Blognya Ibu Rumah Tangga Minimalis

Blog tentang rumah tangga, parenting dan lainnya


Sebagai  ibu rumah tangga dengan dua anak yang juga bekerja sebagai pengajar fisika di sebuah bimbingan belajar di kota Salatiga, kadang keinginan untuk menulis agak sulit aku lakukan. Perlu manajemen waktu antara suami, 2 anak, rumah, mengajar dan menulis.
Berkutat dan dikelilingi dengan berbagai hal yang berhubungan dengan kerumahtanggaan kadang juga membuatku jenuh dan perlu suatu pekerjaan yang berguna untuk menjaga kewarasan serta kesegaran otak. Salah satu hal yang bagiku sangat membantu selain membaca buku yang aku sukai adalah menulis di blog dan pastinya juga yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari ibu rumahtangga. Mulai dari resep dan menu masakan, psikologi rumah tangga, berbagi ilmu  dari kulwap, perkembangan anak, kesehatan keluarga dan kesenangan saat emak mereview produk baru seperti skincare, makanan atau tempat yang baru saja dikunjungi. Nah, hal tersebut akan aku bahas satu persatu yaa..

1. Menu dan resep masakan


Dalam resolusi 2020 ku, salah satu list yang aku tuliskan dalam hal kerumahtanggaan adalah membuat varian jajanan baru minimal sebulan sekali walau di bulan Januari hal tersebut belum berjalan dikarenakan kesibukan mengajar yang di weekend. Padahal di tahun 2019, aku berhasil mencoba beberapa resep baru bahkan beberapa diantaranya aku uji cobakan untuk mereview produk dari suatu brand dan ada pula yang aku ikutkan dalam tantangan menulis BPN waktu itu. Semoga di tahun ini, bisa lanjut ya bebikinan jajanan yang hemat dan sehat untuk suami dan anak.

2. Psikologi rumah tangga


Kadang dalam hal berumah tangga, aku terutama berbuat lalai atau khilaf. Kadang pula, ingatan masa lalu yang kurang baik membawaku kembali dalam inner child ku. Nah, dengan menuliskan tips-tips sederhana yang aku baca atau aku dapatkan dari seminar, kulwap, atau buku dan komunitas akan membantu sebagai terapi penyembuhan (healing). Dengan menuliskan di blog, berarti aku juga tengah melakukan perbaikan yang sama yang semoga semakin baik dan bisa Istiqomah.

3. Perkembangan anak


Anak menjadi semestaku sehari-hari mulai dari bangun tidur hingga memejamkan mata lagi. Disini sebagai seorang ibu tentunya aku juga ingin melakukan yang terbaik untuk anak termasuk dengan belajar dan mengetahui milestone perkembangannya, belajar segala hal terkait parenting, agar ibunya terdidik terlebih dahulu sebelum mendidik anak. Anakku pun juga menjadi media belajarku agar aku terus berbenah dan melakukan perbaikan diri. Memiliki 2 anak yang berbeda jenis kelamin, sifat, usia dan karakternya membuatku harus mau menyelami satu persatu dan berusaha memperlakukan mereka dengan adil. Tak jarang beberapa tulisanku yang aku dapatkan dari komunitas, kulwap, atau baca buku parenting dan berhubungan dengan anak kubahas di blogku.

4. Kesehatan keluarga


Fimosis yang dialami Tito dan kehamilan dengan skoliosis serta persalinan Caesar akhirnya juga menjadi bahan tulisanku karena pengalaman tersebut bagiku begitu berharga dan untuk menjaganya aku sengaja menuliskannya dan mendokumentasikan dalam bentuk artikel di blogku. Termasuk pengalaman selama bekerja di klinik dan perjalanan selama menjadi istri dan ibu.

5. Review Produk


Review merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri bagiku. Aku menganggapnya suatu bonus berharga yang aku dapatkan dari blogging dan bersosial media. Dari beberapa review yang aku dapatkan baik membeli, barter produk dengan tulisan atau foto dan yang berbayar membuatku meyakini bahwa ternyata pengalaman menulis itu merupakan pengalaman berharga dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dari mereview produk, aku jadi tahu bagaimana menghargai produk dan memberi nilai secara obyektif dan juga berpenghasilan.

Nah, berarti secara keseluruhan aku menyimpulkan bahwa sebetulnya blogku lebih condong bertema lifestyle atau kerumahtanggaan. Harapanku, semoga di tahun 2020 ini aku  bisa menghadirkan tulisan yang lebih baik lagi, konten yang lebih berbobot dan inspiratif dan semoga tulisanku bisa tembus media. Doakan yaa..kalau kamu..tema blogku tentang apa?


2 comments

  1. Kak... Nantinya malah jd gado2 gak sih ?

    ReplyDelete
  2. Iya juga sih, mungkin kalau pembahasan tentang anak aja kali ya, tapi tetep aja Niche yg dianggap umum bisa dikhususkan

    ReplyDelete