NGJcNqRbLWBcLGFaNqF5NWZ8x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE103

Makan Cemilan Saat Diet Bolehkah? Apa Saja Jenisnya?

Makan cemilan saat diet itu boleh apa enggak? Berapa takaran kalorinya dan makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi saat program diet?

cemilan saat diet

Selama hampir 2 tahun banyak beraktivitas di rumah, tubuh jadi kurang gerak dan berimbas pada kenaikan berat badan. Saat menimbang berat badan, bobot  yang biasanya ideal di angka 50 kg naik jadi 55 kg. Akhirnya aku browsing dong, gimana caranya diet yang mudah dijalani saat di rumah.

Terus gak sengaja aku nemu akun IG dan youtube Tya Ariestya yang berhasil melakukan program diet, rasanya pengen deh, ikut-ikutan caranya. Tya berhasil menurunkan 20 kg berat badannya dengan konsultasi dokter.

Atas saran dokter, tiap hari mama Kanaka dan Kalundra ini berjalan kaki ringan selama 45 menit dan menjalankan pola hidup yang lebih sehat dengan mengurangi makanan yang mengandung minyak, tepung, santan dan gula. 

Camilan Untuk Diet

Saat menjalankan diet, dokter akan menyarankan agar menjalankan pola hidup sehat. Aktivitas olahraga dan makanan yang akan dikonsumsi tentu bisa disesuaikan masing-masing pribadi. Utamanya kurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi dan bahan makanan yang terbuat dari tepung, lemak dan gula.

Konsumsi camilan ternyata diperbolehkan untuk mereka yang diet asal tahu porsinya. Makan kudapan yang tepat bisa membantu menjaga metabolisme tubuh dan menjaga rasa lapar. Namun, teman-teman tetap perlu memperhatikan besaran kalori yang dikonsumsi ya agar program penurunan berat badan teman-teman berhasil.

Dilansir dari Alodokter.com, jika kita menginginkan penurunan berat badan sebesar 2 kg perbulan atau 0,5 kg per minggunya, total perkiraan kalori yang dibutuhkan perempuan sekitar 1200-1500 kalori per hari dan laki-laki 1500-1800 kalori. Dari perkiraan ini, teman-teman bisa menyesuaikan camilan dan makanan apa yang akan dikonsumsi ya. 

Berikut rekomendasi camilan yang bisa dikonsumsi saat diet

1. Buah dan Sayuran

Selain tinggi serat dan rendah kalori, buah dan sayuran mengandung tinggi vitamin dan mineral. Makanan seperti alpukat, wortel, selada, bayam, apel, pisang, dan brokoli juga kaya antioksidan yang baik untuk jantung dan tubuh.

2. Olahan susu

Produk olahan susu seperti yoghurt dan keju baik dikonsumsi saat diet. Pilih susu yang rendah lemak dan sebisa mungkin kurangi konsumsi gula saat ingin melangsingkan tubuh.

3. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Protein yang tinggi dalam kacang-kacangan dan biji-bijian baik dikonsumsi untuk tubuh tapi tentu dengan takaran yang seimbang ya. Sumber makanan dari biji-bijian dan kacang-kacangan antara lain chia seed, almond, kedelai, oat, kacang edamame dan nasi merah. 

Konsumsi serat akan membantu mengontrol rasa lapar, menjaga gula darah dan melancarkan pencernaan.

Bagi teman-teman yang suka ngemil, boleh kok konsumsi cracker atau biskuit sehat yang komposisinya berasal dari biji gandum utuh. Aku sendiri, suka konsumsi Roma Sari gandum. Produk Mayora ini masing-masing kepingnya mengandung 30 kalori serta kaya serat dan protein.

4. Telur rebus

telur rebus
Telur rebus baik untuk memenuhi kebutuhan protein kala diet

Untuk memenuhi asupan protein dan vitamin, teman-teman bisa konsumsi telur yang direbus. Dalam akun youtube Tya Ariestya, istri Denny Cagur bahkan membagikan caranya mengolah telur rebus jadi hidangan nikmat untuk program dietnya.

Nah, itu tadi cemilan sehat yang bisa dikonsumsi saat diet. Intinya, kita boleh saja ngemil asal perhatikan kapan waktu, porsi kalori dan bahan-bahannya. Dengan menyusun menu sesuai kebutuhan tubuh ditambah olahraga insyaAllah program penurunan berat badan kita nantinya berhasil teman-teman. 

Share This Article :
Priyani Kurniasari

Seorang pemimpi dan pembelajar, Menyukai travelling, desain, parenting dan kulineran. Lulusan fisika yang suka belajar marketing. Saya bisa dihubungi melalui e-mail priyani.kurniasari@gmail.com

Click here for comments 1 Comments:

141222861953258005