11 Rekomendasi Cemilan Pelancar Asi

Waktu lahiran anak pertama, saya sempat didera khawatir. Sudah pernah belajar  teori menyusui  dan mengikuti kelas laktasi ternyata nggak menjamin saya langsung berhasil menyusui. Lha wong minta IMD aja nggak berani, soalnya waktu itu saya lahiran caesar dan sempat menggigil kedinginan di ruang operasi.

cemilan untuk memperbanyak asi
granola, salah satu cemilan pelancar asi


Dua jam setelah lahiran saya baru bisa bertemu anak. Kalau kata dokter, bayi masih menyimpan cukup cadangan makanan sehingga tak perlu khawatir bayi akan kelaparan dalam beberapa jam setelah dilahirkan. Dokter kandungan yang datang dengan telaten mengajari  bagaimana cara menyusui yang tepat, posisi menyusui yang nyaman hingga tips agar ASI selalu lancar. Salah seorang kerabat juga menyarankan untuk mengonsumsi  jamu pelancar asi setelah  konsumsi obat dari dokter habis. Dia menyarankan mengonsumsi Jamu Galian Parem produksi Sidomuncul.

Wah, saya baru tahu ternyata selain tolak angin, sidomuncul juga punya jamu galian parem. Jamu galian parem ini bisa dikonsumsi 40 hari setelah melahirkan. Kandungan tanaman herbal seperti Curcumae rhizoma, Litsea odorifera folium, Kaempferiae rhizoma, Zingiberis aromaticae rhizoma, dan Phyllanthi herba ini membantu busui tetap bugar, memperlancar asi dan membantu membuat perut mama Kembali langsing. Karena herbal, tentu saja aman dan bisa dipadukan dengan berbagai makanan dan cemilan untuk memperbanyak asi.

galian parem sidomuncul untuk pelancar asi sekaligus pelangsing saat menyusui
Pelancar asi dari Sidomuncul, Galian Parem
image : website Sidomuncul


Di minggu-minggu awal menyusui anak pertama, saya sempat mengalami mastitis (radang payudara) karena salah posisi menyusui dan terlalu banyak ASI yang tertahan. Semenjak kena mastitis itu, produksi ASI mulai berkurang. Yah mungkin karena stres menyusui dan kurang istirahat di malam hari ditambah nyeri karena salah pelepasan.  Ketika kontrol pertama ke rumah sakit, dokter memberi tips agar ASI lancar dan kental sehingga bikin bayi kenyang. Selain perasaan rileks dan bahagia, ternyata minuman dan makanan yang kita konsumsi  juga bisa mendukung  lancarnya produksi ASI. Kira-kira, apa saja cemilan yang membuat ASI makin deras? 

11 Rekomendasi Cemilan Pelancar ASI

Di waktu malam, terkadang  produksi ASI menurun disebabkan karena ibu Lelah fisik dan psikis setelah merawat bayi seharian. Sementara, konsumsi makanan berkalori tinggi saat malam hari yang tidak dianjurkan karena tentu saja menyebabkan meningkatnya berat badan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya mama mengonsumsi cemilan sehat dengan kandungan kalori yang  tidak terlalu banyak dan mudah disajikan namun membantu melancarkan ASI. Berikut rekomendasi cemilan untuk memperbanyak asi :

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu cemilan berprotein tinggi yang punya banyak manfaat. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, edamame, almond, kacang merah, kacang hijau, kacang kenari, pistachio hingga kacang mede sangat baik dikonsumsi busui. Selain banyak mengandung serat, kacang-kacangan juga mengandung protein, kalsium dan zat besi yang melancarkan produksi ASI. Kacang hijau dan kacang merah bisa dibuat keripik, minuman sari kacang hijau, sup senerek. Sedangkan kacang almond dan kacang kenari biasanya dioven. Untuk kacang  almond, mede, pistachio dan kenari, mama bisa  mencampurkannya dalam overnight oat yang akan mama konsumsi bila memang mama lapar saat malam hari.

2. Protein Bar

Sekarang sudah banyak brand yang memproduksi cemilan  diet dengan kandungan kalori yang sangat rendah namun tinggi protein. Kandungan protein pada protein bar selain baik untuk ibu menyusui, tentu saja bermanfaat untuk pertumbuhan bayi selama masih mengonsumsi asi.

3. Granola atau Sereal

Makanan rendah kalori lain namun tinggi protein yang baik untuk memperlancar asi adalah granola. Dalam sebuah jurnal mengenai korelasi protein susu pada ibu menyusui yang dipublikasikan PMC , disebutkan kalau ibu menyusui membutuhkan sekitar 17 gram protein per harinya. Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, hormon prolaktin yang membantu dalam menentukan kualitas dan kuantitas asi meningkat. Dengan memilih cemilan kaya protein, mama sudah membantu si kecil untuk terbebas dari stunting di 1000 hari pertama kelahirannya.

4. Trail Mix

Trail mix merupakan cemilan yang saat ini sedang populer, terbuat dari kombinasi buah-buahan kering  dan kacang-kacangan  (pistachio dan almond) dengan kandungan melatonin yang tinggi sehingga membuat istirahat mama yang sebentar bisa berkualitas. Trail mix ini merupakan cemilan untuk memperbanyak asi yang banyak disukai karena enak namun rendah gula.

5. Kurma

kurma, salah satu alternatif cemilan booster asi
kurma, salah satu snack untuk asi booster
image : Canva 

Salah satu booster asi alami yang  bisa dimakan langsung maupun diolah bersama makanan atau minuman lain adalah kurma. Kurma memiliki kandungan oksitosin yang membantu melancarkan asi serta meningkatkan kadar kualitas asi yang diproduksi.  Kurma juga membantu melancarkan metabolisme tubuh serta mengatasi anemia. Alangkah baiknya kurma dikonsumsi sesuai sunnah nabi, dalam hitungan ganjil ya mama.

6. Cemilan Berbahan  Jagung

 Orangtua dahulu sangat percaya kalau jagung memiliki banyak manfaat untuk busui. Sebagai salah satu bahan makanan pokok, tentu saja jagung memiliki kandungan karbo yang tinggi, serat serta protein yang baik untuk bayi dan busui. Mama bisa konsumsi jagung susu keju, direbus, tortilla atau popcorn agar asi makin lancar.

7.Telur Rebus

Telur rebus biasanya cocok untuk awalan sarapan pagi.  Telur mengandung protein, vitamin B12, vitamin D, kolin, asam folat dan lutein yang memperlancar  produksi asi di pagi hari.

8. Produk Olahan Susu

Susu, yoghurt maupun keju mengandung protein dan kalsium yang punya banyak manfaat. Selain mencegah osteoporosis, produk olahan susu juga membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu menyusui. Kandungan proteinnya baik untuk meningkatkan kualitas asi. Namun yang perlu diwaspadai, perhatikan apakah bayi memiliki alergi terhadap makanan atau minuman tertentu. Bisa jadi, apa yang mama konsumsi  juga ikut terserap ke asi.

9.Cokelat hitam

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk Kesehatan jantung. Baik dikonsumsi dalam takaran cukup karena mengandung gula dan kafein. Mama tentu tak mau kan, mengalami obesitas karena terlalu banyak makan cemilan yang tinggi kalori.

  10. Pepaya

Salah satu cemilan sehat untuk memperlancar ibu dalam menyusui adalah papaya. Dilansir dari tirto.id, pepaya mengandung galactogogue dan oksitosin  yang membantu meningkatkan kualitas dan volume asi.

11. Keripik sayuran

Sayuran yang dibuat keripik seperti bayam, brokoli, ubi, pare, wortel dan buncis ternyata mengandung banyak manfaat untuk ibu menyusui. Apalagi cemilan sayur ini kini disajikan lebih modern  sebagai mix veggies. Kandungan beta karoten, vitamin A, fito estrogen dan asam folat di dalam sayuran berperan sebagai booster asi.

Nah itu dia beberapa cemilan untuk memperbanyak asi yang bisa mama konsumsi tanpa takut berat badan mama naik. Tips dari saya sih, agar menyusui lancar, selain dari makanan dan cemilan pelancar asi, mama juga butuh support system yang membantu mama tetap fit selama masa menyusui. Bisa dari suami, orangtua atau saudara. Dengan adanya dukungan dari orang terdekat, mama akan merasa tetap bahagia dalam merawat dan menyusui anak. Karena salah satu kunci sukses menyusui ya dari perasaan bahagia juga. 

Mama juga bisa konsumsi suplemen tambahan agar tetap fit dan asi lancar. Nah, jika saat ini asi mama belum lancar, jamu pelancar asi dari Sidomuncul bisa jadi solusi untuk mengatasinya. Kabar baiknya, selain sebagai pelancar asi, juga bantu mama langsing lagi lho!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url