Aliran Rasa game level 7 bunda sayang

Setelah game level 7 bertemakan “semua anak adalah bintang” saya lalui dan membaca ulang materi pandu 45, saya baru menyadari bahwa ternyata kakak memiliki karakter berikut :

  1. Energizing memiliki energi yang berlebih, tidak bisa diam anteng bahkan di rumahpun semua bisa jadi mainan. Dari keranjang baju yang dijadikannya ring basket, sehari berlarian di depan rumah dan masih banyak lagi. Kakak juga seolah tidak punya lelah dalam melakukan segala hal dan ini sudah teramati dari kecil. Berlarian, bermain pasir, naik lemari dan rak susun, membuat kemah di rumah, bermain boneka, bermain air dan mencuci baju dan bahkan kadang ikut ngepel dan bersih-bersih kamar mandi. Tak jarang kadang justru membuat saya agak kewalahan. Malamnyapun ketika tidur kakak lebih sering berputar kesana sini.
  2. Maximizer, suka sesempurna mungkin. Ini berdasarkan pengamatan beberapa kali ketika minta dikuncir rambutnya sampai sekitar 7-8 kali kakak baru puas karena merasa pas posisinya, memasang karet di boneka dilakukannya hingga berulang, memasang tangan boneka yang lepaspun demikian, kalau sudah berulang tapi belum sesuai keinginannya maka hal ini akan membuat kakak berteriak seperti frustasi.
  3. Includer & relator, merasa tak tahan sendirian dan akan keluar rumah dan mengunjungi temannya, kakak juga suka kalau diajak jagong manten, mengunjungi teman saya yang lahiran,  silaturahmi ke tempat teman atau saudara saya serta suka kalau banyak teman di rumahnya. Kadang digiringnya teman yang diluar untuk main ke dalam rumah. Selanjutnya kakak keluarkan semua mainannya di kardus mainan dan mengajak semuanya bermain bareng. Kadang berselisih tapi setelah itu baikan dan main bareng lagi.
  4. Strategic, pintar mencari cara agar keinginannya tersampaikan. Kadang kalau meminta sesuatu memakai alasan kalau adeknya yang pengen. Kalau waktu kecil kakak suka ngajak sekolah sekolahan dengan berjalan keluar komplek hanya karena alasan ingin jajan sebetulnya. Pernah bahkan embahnya merasa “dibohongi” karena kakbilang ke embah bahwa akan ada saudara yang datang dan meminta
  5. Commander, yang benar-benar saya tak ketahui karena kadang menimbulkan teriakan karena ketidakpahaman saya dan kurangnya komunikasi produktif.
  6. Ideation, semua yang dilihat bisa jadi ide bermain. Mengambil sayuran di kulkas dan digunakan untuk mainan, mbuatkan baju bonekanya dari kaus kaki adeknya yang sudah kekecilan dan memakaikn karet agar tak terlepas. Menanam bunga ala kakak memakai pasir dan bunga yanh ditancapkan ke gelas mainan..hehe ini karena saya belum lengkap mengajari cara bercocok tanam kepada kakak.
  7. Competiton, ada bagus dan tidaknya menurut saya karena kakak seperti jadi suka ikut-ikutan temannya soal memelihara ikan, tapi semoga ini bukan soal kompetisi kepemilikan materi ya..
Dari yang sebelumnya saya merasa beberapa karakter ini negatif buat saya, akhirnya saya hanya perlu mengarahkan bahwa karakter kakak menjadi bagian positif untuknya. Dengan kelebihan ini, kakak menjadi unik karena semua anak adalah bintang. Semua anak adalah bagian yang unik dan semua anak itu very limited edition, tidak ada anak yang sama bahkan kembarpun demikian. Maka jangan samakan anak dengan parameter yang ada tapi buatlah standar sesuai karakternya. Selama anak tidak melanggar norma yang ada dan ak melanggar agama dan selama itu baik maka didiklah anak sebaik mungkin sesuai jamannya..

No comments