Showing posts with label Kuliner &Resep. Show all posts
Showing posts with label Kuliner &Resep. Show all posts

Friday, July 10, 2020

5 Makanan Tradisional Khas Salatiga Yang Perlu Kamu Coba

July 10, 2020 5 Comments
Indonesia memang kaya ya? Terbukti selain ragam budaya, Indonesia punya bermacam jenis makanan tradisional. Bahkan beberapa Kuliner Indonesia masuk sebagai makanan terfavorit di dunia. Di Salatiga, ada 5 menu makanan khas yang sepertinya perlu kamu coba, apa aja?

1. Tumpang Koyor

Kuliner khas Tumpang Koyor Salatiga
Tumpang Kotor Banjaran
Image : Gmap/ Willybrodus Yudha

Bahan utama dari kuliner khas ini adalah tahu, tempe semangat dan Koyor sapi yang dimasak menggunakan santan serta bermacam bumbu yang membuat menu ini jadi favorit untuk sarapan pagi. Bagi yang belum pernah mencoba barangkali akan kaget karena bumbu tempe semangitnya begitu terasa di lidah, tetapi teratasi dengan lumernya gigitan koyor sapi yang begitu nikmat. Harga menu ini beragam, ada yang menjual seharga lima ribu rupiah hingga lima belas ribu seporsinya. Biasanya menu ini bisa dijumpai di beberapa tempat ketika pagi karena memang cocok dipadukan baik dengan nasi maupun bubur sebagai teman pembuka pagi harimu. Beberapa rekomendasi tempat yang cocok dan bisa jadi pilihan ketika berkunjung ke Salatiga antara lain ada tumpang Koyor Bu Kori yang sekarang dikelola anaknya, Tumpang Koyor Banjaran dan Tumpang Koyor Bu Yusro Blotongan.

Baca juga : Tempat makan di Salatiga Enak dan Bikin Kangen

2. Ketan Lupis


Kuliner tradisional Lupis Ketan Salatiga
Abu Rizal Bakrie juga pernah nyoba kuliner ketan Lupis bersama pak Walikota.
Image : Twitter ARB

Kalau boleh dibilang, ketan lupis merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah karena ada di berbagai tempat di Jateng. Tetapi yang membuatnya berbeda kalau di Salatiga biasanya ketan Lupis ini disajikan bersama ketan putih, ketan hitam, cenil, grontol jagung, klepon yang diatasnya dituangi sirup kinca dan bubuk kedelai. Perpaduan rasanya yang manis dan gurih terasa pas dimakan sambil menikmati seruputan teh hangat. Menu ini biasanya dijajakan di pasar tradisional seperti Pasar Pagi Salatiga, Pasar Sayangan, dan kadang dijajakan di Facebook Kuliner Salatiga. Langganan ibuku dari kecil berlokasi di samping Lapangan Bulu Salatiga. Dulu budhe yang jualan ketan Lupis ini berkeliling sampai ke rumah lalu memutuskan menjajakan di depan RS Sejahtera Bhakti lalu pindah ke Lapangan Bulu.

3. Gendar Pecel


Sama dengan ketan lupis, gendar pecel juga merupakan makanan tradisional seputaran Semarang, Salatiga, Boyolali dan Solo. Banyak dijumpai di pasar tradisional, menu ini berisi :

  • Gendar

Yaitu semacam lontong yang terbuat dari beras dan bleng yang teksturnya kenyal dan memiliki rasa gurih. Bisa dibuat Karak gendar jika diiris tipis, dikeringkan kemudian digoreng.

  • Sayuran 

Beberapa sayuran yang dipakai untuk gendar pecel khas Salatiga ada bayam, selada air (jembak), kubis (kol), kacang panjang, kecambah dan beberapa ada yang menambahkan sayuran genjer. Genjer adalah sejenis sayuran yang banyak tumbuh di Rawa.

  • Sambal Kacang

Saus sambal kacang ini berbahan dasar kacang yang disangrai, gula Jawa, bawang putih, kulit jeruk purut, cabai dan kencur. 

  • Toping


Beberapa ada yang menambahkan toping seperti keong (Pecel Keong daerah Muncul), Telur Ceplok (Pecel Madya) dan peyek teri.

4. Wedang Ronde


Wedang Kacang minuman tradisional ronde jago salatiga
Wedang Kacang, salah satu menu yang ada di Ronde Jago
Image : Gmap/ Senoaji Judojono

Sebenarnya wedang ronde berasal dari Cina yang biasanya dikonsumsi kala Imlek tiba. Seperti budayanya, wedang ini juga ternyata diterima baik dan berkembang menjadi menu minuman khas Salatiga. Berbahan dasar kuah dari jahe dan
bola-bola ketan yang di dalamnya berisi olahan kacang dan gula Jawa, kolang-kaling, agar-agar dan ditaburi kacang sangrai diatasnya. Nikmat dan membuat badan terasa hangat ketika diminum di malam hari. Banyak dijajakan di depan Hotel Beringin yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman dan beberapa tersebar di Jalan Ahmad Yani. Ronde paling terkenal di Salatiga dan banyak dikunjungi wisatawan dan artis berlokasi di belakang Sate Sapi Suruh Jalan Jenderal Sudirman bernama Ronde Jago. Selain menyediakan menu wedang ronde, wedang kacang, juga ada menu mie kopyok dan batagor.

5. Enting-enting Gepuk


Salah satu makanan khas tradisional yang bisa dipilih ketika mencari oleh-oleh adalah enting-enting Gepuk. Makanan berbahan utama kacang dan gula Jawa ini kerap dijadikan pilihan oleh-oleh ketika berwisata di Salatiga. Rasanya cenderung manis dan lumer ketika digigit. Dikemas dalam bungkus yang terdiri dari satuan enting-enting berbentuk Limas segitiga. Satu paknya bisa dinikmati beramai-ramai. Termasuk oleh-oleh yang awet dan cocok untuk mengisi toples kala lebaran tiba. 







Tuesday, May 19, 2020

Popcorn Karamel, Resep Camilan yang Mudah dan Enak saat WFH

May 19, 2020 1 Comments
Ramadhan bentar lagi usai dan lebaran akan datang. Karena lebaran di rumah aja, aku siapin camilan sederhana nih, namanya popcorn caramel. Itu tuh, jagung berondong yang dilapisi krim manis yang bikin aktivitas makin greget. Kerja sambil makan camilan yang mudah dibuat dan enak rasanya, ini dia resepnya

Popcorn Karamel Resep Camilan yang mudah dan enak dibuat
Popcorn Karamel yang manis dan lezat

Resep Popcorn Caramel

Bahan

125 gr Jagung berondong (aku beli di supermarket kala itu)
Margarin dan sesendok minyak untuk menggoreng


Bumbu Karamel

50 ml air
1 sachet susu bubuk full cream, bisa merk apa saja
1 sendok makan gula
2 sendok makan gula aren/ gula jawa yang diserut

Cara Membuat :

  1. Masukkan margarin dan minyak ke wajan anti lengket, setelah semua margarin meleleh masukkan jagung kemudian tutup wajan agar popcorn tak berloncatan, tiriskan
  2. Campur air, susu full cream, gula kemudian rebus dengan api kecil
  3. Aduk hingga karamel mengental dan berserabut, matikan api kemudian tuangkan karamel perlahan ke dalam popcorn sambil diaduk
  4. Popcorn Karamel siap disajikan

Cara membuatnya mudah kan, anak-anak juga suka karena rasanya manis. Mirip dengan pocorn kemasan yang biasanya dibeli. Sebenarnya buat stok sih, tapi belum ada setengah jam ternyata sudah berkurang dicemilin anak-anak. Selamat mencoba ya

Tuesday, May 12, 2020

Sudah coba? Ini 3 Menu Lebaran Sederhana dan Enak

May 12, 2020 0 Comments
3 menu lebaran sederhana dan enak non daging

Lebaran  buat kami sekeluarga adalah saat silaturahmi sekaligus berkunjung ke sanak saudara. Ada 5 menu yang menurutku sederhana cara membuatnya dan enak dinikmati. Sudah bosen juga kan kalau menunya opor, sambal goreng kentang, atau rendang yang semuanya berdaging karena hampir semua sanak saudara punya menu yang sama. Takut kolesterol dan juga bikin menu sedikit berbeda aja deh sekaligus irit semasa pandemi ini, apa saja ya?


1. Pecel


Menu berbahan sayuran yang direbus ini bisa jadi pilihan menu yang praktis cara membuatnya dan enak dikonsumsi dengan ketupat lontong.

Bahan


Kacang panjang 1 ikat
Wortel besar 3 buah
Kecambah secukupnya
Daun bayam 1 ikat
Mentimun 1 buah
Air es

Bumbu Sambal Kacang


Kacang tanah, goreng 1/4 kg
Bawang putih 3 siung
Asam Jawa secukupnya
Kulit atau daun jeruk pecel 5 lembar
Kencur 2 ruas
Gula merah 1 potong
Garam secukupnya
Cabai merah / keriting secukupnya

Cara membuat


1. Rebus masing-masing sayuran dalam air mendidih selama 2 menit, angkat dan siram dengan air es. Jika tak disajikan seluruhnya, sebaiknya segera bungkus dengan plastik dan masukkan ke dalam freezer kecuali bayam yang hanya melewati sekali proses.

2. Siapkan bumbu,tumis kemudian haluskan. Setelah halus masukkan kacang tanah dan gula jawa. Simpan dalam kulkas dan gunakan sebagian dengan menyeduhnya dengan air panas

3. Hidangkan sayuran bersama sambal pecel


2. Jui Lombok Ijo


Bahan


2 ons jui atau teri tawar 
1 papan tempe ukuran kecil
5 siung cabai hijau keriting atau besar
4 siung Bawang merah

Cara membuat


1. Bersihkan dan rendam teri tawar sebentar untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
2. Potong tempe menjadi ukuran kecil dan tipis kemudian goreng setengah matang, tiriskan
3. Goreng teri yang sudah dibersihkan hingga matang, angkat
4. Tumis bawang merah dan cabai hijau ke dalam minyak, jika sudah harum masukkan tempe dan Jui bersamaan.
5. Tumis hingga tempe matang, hidangkan.

3. Gado-gado

Menu lebaran sederhana dan enak tanpa daging
Gado-gado yang bisa dinikmati ketika lebaran tiba

Bahan


4 buah Wortel
Kubis secukupnya
3 buah  kentang ukuran besar
2  buah tahu kulit
1 ikat Selada
1 papan tempe (bisa diskip)
2 buah tomat besar
4 buah telur

Saus kacang


Kacang tanah 1/4 kg
1 Bks santan instan
5 siung Bawang putih
3 buah cabai keriting
Gula merah secukupnya
Kecap manis secukupnya
Garam secukupnya
500 ml air

Cara membuat


1. Cuci bersih semua sayuran, Kukus wortel dan kentang hingga empuk
2. Potong tempe dan tahu kulit lalu goreng setengah matang
3. Rebus telur, angkat dan belah menjadi 2
4. Potong tomat menjadi beberapa bagian
5. Sangrai kacang tanah, cabai keriting, bawang kemudian haluskan
6. Rebus bumbu yang sudah dihaluskan bersama kacang, garam dan santan hingga kental,
7. Hidangkan sayuran dan telur bersama siraman saus kacang



Friday, May 8, 2020

Resep Camilan Sederhana dari Kue Keranjang

May 08, 2020 0 Comments
Kue Keranjang memang selalu identik dengan Imlek. Saat hari raya Imlek kemarin, kami mendapat oleh-oleh kue keranjang dari saudara dan bingkisan kantor suami. Karena rasanya yang manis dan cukup awet masa simpannya, akhirnya bingkisan ini hanya jadi pajangan di kulkas. Akhirnya dengan berburu resep dari teman suami didapatlah resepnya. Ketika awal puasa, menu ini jadi andalan camilan berbuka kami karena stok di rumah yang cukup banyak. Eyang kami juga mengolahnya menjadi menu enak untuk berbuka.

Kue Keranjang Telur


Resep camilan Sederhana dari kue keranjang
Penampakan kue keranjang telur, soalnya tak sempat foto waktu itu
Image : Instagram/Nglaisui


Bahan


1 bungkus kue keranjang dipotong tipis
1 buah telur
Tepung terigu secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Mentega sebagai pengganti garam

Cara Membuat


Cairkan mentega. Larutkan tepung terigu, air,  garam, mentega dan 1 buah telur. Masukkan kue keranjang yang sudah diiris tipis ke dalam adonan tepung lalu goreng hingga kuning keemasan. Angkat dan sajikan hangat.

Kue Keranjang Areh Santan


Resep Camilan Sederhana dari kue keranjang
Penampakan kue keranjang Areh Santan
Image : Instagram/yiens wulan


Bahan


1 Bungkus Kue Keranjang diiris tipis
Santan instan atau santan dari 1/4 butir kelapa 
1 sendok makan tepung beras
Garam secukupnya
2 lembar daun pandan dipotong kecil
Daun pisang untuk membungkus atau bisa juga wadah talam

Cara membuat


Susun daun pisang untuk membungkus atau tempat talam. Buat adonan Areh dari tepung beras dan santan kental yang direbus hingga kental. Masukkan kue keranjang, potongan daun pandan dan Areh Santan ke dalam wadah talam atau daun pisang. Kukus selama kurang lebih 20 menit. Angkat.

Karena rasanya yang manis, makanan ini cocok disantap sebagai cemilan berbuka puasa. Selamat mencoba ya teman-teman.

Tuesday, May 5, 2020

Cukup 5 Menit, Ini Resep Es Buah Untuk Menu Takjil

May 05, 2020 0 Comments
Resep es buah untuk menu buka puasa


Adzan Maghrib sudah dekat dan menu buka puasa belum siap? Tak usah khawatir, aku punya resep es buah yang hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk membuatnya hanya dengan bahan yang tersedia di kulkas. Siapkan bahan dan alatnya ya!

Resep Es Buah 5 Menit


Bahan :


Melon secukupnya
Semangka atau nanas secukupnya
Tape singkong atau ketan bila ada
Nata de Coco 1 cup
Cincau hitam 1 kaleng
Sirup Frambozen
SKM (Susu Kental Manis) secukupnya
Air untuk melarutkan
Es batu secukupnya

Cara Membuat :


1. Siapkan wadah, potong buah semangka, melon atau nanas kecil-kecil
2. Masukkan Nata de coco dan cincau
3. Tuang sirup frambozen, air dan susu kental manis ke dalam wadah, atau jika tidak ada bisa diganti dengan sirup frambozen dan santan, dan bisa diganti pula dengan sirup lain dengan menghilangkan susu atau santan.
4. Sajikan bersama buah dan es batu yang telah disiapkan, dan jadilah es buah hanya dengan 5 menit penyajian.

Simpel kan caranya, hanya dengan 5 menit, takjil yang kalian inginkan tersaji di meja makan. Selamat mencoba

Sunday, February 23, 2020

Perbedaan sayur Asem Betawi dan Jawa

February 23, 2020 6 Comments
Musim hujan gini masak sayur asem? Menurutku sih oke aja, asal dihidangkan dalam keadaan hangat jadi laris manis di rumah. Tapi kadang aku sendiri juga sih yang menghabiskan sayur asem ini kalau bumbu dan cara membuatnya berbeda dengan yang ibu mertua biasa masak. Kebetulan karena keluarga mertua lebih cenderung masak seperti masakan Sunda, maka suami agak asing kalau aku masak sayur asem ala Jawa. Beberapa masakan bahkan tak disukainya seperti sayur tumpang koyor yang terkenal lemak daging sapinya itu, kuah soto yang terlanjur ditambah perasan jeruk nipis, sayur adas, dan beberapa masakan lain yang tak pernah dirasakan sebelumnya tentunya.

Apa sih perbedaan antara sayur asem Betawi dengan sayur asem Jawa? Ternyata, bumbu dan cara memasaknya lain. Meski ketika memasak sama-sama menggunakan kaldu daging sapi tapi citarasa keduanya lain karena perbedaan bumbu dan cara memasaknya. Oiya, kaldu sapi disini sifatnya original atau sebagai tambahan saja, jadi jika tak suka bisa diskip atau dihilangkan juga kok kaldunya. Berikut perbedaan keduanya

1. Meski sama-sama dimasukkan ke dalam air mendidih bersama sayuran, bumbu sayur asem Jawa biasanya bukan diuleg atau dihaluskan tetapi diiris tipis layaknya bikin oseng.

2. Bumbu sayur asem Jawa lebih simpel yaitu bawang putih, bawang merah, cabai teropong hijau, cabai merah  keriting ,asam Jawa,  laos, daun salam. Sedangkan sayur asem Betawi masih ditambahkan terasi bakar atau goreng dan kemiri.

3. Biasanya penampakan kuahnyapun lain, sayur asem Jawa cenderung bening sedangkan asem Betawi cenderung keruh dan buatku lebih gurih karena ada tambahan kemiri dan terasi.

Sayuran yang dibubuhkan ke dalam sayur asem ini sebenarnya bisa macam-macam, tergantung kesukaan. Kita bisa memakai labu Siam, daun melinjo (daun so), kacang tanah, kacang panjang, kol jika suka, jagung, dan kadang bunga melinjo. Bahkan biasanya ibuku membubuhkan belimbing wuluh jika ingin menambah kesegaran kuahnya. Kalau di Mr. Chef Indonesia, chef Juna sering membahas tingkat acidity atau tingkat keasaman makanan. Dengan penambahan belimbing wuluh ini, tingkat acidity nya otomatis bertambah. Nah, kalau di tempatmu sendiri, apa bumbu rahasia agar sayur kesukaanmu jadi nikmat?

Sunday, October 20, 2019

5 Makanan khas Salatiga yang perlu kamu coba

October 20, 2019 0 Comments
Rekomendasi makanan enak khas Salatiga
Liburan akhir tahun mau kemana? Sudah punya rencanakah? Atau ada tempat yang kamu idamkan mau dikunjungi? Jika tempat wisata atau liburan kamu ada di Salatiga, berikut aku rekomendasikan makanan khas Salatiga yang wajib kamu coba :

1. Wedang Ronde


Wedang penghangat badan yang berbahan dasar jahe dan daun pandan dengan topping bola ketan yang di dalamnya berisi kacang, dilengkapi agar-agar, kolang-kaling, dan kacang ini menjadi pilihan utama yang wajib kamu coba saat malam hari. Jika kamu menginap di sekitar hotel, biasanya minuman khas salatiga ini bisa ditemui di angkringan di sekitar kawasan hotel atau sepanjang pertokoan. Ada satu wedang ronde yang cukup terkenal di Salatiga karena rasanya yang enak yaitu Ronde Jago yang letaknya berada di belakang ruko Pasaraya 1 tepatnya di samping Polsek Pasaraya di jalan jenderal Sudirman.

2. Sate Sapi Suruh


Tak jauh dari wedang ronde jago, ada pula sate sapi yang legendaris dan rasanya begitu menggugah selera. Sate sapi dengan sambal kacang khas yang nikmat dan bisa dinikmati baik dengan nasi maupun lontong ini dibanderol dengan harga Rp. 37.000 per porsi yang berisi 10 tusuk sate Sapi. Bagi penikmat kuliner yang kurang suka sate, di depotnya Sate Sapi Suruh menyediakan bakso sapi yang rasanya cukup menggugah semangat makan.

3. Singkong Keju D-9


Jika kamu doyan pelesir, pasti tak asing dengan panganan satu ini. Singkong keju D-9 yang terletak di kawasan sentra pengolahan singkong ABC Salatiga ini begitu nikmat jika disantap hangat-hangat dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat sebagai teman ngobrol. Tersedia kemasan praktis tinggal goreng yang telah dibekukan jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh.

4. Keripik Paru


Pernah makan paru Sapi? Terkesan kenyal dan alot bukan? Tapi jika bahan makanan ini diolah menjadi keripik maka rasanya menjadi renyah dan nikmat. Keripik paru yang cukup populer di Salatiga ada di daerah Mrican Salatiga bernama kripik paru cap Lombok dan kripik paru cap Rambutan yang letaknya saling berhadapan. Makanan ini cocok sebagai teman nasi atau dinikmati sambil makan sayur lodeh yang rasanya jempol banget deh..

5. Gethuk Kethek


Berada di Sentra pengolahan makanan berbahan singkong Salatiga, ada satu makanan legendaris bernama gethuk kethek. Dinamakan demikian karena pemilik gethuk tersebut memiliki peliharaan kethek alias kera di depan rumahnya yang menjadi inspirasi nama panganan ini. Berbahan singkong yang rasanya yang manis dan lembut ini bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Kawasan gethuk Kethek ini merupakan sentra oleh-oleh yang berdekatan dengan Singkong keju D-9, keripik singkong Cassava yang renyah dan empuk, Pie Susu Yummy dan beberapa pusat makanan yang terbuat dari singkong.

Monday, October 7, 2019

Resep sushi homemade ala ibuk

October 07, 2019 8 Comments
Cara membuat sushi

Sushi, makanan asal negeri Sakura ini kini tengah menjamur dimana-mana. Makanan yang sebetulnya berbahan dasar ikan ini kini juga bisa dimodifikasi dan disesuaikan rasanya dengan lidah kita, orang Indonesia. Beberapa bahan yang dirasa tidak halal juga bisa diganti dengan bahan makanan yang halal.
Beberapa kali kakak selalu merengek minta dibelikan Sushi favoritnya, aku jadi punya ide bagaimana membuat sushi sendiri. Apalagi, sushi yang mudah cara membuatnya ini juga bikin kakak lahap makan nasi lhoo.
Bahan dan cara membuat nya cukup mudah, antara lain

Resep sushi homemade


Bahan

Nasi panas secukupnya
3 sdm  Kecap ikan 
4-6 lembar Nori/ rumput laut   ( aku pakai Nori mamasuka)
1 buah Telur                        

Isian


Keju cheddar dipotong berbentuk stik
1 buah Sosis dipotong dan dibelah jadi 2 melintang
Crabstick atau atau salmon secukupnya (bila suka)

Cara membuat

1. Siapkan nasi panas dan campur dengan kecap ikan lalu aduk
2. Tata nasi ke alat penggulung sushi
3. Siapkan sosis atau crabstick atau salmon yang telah digoreng atau direbus dan letakkan diatas nasi
4. Bubuhkan keju yang telah dipotong seperti stik
5. Bisa juga ditambahkan sayur berupa selada di bagian tengah (isi)
6. Gulung nasi menjadi roll sushi
7. Tempelkan Nori di bagian luar kulitnya
8. Baluri dengan telur yang sudah dikocok
9. Goreng hingga kecoklatan lalu angkat
10. Potong sushi menjadi bentuk bulat mirip rolade
11. Sajikan

Menu sushi untuk anak-anak isi sosis dan keju
Sushi isi sosis dan keju

Mudah banget kan cara membuatnya. Moms juga bisa kreasikan sushi sesuai isian yang disukai lho. Menu sushi ini bisa jadi salah satu alternatif agar anak yang susah makan dan tak suka nasi menjadi lahap makan nasinya. Selamat mencoba yaa..





Friday, May 10, 2019

Resep Nasi goreng simpel nan praktis

May 10, 2019 1 Comments



Cara membuat nasi goreng enak
Resep Nasi Goreng
Gambar : Canva
Di Salatiga yang cuacanya dingin kalau malam, maka kuliner yang mengenyangkan jadi pilihan buat menemaniku yang hobinya kulineran kaki lima. Biasanya kalau perginya sama pak suami, maka menu yang paling sering dicoba adalah nasi goreng. Aku bagikan resep cara membuat nasi goreng yang enak disini. Di Salatiga, ada beberapa penjual nasi goreng yang menurutku selalu ramai pembeli, ada

1.nasi goreng blora

Lokasinya ada di jalan Jensud tepatnya di kanan tanjakan setelah Superindo. Kalau pengen cari nasi goreng yang harganya terjangkau, lebih murah dari tempat lain dan rasanya lumayan disini tempatnya.

2. Nasi Goreng pak Joko

Letaknya di jalan Pattimura persis di depan SMP 4 Salatiga. Super jumbo kalau buatku porsinya dan suwiran ayamnya gedhe-gedhe.
Pak Joko sedang membuat nasi goreng
Nasi goreng Pak Joko
Sumber : Twitter Hasbi


3. Nasi Goreng Pak Minto

Di pertigaan Nanggulan yaitu di depan Toko Bahan Roti Cozy. Nasi gorengnya biasanya digoreng diatasi tungku arang jadi memasaknya emang agak lama dan antreannya lumayan banyak.

nasi goreng pak minto
Nasi goreng pak Minto Nanggulan
Sumber : Foursquare Budi Umar

Kalau tempat makan ini ramai, biasanya aku cari tempat lain lagi atau kalau adekku yang lebih suka persen lewat aplikasi biasanya di Ranies' kitchen. Tapi kalau lagi bulan puasa gini, pengennya yang seger-seger dan biasanya aku bikin sendiri nasi goreng buat menu sahur biar ceper dan gak ribet. Gampang kok, cuma cari bahan-bahan yang ready di kulkas.

Bahan :


Ayam goreng, suwir kecil kecil
2 sendok makan minyak
Bakso atau sosis yang tersisa di kulkas (goreng sosis terlebih dahulu ya)
1 butir telur
2 piring nasi

Bumbu :


3 siung bawah putih
1 siung bawang merah
1/2 sendok teh merica
1 sendok makan kecap manis
1 sendok makan kecap ikan
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica
2. Goreng telur terlebih dahulu sambil orak arik
3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, ayam, dan sosis tumis hingga harum
4. Masukkan nasi, kecap ikan dan kecap manis sambil diaduk agar bumbu merata
5. Beri garam dan penyedap rasa
6. Koreksi rasa, jika sudah pas hidangkan

Nah, simpel kan cara membuatnya. Kamu bisa berkreasi dengan mengganti ayam dengan seafood atau iso babat misalnya. Yang pasti, menu ini nolong banget di saat sahur. Yuk coba di rumah..

Thursday, May 9, 2019

Resep Soto Ayam Seger

May 09, 2019 0 Comments


Resep membuat soto ayam
Soto Ayam
Foto : pinterest Silvana Dumas Gallas

Terbayang gak sih, gimana susahnya anak kalau disuapin. Padahal setiap kali masak, aku udah berusaha nyiapin menu yang ramah anak, alasannya biar doi makannya lahap. Akhirnya kalau udah gitu, aku mulai browsing dan nanya ke ibu tentang menu makanan yang disukai anak dan suami. Alhasil, ketemulah aku sama resep soto ayam ibuku yang rasanya endeuss banget. Apalagi kalau dinikmati ketika berbuka puasa..hmm..pengen tau resepnya..yuk siapin bahan-bahannya

Resep Soto Ayam


Bahan :

1/2 kg dada ayam
500 ml air

Pelengkap :

1 bungkus soun kaca
2 bungkus taoge kacang hijau
Seledri, iris tipis
Loncang, iris tipis
Bawang putih goreng siap pakai
Bawang merah goreng siap pakai
2 buah kentang, iris tipis lalu goreng kering
2 sendok minyak goreng untuk menumis

Bumbu : 

3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 ruas jahe
2 ruas kunyit (2 cm)
1/2 sendok teh merica
1 sendok teh ketumbar
2 buah daun jeruk
1 batang serai
1/2 sendok teh jintan (jika suka)
1/2 sendok teh gula jawa
1/2 sendok teh kecap manis
Garam secukupnya
Penyedap rasa ayam secukupnya

Cara membuat :


1. Bersihkan ayam, lalu rebus terlebih dahulu untuk membuang bau amis dan lemak yang menempel, jika sudah buang airnya lalu ganti dengan air yang baru dan didihkan kembali hingga dirasa empuk atau pakai metode 5-10-7 ( 5 menit rebus dalam air mendidih, 10 menit matikan, lalu 7 menit rebus kembali)
2. Haluskan semua bumbu kecuali serai dan jahe (cukup digeprak) dan daun jeruk
3. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan, serai, jahe dan daun jeruk hingga harum kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam yang dididihkan
4. Beri garam dan penyedap rasa,
5. Angkat ayam, tiriskan dan goreng hingga kuning kecoklatan
6. Rebus soun dalam air mendidih hingga empuk, tiriskan
7. Rebus kacang hijau kemudian tiriskan
8. Hidangkan soto bersama suwiran ayam yang telah digoreng, soun, seledri, kentang goreng dan kecambah.

Jika ingin lebih lengkap, kalian juga bisa lho menambah sajian pelengkap seperti keripik tempe atau tempe goreng, acar dan sambal bawang rebus serta kecap manis yang membuat soto ayam buatan kita semakin nikmat. Selamat mencoba yaa..


Acar (optional) :

1 buah mentimun
1 sendok makan cuka
Gula pasir secukupnya
Air matang secukupnya
2 siung bawang merah
Cabai secukupnya
Buang isi mentimun, iris mentimun menjadi bentuk dadu, iris bawang merah dan cabe, campur semua bahan menjadi satu, koreksi rasa

Sambal bawang rebus :


2 siung bawang putih

7 buah cabai
Garam secukupnya
Penyedap rasa
Rebus semua bahan lalu tumbuk atau uleg menjadi satu, tambahkan garam dan penyedap kemudian koreksi rasa.

Selamat mencoba yaa!

Wednesday, May 8, 2019

Resep Puding Roti Skippy

May 08, 2019 0 Comments
Resep Cemilan Puding Roti Skippy


Saat berbuka puasa, maka hidangan manis seperti kurma, puding atau minuman manis disarankan dikonsumsi terlebih dahulu. Baru kemudian sesudah shalat mahgrib atau tarawih menikmati hidangan berat. Nah, di buka puasa kali ini saya coba siapkan menu dari bahan yang mudah dan gampang cara memasaknya. Di puding roti yang proses memasaknya cukup 30 menit ini saya pakai Skippy peanut butter chunky yang kebetulan kami beli ketika belanja bulanan kemarin. Bahannya pun cukup mudah didapatkan, yuk simak proses bebikinannya yuk,.

Puding Roti Skippy
Bahan yang dibutuhkan :


Bahan puding roti skippy
Bahan puding roti skippy

4-5 lembar roti tawar tanpa kulit yang tebal
300 ml susu cair
2 sendok teh gula pasir
3 sendok makan Selai Skippy Chunky
25 gram tepung maizena
2 kuning telur yang telah dikocok
1 Sendok makan mentega
Gula sesuai selera
Choco chips
Keju yang sudah diparut untuk taburan

Cara membuatnya cukup mudah, antara lain


1. Mula-mula rebus susu cair bersama selai skippy, gula pasir dan tepung maizena sambil diaduk hingga meletup-letup. Kemudian matikan api
Langkah membuat puding roti skippy
Langkah membuat puding roti skippy

2. Ambil sedikit rebusan susu, masukkan ke kuning telur. Selanjutnya campuran tadi dimasukkan ke rebusan susu dan aduk hingga rata.
3. Nyalakan api dan masak kembali hingga mendidih dan kental.
4. Matikan api lalu tambahkan mentega, aduk kemudian masukkan roti tawar yang telah disobek-sobek
5. Masukkan sebagian chocochips lalu aduk kembali
6. Masukkan ke pinggan tahan panas
7. Taburi keju dan sisa chocochips kemudian dinginkan

Penyajian dingin untuk puding ini jadi yummy dan creammy banget. Gak salah deh aku pilih Skippy peanut butter chunky yang di dalam selainya terdapat cincangan kacang tanah yang gurih. Jika kamu pengen merasakan resep lebih seru lainnya, kamu bisa cek di akun facebooknya skippy indonesia langsung di fb.me/SKIPPYIndonesia

Puding roti skippy
Penampakan puding roti skippy

Di fanpage ini kamu bakalan nemu banyak resep seru. Bahkan Skippy peanut butter ini bisa digunakan sebagai sambal untuk sate lho, juga untuk bikin cookies yang lezat.


Tuesday, May 7, 2019

Tempat makan di Salatiga Enak dan Bikin Kangen

May 07, 2019 2 Comments
Saat berkunjung ke Salatiga, tempat mana saja yang enak untuk makan? Berikut rekomendasi tempat makan terfavorit di Salatiga :

1. Star steak Salatiga


Di Salatiga sendiri, star steak berlokasi di dua tempat, yaitu di alun-alun pancasila, tepatnya di depan kampus IAIN di jalan adi sucipto dan di bundaran jam di jalan patimura Salatiga. Kalau ingin kesini untuk berbuka puasa, maka sebaiknya kalian datang lebih awal gengs, karena tempat ini selalu penuh saat menjelang buka puasa. Kalau kita mepet datangnya, bisa jadi menu yang kita pesan tak kunjung jadi karena antreannya yang panjang. Bahkan kadang kita justru tak dapat tempat duduk saking penuhnya karena kebanyakan mereka yang mengunjungi tempat ini tidak reservasi terlebih dahulu. Menu yang ditawarkan adalah berbagai macam steak ayam maupun sapi. Dengan harganya yang terjangkau, maka tempat ini jadi pilihan bagi mereka yang pengen nyoba steak. Kebanyakan pengunjungnya adalah mahasiswa, sayangnya buat saya ukuran steaknya terlalu mini. But sure, bisa dicoba kok makn di tempat ini.
Foto restoran star steak Pancasila salatiga
Star steak Patimura
Sumber : Local guide Grace Fransiska

2. Warung joglo Bu Rini


Viewnya yang langsung mengarah ke area persawahan, tempatnya yang luas dan asri serta mampu memuat lebih banyak pengunjung menjadi salah satu keistimewaan restoran ini. Warung joglo Bu Rini berlokasi di jalan mawar salatiga. Jika kamu dari jalur semarang solo, maka lokasi warung joglo Bu Rini ada di gang pertama sebelah kiri setelah perempatan jetis. Selain kamu bisa menikmati makanan di gazebo yang berdekatan dengan persawahan, kamu juga bisa memilih di meja di area terbuka yang tempatnya luas dan cocok untuk buka bersama serombongan. Atau kalau cuaca sedang tidak mendukung atau ingin sekaligus membahas rapat di ruangan yang luas dan gak terlalu banyak interaksi dengan orang lain, disediakan ruangan khusus untuk rapat dan berbuka yang luas. Menu yang disediakan di tempat ini macam-macam. Dari seafood hingga lotek, berbagai macam makanan ringan pembuka dan minuman yang bisa kamu pesan. Menu favorit tempat ini adalah Sop Iga Sapinya, enak dan seger banget kuahnya. 

3. Lawuh Ndeso


Resto yang berlokasi di pertigaan mrican dan di jalan patimura ini menawarkan menu masakan nusantara yang kebanyakan menu tradisional jawa. Tapi jangan salah, tempat makan ini selalu menjadi jujugan bagi pelancong yang mampir ke Salatiga. Menu-menu yang bisa dijumpai disini antara lain ayam bakar, berbagai macam pepes, sop matahari, berbagai macam lauk dan sayur. Harganya pun cukup terjangkau dan kamu tak perlu menunggu lama kalau mau pesan menu disini. Biasanya saat bulan Ramadhan seperti ini, Lawuh Ndeso juga membuka gerai yang biasa buka dari jam 2 siang di alun-alun Pancasila tepatnya di sebelah aula jangkungan. Jadi buat kalian yang lagi gak masak, menu makanan bisa dibeli disini juga lhoo tapi emang khusus bulan Ramadhan aja yaa gengs.

4. Hanna Resto


Lokasi yang strategis berada di pertigaan kartini membuat resto ini mudah dijangkau siapa saja yang ingin berbuka puasa. Tempatnya yang luas dan ramah anak bisa jadi pilihan ketika kamu ingin berbuka sekeluarga.

5. Dhawet Resto


Berlokasi di jalan imam bonjol, di depan dinas kehutanan salatiga tak membuat tempat ini sepi pengunjung. Apalagi saat buka puasa, tempat ini selalu ramai dikunjungi terutama mahasiswa. Menu yang ditawarkan juga beragam ada menu western maupun menu nusantara. 

recent posts

Featured post

Belajar Hikmah perjuangan Cinta Hajar, Ismail dan Ibrahim

Dalam Idul Adha, kita bisa mengambil hikmah perjuangan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar bahwa ketaatan pada Allah adalah sumbe...

Popular Posts