Cara Memilih Softlens Terbaik Untuk Mata Minus

Tak bisa sembarangan, ternyata kesalahan memilih softlens terbaik untuk mata minus bisa berbahaya, mengapa?

softlens terbaik untuk minus

Saya ingat ketika masih sekolah dulu, mata sebelah kiri teman saya semakin hari semakin 'aneh' menurut saya. Bola matanya tak lagi menatap ke arah yang sama ketika ngobrol dengan saya. Ia bercerita kalau penyebab utama matanya sedikit juling karena minus di matanya naik tetapi ia enggan memakai kacamata. Padahal kacamata tersebut selalu dibawa setiap hari dalam tasnya.

Mata teman saya terkena miopi atau rabun jauh dan mengalami kesulitan dalam belajar sampai prestasinya sempat menurun. Menurutnya, memakai kacamata mengurangi rasa percaya dirinya. Saat itu, lensa kontak belum sepopuler sekarang dan memakai hard lens sama tak nyamannya dengan kacamata, ada perasaan ngganjel atau tak nyaman saat mengenakannya, bahkan beresiko menyebabkan mata teriritasi ketika tidak memahami petunjuk penggunaannya.

Belum lagi, beberapa pemberitaan media juga menyebutkan kalau softlens maupun hard kena yang tak aman ini berpotensi bikin mata merah dan bisa meradang atau infeksi. Ngeri kan!

Penyebab Mata Minus / Miopi

Miopi adalah hilangnya kemampuan mata untuk menangkap bayangan sebagaimana mata normal sehingga bayangan jatuh di depan retina. Hal ini bisa diakibatkan karena kekurangan vitamin A, genetis atau keturunan, terlalu sering membaca terlalu dekat atau penggunaan smartphone yang berlebihan.

Mata minus yang menurun secara genetis biasanya diakibatkan karena bola mata yang terlalu lonjong atau kornea yang terlalu melengkung sehingga bayangan tak tepat jatuh ke retina. Gejala awal mengalami mata minus biasanya mata terasa pegal terus-menerus, pusing, pandangan seolah kabur ketika membaca tulisan dengan jarak baca normal (jarak normal sekitar 25-30 cm), harus memicingkan mata saat melihat jauh dan kebutuhan mengucek mata jadi meningkat.

Solusi Mengatasi Mata Minus

Ada banyak cara mengatasi miopi, baik secara alami maupun dengan jalan medis. Ketika kuliah dulu, sayapun sempat memiliki minus -0,5 di mata kanan dan -0,25 di mata kiri. Penyebabnya karena pencahayaan kamar kos yang menggunakan lampu bohlam sehingga membuat mata pedih saat belajar. Beruntung di semester berikutnya, keluhan pusing yang saya rasakan saat membaca tersebut berkurang. Ada beberapa cara yang teman-teman bisa lakukan untuk mengurangu keluhan mata minus

1. Konsumsi Vitamin A

Mata minus dalam taraf yang ringan bisa dikurangi dengan mengonsumsi vitamin atau makanan yang kandungan vitamin A nya tinggi seperti wortel, sayuran hijau dan buah bit.

2. Meningkatkan fokus mata

Cara sederhana ini dipakai untuk mereka yang derajat minusnya masih kecil. Selain mengistirahatkan mata dengan melihat jauh,memandang warna hijau, kompres mata dengan ketimun, teman-teman juga bisa meningkatkan ketajaman dan fokus penglihatan dengan membidik pandangan pada suatu benda seperti lilin, jari telunjuk atau lingkaran hitam di dinding.

3. Senam Mata

Dilansir dari alodokter.com, belum ada penelitian resmi terkait tingkat efektivitas senam mata untuk mengurangi mata minus, tetapi apabila rutin dilakukan pada pagi dan malam hari setidaknya bisa mengurangi resiko bertambahnya mata minus. Caranya dengan melatih kekuatan otot dengan menggerakkan ke kanan dan ke kiri kemudian ke atas dan ke bawah dilanjutkan dengan latihan berkedip dan pijat relaksasi bagian mata secara perlahan.

4. Menggunakan Kacamata

Ketidakmampuan mata yang mengalami miopi untuk melihat obyek yang jauh dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cekung atau minus. Teman-teman bisa menghubungi dokter, optometri atau optik terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih jauh agar memperoleh kacamata dengan besaran kekuatan lensa yang sesuai dengan keadaan minus yang teman-teman miliki, Ada tiga kategori miopi berdasarkan tingkat keparahannya, antara lain miopi ringan (minus 1-3 dioptri), miopi sedang (minus 3-6 dioptri) dan berat (> 6 dioptri)

5. Operasi Lasik

Operasi Lasik adalah operasi mata dengan bantuan mesin laser untuk menghilangkan kelainan yang menyebabkan gangguan mata termasuk miopi. Saat ini banyak klinik optometri yang khusus menangani kelainan mata seperti silindris, katarak, maupun miopi.

6. Menggunakan Lensa Kontak

Lensa kontak ini selain memperbaiki penampilan dan praktis, ternyata juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi penderita mata minus atau miopi yang kurang nyaman ketika menggunakan kacamata. Terdapat dua jenis lensa kontak berdasarkan jenis bahannya yaitu

Hard lens

Hard lens umumnya diresepkan oleh dokter dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Terbuat dari material plastik Poly methyl methacrylate. Kelemahan hard lens ini adalah tidak bisa lepas pasang sewaktu-waktu, harganya relatif mahal dan memiliki permeabilitas oksigen rendah sehingga ketika jarang berkedip otomatis beresiko menyebabkan mata kering.

Soft Lens

Soft Lens umumnya terbuat dari silicone hydrogel yang memungkinkan oksigen lebih banyak menembus masuk ke mata sehingga mata lebih rileks dan tidak kering. Saat ini softlens banyak dipilih karena penggunaannya yang mudah karena bisa lepas pasang sewaktu-waktu, tersedia berbagai macam pilihan warna yang mempercantik penampilan.

Cara Memilih Softlens Terbaik

Saat membahas softlens ini, saya jadi teringat sebuah telenovela jadul berjudul Yo Soy Betty, La Fea.  yang diperankan Ana Maria Orozco. Dikisahkan dalam film ini, Betty yang bekerja di perusahaan Fashion tadinya berpenampilan cupu, menggunakan pakaian sederhana, berponi, pakai behel dan kaca mata tebal berubah drastis penampilannya menjadi anggun dan berkelas. Betty yang tadinya berpenampilan norak berubah menjadi cantik. Jangan-jangan ini kampanye kecantikan untuk memasarkan sesuatu yang dikemas dalam film, hahaha . Tapi perubahan drastis yang dialami Betty ini membuat saya sempat berpikir, pantas anak-anak SMP dan SMA sudah banyak yang merengek minta softlens ke ortunya. Segitu cetarnya efek softlens ini, bisa membuat iris mata kelihatan lebih besar dan indah. 

before after betty la fea
Kanan : Maria Orozco, Kanan : Betty La Fea yang culun, Kiri Betty yang Berubah
Sumber : tabloidbintang.com

Teman-teman pasti banyak yang menebak, dimana rahasia para beauty influencer dan selebgram bisa tampil cantik meski bermake up minimalis. Salah satu jawabannya ada pada penggunaan softlens yang sesuai sehingga mata terlihat lebih indah dan terlihat seperti boneka barbie. Bahkan sebagian besar MUA (make up artist) kekinian menjadikan softlens ini menjadi semacam benda wajib yang mereka pakai saat merias pengantin. Biasanya warna softlens yang mereka pilih adalah yang senada dengan riasan sehingga membuat pengantin makin mempesona. 

Sayangnya, tidak semua soft lens yang beredar di pasaran memiliki standar kualitas yang baik.  Jadi teman-teman kudu berhati-hati ya dalam memilih lensa ini agar tetap bisa beraktivitas dengan baik. Berikut langkah-langkah yang perlu teman-teman perhatikan saat akan membeli soft lens

  • Sesuaikan besaran kekuatan lensa dengan kondisi mata teman-teman

Sebelum memilih soft lens terbaik yang teman-teman inginkan, ada baiknya konsultasikan derajat minus yang teman-teman miliki dengan kekuatan lensa soft lens yang tersedia. Lensa pada softlens pada umumnya berukuran 0 hingga -12 Dioptri dengan koreksi masing-masing tergantung produsen.

  • Perhatikan tanggal kadaluarsa

Sama seperti produk makanan, kesehatan dan kecantikan lain, soft lens juga memiliki tanggal kadaluarsa yang harus teman-teman perhatikan sebelum membeli

  • Pilih yang tingkat transmisi oksigennya baik

Sirkulasi udara yang baik pada lensa kontak menjadikan mata tetap nyaman dan tidak kering meski seharian menggunakan softlens. Pilih yang nilai oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t nya tinggi berkisar nilai > 100.

  • Pilih yang aman

Pilih soft lens yang telah teregister di kementrian kesehatan sehingga terjamin keamanannya.

  • Belilah di tempat yang terpercaya

Ada baiknya teman-teman memilih apotek, optik saat membeli secara offline atau official brand terpercaya saat order via e-commerce. Hal ini berlaku bagi semua produk baik makanan, skin care maupun perlengkapan medis untuk memastikan keaslian produk yang teman-teman beli. Jangan sampai mendapatkan barang palsu karena tergiur harga yang lebih murah dari jenama resminya.

Miacare, No. 1 Healthy And Charming Softlens

Miacare adalah salah satu produk softlens berbahan silicone hydrogel (SiHy) yang dikenal sebagai softlens paling sehat dan cantik alami buatan Taiwan dan telah mengantongi ijin dari pemerintah Indonesia dengan nomor register Kemenkes RI AKL 21204021759 .

Benefit Miacare

Tak sekedar mempercantik penampilan, ada beberapa kelebihan memilih soft contact lens Miacare ini

  • Miacare berteknologi Eautrasil yang bebas pelarut sehingga tidak menyebabkan iritasi dan memiliki sirkulasi oksigen 6x lebih baik dari produk softlens pada umumnya dengan nilai transmisibilitas DK/t 151 , yang merupakan nilai permeabilitas oksigen tertinggi untuk kontak lensa jenis silikon hidogel.
  • Warna yang dihasilkan Miacare menggunakan pewarnaan dot matrix sehingga memungkinkan oksigen dapat masuk ke mata dan tidak menyebabkan mata kering,
  • Miacare ini merupakan satu-satunya softlens berwarna berbahan silicone hydrogel. Tersedia berbagai pilihan warna softlens yang menarik dan pilihan pemakaian seperti shimmer blue, shimmer grey, dan shimmer hazel (daily soft contact lens) dan flash pink, flash blue serta flash grey ( monthly soft contact lens)

pilihan warna softlens
Pilihan warna softlens untuk daily use. Satu paknya berisi 10 lensa

  • Mengandung Asam Hyaluronic Acid dan Sodium Alginate, yang berfungsi melembabkan dan merevitalisasi mata serta menjaganya tetap sehat dan lembab.
  • Nyaman dipakai lebih dari 8 jam, dengan kandungan air 49%
  • Menggunakan teknologi UV Blocking, menangkal sinar ultra violet yang dapat mengganggu kenyamanan mata
teknologi UV blocking
Perbedaan Miacare dengan lensa kontak konvensional

  • Harganya lebih terjangkau dan tersedia berbagai pilihan daya lensa mulai dari 0 hingga -8 D dan -6 hingga -12 dioptri. Sehingga teman-teman tetap bisa memilih yang nyaman untuk beraktivitas, seperti saya yang suka baca buku pengembangan diri.
Teman-teman bisa ceki langsung harganya di Official Shop Miacare yaa. Karena mata adalah bagian penting yang perlu dijaga dengan baik, jadi ada baiknya pilih softlens yang tak sekedar membuat penampilan dan riasan makin cantik tetapi juga baik dan sehat bagi mata ya. Karena memilih yang terbaik ini merupakan bagian dari menyayangi diri (self love)

Semoga apa yang sampaikan tentang cara memilih softlens terbaik untuk mata minus di atas bermanfaat ya teman-teman. Bagi teman-teman yang pernah memakai kacamata atau softlens,  diskusi yuk, hal apa saja yang teman-teman rasakan saat memakai alat optik seperti kacamata, soft lens atau yang lainnya?

Next Post Previous Post
24 Comments
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 15 Juni 2021 pukul 07.57

    Dulu aku sempeeeet pake kontak lens, Krn adikku juga pake. Ngeliat dia kalo pakai lensa, matanya JD bgs dan masangnya cepet banget. Kenyataannya, awal make ga semudah itu yaaa wkwkwkwk. Aku butuh 30 menit utk 1 mata. Dan sampe keringetan :p. Akhirnya make jni ga lama mba, apalagi aku ga telaten ngerawatnya.

    Utk mata minusku, jujurnya aku LBH milih LASIK. Tapi LG nyiapin mental dulu, masih agak serem Ama operasinyaaaa hahahah . Tp kata temen2 yg udh rasain ga sakit sih. Ga lama juga kan.

  • Mechta
    Mechta 15 Juni 2021 pukul 16.08

    aku nih mba yg masih blom berani pake softlens..padahal minus sudah lumayan dan skg ketambahan plus akibat umur..haha.. thx sharingnya mba..

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 18 Juni 2021 pukul 11.49

      Sami-sami mba Tanti..

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 15 Juni 2021 pukul 18.49

    ternyata memilih soflens gak bisa sembarang ya. aku dulu padahal punya mata min tapi kalau soflens yang untuk mata normal.

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 18 Juni 2021 pukul 11.50

      Enggak pusing mba?

  • Eka FL
    Eka FL 15 Juni 2021 pukul 18.53

    soal kesehatan mata memang gak bisa main-main ya kak, apalagi soal memilih softlens. tapi bicara soal softlens juga gak bisa sembarangan ya, harus di tempat ya tepat. apalagi ini untuk mata minsus. kalau untuk silindris juga bisa mungkin ya kak?

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 18 Juni 2021 pukul 11.51

      Ada sih mba kontak lensa khusus mata silindris, tetapi kayaknya kudu konsultasi ke dokter dulu

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 15 Juni 2021 pukul 19.51

    Pake softlens juga nggak boleh sembarangan ya, Mbak. Karena bisa fatal kalo sampe salah pilih softlens atau kesalahan lainnya.

    Aku rekomen Miacare deh buat tmen2ku yg demen pake softlens, hihi

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 18 Juni 2021 pukul 11.52

      Thank you mba..iya, enggak bisa sembarangan. Suka ngeri kalau lagi scroll IG Nemu yang bermasalah sama softlens yang dipakai

  • Han
    Han 16 Juni 2021 pukul 05.32

    Ini nihh
    Aku termasuk anak yg pernah sempet gonta ganti softlens (merknya) buat mata minus. Dlu kuliah lebih milih pakai softlens jg
    Sekarang jd kangen pake softlens rasanya hihi

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 18 Juni 2021 pukul 11.53

      Waah.mba Ji gaul nih, udah pakai soft lensa sedari dulh

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 16 Juni 2021 pukul 05.34

    seumur hidup elum pernah nyobain softlens hihihi.. agak ngeri-ngeri sedap mau masangnya haha.. liat temen-temen pada gonta-ganti softlens buat ggaya jg, aku ngeriii hihi

  • Eka Duwi Handayani
    Eka Duwi Handayani 16 Juni 2021 pukul 06.06

    Apakah hanya aku aja yg belum berani pakai soflens? jujur aku masih kayak takut gitu ... jadi lebih milih pakai kacamata ... hehehhe

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 18 Juni 2021 pukul 11.54

      Banyak sih mba, sebenarnya lebih banyak takut sama efek samping yang diakibatkan ya. Apalagi kalau belinya di tempat yang enggak terpercaya

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 16 Juni 2021 pukul 06.57

    Aku dulu lihat temenku pake softlens itu suka bangeet lihatnya. Selain memberi warna unik bikinanmu makin cantik dan bentuknya matanya ga berubah. Soalnya kalau pakai kacamata kan suka besar gt kantung matanya

  • Asih Mufisya
    Asih Mufisya 16 Juni 2021 pukul 08.13

    Sampai saat ini diriku masih belum nyaman pakai softlens, Mbak. Lebih suka pakai kacamata. Walaupun sebenarnya suatu saat nanti bisa coba dipakai juga, sih. Hehehe.

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 16 Juni 2021 pukul 08.22

    Dulu aku make soflens kalau ada acara tertentu mba, misal pas aku nikah aku make selebihnya jarang. Merasa nggak rajin copot masuk gitu

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 16 Juni 2021 pukul 08.53

    Wah menarik banget nih. Bisa uyk silindris juga gak ya? Pengen ih

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 16 Juni 2021 pukul 11.24

    Kalau aku setuju mba, beli softlens nggak boleh ngasal soalnya kan buat mata
    apalagi yang mata nya masih bagus, nggak minus kayak aku ini.

  • Prananingrum
    Prananingrum 16 Juni 2021 pukul 13.55

    Mksh tipsnya mbak..anakku jg minus semua nih kyknya keturunan dr suami dan juga selama pandemi ini frekuensi pemakaian gadget meningkat. Hrs byk konsumsi vit A nih ya..

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 18 Juni 2021 pukul 11.56

      Iya mba..sama kudu diimbangi konsumsi vitamin A

  • Bunsal
    Bunsal 16 Juni 2021 pukul 14.15

    Asyik. Sekarang jadi ada contekan buat cara milih soft lens paling tepat.
    Buat jaga-jaga, satu hari nanti mungkin bakal pakai softlens juga.

  • Sayyidah Inayah
    Sayyidah Inayah 27 September 2021 pukul 02.34

    Memakai soft lens tanpa lepas tiap hari, apakah aman mbak? Berapa batas aman pemakaian?

    • Priyani Kurniasari
      Priyani Kurniasari 14 November 2021 pukul 07.31

      Tentu tetap ada batas pemakaian kak, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan

Add Comment
comment url