampo wardah lah. Biar ketombeku berkurang. Syukur-syukur bisa ilang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, bener banget mba Yuni. Kadang sel kulit mati, jamur atau keringat bisa memicu ketombe

      Hapus
  11. Waaaaaah, Wardah ada series shampo khusus hijabers. Penasaran sama aromanya. Pasti enak.

    BalasHapus
  12. Nggak berjilbab kalau rambut basah...ini yang selalu dilakukan istri saya. Well ternyata bener udah 😁

    BalasHapus
  13. Saya setelah pakai hijab juga sering abai urusan rambut mbak. Termasuk jarang sisiran hehehe... Padahal walau tertutup, rambut juga mesti tetap di rawat ya.

    BalasHapus
  14. Dah lama gak liat2 wardah, ternyata kemasannya ganti ya lebih modern

    BalasHapus
  15. aku tuh kebiasaan kalau rambut basah suka langsung kerurudngan, makanya jadi ketombean ya. gpp lah ya, keramasa yang rajin aja pake shampo wardah anti ketombe, beres, hehehe

    BalasHapus
  16. Menggunakan shamppo Wardah anti ketombe terasa nyaman di kulit kepala

    BalasHapus
  17. Ketombe tuh jadi masalah paling sering nih di aku. Boleh juga coba Wardah ya. Makasih infonya Mba

    BalasHapus
  18. Kalau untuk rambut lepek bisa kan

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Bisa banget koh buat rambut lepek, biasanya karena minyak berlebih kan ya..buat pria juga bisa..

      Hapus
  20. Aman..sudah terdaftar di BPOM... hmmm ... bisa dijadikan referensi ke pasangan ini.. secara rambutnya juga sering rontok... tfs kak...

    BalasHapus
  21. Aku kudet ya mbak, aku baru tahu kalau ada shampo wardah loh hehe penasaran sama wanginya mbak

    BalasHapus
  22. Produk Wardah udah lama ni terkenal, cuma kebetulan blom pernah make .. yang anti ketombe ini pas buat kakakku nih.

    BalasHapus
141222861953258005