Program Dana Bantuan Pemulihan Ekonomi Untuk UMKM

Pandemi mendatangkan dampak yang cukup besar dalam bidang ekonomi terutama UMKM dan UKM. Banyak diantaranya yang akhirnya gulung tikar karena modal yang terbatas dan beberapa dikarenakan gagal bayar. Selain diakibatkan oleh daya beli masyarakat yang menurun, kemampuan yang belum mumpuni dalam mengelola usaha jadi penyebab bisnis akhirnya tak bisa dipertahankan. 


dana bantuan usaha umi

Bahkan sebagian unit akhirnya banting setir dengan mencoba bisnis baru agar bisa bertahan dalam terjangan krisis selama pandemi berlangsung. Distribusi dan daya beli yang lambat selama pandemi mendorong banyak unit usaha melakukan inovasi dan perombakan dalam bisnisnya. Apalagi ditambah teknologi digital yang menunjukkan perkembangan pesat selama pandemi dan membuat masyarakat lebih nyaman berbelanja secara online.


Semenjak kuartal 2 tahun 2020, perkembangan ekonomi menunjukkan arah positif. Banyak UMKM yang ternyata mampu bertahan di tengah gempuran pandemi covid-19. Kontribusi UMKM sendiri terbilang besar dalam menyokong perekonomian Indonesia karena menyerap 97 % dari total tenaga kerja dan menyumbang 61 % terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia.



Untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan menanggulangi krisis yang lebih besar, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) mengkampanyekan gerakan "Bersama sahabat, UMi Bangkit" pada bulan Agustus lalu.

 

Selain beberapa program bantuan pemerintah seperti subsidi listrik, kuota internet, BSU (Bantuan Subsidi Upah), PKH (Program Keluarga Harapan) dan sembako, pemerintah juga mendorong pelaku usaha kecil, menengah, mikro dan Ultra Mikro (UMi) agar tetap bisa bertahan di masa pandemi dengan menyediakan dana bantuan sosial UMi.


UMi sendiri  merupakan program untuk menyalurkan pinjaman usaha mikro dan ultra mikro yang disediakan pemerintah (PIP) beserta pemberian pendampingan usaha.  


Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sendiri adalah unit organisasi bidang pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah di bawah naungan Ditjen Perbendaharaan Kementrian Keuangan. Tugas utamanya adalah menstimulasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengelolaan investasi dari pemerintah pusat di berbagai sektor strategis dengan resiko dan imbal yang terukur.


Ririn Kadariyah, Direktur Utama Program Investasi Pemerintah (PIP) menuturkan, melalui kampanye UMi Bangkit, PIP  membentuk ekosistem UMI berwujud pendampingan usaha di sektor Mikro dan Ultra Mikro (UMi) . 


Ekosistem UMi tersebut antara lain Wadah Usaha UMi, Inkubasi UMi, serta rencana ekosistem kampung UMi yang akan dijalankan tahun 2022. Beberapa daerah yang menjadi fokus pemberian dana pemulihan ekonomi antara lain Ternate, Maluku Utara, Majalengka, Bandung Barat, Jawa Barat serta Malang, Jawa Timur.


Lebih jauh Tentang Program UMi Bangkit


Seperti yang disampaikan Ririn Kadariyah, 3 program UMi Bangkit berfokus pada kegiatan


1. Wadah Usaha UMi 


Wadah Usaha UMi merupakan program berupa bantuan lapak usaha untuk pelaku usaha mikro dan ultra mikro. Dalam Wadah Usaha UMi, selain bantuan lapak usaha, pelapak juga mendapatkan berbagai pelatihan terkait literasi keuangan dan pelatihan untuk mengembangkan bisnisnya seperti edukasi terkait brand, produk, pemasaran online, pelatihan digital dan pembukuan.


Rahma Khairie, pelaku usaha Mikro dari Ternate yang menerima bantuan dan mendapatkan pendampingan wadah usaha mengaku bahwa usahanya sempat menurun namun berkat Wadah Usaha UMi yang digulirkan PIP, usaha tahu tunanya hingga saat ini masih bertahan. Ia juga menerima beberapa masukan dari UMi Bangkit terkait pengembangan usaha tahu tunanya.


2. Inkubasi UMi


Bekerjasama dengan Pusat Inkubator Bisnis Oorange Unpad dan BIIW (Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha) Unibraw,  PIP juga menjalankan program Inkubasi UMi  dengan memberikan bantuan pembiayaan mikro maksimal 20 juta kepada debitur yang selama ini kesulitan mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan memberikan pendampingan agar para pelaku usaha mikro dapat terus berkembang, berdaya saing dan mampu bertahan di tengah pandemi. 


Program Inkubasi ini bukan sekedar pemberian fasilitas pinjaman saja, namun pendampingan pelaku Usaha Mikro dan Ultra Mikro untuk mengembangkan skill bisnis berupa pelatihan manajemen keuangan dan peningkatan kualitas produk, pelatihan terkait legalitas produk dan usaha, pendaftaran PIRT dan Halal MUI, serta pendampingan pemasaran produk melalui berbagai media.


Ai Khodijah, pelaku usaha warung seblak Mak Ai yang berlokasi di Majalengka turut merasakan peningkatan usahanya. Ai mengaku, program inkubasi UMi telah membantunya meningkatkan usaha seblaknya yang kini telah dipromosikan secara offline dan online berkat pendampingan dari UMi Bangkit. Ai  juga menambah varian produk yang dipasarkannya seperti basreng, kacang dan cemilan lain. Kini usahanya meningkat dua kali lipat berkat pendampingan inkubasi UMi.


testimoni pelaku usaha
Ai Khodijah, pelaku usaha Seblak Mak Ai yang turut merasakan manfaat adanya dana bantuan dan pendampingan usaha dari program UMi Bangkit 


Muhammad Yusuf, Direktur Kerjasama Pembiayaan dan Pendanaan PIP berujar, tahun 2021 PIP juga akan menargetkan 2 juta debitur dan menyalurkan investasi sebesar 7,2 Triliun untuk semakin mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi.


3. Ekosistem Kampung UMi


Bekerjasama dengan kabupaten, PIP juga merencanakan pilot project desa binaan. Program kampung UMi sendiri berupa penyediaan dukungan pemasaran yang terintegrasi bagi debitur UMi dalam cluster di satu wilayah.


Dampak perbaikan ekonomi yang dirasakan pemerintah akan semakin besar jika antar kementrian terwujud saling sinergi. Untuk itu, dalam menyukseskan program UMi Bangkit, Pusat Investasi Pemerintah juga menggandeng berbagai pihak yang berada di bawah naungan Kemenkeu seperti Koperasi Pegawai Kantor Pusat Perbendaharaan (koppbn), Dirjen Perbendaharaan, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) ,Dirjen Kekayaan Negara (DJKN) ,serta juga bekerjasama dengan Ditjen Pajak dan Kementrian Pertanian.


Sumber pendanaan untuk program UMi Bangkit sendiri berasal dari APBN, hibah serta kerjasama pendanaan dan investasi. Dalam menyalurkan bantuannya, Pusat Informasi Pemerintah dibantu lembaga keuangan bukan bank antara lain, PT. Pegadaian. PT. Permodalan Nasional Madani dan PT. Bahana Artha Ventura dalam menyalurkan pembiayaannya. 


Untuk mendapatkan bantuan modal dari UMi, syaratnyapun cukup mudah, antara lain WNI dibuktikan dengan kepemilikan e-KTP atau surat keterangan pengganti e-KTP, memiliki ijin usaha atau surat keterangan usaha dari instansi atau pemerintah, tidak sedang menerima pembiayaan dari lembaga keuangan atau koperasi dan beberapa persyaratan mudah lainnya sesuai dengan program dan aturan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan non bank yang telah dipercayakan PIP.


Semoga dengan program bantuan pemulihan ekonomi melalui peningkatan kapasitas usaha dari program investasi pemerintah lewat ekosistem UMi bisa berjalan dengan baik dan banyak pelaku usaha yang merasakan bisnisnya naik kelas ya. Saya berharap informasi di atas bermanfaat, yuk bersama-sama dorong pemulihan ekonomi bersama UMi Bangkit.

Next Post Previous Post
46 Comments
  • Deris Afriani
    Deris Afriani 15 Desember 2021 pukul 11.19

    Program yang banyak dampak positifnya ini. Membantu sekali untuk usaha ultra mikro. Dengan bantuan dana UMi tentu usaha dapat berkembang lebih cepat dan baik.

  • ChieLittleStory
    ChieLittleStory 15 Desember 2021 pukul 14.40

    Aku ikut seneng kalau banyak badan yang bantu kegiatan usaha kecil begini.
    semoga panjang umur dan berkah ....

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 28 Januari 2022 pukul 09.20

      Aamiin..benar sekali kak

  • hujan di jendela
    hujan di jendela 15 Desember 2021 pukul 18.32

    Program dana bantuan usaha begini di masa pandemi dan sekarang ini pasti sangat bermanfaat ya bagi pelaku usaha baru ataupun kecil. Semoga makin banyak usaha kecil menengah yang merasakan manfaat program UMI ini.

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 15 Desember 2021 pukul 21.33

    keren ya solusi Pusat Investasi Pemerintah (PIP)

    ultra mikro jarang tersentuh padahal paling mudah tumbang

    dengan adanya program dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) , mereka bisa bangkit lagi

  • trlitha11 (lithaetr)
    trlitha11 (lithaetr) 15 Desember 2021 pukul 22.13

    MasyaAllah semoga dengan adanya UMi pengusaha kecil dan menengah bisa terbantu agar bisa kembali melakukan proses usahanya. Semoga PIP dalam menjalankan UMi ini bisa lebih tepat sasaran, biar benar-benar berdampak bagi pengusaha yang usahanya butuh dibangkitkan.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 28 Januari 2022 pukul 09.22

      Benar mba..semoga dengan adanya UMi banyak usaha yg terbantu dan Perekonomian cepat pulih ya

  • Ice Cream
    Ice Cream 16 Desember 2021 pukul 02.00

    enak nih kalau bisa dapat bantuan kayak gini, bisa membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi ini

  • Narasi Nia
    Narasi Nia 16 Desember 2021 pukul 09.40

    Awal pandemi, geliat ekonomi emang lesu banget ya kak. Tapi untungnya melalui program pemerintah, swasta dan manfaatm sosial, perlahan kondisi ekonomi kembali pulih ya kak

  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono 16 Desember 2021 pukul 11.14

    Program dana bantuan usaha semacam ini emang bagus kok karena mendukung masyarakat untuk mau berwirausaha sehingga mereka tidak penggangguran lagi.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 28 Januari 2022 pukul 09.23

      Benar mas, semoga banyak lapangan usaha tercipta dg adanya program dari UMi ya

  • Moch. Ferry
    Moch. Ferry 16 Desember 2021 pukul 12.31

    Memang pemerintah Indonesia perhatian terhadap ekonomi ukmk selama masa pandemi, UMI memang mensupport usaha

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 16 Desember 2021 pukul 13.55

    Bantuan pemulihan ekonomi berdampak besar untuk pelaku usaha. Karena mereka bisa survive lagi di tengah pandemi ini.

  • Zulmi
    Zulmi 16 Desember 2021 pukul 14.50

    Semoga ekonomi Indonesia makin pulih dan bisa berjaya ya mba..
    Moga program2 seperti ini membantu umkm untuk bangkit bersama.
    Makasoh infonya mba

  • Nurul afiati
    Nurul afiati 16 Desember 2021 pukul 15.46

    Alhamdulillah semoga bantuan ini bisa mengembalikan ekonomi rakyat yang sempat terpuruk, pelaku usaha mari bangkit lagi

  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako 16 Desember 2021 pukul 16.03

    wah bagus banget ya ada program bantuan dana usaha buat para pelaku UMI nih, gak boleh disia-siakan kesempatannya

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 16 Desember 2021 pukul 16.22

    wah keren sekali program UMI ini ya mbak
    Bisa dibilang, program UMI ini membantu banget dalam perkembangan bisnis Umkm

  • Emma Malika
    Emma Malika 16 Desember 2021 pukul 16.26

    Alhamdulillah ya semenjak pandemi pemulihan ekonomi bangkit dengan cara bersinergi dengan banyak pihak terasa lebih ringan deh

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 16 Desember 2021 pukul 20.35

    Program-program kayak gini ni yang bener-bener bisa membantu dan membangkitkan kembali UMKM dan UMi supaya semakin produktif di masa pandemi ini.

  • BlogSabda.com
    BlogSabda.com 17 Desember 2021 pukul 09.34

    dengan penyaluran kredit ultra mikro Rp 20 juta ini bisa sangat menumbuhkan usaha-usaha baru. Memang pondasi ekonmi kita ini ditopang oleh UMKM dan UMK.

  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi 18 Desember 2021 pukul 16.07

    Programnya bermanfaat banget, nih. Sangat membantu UMKM, apalagi di masa pandemi gini. Makasih infonya.

  • Damar Aisyah
    Damar Aisyah 20 Desember 2021 pukul 14.31

    Dengan dukungan pendanaan dari pemerintah tentunya pelaku usaha ultra mikro memiliki kesempatan untuk berkembang baik dari segi omzet maupun pengembangan varian usaha.

  • Sukma (lantanaungu.com)
    Sukma (lantanaungu.com) 20 Desember 2021 pukul 16.07

    Wah enak yaaaa ... banyak nih di daerah tempat tinggalku yang sebetulnya mereka butuh pembiayaan dan juga support dalam UMKM-nya. Keren nih kalau bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

  • Arni
    Arni 20 Desember 2021 pukul 17.38

    Bagus banget ini programnya
    Dengan syarat-syarat yang sangat mudah, semoga banyak UMKM yang terbantu dan jadi semakin maju

  • Ipeh Alena
    Ipeh Alena 21 Desember 2021 pukul 00.02

    Keren sih ada program kaya gini yang tentunya ramah buat UMKM. Daripada pelaku usaha minjem uang sana sini buat modal jualan. Mana belum terjamin kelayakannya. Mendingan ikut program UMi ini ya

  • Moch. Ferry
    Moch. Ferry 21 Desember 2021 pukul 06.40

    Dukungan pemerintah dalam memberikan stimulus ekonomi seperi UKMK akan menambah semangat produktifitas usaha

  • Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati 21 Desember 2021 pukul 10.39

    Dengan kondisi yang dialami sudah sewajarnya jika pelaku usahs UMi ini memperoleh bantuan berupa pendampingan usaha ya. Agar mereka semakin paham bagaimana mengelola usaha dan bisa bangkit dan bertahan di tengah pandemi.

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 21 Desember 2021 pukul 10.57

    Aamiin semoga bermanfaat ya program bantuan dari PIP ini demi memajukan UMKM kita.

  • Han
    Han 21 Desember 2021 pukul 12.25

    MasyaAllah mudah2an yang disalurkan PIP ini jadi berkah dan beneran membantu para pelaku usaha bangkit yaa mba. Ga kalah pentingnya mudah2an UMi bisa merata kemana2 nih manfaatnya

  • Dyah (Author roemahaura.com)
    Dyah (Author roemahaura.com) 21 Desember 2021 pukul 13.43

    Semoga semakin banyak yang merasakan program bantuan dari PIP ini ya mbak, soalnya emang sangat menolongg pelaku usaha ultra mikro banget kan.

  • Renayku
    Renayku 22 Desember 2021 pukul 09.01

    Semoga program UMi bisa terus menyebar ke daerah2 lainnya ya supaya lebih banyak pelaku umkm yg terbantu shg usahanya lebih maju

  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani 22 Desember 2021 pukul 13.27

    Seneng banget mendengar ada banyak program produktif untuk UMKM seperti ini, semoga hal seperti ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat semakin sejahtera.

  • K. Niken
    K. Niken 22 Desember 2021 pukul 13.51

    Setuju banget kalau adanya program Inkubasi ini nggak sekedar hanya untuk memberikan fasilitas pinjaman saja, namun lebih dari itu yaitu pendampingan pelaku Usaha Mikro dan Ultra Mikro untuk mengembangkan skill bisnis.

  • Nur Asiyah
    Nur Asiyah 22 Desember 2021 pukul 14.13

    Alhamdulillah, semoga program bantuan semacam ini makin banyak dan bisa memberikan bantuan secara optimal ya kak. Sehingga perekonomian melalui UMKM terus berkembang dan membaik.

  • Milda Ini
    Milda Ini 22 Desember 2021 pukul 20.46

    Semoga dengan UMI bangkit ini, bisa membantu dan dana bergulir kepada UMKM, sehingga UMKM tetap bisa eksis dan maunya dana ini bisa bergulir dengan baik

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 22 Desember 2021 pukul 21.01

    Alhamdulillah, Program UMi Bangkit ini bisa bantu banyak pengusaha ultra mikro bangkit dan maju lagi ya. Semoga semakin banyak yang terbantu di seluruh wilayah Indonesia.

  • i n n a
    i n n a 22 Desember 2021 pukul 21.28

    Alhamdulillah UMKM terbantu dengan adanya program bantuan dari UMi ini, jadi kembali bersemangat para UMKM

  • Linda Puspita
    Linda Puspita 23 Desember 2021 pukul 10.57

    Alhamdulillah, banyak yang terbantu ya kak. Next year banyak juga ya anggarannya, semoga bisa ke desaku, bisa ikut naik kelas

  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M 23 Desember 2021 pukul 11.04

    Alhamdulillah ya kak adanya bantuan. Membuat perekonomian bisa semakin membaik.

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 23 Desember 2021 pukul 20.39

    Pandemi ini waktunya untuk menunjukkan bahwa semangat gotong royong masih menjadi darah nadi negara ini. No one left behind.

    Program UMi Bangkit benar-benar menjadi wadah usaha yang bisa memayungi UMKM kita yang rentan di masa-masa kritis begini.

  • Lintang
    Lintang 24 Desember 2021 pukul 10.52

    Program gerakan UMI Bangkit cocok banget buat memajukan pelaku UMKM. Bantuan lapak usaha, pelapak juga mendapatkan berbagai pelatihan terkait literasi keuangan yang bisa memayungi UMKM dalam menggerakkan roda ekonomi.

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 31 Desember 2021 pukul 05.58

    semoga program gerakan UMI bangkit ini bisa membantu para usaha mikro khususnya yang kesulitan modal ya kak sari

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 4 Januari 2022 pukul 21.16

    Program ini sangat banyak dampak positifnya ya kak. Untuk Membantu usaha ultra mikro. Dengan bantuan dana UMi tentu usaha dapat berkembang lebih cepat dan baik terlebih di masa pandemi ini ya mbak

  • Diska widya
    Diska widya 6 Januari 2022 pukul 06.05

    Ikut seneng ya pemerintah ikut bantu dana UMKM ini jadi pas lagi down usahanya mereka bisa survive

  • Richa Miskiyya
    Richa Miskiyya 13 Januari 2022 pukul 19.37

    Di tengah kondisi kayak gini. Memang UMKM butuh banget kucuran modal dan pendampingan

  • Ima Satrianto | www.tamasyaku.com
    Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 17 Januari 2022 pukul 20.07

    Semoga apa yg bisa membantu UMKM bangkit bisa dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha ya mba. Karena semenjak pandemi ini ada, yg terdampak adalah mereka para umkm.

Add Comment
comment url