Sabun Untuk Kulit Bayi Sensitif Dari Mama's Choice

Kesalahan memilih sabun untuk kulit bayi sensitif ternyata bisa menimbulkan masalah serius. Kejadian ini dialami anak pertamaku dulu yang mengalami bruntusan mirip jerawat kecil-kecil karena efek baby care-nya ketika itu. Udah gitu bruntusannya rata kecil-kecil berwarna merah di area wajah dan leher.


sabun untuk kulit bayi sensitif


Aku rasa mungkin bruntusannya ini juga bikin gatel dan perih saat kena air sabun karena dia sering rewel kalau habis mandi. Di jaman dia lahir, aku enggak kepikiran mencari review produk perawatan bayi. Setelah anak kedua lahir, aku jadi lebih hati-hati memilih produk perawatan bayi agar hal serupa tak terulang kembali. Cuss deh, aku browsing bahan apa saja yang aman untuknya dan baca-baca review produk perawatan bayi yang aman untuk Tito.

Cara Memilih Sabun Untuk Kulit Bayi Sensitif

Pada dasarnya, kulit bayi yang masih lembut dan sensitif memerlukan penanganan khusus agar tak mengalami keluhan seperti ruam, kulit kering, biang keringat dan eksim. Kita yang dewasa aja enggak asal-asalan kaan saat milih skincare, apalagi produk perawatan bayi yang notabene masih rentan kulitnya.

Jadi enggak sekedar wangi dan memiliki busa yang banyak, tetapi pastikan aman bagi kulit bayi. Berikut beberapa kriteria memilih sabun mandi yang baik untuk bayi

1. Bebas Bahan Kimia Berbahaya 


Moms sebaiknya hindari bahan-bahan kimia berbahaya seperti triclosan, paraben, Sodium Lauryl dan Laurel Sulfat (SLS/SLES), Propylene Glycol, ftalat, pewarna buatan, tetrasodium EDTA, parfum atau pewangi buatan yang bahayanya pernah aku ulas dalam tulisan tentang natural skincare.

Biasanya zat-zat kimia tersebut terkandung dalam produk perawatan dan kosmetik seperti sabun,shampo, pembersih muka karena busanya yang banyak. Takut kan, kalau nggak sengaja bahan-bahan berbahaya ini tertelan atau masuk lewat mata bayi saat mereka mandi. Yang jelas, selain resiko tertelan, bahan kimia berbahaya tersebut jika dipakai terus menerus akan berpotensi mengiritasi kulit dan bahkan meningkatkan resiko kanker serta kerusakan ginjal. Hii.. ngerii...

2. Sudah Terdaftar BPOM

Jangan lupa juga cek kode register produk yang biasanya ada di label kemasan. Pastikan kalau produk bayi yang akan dipakai udah terdaftar dalam BPOM. Yang aku pahami sih, pastinya produk dari brand besar semua produk yang dijualnya sudah berijin tetapi untuk produk tiruan (palsunya), mereka pakai kode register palsu. Lihat juga tampilan desain packagingnya ya teman-teman..

3. Hypoallergenic

Karena saking sensitifnya, kulit bayi jadi rentan alergi. Pilih produk yang sudah teruji dermatologi dan  bebas alergen. Bahan-bahan yang sering memicu alergi antara lain pewangi sintetis, SLS/SLES dan alkohol.

mama's choice hair and body wash
Senangnya mandi, Ibu no worry, anak happy


4. pH Seimbang

Sebaiknya pilih produk perawatan bayi seperti sampo dan sabun mandi bayi yang memiliki pH sekitar 5,5 untuk melindungi kulitnya yang masih sensitif. Teman-teman bisa cari review produknya dulu ya sebelum membeli.

memilih sabun mandi anak bayi


6. Terbuat Dari Bahan Alami


Pilih produk perawatan bayi yang komposisinya dari bahan alami.  Bahan dari alam seperti chamomile, zaitun, lavender, madu, aloe vera baik untuk melembabkan kulit bayi, membuat rileks, mencegah radang dan timbulnya jamur serta aman bagi kulit.

7. Mengandung Pelembab


Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi cenderung lebih kering sehingga perlu kehati-hatian dalam memilih sabun mandi atau sampo yang aman untuknya. Usahakam pilih produk yang memiliki ekstra manfaat melembabkan kulit agar kulitnya terlembabkan.

8. Bersertifikat Halal


Buat seorang muslim seperti saya, adanya produk yang telah bersertifikasi halal MUI akan memberikan perasaan tenang

Nah, jangan sampai nunggu anak kena alergi dulu baru ganti produk ya. Sedari awal pilih produk yang benar-benar aman sehingga mama tenang.

Trus, gimana sih sebenarnya ciri-ciri alergi pada bayi? Coba amati dan perhatikan, ciri-ciri bayi yang alergi sabun mandi bisa di cek selengkapnya disini

Mama's Choice 2 in 1 Baby Hair And Body Wash, Sabun Untuk Kulit Bayi Sensitif

Ketika memilih sabun dan shampo untuk bayi, kita sering dihadapkan pertanyaan, "Produknya aman gak ya? Benarkah review-nya ? Sudah lolos uji dermatologi dan hipoalergenik? Trus yang saya beli nanti benar-benar cocok untuk bayikah? Duh, jadi takut salah pilih kaan...

Mama's Choice yang sejak dulu fokus mendampingi mama untuk kurangi worry mengenalkan produk terbarunya Mama's Choice Hair & Body Wash yang punya manfaat 2 in 1. Bisa dipakai untuk sampo sekaligus sabun. 

benefit mama's choice
keuntungan memakai mama's choice, kandungan 3 bahan alami chamomile yang melembutkan, lavender yang merilekskan dan sugar mapple extract yang melembabkan bikin anak nyaman dan tenang saat mandi


Selain produknya bebas bahan kimia seperti SLS/SLES, paraben, dan parfum sintetis, sabun 2 in 1 ini memiliki busa melimpah namun lembut di kulit bayi. Dengan bahan alami dari lavender oil yang berfungsi menyehatkan rambut dan membuat bayi merasakan lebih rileks, tenang dan
tidak rewel saat dimandikan. Kulit bayi juga lebih terlindungi dan bebas iritasi karena
chamomile-nya serta kandungan ekstrak sugar mapple-nya memberikan kelembaban dan elastisitas pada kulit bayi.
Yang aku suka dari sabun mandi bayi dari Mama's Choice ini karena produknya sudah
melewati uji dermatologi dan hipoalergenik, sudah bersertifikat Halal dan lolos uji BPOM.

Sabun Mama's Choice ini berbentuk cairan berwarna putih dan busanya tetap banyak tapi aman karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Mama's choice hair and baby wash ini juga tidak pedih di mata, jadi moms tak perlu khawatir anak bakalan nangis karena kemasukkan busa.


Review Mama's choice
tekstur mama's choice hair and body wash, tanpa pewarna

Wanginya juga seger dan bikin rileks, biasanya sehabis mandi aku juga oleskan Tummy oil-nyaMama's choice juga ke Tito. Saking seger aromanya dan bikin rileks sampai dia terkadang minta saya buat mijit badannya pakai Tummy oil Mama's choice.

Bagi teman-teman yang persiapan lahiran atau sedang mencari produk perawatan bayi, Mama's choice menawarkan rangkaian produk aman untuk bayi seperti Baby Rash cream, Baby hair and body wash, Baby calming Tummy oil dan Moisturizer hand gel untuk bayi dan juga beragam produk perawatan untuk ibu hamil dan menyusui. Untuk info lebih lengkapnya, teman-teman bisa mengunjungi websitenya di www.mamaschoice.id atau kunjungi langsung akun Instagram @mamaschoiceid.

Semoga tips memilih sabun untuk kulit bayi sensitif di atas bermanfaat ya teman-teman, sharing yuk, produk apa saja yang biasa teman-teman pakai untuk perawatan si kecil. Tulis di kolom komentar yaa
Next Post Previous Post
49 Comments
  • adhealbian
    adhealbian 23 Oktober 2021 pukul 12.09

    Ahaaa yang dicari-cari nih info nya hehe. Ada beberapa temen ku yang kulit anak nya sensitif. Jadi nanti aku coba rekomendasiin ini mba Sari. Makasih banyak yah mba informasinya ;)

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 30 Oktober 2021 pukul 12.03

      Sama-sama kak Adhe

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 24 Oktober 2021 pukul 06.54

    penting banget bebas alergen. dan terbuat dari bahan alami ya?

    karena kondisi kulit bayi kan belum sekuat orang dewasa

    jadi terinspirasi ngasih kado Mama's Choice untuk tetangga yang baru lahiran

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 30 Oktober 2021 pukul 12.05

      Iya Ambu, aku ngerasa lebih safe sih sama yang bebas kimia berbahaya

  • Ova Forlendy
    Ova Forlendy 24 Oktober 2021 pukul 10.06

    Untuk baby, kita memang harus hati² sekali agar tidak berdampak utk si baby. Aku tertarik dengan sabunnya bersertifikat halal.

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 24 Oktober 2021 pukul 17.45

    waaa andalanku juga nih buat si kecil, baunya sukaaa banget :) lembut juga di kulit, keren deh produknya Mamas choice makin lengkap jd gak bingun lagi ya pilih yang aman ya :)

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 30 Oktober 2021 pukul 12.05

      Bener mba...aku juga suka aromanya..bayi banget

  • Ariefpokto
    Ariefpokto 24 Oktober 2021 pukul 23.24

    suka kasian kalau bayi kulitnya sensitif, suka ga nyaman kalau pakai produk yang membuat kulitnya beraksi. Kalau ada yang udah cocok sebaiknya jangan diganti ya

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 30 Oktober 2021 pukul 12.06

      Betul mas Arief, sama kayak orang dewasa saat milih skincare,

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 25 Oktober 2021 pukul 05.12

    Anakku pas bayi juga sempat alamin bruntusan kayak jerawat kecil merah tapi di dahi mba. Mamas Choice itu selalu tahu dan pas ama kebutuhan anak yang alami kulit sensitif ya mba

  • Hamimeha
    Hamimeha 25 Oktober 2021 pukul 08.13

    Wah pengen nih nyoba produk mma choice .

    Ehm iya betul biasanya aku selalu cari info dulu produk yg ingin aku cari info dulu .

    Kalo ada yg review gini aku bisa ngasih nilai plus untuk produk itu

  • Etika Aisya Avicenna
    Etika Aisya Avicenna 25 Oktober 2021 pukul 09.26

    Wah, baru tahu ada produk ini Kak. Sepertinya bisa saya rekomendasikan ke saudara saya yang punya bayi barangkali kulit bayinya sensitif dan lagi bingung cari alternatif sabun yang aman, menyehatkan, dan wangi banget tentunya

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 25 Oktober 2021 pukul 11.12

    Aku juga ngga kepikiran cari review sabun buat bayi waktu anakku lahir mom hehe Alhamdulillah dia cocok cocok aja :D tapi memang mencegah lebih baik daripada mengobati yaa

  • Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti)
    Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) 25 Oktober 2021 pukul 12.22

    Iya bener produk Body Care dari Mama's Choice ini ga bikin pedih di mata dan memang cocok sama bayi ya. Aku soalnya pake juga

  • Ning!
    Ning! 25 Oktober 2021 pukul 12.24

    Pas banget mba, anakku kulitnya sensitif jadi nggak bisa pakai sembarang sabun. Kayaknya mama Choice ini patut dicoba.

  • Nyonya Faruq
    Nyonya Faruq 26 Oktober 2021 pukul 11.34

    Ini produk baru dari mama choice emang buat produk ibu dan anak mantap banget ya

  • t h y a
    t h y a 26 Oktober 2021 pukul 14.42

    makin lengkap produk mamachoice ya mbaa..
    aku jadi pengen cobain sabunnya, kayaknya lebih aman buat kulit, apalagi kalo anaknya punya kulit sensitif

  • Astrid Herera
    Astrid Herera 26 Oktober 2021 pukul 22.36

    Mama’s choice bagus banget emang wangi nya aku suka, anak anak jadi wangi seharian, busanya juga banyak

  • Aliyatus sa'diyah
    Aliyatus sa'diyah 27 Oktober 2021 pukul 07.16

    dari claim dan formulanya emang beneran oke nih apalagi emang kita gak boleh sembarangan ngasih produk ke si kecil

  • Rika Amelina
    Rika Amelina 27 Oktober 2021 pukul 11.20

    Kulit anakku juga termasuk sensitif nih, makasih mbak reviewnya. Nanti aku coba deh beli mamaschoice ini

  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 27 Oktober 2021 pukul 13.17

    Mama's Choice emang andalan banget. Wanginya enak dan lembut juga untuk kulit anak-anak..

  • Fitri Areta
    Fitri Areta 27 Oktober 2021 pukul 19.08

    Kalau untuk bayi memang harus hati-hati agar tidak salah pilih produk ya , Mom..
    Apalagi kulit bayi masih lembut dan mudah sensitif.

  • Winata Nurin
    Winata Nurin 27 Oktober 2021 pukul 21.59

    Salah satu produk yg aman buat si kecil terutama anak yg kulitnya sensitif.
    Paling suka ama wanginya! Si kecil jadi wangi seharian^^

  • nyakizza.blogspot.com
    nyakizza.blogspot.com 27 Oktober 2021 pukul 22.31

    Mamas Choice udah jadi andalanku sejak anak masih dalam kandungan sampe anak lahir hehheee
    Pecinta minyak pijet mamas choice angkat tangaaaan

  • Silvie Permatasari
    Silvie Permatasari 29 Oktober 2021 pukul 05.12

    mama choice ini emang produknya ramah anak ramah busui dan bumil suka bgt deh

  • Triyatni A.
    Triyatni A. 29 Oktober 2021 pukul 05.15

    Iya bener sih kalau soal masala milih sabun buat baby itu jangan sampai yang mengandung bahan berbahaya. Kalau Mama's Choice ini udah dikenal produk-produknya bahannya alami

  • Renayku
    Renayku 29 Oktober 2021 pukul 10.02

    Mama's Choice udah terpercaya deh produk2nya utk anak2. Bahkan, produk2 utk ibu2nya juga banyak. Keren deh Mama's choice

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 29 Oktober 2021 pukul 15.08

    Anak sulungku kini 17 tahun, dulu saat bayi kulitnya sensitif sekali..duh aku kesusahan cari produk yang sesuai. Senangnya kini ada sabun mandi bayi dari Mama's Choice ini, produknya sudah melewati uji dermatologi dan hipoalergenik, sudah bersertifikat Halal dan lolos uji BPOM, bebas bahan kimia seperti SLS/SLES, paraben, dan parfum sintetis, Bahan alami begini bikin hati Mama tenang pasti

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 30 Oktober 2021 pukul 12.07

      Yup mba, no worries

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah 29 Oktober 2021 pukul 16.30

    Aku suka juga produk Mama’s Choice jadi lebih tenang ya mama sekarang hihi

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 29 Oktober 2021 pukul 18.32

    Kita yang dewasa aja kalau udah sensi kulitnya nggak nyaman ya, apalagi anak². Maka pilihan sabun dari Mama's Choice memang jadi pilihan karena memahaminya

  • Moch. Ferry
    Moch. Ferry 29 Oktober 2021 pukul 19.24

    Penggunaan alat penunjang kebersihan seperti Mama Choices membantu debay merasakan kesegaran dan tidak perih di mata

  • Shyntako
    Shyntako 29 Oktober 2021 pukul 21.15

    dulu saya memang selalu mencari produk baby care yang sifatnya hypoalergenic, karena kan kulit bayi relatif masih sensitif yaa, produk Mama's choice ini juga favoritku sejak dulu sih

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 29 Oktober 2021 pukul 22.50

    kebetulan ada tetangga baru lahiran

    ngasih hadiah paket perawatan dari Mama's Choice aja ya?

    Karena terbukti kualitasnya bagus untuk ibu dan bayinya

  • Gioveny Astaning Permana
    Gioveny Astaning Permana 30 Oktober 2021 pukul 00.30

    Aku juga pake nih sabunnya Mama's Choice. Wanginya enak dan yg pasti ga pedih di mata ya kan. Pilih produk untuk si kecil emang harus mengandung bahan-bahan yg aman ya

  • sumiyati sapriasih
    sumiyati sapriasih 30 Oktober 2021 pukul 07.25

    Sabun Mama's Choice wanginya disukai anak anak yang dapat menghaluskan dan melembutkan kulit dan amam bagi anak

  • Parenting By Rey
    Parenting By Rey 30 Oktober 2021 pukul 07.27

    Anak-anak saya dulu kulitnya sensitif keduanya, repot banget kudu nyari sabun yang lebih ramah di kulitnya, sayang dulu belum kenal Mama's Choice.
    Emang produk ini paling mengerti masalah mama banget ya :)

  • YSalma
    YSalma 30 Oktober 2021 pukul 07.44

    Kulit bayi itu masih sangat lembut banget ya mba, makanya kita sebagai ibu kudu memilih produk yang tepat untuk mandi dan sampo. Mama's Choice paham banget kebutuhan para Mommy, nggak perih di mata anak.

  • andyhardiyanti
    andyhardiyanti 30 Oktober 2021 pukul 08.02

    Dulu tuh saya pikir, semua sabun bayi ya sama aja. Sampai pas anak kedua saya lahir, ya ampun kulitnya sensitif. Bener-bener gak boleh sembarangan pakai produk, entah itu sabun, bedak, minyak telon, dan lainnya. Salah produk, bisa menyebabkan kulitnya bintik-bintik dan gatal. Hiks

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 30 Oktober 2021 pukul 09.51

    Sampai sekarang anak saya yang besar udah 5 tahun dan si kembar 2 tahun 8 bulan, itu kalo beli sabun pasti selalu plus shampo. Sama kayak Mama's Choice ini, 2 in1. Baby hair sekaligus baby wash.

  • Annie Nugraha
    Annie Nugraha 30 Oktober 2021 pukul 10.07

    Harus hati-hati memang yah memilih produk untuk bayi. Apalagi yg memiliki kulit sensitif. Karena kalau dah sampai tahap serius, bayi bakal rewel dan bisa merembet ke emosi sang ibu. Semoga produk dari Mama’s Choice ini bisa menjadi solusi yg pas

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 30 Oktober 2021 pukul 12.42

    Produk ini aman ya utk bayi dan balita, mba. Kadang kasihan kalau balita alergi terhadap produk bayi mereka. Pasti tidak nyaman bawaannya

  • Nanik nara
    Nanik nara 30 Oktober 2021 pukul 12.53

    Sepakat, memilih produk perawatan kulit dan rambut bayi itu memang harus lebih ekstra banyak pertimbangan di banding buat orang dewasa, karena kulit bayi masih sensitif.

  • Ratna Kirana
    Ratna Kirana 30 Oktober 2021 pukul 16.48

    Pas banget nih, teman aku ada yang mau lahiran bayi, bisa nih aku kasih kado ini, pasti happy hehe

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 30 Oktober 2021 pukul 23.57

    bayi dengan kulit sensitif butuh produk perawatan yang khusus ya mbaak
    untung sudah ada produk dari Mama's Choice ini

  • tantiamelia.com
    tantiamelia.com 31 Oktober 2021 pukul 09.36

    Untuk bayi kok coba cobaaa!

    Kan udah jelas si Mama's Choice buatku pilihan yang aman dan nyaman untuk digunakan ya

  • www.nanikkristiyaningsih.com
    www.nanikkristiyaningsih.com 31 Oktober 2021 pukul 11.01

    Produk buat anak memang harus selektif ya mbak. Tipsnya bisa dijadukan acuan dalam memilih produk anak, terutama bayi.
    Mksh sharingnya mb.

  • Aya Choiriyah
    Aya Choiriyah 2 November 2021 pukul 12.12

    Produk mamas choice udah makin banyak ya sekarang dari dulu anakku sudah pakai produk dari mamas choice

  • Laksmipaopao
    Laksmipaopao 5 November 2021 pukul 08.40

    Kandungannya yg seimbang bebas SLS, jd tenang kasih yg terbaik buat buah hati ya

Add Comment
comment url