Ketahui Resiko Kurang Olahraga dan Jauhi Sedentary Lifestyle

Daripada kurang gerak dan malas olahraga, yuk ikutan kompetisi #JadiAtletdiRumah dan jauhi resiko Sedentary Lifestyle selama pandemi. Caranya gampang kok, baca sampai habis ya!

kompetisi jadiatletdirumah

Ngacung yuk, siapa yang selama pandemi body goal-nya berhasil? Atau malah kebalikannya? 

Semenjak pandemi, banyak institusi terpaksa memberlakukan sistem kerja dan bersekolah dari rumah. Akibat kebijakan wfh dan belajar jarak jauh ini, sebagian besar penduduk Indonesia jadi kurang aktivitas fisik. Data Riskesdas tahun 2018 menyebutkan bahwa 3 dari 10 orang di Indonesia menjalani sedentary lifestyle. Perbandingan jumlah orang yang mager alias malas gerak ini mungkin jadi  bertambah banyak dengan adanya pandemi. Padahal resiko penyakit yang ditimbulkan akibat malas gerak ini banyak.

Mengenal Sedentary Lifestyle dan Bahayanya

Menurut Wikipedia, Sedentary Lifestyle merupakan gaya hidup kurang gerak, tidak banyak beraktivitas fisik dan lebih sering berkegiatan seperti bermain game, menonton televisi, menggunakan laptop maupun berjejaring sosial melalui smartphone yang dilakukan sembari duduk maupun berbaring. Istilah keren atau gaulnya sering disebut mager, nggak ngapa-ngapain, tidur-tiduran aja di rumah, rebahan dulu, gegoleran..hehe..

Rata-rata orang Indonesia menghabiskan 10 jam/hari hidup sedentari. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, beberapa tempat kebugaran seperti fitnes center dan gym membatasi jumlah pengunjungnya dan kebijakan tetap berada di rumah membuat banyak anak muda menjadi malas bergerak dan kurang olahraga. Walhasil, abakadabra...badan semakin gendats dan melar ke samping.

Padahal gaya hidup kurang gerak ini beresiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan antara lain

1. Penyakit Kardiovaskular

Dalam sebuah jurnal kardiologi Amerika tahun 2018 disebutkan bahwa gaya hidup sedentari ini meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, arterosklerosis, stroke maupun aritmia pada orang bertubuh normal dibanding mereka yang mengalami obesitas. Meski begitu, orang dengan obesitas juga memiliki resiko yang enggak kalah bahaya kan? 

2. Berkurangnya daya tahan tubuh

Kurangnya aktivitas fisik selama di rumah juga menyebabkan respon imun berkurang. Artinya tubuh jauh lebih beresiko terpapar penyakit ketika jarang melakukan kegiatan fisik. 

Sebuah penelitian yang dilakukan Luzi dan Radaelli tahun 2020 menyebutkan, obesitas dalam hubungan dengan kurangnya gerak  menyebabkan tubuh resisten terhadap insulin yang memicu penyakit diabetes dan merusak respon imun tubuh serta aktivasi sel darah putih untuk melawan penyakit.

3. Menyebabkan Osteoporosis

Kebiasaan malas bergerak menyebabkan kepadatan tulang berkurang drastis. Karena alasan tersebut, seorang atlet yang telah pensiun dari tugasnya tetap disarankan melakukan aktivitas fisik untuk mengurangi resiko tulang keropos.

4. Berkurangnya Daya Ingat dan Reflek

Berkurangnya aktivitas fisik mengurangi kerja aliran darah menuju ke otak. Akibatnya, otak menjadi kekurangan oksigen, daya ingat menurun, sering bengong..ha? he? iyaa? Apaa? kalau diajak ngobrol.

5. Terganggunya pencernaan

Ada yang pernah mengalami konstipasi karena jarang jalan kaki? Selain mengurangi daya tahan tubuh, malas bergerak dan kurang olahraga juga memicu kegemukan, membuat pencernaan menjadi tidak lancar, meningkatkan sindrom metabolik dan juga kram otot.

6. Terganggunya Kesehatan Mental

Hayoo ngaku, selama di rumah siapa yang merasa jadi rentan stress, uring-uringan, kepala pusing, malas ngapa-ngapain, mudah depresi dan overthinking

Setelah melihat resiko yang ditimbulkan akibat kurang gerak, apakah teman-teman masih mager aja? Yuk bareng-bareng mulai sayangi tubuh kita dengan memperbaiki pola hidup selama pandemi agar tetap sehat.

Anlene Perkenalkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Selama berkegiatan di rumah, saya mengakui banyaknya keluhan tubuh yang timbul karena kurang gerak. Dari berat badan naik, tulang punggung sering pegal, kepala pusing, mudah stress dan terkadang salah urat akibat terlalu sering duduk dan menatap layar gawai.

Posisi duduk yang menetap saat mengetik sering membuat otot leher dan punggung menjadi kaku. Kemudian biasanya saya minta suami menekan punggung hingga berbunyi "krek". Sayangnya, kebiasaan tersebut tidak baik jika dilakukan terus-menerus karena memicu gangguan sendi yang lebih serius nantinya.

Pada minggu 1 Agustus 2021 kemarin, saya mendapatkan undangan mengikuti event webinar peluncuran produk terbaru Anlene. Saya menyambut baik kesempatan mengikuti event tersebut, ada kegiatan yoga bareng instruktur profesional, Amanda Tasning dan ngobrol bareng peraih gold medal Rio de Janiero 2016 cabang bulutangkis, Liliyana Natsir. 

gentle yoga

Gentle Yoga ini merupakan olahraga yang cukup ringan, pas untuk segala usia dan bisa dilakukan di rumah. Latihan stretching dan breathing ini enggak cuma bikin nafas menjadi lebih panjang, tetapi juga merilekskan otot dan memperlancar peredaran darah sehingga badan lebih berenergi.

Rasanya kurang lengkap jika sudah olahraga tetapi enggak mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menjalankan pola hidup sehat. 

Untuk mendukung nutrisi yang lebih baik, Anlene meluncurkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X yang memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap dari susu. Rhesya Agustin, Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia menjelaskan kandungan nutrisi Anlene yang lebih lengkap pada dua produk terbarunya, Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

anlene actifit 3x gold 5x

Anlene Actifit 3X

Haryadi Raharjo, scientific and Nutrition Manager PT. Fonterra Brands Indonesia menjelaskan, Anlene Actifit 3X ini membantu  menjaga kesehatan tulang, kekuatan otot, dan memberi energi sepanjang hari. Anlene Actifit 3X ini diformulasikan bagi mereka yang aktif dan memiliki 3 nutrisi utama yaitu

  • Kalsium tinggi untuk memperkuat tulang sehingga tidak mudah osteoporosis
  • Kolagen dan vitamin C yang menjaga kelenturan sendi
  • Protein dan vitamin B6 yang memberikan energi pada otot

Actifit 3X ini rendah lemak dan memiliki rasa lebih enak dibanding susu full cream.

Anlene Gold 5X

Anlene Gold 5X ini memiliki 3 kandungan nutrisi utama seperti pada Anlene Actifit 3X, namun masih dilengkapi dengan 

  • Sumber Kalium dan B9 untuk melindungi dari resiko kesehatan terkait usia
  • Rendah Kolesterol
  • Tanpa tambahan gula tambahan
Kandungan Anlene Gold 5X ini bisa dikonsumsi bagi mereka yang  merasa harus menjaga kesehatan lebih baik terkait usia, sedangkan Anlene Actifit 3X ini bisa mulai dikonsumsi pada usia dewasa muda.

Untuk mendapatkan nutrisi lebih maksimal, Anlene bisa dikonsumsi 2x sehari yaitu saat sarapan pagi dan menjelang tidur malam. Buat penyitas GERD seperti saya, ada baiknya konsumsi Anlene ini saat perut sudah terisi ya, sehingga gak perih buat lambung.

Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X ini sudah bisa didapatkan minimarket terdekat seperti Alfamidi, Alfamart maupun Indomaret dan e-commerce Tokopedia. 

Anlene Ajak ikutan Kompetisi #JadiAtletDiRumah

Bagi yang masa mudanya pernah jadi penikmat televisi seperti saya, pasti pernah melihat tayangan Indy Barens yang waktu itu mengajak kita berjalan kaki 10.000 langkah. Sudah lebih dari 20 tahun Anlene ikut mendukung kebutuhan nutrisi bangsa sekaligus mengajak untuk banyak bergerak dengan menginisiasi ajakan Movement di sejumlah kota di Indonesia dengan tagline Ayo Indonesia Bergerak. Ajakan ini bertujuan memaksimalkan penyerapan gizi agar secara tidak langsung mencegah osteoporosis ( tulang keropos).

liliyana natsir

Di masa pandemi ini, untuk mendukung masyarakat Indonesia agar lebih banyak bergerak, imun kuat dan menjauhi gaya hidup sedentari, Anlene berkolaborasi dengan Liliyana Natsir, mengajak kita menyemarakkan kompetisi #JadiAtletDiRumah dengan gerakan olahraga sederhana seperti berlari, melompat dan berjalan secara virtual yang bisa dilakukan cukup dari rumah. Kompetisi ini sekaligus untuk mendukung atlet Indonesia yang tengah berlaga di Tokyo. Akan ada beragam hadiah menarik yang disediakan.

Oiya, Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis, fungsinya untuk menilai kondisi tulang, sendi dan otot sekaligus mengetahui usia jantung dan tubuh melalui alamat website: http://anlenemovecheck.com/

Teman-teman bisa ikut berpartisipasi #JadiAtletDiRumah mulai dari tanggal 28 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Adapun langkah-langkah mengikuti kompetisi #JadiAtletDiRumah cukup mudah, teman-teman simak caranya ya

  1. Follow instagram @anlene_indonesia
  2. Buat video salah satu gerakan cabang olahraga berlari, melompat atau berjalan bersama produk Anlene
  3. Upload  di feed pribadi dengan menggunakan hastag #JadiAtletDirumah, #PilihYangLebih dan #LebihDariSusu
  4. Tag @anlene_indonesia dan mention 5 orang teman di Instagram
Nah mudah banget kan caranya! Rasanya aku jadi pengen ikutan kompetisi #JadiAtletdiRumah nih biar nggak mager dan guling-guling aja di rumah. Sedih kan kalau karena kurang olahraga, banyak masalah kesehatan mengintai. Kudu pinter-pinter jaga fisik di era pandemi. 
Yuk ditunggu partisipasinya ya teman-teman! Jangan sampai wfh membuatmu jadi kaum rebahan aja di rumah..semangat!!
Next Post Previous Post
75 Comments
  • Mechta
    Mechta 5 Agustus 2021 pukul 20.51

    duuh iya nih, selama pandemi ini aku jadi malees banget olah raga..walhasil jarum timbangan bergeser ke kanan deh..haha.. trmksh mba, sudah diingatkan ttg hal ini..

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.06

      Sama-sama mbak Tanti ❤️❤️

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas 6 Agustus 2021 pukul 02.46

    Wah challengenya menarik, mau ikut aaah #JadiAtletdiRumah. Biar nggak mager, sekaligus bisa dukung atlet kita yang sedang berlaga di Tokyo yaa... Semoga juga beruntung dapat hadiahnya, hehe.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.07

      Aamiin, yuk mba hari ini terakhir lhoo

  • Lulu Khodijah
    Lulu Khodijah 6 Agustus 2021 pukul 09.32

    10 jam perhari? Wah nggak ngeh ya ternyata lama banget, itu belom waktu tidur juga rebahan :)) kerasa banget sih ya mbak didepan laptop ketak ketik eh udah 3 jam aja. Seru tuh ikutan kompetisi, dapet sehat dapet hadiah :D

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.08

      Iya, apalagi yang kerjanya tukang ketik kayak aku ini mba 😂 dan bahkan driver kendaraan..

  • Momtraveler
    Momtraveler 6 Agustus 2021 pukul 10.12

    Kompetesinya seru nih. Cuma jalan, lari atau lompar aja di rumah dan berprluang dapet hadiah. Mau coba ah ikutan biar sehat juga badan kan harus banyak gerak eh siapa tau menang juga kan heheheh

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.09

      Aamiin...iya mbak

  • Ika Puspita
    Ika Puspita 6 Agustus 2021 pukul 11.55

    Aku selama pandemi ini malah PPAM (pelan-pelan aku melebar) haha, karena rebahan mulu. tapi gara2 ikutan webinar kmrn aku jadi tobat deh, pengen investasi kesehatan, biar sehat terus kini dan nanti

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.10

      Bener mba..biar sehat terus, aamiin

  • Ocha Binar
    Ocha Binar 6 Agustus 2021 pukul 16.42

    Hadiahnya keren nih, jadi semangat ikutan, sehat dapet, hadiah dapet (amiin semoga hihii..)

  • Dani Ristyawati
    Dani Ristyawati 6 Agustus 2021 pukul 16.45

    Selama pandemi ini sempet rajin badminton sama suami, jalan pagi, sama yoga 3 bulan terakhir... lumayan buat peregangan otot biar ga gampang keropos

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.15

      Mantep mba Dan, ikutan ah semangatnya

  • Allaely Hardhiani
    Allaely Hardhiani 7 Agustus 2021 pukul 12.25

    Wah, kayaknya gara-gara kurang gerak nih diriku jadi malas2an dan lebih gampang uring2an. Semenjak pandemi emang males gerak sih karena di rumah mulu. Baru belakangan ini aja mulai aktif gerak, dan tubuh emang terasa lebih bugar dan semangat.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.16

      Iya mbak, aku baru 3 bulan terakhir semangat lagi, hehe sekaligus membiasakan kebiasaan sehat di rumah

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 7 Agustus 2021 pukul 13.49

    Wah, ada kompetisinya, ya Mbak.

    Aku kurang gerak nih.. hiks. mager aja bawaannya, Kudu mantengin yutub Anlene nih buat ikutan olah raga rutin di rumah, biar sehat, bugar :)

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.17

      Iyaaa..akupunktur sekarang jadi sering mantengin yutub aerobik atau yoga biar tetep gerak di rumah

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 7 Agustus 2021 pukul 17.17

    Body goalku makin hancur lebur deeeh hehehee.. pelan pelan kian melar (PPKM) iya :D
    Bener juga tuh, sekarang banyak orang terkena sedentary lifestyle. Mager aja ngadepin gadget, kurang gerak. Padahal kurang gerak malah bikin sendi, otot dan tulang kita lemah.

    Yuk aah sama-sama kita #jadiatletdirumah biar sama-sama sehat terus sampai tua.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 8 Agustus 2021 pukul 08.18

      Iyaaa..aku ikut semangatnya mba Uniek..

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 7 Agustus 2021 pukul 17.32

    Ikut webinar bareng komunitas dan Anlene berasa kayak ditampol. Alhamdulillah usai webinar, esoknya aku lanjutkan lagi gentle yoga agar terbiasa gerak meski di rumah aja

  • Admin Selong Blogger
    Admin Selong Blogger 7 Agustus 2021 pukul 18.31

    Bener banget dah.
    Kalau badan kurang gerak, jadi gampang banget ketular ini itu.
    Contoh tersering, ya batuk pilek.
    Coba rajin olahraga, minim jalan kaki saja dah. InshaAllah bakal jarang banget kena sakit.
    Yok, semangat lagi gerak badannya. Maju, jalan!

  • Tya
    Tya 8 Agustus 2021 pukul 09.00

    Iya mbak bener banget, kurang gerak malah bikin penyakit pada nempel. Seru juga ya bisa cek kondisi tulang, sendi dan otot. Semoga kita semua sehat selalu.

  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa 8 Agustus 2021 pukul 13.09

    Pagi ini aku yoga lagiiii

    Suegerr, semoga istiqomah sesuai saran para Narasumber d acara ini.

    Makasii review nya mba

    • Ainhy E
      Ainhy E 16 Agustus 2021 pukul 16.32

      Dulu saya sempat mager sih, tapi setelah mengetahui risiko mager dan kurang olahraga jadi aware kalau kesehatan itu penting

  • Firsty Ukhti Molyndi (Molzania)
    Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) 8 Agustus 2021 pukul 18.58

    molly sukaa banget acara webinar anlene ini. habis acara jadi ikutan mengonsumsi susu anlene. ternyata rasanya enakk

  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani 8 Agustus 2021 pukul 19.07

    Btw aku jadi kepikiran sama sedantory lifestyle ini deh mbak. Kayaknya emang dimulai dari diri kita sendiri ya buat punya tubuh yg lebih bugar

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 8 Agustus 2021 pukul 23.58

    Mauuuu...hadiahnya banyak,

    kalaupun tak menang, dapat bonus sehat ya?

    Anlene emeng keren, puluhan tahun mendampingi kesehatan keluarga Indonesia, jadi paham kalo orang Indonesia malas olah raga ya? :D

  • Farida Pane
    Farida Pane 9 Agustus 2021 pukul 04.29

    Serem banget ya kalau mager. Keren nih challengenya. Ditambah asupan Anlene, insyaallah tetap sehat, ya.

  • Karimah Iffia Rahman
    Karimah Iffia Rahman 10 Agustus 2021 pukul 06.27

    wah ada kompetisinya juga, sayang banget nih pas baca pas udah telat, semoga kapan-kapan bisa ikutan...

  • Okti Li
    Okti Li 11 Agustus 2021 pukul 08.26

    Malas gerak ini harus kita jauhkan sejauh-jauhnya. Bergerak aktif lebih baik ya...
    Ditambah pola hidup sehat dan makanan bernutrisi lengkap insyaallah goal sehat meski saat pandemi akan tercapai dengan baik. Aamiin ...

  • Aliyatus sa'diyah
    Aliyatus sa'diyah 11 Agustus 2021 pukul 08.43

    serem banget itu bahayanya ya jadi makin semangat nih buat bergerak aktif meskipun di rumah aja

  • Nyonya Faruq
    Nyonya Faruq 11 Agustus 2021 pukul 11.01

    Anlene kece banget bikin acara ginian segala agar kita selalu sehat dan bugar selalu

  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono 11 Agustus 2021 pukul 11.25

    Aku sangat percaya sekali memang olahraga penting untuk kesehatan tubuh. Saya sejak kecil gak pernah dirawat di rumah sakit. Alhamdulillah karena sejak SD, SMP, SMA, kuliah rajin jalan kaki. Tubuh Aktif bergerak memang penting supaya sirkulasi darah baik sehingga tercegah dari penyakit jantung, dll.

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 11 Agustus 2021 pukul 11.50

    ngeri ya efek dari berdiam diri, malas gerak itu bisa sampai gangguan mental juga ya, hikks :(
    emang harus rajin bergerak agar kita tetap sehat dan bugar apalagi jika memang sebelumnya aktif terus tiba-tiba diam di rumah duuh pasti deh bakalan stress, tapi dari rumah pun tetap bisa bergerak dong ya.
    Jangan lupa nutrisi juga tetap harus dijaga ya :)

  • Li Partic
    Li Partic 11 Agustus 2021 pukul 20.49

    Kalau di rumah sih geraknya cuci baju, cuci piring, naik turun tangga. Itu disebut kurang gerak hak ya? :D

  • Keke Naima
    Keke Naima 11 Agustus 2021 pukul 22.03

    Rutin berolahraga manfaatnya memang gak hanya untuk hari ini. Tetapi, bisa investasi jangka panjang. Pengen banget tetap bisa beraktivitas nyaman hingga tua

  • Ruziana
    Ruziana 11 Agustus 2021 pukul 23.28

    iya bener banget, kurang gerak bikin saya kolesterol
    sekarang harus diet
    tulisan ini memotivasi saya untuk mengubah gaya hidup yg salah selama ini
    harus banyak gerak meski di rumah dan sudah saatnya mengkonsumsi anlene

  • Jeanette Agatha
    Jeanette Agatha 12 Agustus 2021 pukul 08.56

    Ternyata resiko kurang bergerak banyak juga ya, huhuhu. Selama pandemi dan melahirkan jadi jarang banget berolahraga huhuhu.

    Harus mulai olahraga lagi nih. Biar tubuh lebih sehat

  • HendraDigital
    HendraDigital 12 Agustus 2021 pukul 09.45

    Sejak pandemi, saya jadi lebih banyak makan dan ngemil, tapi nggak gemuk-gemuk juga. Antara anugerah dan kekhawatiran, hahahaha. Tapi saya sebisa mungkin untuk mengangkat barbel dan jalan kaki keliling rumah sambil liatin sawah dan sungai kecil di sekitar rumah.

    Banyak juga ya efek negatif dari mager. Harus segera diubah nih kelakuan, biar nggak mager lagi. Dan bisa dibantu juga dengan mengonsumsi susu Anlene untuk kesehatan tulang nih.

    Makasih atas tips dan informasinya ya Mba.

  • t h y a
    t h y a 12 Agustus 2021 pukul 09.45

    aku banget nih kurang olahraga. kayaknya harus ikutan kompetisi #JadiAtletdiRumah deh biar termotivasi buat olahraga. hehe..

  • Maya Rumi
    Maya Rumi 12 Agustus 2021 pukul 10.38

    aku selama ini tahunya mager aja yah mba, ternyata ada istilahnya sedentary lifestyle. semenjak pandemi memang aku lebih banyak malas gerak sih dan hasilnya timbangan naik terus. senangnya anlene ada formula baru untuk gold dan activit juga yah, pas nih aku mo belanja bulanan, mudah2an sdh ada di pasaran produknya

  • Intan Daswan
    Intan Daswan 12 Agustus 2021 pukul 10.51

    Sejak pandemi aku jadi rajin jalan pagi. Kalau nggak gitu, badan nggak ada geraknya sama sekali. Apalagi ngemil jalan terus juga, apa kabar berat badan kalau mager hehehe...

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 12 Agustus 2021 pukul 12.31

    Sedentary Lifestyle itu kalo bahasa luar ya. Kalo di Indonesia itu mager. Ya gak sih? Hehehe.

    Godaannya banyak banget ini, harus ditaklukkan oleh diri sendiri. Cuma kita yang bisa.

    Apalagi buat perempuan yang rentan osteoporosis. Saya termasuk nih yang usianya sudah 30+. Harus kembali suka minum susu, bahkan yang #LebihDariSusu.

  • Anya Andrea
    Anya Andrea 12 Agustus 2021 pukul 14.40

    Aku malah badan makin berat, trus gampang sakit badan hiks... mager pulaaa.. kayaknya harus mulai semangat lagi nih olahraga dirumah, dibantu Anlene kayaknya makin mantap nih, makasi infonya ya kak, wishlist utk beli bulan ini

  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 12 Agustus 2021 pukul 15.11

    Ngeri banget kalo denger kata osteoporosis. Semoga waktu tua nanti tulang masih tetap kuat ya, Mbak. Huhu. Memang salah satu caranya adalah rutin bergerak sejak muda, sih. Ini udah mulai mencoba rutin berolahraga (di rumah) lagi, tapi belum berani untuk ikut challenge Anlene-nya. Hehe..

  • Marantina
    Marantina 12 Agustus 2021 pukul 15.34

    Olahraga memang bagus banget untuk tubuh, tapi memulai untuk olahraga setelah sekian lama bolos tuh pe-er banget hehee Tapi harus berubah ya demi tubuh yang sehat

  • Ainhy edelweiss
    Ainhy edelweiss 12 Agustus 2021 pukul 17.03

    Benar thu kak, sibuk kerja aja tapi tdk perhatikan kesehatan. Apalagi tubuh sangat membutuhkan nutrisi dan tak lain tulang sangat membutuhkan kalsium dan ini banyak terdapat pada Anlene. Jadi dgn Anlene dan rajin olahraga sangat membantu kesehatan kita

  • Eva Lestari
    Eva Lestari 12 Agustus 2021 pukul 20.19

    Mager efeknya sejahat itu ya bund. Meskipun lagi PPKM harus tetep aktif melakukan aktivitas fisik ya kalau ingin tetep sehat

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 13 Agustus 2021 pukul 05.53

    Wah, kayaknya secara nggak sadar yuni sudah menjalani Sedentary Lifestyle deh. Nggak banyak gerak dan sering banget nongkrong depat lappy.

    Sebenarnya sadar sih, kalau harus diimbangi dengan banyak gerak. Tapi kadang kelupaan aja gitu.

    Dasar yuni.

  • Alif Kiky Listiyati
    Alif Kiky Listiyati 13 Agustus 2021 pukul 07.14

    Kerasa banget pas pandemi ini jadi lebih banyak mager. Hasilnya, lemak perut mulai terlihat. Harus rajin gerak nih sama minum Anlene

  • Nuylentik
    Nuylentik 13 Agustus 2021 pukul 10.44

    Jadi atlet dirumah bareung anlene, tagline yg bagus , ayo ah kita ikutin jejak kaka satu ini walau dirumah kuta bisa jadi atelet hehe

  • Rika Amelina
    Rika Amelina 13 Agustus 2021 pukul 13.05

    bener banget nih pandemi jadi mager, apalagi WFH gini depan laptop berjam jam bikin kurang gerak huhu

  • Ria Nugros
    Ria Nugros 13 Agustus 2021 pukul 16.01

    Ternyata berbahaya juga ya kalau kurang bergerak, kalau gitu mulai sekarang rajin gerak ah

  • Afifah Haq
    Afifah Haq 13 Agustus 2021 pukul 16.59

    Aku baru tahu kalau gaya hidup seperti ini ada istilahnya; sedentary lifestyle. Kayaknya aku juga termasuk orang yang menjalani hidup dengan lifestyle ini hehe. Waktu bergerak ku paling cum apas hari libur. Bahaya juga ya ternyata efeknya. Ah ikutan challenge nya anlene deh biar memotivasi untuk gerak biar lebih sehat

  • www.rivanirahmadani.com
    www.rivanirahmadani.com 13 Agustus 2021 pukul 21.30

    aku baru tau lho istilah Sedentary Lifestyle merupakan gaya hidup kurang gerak, tidak banyak beraktivitas fisik dan lebih sering berkegiatan seperti bermain game, menonton televisi, menggunakan laptop maupun berjejaring sosial melalui smartphone yang dilakukan sembari duduk maupun berbaring. biasanya yang aku denger itu mager doang, keren ahh artikel ini

  • Belgie
    Belgie 13 Agustus 2021 pukul 23.28

    Oh no, untungnya setelah aku melihat diriku ke belakang, ku bukan org yg mageran. Hampir tiap hari beberes rumah euy, tp sayangnya ga pernah olahraga nih, next ahhh, makasih ya remindernya

  • Amelia Syahrollie
    Amelia Syahrollie 14 Agustus 2021 pukul 04.35

    Aku menyusui, dampaknya udah kerasa banget ini pegel-pegel. udah pegel-pegel kayak gini aku ga olahraga huhu merasa tertampar jadinya

  • Renayku
    Renayku 14 Agustus 2021 pukul 10.40

    Aduh serem ya akibat dari mager. Kudu 10.000 gerak lagi nih. PPKM bikin makin mager krn susah keluar rumah.

  • Syahri
    Syahri 14 Agustus 2021 pukul 11.03

    Padahal kalo kita kurang bergerak dapat mengakibatkan osteoporosis, tapi entah kenapa saya sendiri paling males untuk melakukan aktivitas gerak, seperti olahraga. Hemmm...

    Oh iya ternyata Anlene juga bagus untuk membantu pencegahan osteoporosis ya, apalagi kalo dibarengi dgn olah raga secara teratur. Penyakit itu tidak akan menghinggapi kita

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 14 Agustus 2021 pukul 14.26

    Anlene ku sejak habis aku belom beli lagi. Jadi kangen olahraga larian di luar. Sekarang paling berjemur ama jalan di rumah bolak balik ke depan ke belakang

  • Laksmipaopao
    Laksmipaopao 14 Agustus 2021 pukul 20.05

    Waah mager suka jd penghalang, yuk kita mulai dari sekarang buat aktif gerak supaya imun tubuh tetap fit

  • ranimutiaraa
    ranimutiaraa 14 Agustus 2021 pukul 20.44

    wah baru tau ada istilah sedentary lifestyle dan ternyata resikonya ga main-main ya kak😳

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 15 Agustus 2021 pukul 18.26

    rajin olahraga itu penting ya mbak, banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita
    apalagi ditambah dengan minum Anlene yang bagus untuk kesehatan tulang

  • britannia ika
    britannia ika 15 Agustus 2021 pukul 20.29

    Harus mulai nih gerakin badan, niat olah raga mah udah sering, tapi ada aja alasan buat batalin. Hhee

  • Mellisa
    Mellisa 15 Agustus 2021 pukul 21.35

    Meskipun di rumah aja harus tetap aktif bergerak ya supaya tetap sehat dan imun juga terjaga.

  • Celoteh Dini Hari
    Celoteh Dini Hari 16 Agustus 2021 pukul 09.42

    Aku banget ini kurang olahraga hiks.
    2 bulan ini lagi nyoba rajin workout dari rumah. Semoga nanti nggak mager lagi huhu

  • Marantina
    Marantina 17 Agustus 2021 pukul 08.21

    Tantangan untuk rebahan alias sedentary lifestyle ini meningkat ya karena pandemi.. ternyata berbahaya sekali resikonya

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 17 Agustus 2021 pukul 12.51

    Banyak gerak ini dampaknya luar biasa ya buat kesehatan tubuh. Makanya kudu aktif dan imbangi dengan asupan bergizi seperti dari Anlene

  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana 19 Agustus 2021 pukul 11.15

    Selama pandemi ini fix aku kurang gerak sih, wkwk. Semangat ah mesti dirutinin lagi nih olahraganya. Nggak lupa otw beli Anlene varian terbarunya karena udah lama banget aku gak minum Anlene.

  • Belgie
    Belgie 19 Agustus 2021 pukul 11.18

    Eh iya bener lho olahrga itu banyak bgt manfaatnya, aku ngerasain bgt, apalagi usia sudah mau menginjak kepala 3 nih, harus butuh konsumsi susu utk mencegah osteoporosis

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 19 Agustus 2021 pukul 12.23

    Selama pandemi malah nggak pernah olahraga berat palingan jalan santai pagi Hari duh ... Pantes berat badan bertambah terus

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 19 Agustus 2021 pukul 20.35

    aku tuh sekarang nih seminggu gak olahraga aja badan udah gak enak bangeett rasanya mbaa.. mendingan kita biasakan dari sekarang yaah biar terbentuk habit dan manfaat yg baik nanti pas hari tua

  • Fionaz
    Fionaz 21 Agustus 2021 pukul 20.36

    Setuju banget kak, pandemi ini emang bikin aq males gerak, olah raga aja paling benter seminggu sekali. Makanya jadi lebih mudah lelah dan pengennya gegoleran aja

  • steffifauziah
    steffifauziah 23 Agustus 2021 pukul 10.40

    saya dan suami sulit banget turun berat badan, yampuun. karena emang kurang gerak dan banyak di depan laptop masing-masing haha. sepertinya harus mulai banyak gerak dan banyak aktivitas nih. suapya tubuh tetap seimbang dan sehat. makasih sharingnya mba.

  • Yuliarinta
    Yuliarinta 20 Oktober 2021 pukul 17.59

    Wah, saya nih lagi diserang sedentary lifestyle. Terima kasih motivasi dan informasi ya yabak. Honestly aku kangen yoga lagi, huhuhu

Add Comment
comment url