5 Cara Membantu Sesama Saat Pandemi

5 cara membantu sesama saat pandemi

Ramadan  telah tiba, namun di saat pandemi seperti sekarang menjaga jarak dengan tetap beribadah di rumah lebih utama. Selain melindungi diri kita juga turut melindungi orang lain. Lalu bisakah tetap melaksanakan sunnah Rasulullah di kala pandemi seperti ini, seperti berbagi  atau membantu sesama contohnya?

Beribadah di Kala Pandemi


Di kala ramadhan tiba, setiap orang berlomba melakukan kebaikan karena dalam bulan ini pahala kita dilipatgandakan berkali lipat. Kalau biasanya kita meramaikan masjid dengan tarawih, tadarus dan membagikan takjil secara bergiliran tetapi di kala pandemi ini kita perlu menahan diri pergi ke masjid. Bukan tanpa alasan, seperti kata Ustadz Abdul Somad dalam ceramahnya, kita meninggalkan satu Sunnah untuk melaksanakan sunnah yang lain yaitu menjaga diri dari penularan Covid-19 dengan tetap di rumah. Shalat tarawih, tahajud, witir, tilawah, iktikaf semuanya bisa dilakukan di rumah. Bahkan kita juga bisa turut melatih anak beribadah puasa di rumah. Sedangkan bersedekah, membayar zakat dan membagikan takjil bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan aturan keselamatan agar tak terpapar virus.

Beragam Cara Membantu Sesama


Ada banyak jalan menuju surga, begitu pula ada banyak jalan untuk beramal. Termasuk jika kita berharap bisa menantu sesama di kala pandemi ini. Dari yang sederhana dan mudah dilakukan hingga yang sulit, darahku sebaiknya melakukan yang mudah dulu ya

1. Memakai masker


Dengan memakai masker saat bepergian berarti kita telah menjaga diri dan orang lain dari penularan virus Corona karena virus ini bisa menyebar lewat batuk, bersin yang tak sengaja terhirup dan masuk saluran pernafasan.


2. Physical distancing


Memberi jarak bagi fisik agar tidak bersentuhan dengan orang lain minimal 1 meter. Dari pemberian jarak ini diharapkan kita dan orang lain sama-sama terjaga dari paparan virus karena kita satu sama lain tak tahu mana yang akan menularkan dan ditulari. Kita tetap bisa kok berkomunikasi atau bersosialisasi, hanya soal fisik saja dibatasi.
Pembatasan jarak
Tetap bisa terhubung meski dibatasi jarak
Picture by Canva


3. Tidak menyebarkan hoaks


Berita tentang pandemi Covid-19 tersebar dimana-mana baik di jejaring sosial maupun di situs berita. Beberapa yang dibagikan merupakan pengumuman resmi dari pemerintah dan sebagiannya adalah hoaks. Maka pinter-pinter milih dan menyaring berita ya. Jangan sekalipun membagikan berita tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu.


4. Berbagi postingan positif


Membagikan postingan ternyata punya dampak tersendiri bagi para pengguna sosial media. Membagikan postingan negatif dan menakuti hanya akan menambah beban dan energi negatif bagi pembaca postingan. Beberapa Influencer bahkan mengajak followernya berbagi postingan berhestek sambil berdonasi. Jadi, yuk  bagikan postingan yang positif dan memberi semangat.

5. Bersedekah


Ada banyak ragam cara untuk bersedekah, antara lain

a.  Berdonasi 


Kita bisa ikut berdonasi sesuai kemampuan kita baik secara langsung maupun melalui platform  seperti kitabisa.com, ACT, atau yayasan penerima sedekah seperti BAZNAS, Dompet Duafa, LAZISMU, Yayasan Yatim Piatu dan lainnya. Kita bisa berdonasi via gopay atau bank transfer baik ATM maupun mobile banking bagi yang terdampak pandemi. Donasi juga bisa dilakukan secara langsung misalkan dalam bentuk pembelian masker, stok konsumsi, dan APD ke tenaga medis dengan tetap memperhatikan keamanan diri.

b.  Membagikan makanan atau sembako


Sebaiknya membagikan sembako atau makanan dilakukan ke tetangga terdekat yang membutuhkan karena dalam situasi pandemi dan pembatasan sosial semacam ini banyak di sekitar kita yang penghasilannya terhenti karena pengurangan jam kerja maupun PHK.

C. Membagikan takjil 


Pembagian takjil  bisa tetap dilakukan tetapi ada baiknya kita tetap memperhatikan pembatasan jarak ya. Ada banyak tim relawan yang bersedia membaginya jika kondisi tak memungkinkan untuk membagikannya secara langsung.

Nah, itu tadi beberapa cara membantu sesama dari hal termudah yang bisa kita lakukan. Apapun cara yang akan kamu pilih tetep stay safe yaa...

8 comments

  1. Membantu sesama di masa pandemi ini alangkah baik banget ya mbak, di Gereja saya juga sudah melakukan berbagai kegiatan untuk membagikan sembako untuk keluarga yang kurang mampu mbak dan bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. Ada banyak yang terdampak pandemi, sedikit kepedulian kita pada sesama tentu akan berguna. Dengan 5 cara di artikel ini, misalnya

    ReplyDelete
  3. Banyak hal yang bisa kita lakukan utk membantu sesama walau kelihatannya sederhana, kyk cuma pakai masker, jauhi kerumunan, itu udah sangat membantu ya mbak. Yg penting gak sok sokan nantangin virus dgn melanggar aturan. Soalnya msh banyak yg kek gtu hiks

    ReplyDelete
  4. Membantu sesama di tengah pandemi bukan melulu soal materi ya mbak, dengan melakukan kegiatan preventif juga sangat membantu sesama

    ReplyDelete
  5. Ada banyak cara ya, mbak buat membantu sesama di masa pandemi ini dan nggak perlu modal yang mahal-mahal juga

    ReplyDelete
  6. Memakai masker kalau terpaksa keluar bukan cuma untuk diri sendiri ternyata tapi akan lebih membantu lagi jika tetap dirumah.

    ReplyDelete
  7. Membantu bukan hal materi bisa aja dengan memberikan informasi yah atau dengan disiplin dirumah aja ga harus keluar rumah apabila ga ada keperluan mendesak

    ReplyDelete
  8. Biarpun harus di rumah saja, tetapi membantu sesama akan selalu ada jalan. Semangat!

    ReplyDelete