NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

14 Oleh-oleh Salatiga Yang Enak dan Otentik,

Berwisata ke Salatiga rasanya gak lengkap kalau tak bawa pulang oleh-oleh, pada postingan kali ini saya akan merekomendasikan oleh-oleh Salatiga yang enak dan otentik. Dijamin bikin teman-teman ketagihan dan ingin berkunjung lagi ke Salatiga.

oleh-oleh salatiga

Selain terkenal dengan kota yang berhawa dingin dan sejuk, kota kecil yang luas wilayahnya 56,78 km2 ini pernah mendapatkan predikat sebagai kota paling toleran se-Indonesia tahun 2021. Salatiga juga pernah disebut sebagai Indonesia mini saking tentramnya dan bisa dikata jarang konflik antar warga meski terdapat beragam suku, agama dan ras yang berbeda. Ternyata berbaurnya beragam suku dan keturunan di Salatiga ini menghasilkan ragam kuliner yang bercita rasa unik. Bahkan, Salatiga baru saja diusulkan sebagai kota gastronomi oleh Kemenparekraf.

Gastronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk makanan, mulai dari sejarahnya, asal bahan dan pengolahan, cara memasak hingga bagaimana makanan tersebut dihidangkan dan masih berkaitan dengan budaya dan bahan pangan lokal daerah tersebut. Predikat kota gastronomi yang sedang diusulkan ke UNESCO tersebut diberikan karena letak geografis yang strategis, potensi kuliner dan keberagaman masyarakatnya. 

Dengan diusulkannya Salatiga sebagai kota gastronomi, rasa-rasanya saya juga ingin juga memberikan dukungan dengan menuliskan makanan khas Salatiga yang lebih lengkap lagi. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan mengupas makanan oleh-oleh khas Salatiga yang bisa teman-teman bawa pulang untuk keluarga di rumah.

 1. Roti Tegal

Bagi teman-teman yang sedang melaju melalui Jalan Jenderal Sudirman Salatiga atau bermalam di hotel pusat kota Salatiga, jangan lupa mampir ke sebuah toko roti yang legend buat saya. Berlokasi di Jensud  166 Salatiga dan dekat dengan Hotel Le Beringin, Roti Tegal menawarkan menu otentik untuk oleh-oleh orang tersayang. 

Ada bermacam jenis roti dan kue seperti pastry, roti kelapa otentik toko Tegal, chifon, oliebollen ( kue goreng dengan taburan kismis) yang jarang ditemui di kota lain, roti rempah Belanda bernama onbitjkoek, dan bermacam kue rol.

Bahkan roti tawar gandum juga favorit disini, saya pernah mampir membeli roti tawar gandumnya untuk buah tangan yang fresh from the oven, masih kemebul istilah Jawanya alias masih panas karena baru saja diangkat dari oven. Jaman kecil dulu, ibu saya juga sering membeli roti kelapa yang rasanya manis dan gurih disini. Saking terkenalnya toko roti ini, beberapa kerabat dan kolega suami yang berada di luar kota sering menyebut toko roti Tegal tiap kali berkunjung ke Salatiga.

Roti tegal ini juga bisa dikunjungi melalui websitenya di tegalroti.com. Beberapa turis menyebut roti di tempat ini sedikit lebih mahal dari tempat lain di Salatiga, tetapi menurut saya worth it sih dengan rasanya yang mantul.

2. Wonder Bakery

Banyak pilihan roti yang bisa teman-teman bawa pulang dari tempat roti terpopuler di Salatiga ini. mulai dari aneka tart, roti bajul, roti tawar, roti Oshin, lapis legit, donat, kue kering dan bermacam puding dan jajanan pasar. Selain harganya yang terjangkau, Wonder Bakery bisa jadi pilihan penganan untuk menemani teman-teman beraktivitas. 

wonder-oshin-nutella
Wonder Oshin isi nutella
Gambar : Dokumen Pribadi

Roti Wonder juga melayani pesanan dalam partai besar seperti untuk pengajian, ulang tahun maupun hajatan pernikahan. Meski sudah punya cabang di Solo dan Semarang, tak ada salahnya mampir ke Wonder ya. Lokasinya di Jalan Semeru 11 Salatiga, bersebelahan dengan Dinas PUPR Kota Salatiga.

3. Mr Piss Salatiga

Bagi teman-teman yang menuju atau dari Semarang dan melewati tol, teman-teman akan menjumpai sebuah toko roti dengan plang bergambar seorang koki yang menunjukkan jempolnya. Toko roti dengan cat berwarna dominan kuning dan hijau serta berlokasi di Jalan Joko Tingkir KM 0 Salatiga ini menawarkan beragam jajanan nikmat yang akan memanjakan lidah. Meski dari luar, bangunannya terkesan sederhana, tapi jangan salah dengan penganan yang ditawarkan dari tempat ini.

bolen mr piss salatiga
Salah satu oleh-oleh Mr Piss Salatiga, Bolen Pisang
Image : Instagram @mrpisssalatiga

Mas Anton, begitu pemilik mr Piss ini dipanggil, juga melayani pemesanan delivery di sekitar kota Salatiga. Bahkan melayani pesan antar di pagi hari dengan mengajukan pemesanan terlebih dahulu lewat WA Mr. Piss  081391534111 dan teman-teman bisa mengintip via story WA, stok roti atau kue apa saja yang masih ready karena terkadang di jam-jam tertentu stok roti yang ditawarkan sudah habis terjual.

Ada berjenis-jenis makanan bercita rasa tinggi yang bisa dijadikan oleh-oleh antara lain wysman bluder dengan bermacam varian yang enak poll dan berbeda dari tempat lain, bermacam kue kering, roasted chicken ala resto bintang lima yang bikin nagih, chifon, cheesecake, kue roll, roti cilik, brownies, banana milk crispy, bollen pisang, dan bermacam dessert box yang endeus dengan kemasan yang menarik dan eklusif. Dijamin, pasangan bakal nagih dibawain oleh-oleh mr Piss kalau berkunjung lagi ke Salatiga.

4. Singkong Keju D-9

Harganya yang terjangkau dan lembutnya singkong D-9 ini menjadikan kafenya jadi destinasi mereka yang mencari oleh-oleh asli kota Salatiga. Selain rasanya yang nikmat dan lumer di lidah, lokasinya yang dekat dengan Laras Asri Resort and Spa dan jalur utama arah Semarang-Solo tepatnya di Jalan Argowiyoto 8A Ledok Salatiga membuat kawasan D-9 ini selalu penuh dikunjungi pelancong baik saat weekdays maupun weekend. Tak jarang, bagi saya yang warga lokal terkadang kesulitan parkir saat berkunjung di gang ini.

singkong keju d9
Ada beragam pilihan oleh-oleh di D9 Salatiga, salah satunya singkong frozen D9 Salatiga
Dok. pribadi

Banyak menu olahan singkong yang ditawarkan dan bisa dimakan di tempat maupun dibawa pulang.  Mulai dari singkong keju dengan beragam toping manis seperti coklat-keju hingga pedas seperti sambal matah, gemblong cotot, rolade daun singkong, mento, kolak singkong, pastel telo, keripik singkong presto dan singkong frozen.

 Disini juga disajikan menu resto seperti nasi goreng, steak, spaghetti, sup singkong, mie goreng dan beragam minuman. Harga satu bungkus singkong frozen senilai 12 ribu rupiah, mento 2 ribu per biji,  sementara untuk singkong keju yang telah diolah, harganya bervariasi bergantung topingnya.

Bagi teman-teman yang penasaran seperti apa kafe dan menunya, silahkan intip link gmap berikut yaa :

https://goo.gl/maps/TBpD5pqzo3WEXZyP6

5. Gethuk Kethek

Masih dalam satu area dengan D-9, tepatnya 100 meter sebelah kanan jalan dari gerbang masuk jalan argo tunggal, terdapat penganan olahan singkong bernama gethuk kethek. Teman-teman pelancong yang biasa mampir di Bakso Sari Roso (ABC) pasti tak asing dengan gethuk dengan cita rasa manis, lembut, terasa empuk dan gurih ini. 

Dibuat dari perpaduan singkong, vanili, gula pasir dan kelapa parut yang pas dan tanpa bahan pengawet menjadikan getuk ini jadi salah satu oleh-oleh legendaris. 

Nama Gethuk Kethek ini diambil karena dulunya terdapat peliharaan monyet di depan rumah sang pemilik usaha dan kini namanya beralih menjadi Getuk Satu Rasa. Teman-teman cukup merogoh 14 ribu rupiah untuk satu box getuk ketek ini.

6. Enting-enting gepuk

Makanan khas Salatiga yang berbahan dasar utama kacang tanah, aroma dan gula merah dengan rasa manis ini bisa jadi pilihan untuk bekal pulang ke tempat asal. Makanan dengan bentuk limas segitiga ini dibanderol antara 9500 hingga 100 ribu tergantung jumlah isiannya. Rata-rata satu bungkus kecil enting-enting gepuk berisi 10 pcs dan satu paknya bisa berisi 5 hingga 10 pak.

Ada beragam merk enting-enting gepuk asli Salatiga seperti cap Klenteng, cap 2 Hoolo, cap pohon Cemara dan cap pohon kelapa. Kemasannya rata-rata memiliki warna dominan kuning-merah.

Hampir semua toko oleh-oleh menyediakan enting-enting gepuk ini. Namun jika teman-teman berada di pusat kota seperti di area Le Beringin, buah tangan ini bisa dibeli di sekitar kawasan jalan Sukowati atau samping kiri dan kanan hotel.

7. Ampyang

Manis, gurih dan sedikit pedas, itulah sensasi makan ampyang  atau gula kacang ini. Berbahan dasar kacang tanah, gula merah dengan tambahan aroma dari jahe dan daun pandan membuat jajanan ini ngangenin. Berbeda dengan enting-enting gepuk, kacang tanah dalam ampyang ini biasanya masih bulat utuh.

ampyang gula kacang
Ampyang atau gula kacang
Foto : Dokumen pribadi

Ukuran ampyang asli Salatiga relatif besar dan biasanya disajikan untuk pelengkap ngeteh di sore hari atau sajian hari raya. Rata-rata dipacking dalam ukuran 1/2 kg dan dibanderol dari harga 12 ribuan.

Jika teman-teman ingin langsung melihat pembuatannya, cuss aja ke pasar tradisional Blauran  yang berlokasi di belakang Pasaraya 1 Salatiga.

8. Kripik Paru

Paru sapi ternyata bisa diolah menjadi keripik yang renyah dan enak. Nglawuhi kalau orang Salatiga bilang, bisa untuk teman makan nasi dan cocok buat makan bareng sayur lodeh atau dimakan langsung.

Biasanya kripik paru ini di-packing dalam kemasan 100 gram dan 250 gram, dibanderol dari harga 12.000 per ons bergantung jenisnya. Mrican dahulunya merupakan sentra kripik paru, dendeng dan abon namun saat ini hanya beberapa saja yang masih bertahan memproduksi makanan berbahan paru sapi ini. 

Tempat yang cukup populer memproduksi kripik paru ini berada di jalan karangrejo. Abon Lombok milik Bu Sri dan Abon Rambutan milik alm. H. Nurseto hingga saat ini masih rutin memproduksi dan menjual kripik paru, abon sapi dan ayam, dendeng sapi dan beberapa penganan lain.

Abon Lombok sendiri sudah puluhan tahun berdiri dan masih melayani pengiriman makanan berbahan sapi tersebut ke berbagai daerah di Indonesia sementara untuk kota sendiri hanya sebesar 25% nya saja. Selain di tempat tersebut, kripik paru juga tersedia di beberapa tempat oleh-oleh Salatiga seperti Oom Tan, atau toko oleh-oleh yang berada di Jalan Sukowati.

9. Dendeng Sapi

Makanan berbahan daging sapi yang digepuk lalu diproses dengan bermacam rempah ini lumayan digemari karena selain rasanya yang mantap, dagingnya yang gurih berpadu dengan legitnya bumbu rempah ini membuat rasa dendeng sapi asal Salatiga dirindukan. Ketika membeli, jangan lupa digoreng atau diproses sesuai petunjuk yang tercantum di kemasan.

10. Abon sapi

Satu olahan dengan kripik paru, biasanya pusat penjualan oleh-oleh di Salatiga juga menyediakan abon sapi yang nikmat disantap bersama nasi kuning atau untuk isian lemper ini. Seperti toko abon rambutan dan abon Lombok,  ada 2 varian yang ditawarkan, yaitu rasa manis dan pedas. 

abon sapi rambutan
Abon sapi cap rambutan
Gambar : Instagram @indah.dendenk

11. Kopi Babah Kacamata

Seperti ngeteh, kebiasaan menyesap kopi di Salatiga menjadi terasa menyenangkan apalagi dinikmati kala hujan turun. Kopi robusta dengan merk Kopi Babah Kacamata yang rasanya lebih pahit dari arabika ini begitu populer di Salatiga dan biasa disajikan baik di rumah, di angkringan maupun di beberapa kafe di Salatiga. 

kopi babah kacamata
Kopi babah kacamata
Image : Instagram @babahkacamata.kopi

Kopi Babah Kacamata ini mudah dijumpai di semua toko makanan maupun supermarket di Kota Salatiga, namun tempat produksi sekaligus toko resminya terletak di belakang pasaraya 1 Salatiga, tepatnya berada di Jalan Kalinyamat. Kopi yang dibuat ini fresh, tanpa melalui penyimpanan lama terlebih dahulu dan tidak ada campuran seperti biji jagung atau beras yang biasa dipakai untuk menyangrai kopinya. Di toko resminya, teman-teman bisa menjumpai kopi yang masih utuh tanpa proses penggilingan maupun yang sudah berbentuk bubuk halus seperti kopi pada umumnya.

12. Kopi Biji Salak

Minuman seduh dengan rasa mirip kopi ini berbahan dasar dari biji salak. Dilansir dari Tribun News, Laili Musyarofah mengaku bahwa minuman ini aman bagi lambung dan berkhasiat menurunkan asam urat dan darah tinggi.

kopi biji salak
Kopi biji salak produksi omah kebon salak
Image : Instagram @omahkebonsalak

Jika teman-teman melalui Jalur Lingkar Selatan (JLS Salatiga), tidak ada salahnya mampir ke Warung Kebon Salak dan mencoba sensasi minum kopi biji salak ini sambil menikmati makanan olahan seperti coklat salak dan nasi goreng salak atau makan salak sepuasnya dengan harga yang terjangkau.

Satu pak kopi biji salak yang dibanderol dengan harga 15 ribu siap menjadi oleh-oleh unik dan otentik dari Salatiga. Jangan lupa kunjungi WKS ini di jalan Srikandi RT 3/4 Salatiga.

12. Karak Gendar (Krupuk Puli)

Menikmati soto Salatiga rasanya tak lengkap jika tak ada karak. Karak adalah panganan sejenis kerupuk yang berasal dari beras, ada yang berbentuk persegi berwarna coklat kekuningan dengan citarasa gurih dan sedikit pahit yang sebagian besar diproduksi di sentra pembuatan tahu dekat kolam renang Kalitaman, lalu ada pula yang berwarna putih susu berbentuk bulat ketika sudah digoreng dan menggunakan merk dagang bernama Ibu Menggoreng. 

Untuk karak gendar buatan Kalitaman, teman-teman bisa menjumpainya di pasar tradisional sedangkan karak gendar Ibu Menggoreng biasa dipasarkan di toko oleh-oleh dan masih dalam keadaan mentah. Tempat produksi karak gendar Ibu Menggoreng ini berlokasi di depan SD Kanisius yaitu di Jalan Dr. Muwardi Salatiga. Harga satu bungkus karak gendar Ibu Menggoreng dijual dengan harga rata-rata 8000 - 12.000 rupiah.

13. Bakpao Luber

Produsen bakpau, roti sobek, kue moho dan roti tawar yang terkenal di Salatiga bernama bakpao luber ini terletak di jalan Sukowati. Bagi teman-teman muslim, bakpau luber sendiri memiliki varian isian yang tidak halal. Ada beragam jenis isian bakpau yang ditawarkan seperti kacang hijau, kacang merah,  coklat kacang, kacang tanah, ayam dan isian non halal seperti daging babi. 

14. Bakpia Oom Tan

Bakpia fresh from the oven, benar-benar masih hangat saat dikemas. Itulah keistimewaan bakpia Oom Tan yang berlokasi di Jalan jenderal Sudirman. Di jendsud sendiri, terdapat 2 lokasi Oom Tan yaitu di samping masjid Pandawa dan samping Hotel Beringin Salatiga.

Nah, itu tadi 14 rekomendasi oleh-oleh khas Salatiga yang enak dan otentik, bisa teman-teman coba saat melancong ke Salatiga. Ayo Dolan Salatiga!!

Ceritain juga yuk, dari ke-14 rekomendasi oleh-oleh tersebut, mana yang pernah teman-teman coba di kolom komentar Yaa.. terimakasih.

Referensi : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5616691/5-kuliner-legendaris-salatiga-kota-gastro-history-yang-akan-diajukan-ke-unesco?single

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

141222861953258005